Anggota Tata Surya

Anggota Tata Surya menurut jaraknya ke Matahari mulai dari yang terdekat adalah (selain Komet);

Tata Surya bagian dalam
 Adalah

nama umum yang mencakup planet kebumian dan asteroid. Terutama terbuat dari silikat dan logam, obyek dari Tata Surya bagian dalam melingkup dekat dengan matahari, radius dari seluruh daerah ini lebih pendek dari jarak antara Yupiter dan Saturnus.


Tata Surya bagian luar
Pada bagian luar dari Tata Surya terdapat gasgas raksasa dengan satelit-satelitnya yang berukuran planet. Banyak komet berperioda pendek termasuk centaurs, juga berorbit di daerah ini. Badan-badan padat di daerah ini mengandung volatiles yang lebih tinggi (contoh: air, amonia, metan, yang sering disebut es dalam peristilahan ilmu keplanetan) dibandingkan planet batuan di bagian dalam Tata Surya. Planet anggota tata surya bagian luar ini adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Matahari dikategorikan sebagai bintang kecil jenis G.392.000.000 kilometer (93. Garis tengah ekuatorialnya 864.38 hari Garis tengah khatulistiwanya adalah 1.026.680.    Kala rotasinya adalah 25.724 mil).Matahari  Matahari adalah bintang terdekat dengan Bumi dengan jarak rata-rata 149. Matahari serta kedelapan buah planet (yang sudah diketahui/ditemukan oleh manusia) membentuk Tata Surya. sedangkan garis tengah antar kutubnya 43 mil lebih pendek. Matahari mempunyai katulistiwa dan kutub karena gerak rotasinya.000 mil. Matahari adalah suatu bola gas yang pijar dan ternyata tidak berbentuk bulat betul. karena 98% massa Tata Surya terkumpul pada matahari.000 km . Matahari merupakan anggota Tata Surya yang paling besar.

Cahaya matahari menempuh masa 8 menit untuk sampai ke Bumi dan cahaya matahari yang terang ini dapat mengakibatkan siapapun yang memandang terus kepada matahari menjadi buta. diameter matahari kira-kira 112 kali diameter Bumi. Untuk terus bersinar. matahari.000 mil. Dibandingkan dengan bumi. Jarak matahari ke bumi adalah 93. Jarak ini dipakai sebagai satuan astronomi. yang terdiri dari gas panas menukar zat hidrogen dengan zat helium melalui reaksi fusi nuklir pada kadar 600 juta ton.   . Gravitasinya 27. Matahari terdiri dari inti dan tiga lapisan kulit. dengan itu kehilangan empat juta ton massa setiap saat. masingmasing fotosfer.9 kali gravitasi bumi.000. Satu satuan astronomi (Astronomical Unit = AU) adalah 93 juta mil = 148 juta km. Gaya tarik matahari kira-kira 30 kali gaya tarik bumi. kromosfer dan korona.

  . Merkurius hanya bisa terlihat pada saat subuh atau maghrib. Merkurius adalah planet terkecil dari empat planet kebumian di Tata Surya. Namun apabila efek dari tekanan gravitasi tidak dihitung maka Merkurius lebih padat dari Bumi dengan kepadatan tak terkompres dari Merkurius 5.Merkurius  Merkurius adalah planet di terkecil di dalam tata surya dan juga yang terdekat dengan Matahari dengan kala revolusi 88 hari.43 g/cm3 hanya sedikit dibawah kepadatan Bumi.5 dalam magnitudo tampak namun tidak mudah terlihat karena sudut pandangnya dengan matahari kecil (dengan rentangan paling jauh sebesar 28. Merkurius terdiri dari 70% logam dan 30% silikat serta mempunyai kepadatan sebesar 5.4 g/cm3. Planet ini memiliki banyak kawah Dengan diameter sebesar 4879 km di katulistiwa.3 derajat.3 g/cm3 dan Bumi hanya 4. Kecerahan planet ini berkisar diantara -2 sampai 5.

862.   . Diduga perbukitan ini terbentuk karena inti dan mantel Merkurius mendingin dan menciut pada saat kerak sudah membatu. beberapa mencapai ratusan kilometer panjangnya. Mantel setebal 600 km menyelimuti inti Merkurius dan kerak dari Merkurius diduga setebal 100 sampai 200 km.000 km Jarak rata-rata ke Mataharinya adalah ±58 juta km dengan kala rotasi 59 hari dan kala revolusi 88 hari. Garis tengah khatulistiwanya adalah 4. Permukaan merkurius mempunyai banyak perbukitan yang kurus.

"  . UB 313. Quaoar. terdapat sembilan planet termasuk Pluto. Berdasarkan definisi di atas. bahkan benda langit yang belakangan juga ditemukan sempat dianggap sebagai planet baru. maka dalam sistem Tata Surya terdapat delapan planet. Pluto. Sedna. seperti: Ceres. Xena. Hingga 24 Agustus 2006.Planet   Planet adalah benda langit yang memiliki ciri-ciri berikut:  (a) mengorbit mengelilingi bintang (b) mempunyai massa yang cukup untuk memiliki gravitasi tersendiri agar dapat mengatasi tekanan sehingga benda angkasa tersebut mempunyai bentuk kesetimbangan hidrostatik (bentuk hampir bulat). sebelum Persatuan Astronomi Internasional (International Astronomical Union = IAU) mengumumkan perubahan pada definisi "planet" sehingga seperti yang tersebut di atas. Orcus. Ceres dan UB 313 kini berubah statusnya menjadi "planet kerdil/katai.

Merkurius Venus Bumi Mars Yupiter Saturnus Uranus Neptunus      Planet disebut juga Bintang Beredar  Di antara Planet .     Planet berdasarkan jaraknya dari Matahari mulai dari yang paling dekat adalah.

Venus    Venus adalah planet terdekat kedua dari matahari setelah Merkurius. . Planet ini memiliki radius 6. Arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain. Kandungan atmosfernya yang pekat dengan CO2 menyebabkan suhu permukaannya sangat tinggi akibat efek rumah kaca. jangka waktu rotasi Venus lebih lama daripada jangka waktu revolusinya dalam mengelilingi matahari. Selain itu. Atmosfer Venus tebal dan selalu diselubungi oleh awan.052 km dan mengelilingi matahari dalam waktu 225 hari. Atmosfer Venus mengandung 97% karbondioksida (CO2) dan 3% nitrogen. sehingga hampir tidak mungkin terdapat kehidupan. Pakar astrobiologi berspekulasi bahwa pada lapisan awan Venus termobakteri tertentu masih dapat melangsungkan kehidupan.

190.   Garis tengah khatulistiwanya 12.000 km Kala rotasi 243 hari Jaraknya ke Matahari ± 108 juta km .

725. dengan suhu permukaannya berkisar antara -173°C sampai 110°C    . Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. sinar ultraungu. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari. Kala rotasi bumi ialah 24 jam dengan kala revolusinya 365. dan radiasi dari luar angkasa.000 km sedangkan jaraknya ke Matahari ±150 juta km.2425 hari. Diperkirakan usianya mencapai 4. Garis tengah khatulistiwanya adalah 12.6 milyar tahun.6 juta kilometer atau 1 AU (ing: astronomical unit). Satelit Bumi adalah Bulan. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.Bumi  Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya.

Misimisi ke planet merah ini. menyebabkan manusia harus menggunakan alat bantu pernafasan jika ingin tinggal di sana. ditambah dengan komposisi udara yang sebagian besar karbondioksida.Mars  Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari. Namanya diambil dari nama Dewa Yunani kuno untuk perang. belum menemukan jejak kehidupan di sana. .  Suhu udara yang cukup rendah dan tekanan udara yang rendah. Namun planet ini juga dikenal sebagai planet merah karena penampakannya yang kemerah-merahan. sampai penghujung abad ke-20. meskipun yang amat sederhana.

Planet ini mengorbit Matahari selama 687 hari dalam mengelilingi matahari.000 km Jarak rata-rata ke Mataharinya 228 juta km   . Garis tengah khatulistiwanya 6.780. Planet ini juga berotasi. Planet ini memiliki 2 buah satelit.62 jam. Kala rotasinya 24. yaitu Phobos dan Deimos.

3 AU dari matahari. diklasifikasikan sebagai obyek kecil Tata Surya (small Solar System bodies). Sabuk utama tidaklah rapat. kapal ruang angkasa secara rutin menerobos daerah ini tanpa mengalami kecelakaan.   .3 dan 3. berjarak antara 2. Semua asteroid. diduga merupakan sisa dari bahan formasi Tata Surya yang gagal menggumpal karena pengaruh gravitasi Yupiter. Asteroid yang berdiameter antara 10 and 10-4 m disebut meteorid.Sabuk Asteroid  Asteroid secara umum adalah obyek Tata Surya yang terdiri dari batuan dan mineral logam beku. kecuali Ceres yang terbesar. Sabuk asteroid utama terletak diantar orbit Mars dan Yupiter.

  . Venus. Bumi.3 juta km.86 tahun. sedangkan periode revolusi adalah 11. Jarak rata-rata antara Jupiter dan Matahari adalah 778.8 jam. dan amonia (NH3). dan Mars. Suhu di permukaan planet ini berkisar dari -140oC sampai dengan 21oC.dengan 4 satelit terbesar yang dikenal sebagai Satelit Galilean yakni Io. Ganymede dan Callisto. helium (He). Atmosfer Jupiter mengandung hidrogen (H).984 km dan memiliki massa 318 kali massa bumi. metana (CH4). Jupiter memiliki 63 satelit. . Di permukaan planet ini terdapat bintik merah raksasa. Periode rotasi planet ini adalah 9. Europa. Jupiter tersusun atas unsur besi dan unsur berat lainnya. Jupiter adalah planet terbesar dan terberat dengan diameter 142. Seperti planet lain.Jupiter  Yupiter atau Jupiter adalah planet terdekat kelima dari matahari setelah Merkurius.

Icarus. Ceres. karena kandungan karbonnya tinggi. dan Geografos . Misal. Juno. Davida. Vesta. Apollo. dan Fortuna  Asteroid Kecil  Umumnya  berwarna terang dan mempunyai susunan materi seperti Bumi. Eros. Psyche. asteroid dapat dibagi atas. Hermes.  Asteroid Besar  Berwarna  gelap. Hygeva. Misal. Interamnia. Adonis. Menurut ukuran diameternya. Toros. Pallas.

 13 satelit Jupiter yang terbaru belum dinamakan.ciw. 47 diantaranya merupakan satelit kecil dengan diameter kurang dari 10 km. Slide setelah ini berisi 50 nama-nama satelit Jupiter lainnya beserta pengelompokannya.dtm.  Data diperoleh dari http://www.html . Di antara seluruh satelit.edu/sheppard/satellites/jupsa tdata.

Europa. Callisto  Themisto Prograde Irregular Group  Themisto  Himalia Prograde Irregular Group  Leda . Adrastea . Lysithea . Elara  Carpo Prograde Irregular Group  Carpo . Small Inner Regulars and Rings  Metis . Ganymede. Himalia . Thebe  Galileans  Io. Amalthea .

Aitne . Thyone . Harpalyke . Kale . Kalyke . Hegemone . Iocaste . Isonoe . Euanthe . Mneme . Ananke  Carme Retrograde Irregular Group  Arche . Sponde . Orthosie . Praxidike . Cyllene . Eurydome . Taygete . Pasiphae . Megaclite . Eukelade . Thelxinoe . Erinome . Kallichore Pasiphae Retrograde Irregular Group  Helike . Ananke Retrograde Irregular Group  Euporie . Pasithee . Aoede . Chaldene . Carme . Hermippe . Sinope . Autonoe . Kore  .

Saturnus memiliki kerapatan yang rendah karena sebagian besar zat penyusunnya berupa gas dan cairan. Selain berevolusi. Hal ini tentu tidak memungkinkan adanya kehidupan di Saturnus.Saturnus  Saturnus adalah sebuah planet yang terletak di tata surya dimana planet ini terkenal sebagai planet bercincin. Saturnus berevolusi dalam waktu 29. Saturnus tampak tidak terlalu cerah dari Bumi. Atmosfer Saturnus tersusun atas gas amonia dan metana. Saturnus juga berotasi dalam waktu yang sangat singkat. Karena itulah.  . Setiap 378 hari.46 tahun. dan Matahari akan berada dalam satu garis lurus. Bumi. Jarak Saturnus sangat jauh dari Matahari. Inti Saturnus diperkirakan terdiri dari batuan padat. yaitu 10 jam 14 menit. Saturnus.

Tethys. Hingga 2006. Dione. Sejauh ini. Saturnus diketahui memiliki 56 buah satelit alami. dan Iapetus. Rhea.   . Tujuh diantaranya cukup masif untuk dapat runtuh berbentuk bola di bawah gaya gravitasinya sendiri. diperkirakan yang paling mungkin membentuk cincin-cincin itu adalah bongkahanbongkahan es meteorit. Titan (Satelit terbesar dengan ukuran lebih besar dari planet Merkurius). Mereka adalah Mimas. Terdapat beribu-ribu cincin yang mengelilingi planet ini. Enceladus.

867 mil) . Saturnus adalah satu-satunya Planet di tata surya yang massa jenisnya lebih sedikit daripada air. merotasi setiap 10 jam 14 menit waktu Bumi. dan dibengkakkan keluar disekitar khatulistiwa. Walaupun inti Saturnus memiliki massa jenis yang lebih besar daripada air. Saturnus memiliki bentuk yang diratakan di kutub. Bentuk yang diratakan ini disebabkan oleh rotasinya yang sangat cepat.   . sehingga massa jenis relatif planet ini sebesar is 0. Saturnus akan mengapung. planet ini memiliki atmosfer yang mengandung gas. Diameter khatulistiwa Saturnus sebesar 120. jika Saturnus diletakan diatas kolam yang penuh air.536 km (74.69 g/cm³ (lebih sedikit daripada air). berbeda sebesar 9%. sebagai hasilnya.

Planet ini memiliki inti planet di pusatnya dan sangat panas. Badai seperti tahun 1990 diketahui dengan nama Bintik Putih Raksasa. badai unik Saturnus yang hanya ada dalam waktu yang pendek dan muncul setiap 30 tahun waktu Bumi. Bagian luar atmosfer Saturnus terbuat dari 96.    .2% metana dan 0.000 km (18. Diatas inti Saturnus terdapat bagian yang lebih tipis yang merupakan hidrogen metalik. etana dan fosfin. Pada atmosfer Saturnus juga terdapat sedikit kandungan asetilena.730 °C).000 K (26. Teleskop Hubble mendeteksi awan putih didekat khatulistiwa Saturnus.02% amonia.[6] Inti planet Saturnus berat.7% hidrogen dan 3% helium. 0.540 °F. Diatas bagian tersebut terdapat daerah liquid hidrogen dan helium.600 mil). 14. sekitar 30. dengan massa sekitar 9 sampai 22 kali lebih dari massa inti Bumi. temperaturnya mencapai 15.[7] Pada tahun 1990.

 Saturnus memiliki 60 bulan. dimana 33 dari 50 bulan memiliki diameter lebih kecil dari 10 kilometer dan 13 bulan lainnya memiliki diameter lebih kecil dari 50 km. Berikut adalah nama dari satelit Saturnus. (Diambil dari http://www.dtm. 8 dari total 60 satelit belum memiliki nama.ciw. Banyak bulan Saturnus yang sangat kecil.edu/sheppard/satellites/satsa tdata.html)   .

Phoebe . Suttungr . Loge . Siarnaq . Tarvos . Hati . Fornjot  . Calypso . Iapetus Irregular Groups  Kiviuq . Methone . Farbauti . Tethys . Daphnis . Anthe . Helene . Aegir . Polydeuces  End of Outer most Ring  Rhea . Tarqeq . Paaliaq . Kari . Mimas . Erriapo . Ymir . Dione . Fenrir . Hyrrokkin . Narvi . Titan . Epimetheus . Regular Satellites  Start of Inner most Ring  Pan . Prometheus . Bergelmir . Bebhionn . Jarnsaxa . Atlas . Pandora . Skathi . Telesto . Pallene . Greip . Ijiraq . Albiorix . Hyperion . Janus . Bestla . Surtur . Thrymr . Enceladus . Mundilfari . Skoll .

Uranus memiliki diameter mencapai 51. Umbriel. Miranda.54 massa Bumi. Periode rotasi planet ini adalah 17.118 km dan memiliki massa 14. Perhitungan cermat orbit Uranus menyimpulkan bahwa planet ini ada yang mengganggu. Kemudian Neptunus ditemukan pada Agustus 1846. Bentuk planet ini mirip dengan Bulan dengan permukaan berwarna hijau dan biru.Uranus  Uranus adalah planet terjauh ke-7 dari Matahari setelah Saturnus.25 jam. Penemuan Neptunus ternyata tidak cukup menjelaskan gangguan orbit Uranus. dan Oberon. Uranus memiliki jarak dengan Matahari sebesar 2875 juta km. sedangkan periode revolusi adalah 84 tahun. ditemukan pada 1781 oleh William Herschel (1738-1822).  . Titania. Uranus memiliki 27 satelit alami. diantaranya Ariel.

dtm. (Diambil dari http://www. Berikut adalah nama-nama satelit Uranus.ciw.html) .edu/sheppard/satellites /urasatdata.

Trinculo . Desdemona . Stephano . Umbriel . Bianca . Oberon  Irregular Groups  Francisco . Prospero . Miranda . Juliet . Perdita . Cupid . Rosalind . Margaret . Mab . Regular Satellites  Cordelia . Ophelia . Portia . Sycorax . Caliban . Ferdinand . Setebos . Cressida . Puck . Ariel . Titania . Belinda .

Nereid. Neptunus memiliki diameter mencapai 49.450 juta km. Periode rotasi planet ini adalah 16.530 km dan memiliki massa 17.   . Planet Neptunus memiliki 13 buah satelit. Bentuk planet ini mirip dengan Bulan dengan permukaan terdapat lapisan tipis silikat. dan Larissa.Neptunus  Neptunus merupakan planet terjauh (kedelapan) jika ditinjau dari Matahari.8 tahun.1 jam. Proteus. sedangkan periode revolusi adalah 164. Komposisi penyusun planet ini adalah besi dan unsur berat lainnya. Neptunus memiliki jarak rata-rata dengan Matahari sebesar 4.2 massa Bumi. di antaranya Triton..

edu/sheppard/satellites /nepsatdata. Neptunus memiliki 13 buah satelit. (Diambil dari http://www.dtm.html) . Berikut adalah nama-namanya.ciw.

Larissa . Regular Groups  Naiad . Thalassa . Nereid . Despina . Proteus  Irregular Groups  Triton . Galatea . Psamathe . Halimede . Laomedeia . Sao . Neso .

Akibat tekanan radiasi matahari dan angin matahari pada coma ini. Komet yang cerah pastinya menarik perhatian ramai. radiasi dari matahari menyebabkan lapisan es terluarnya menguap.Komet  Komet adalah benda angkasa yang mirip asteroid.  . Arus debu dan gas yang dihasilkan membentuk suatu atmosfer yang besar tetapi sangat tipis di sekeliling komet. Ketika komet menghampiri bagian-dalam Tata Surya. air) dan debu yang membeku. lebih lonjong dan panjang daripada orbit planet. terbentuklah ekor raksasa yang menjauhi matahari. tetapi hampir seluruhnya terbentuk dari gas (karbon dioksida. metana. Komet memiliki orbit atau lintasan yang berbentuk elips. disebut coma.

tetapi peredarannya memakan waktu yang lama. Rentangan waktu pendek adalah kurang dari 200 tahun dan rentangan waktu yang panjang adalah lebih dari 200 tahun. Komet dibedakankan menurut rentangan waktu orbitnya.  . Ekor komet berbeda-beda bentuk dan ukurannya. Ada juga komet yang tidak berekor. Komet bergerak mengelilingi matahari berkalikali. Semakin dekat komet tersebut dengan matahari. Secara umumnya bentuk orbit komet adalah elips. Coma dan ekor komet membalikkan cahaya matahari dan bisa dilihat dari bumi jika komet itu cukup dekat. semakin panjanglah ekornya.

 Parabola (non-periodik)  Hiperbola (non-periodik)  Elips (periodik)  . Garis tengah sekitar 1020km  Koma  Ekor Komet. panjangnya antara 10 juta – 10 juta km Lintasan Komet dapat berupa. Menurut keadaan fisiknya komet dibagi menjadi.  Kepala Komet  Terdiri dari inti yang tersusun atas bongkahanbongkahan batu yang mengeluarkan gas apabila tterkena sinar Matahari.

Meteorit saat jatuh ke Bumi dapat membuat Impact Crater (tekanan ram adalah tekanan yang dihasilkan oleh benda yang bergerak dengan kecepatan supersonik di dalam medium fluida (gas atau cairan)   .Meteoroid  Meteoroid adalah benda langit padat yang beterbangan secara tidak beraturan dan tidak mempunyai orbit yang tetap dan tidak bercahaya Meteor besar yang tidak habis terbakar saat melewati atmosfer Bumi di mana ia mendapat tekanan ram dan bisa mencapai Bumi disebut meteorit.