Seperti telah kita maklumi bersama bahwa microsoft excel merupakan program pengolah data yang bersifat numerik

( angka ) yang dikeluarkan oleh perusahaan microsoft. Meskipun tidak kita pungkiri bahwa microsoft excel juga dilengkapi dengan rumus-rumus untuk mengolah data teks. Pada tutorial yang lalu telah saya sajikan tutorial tentang umus Mencari Modus! Median dan Mean (rata-rata)! pada kesempatan kali ini saya sajikan tutorial tentang umus Mencari "kar dan Pangkat pada microsoft excel. #ke langsung saja kita pada pembahasan $. umus Mencari "kar %ntuk mencari akar dari bilangan rumus&syntaxnya 'S( )(*umber) . +eterangan, *umber merupakan bilangan yang akan kita cari akarnya! atau cell dimana nilai yang akan kita cari akarnya. -ontoh, akar dari $.! ditulis di excel dengan umus =SQRT(10) /. umus Mencari Pangkat untuk menghitung pangkat dari suatu nilai & bilangan sobat tidak perlu pusing deh!. gunakan saja rumus yang menurut sobat paling mudah dari dua rumus berikut, umus P#01 Syntaxnya 'P#01 (*umber!Power)

+eterangan , *umber ' "ngka & bilangan yang akan dipangkatkan Power ' *ilai perpangkatan

Menggunakan rumus akar pada excel (fungsi akar kuadrat excel 2010)
-ara menggunakan rumus akar pada microsoft excel /.$.. )erkadang dalam perhitungan matematika sering ditemukan penjumlahan! perkalian! atau pembagian akar-akar bilangan. 2alam postingan ini hanya dibahas tentang cara mencari nilai akar sebuah bilangan! misalnya akar pangkat dua (biasa disebut akar kuadrat)! akar pangkat tiga! akar pangkat /&3 (pangkat pecahan)! atau akar pangkat lainnya. 4ang perlu dipahami adalah cara penulisan akar dan pangkat bilangan yang terkadang membingungkan namun sebenarnya penulisan tersebut mempunyai tampilan berbeda tetapi maknanya sama! misalnya , baris pertama merupakan beragam penulisan tentang akar pangkat 3&/ dari 5 baris kedua adalah penulisan akar pangkat 3 dari 5

2i sel -5 ketik rumus '"6S("5)9(/&3) f. ! ini merupakan keterbatasan excel dalam menghitung akar bilangan negatif. 2i sel 25 ketik rumus '"6S("5)9($&7) <asil pada baris ke 5 akan sama pada baris 7. 2i sel 65 ketik rumus 'S( )("6S("5)) e. Setelah membuat tabel di atas buat rumus untuk menghitung akar bilangan a. %ntuk mengatasinya lihat baris 5 (menggunakan fungsi absolut) d. "kan dibuat perhitungan akar kuadrat! akar pangkat /&3 ! dan akar pangkat 7 ! dari bilangan $8! 5! dan -5 /.Setelah mengetahui cara penulisan akar dan pangkat bilangan! sekarang kita menggunakan ms excel untuk mencari nilai akar tersebut. 2i sel 23 ketik rumus '"39($&7) Selanjutnya copy rumus pada baris 3 ke baris 7 hingga baris 8 "kan terlihat untuk bilangan negatif hasil perhitungannya adalah :*%M. $. 2i sel -3 ketik rumus '"39(/&3) c. 6uat tabel seperti gambar di bawah ini . . 2i sel 63 ketik formula 'S( )("3) atau bisa juga 'S( )($8) b.

pangkat / ! menulis di excel dengan umus '10^2 Semoga bermanfaat .umus =9= ( >ihat Pada +eyboard sampeyan tepatnya pada angka 8 ). Syntaxnya '*umber9Power -ontoh $.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful