P. 1
akar pangkat

akar pangkat

|Views: 29|Likes:
Published by Donal Rakhmadi

More info:

Published by: Donal Rakhmadi on Nov 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2014

pdf

text

original

Seperti telah kita maklumi bersama bahwa microsoft excel merupakan program pengolah data yang bersifat numerik

( angka ) yang dikeluarkan oleh perusahaan microsoft. Meskipun tidak kita pungkiri bahwa microsoft excel juga dilengkapi dengan rumus-rumus untuk mengolah data teks. Pada tutorial yang lalu telah saya sajikan tutorial tentang umus Mencari Modus! Median dan Mean (rata-rata)! pada kesempatan kali ini saya sajikan tutorial tentang umus Mencari "kar dan Pangkat pada microsoft excel. #ke langsung saja kita pada pembahasan $. umus Mencari "kar %ntuk mencari akar dari bilangan rumus&syntaxnya 'S( )(*umber) . +eterangan, *umber merupakan bilangan yang akan kita cari akarnya! atau cell dimana nilai yang akan kita cari akarnya. -ontoh, akar dari $.! ditulis di excel dengan umus =SQRT(10) /. umus Mencari Pangkat untuk menghitung pangkat dari suatu nilai & bilangan sobat tidak perlu pusing deh!. gunakan saja rumus yang menurut sobat paling mudah dari dua rumus berikut, umus P#01 Syntaxnya 'P#01 (*umber!Power)

+eterangan , *umber ' "ngka & bilangan yang akan dipangkatkan Power ' *ilai perpangkatan

Menggunakan rumus akar pada excel (fungsi akar kuadrat excel 2010)
-ara menggunakan rumus akar pada microsoft excel /.$.. )erkadang dalam perhitungan matematika sering ditemukan penjumlahan! perkalian! atau pembagian akar-akar bilangan. 2alam postingan ini hanya dibahas tentang cara mencari nilai akar sebuah bilangan! misalnya akar pangkat dua (biasa disebut akar kuadrat)! akar pangkat tiga! akar pangkat /&3 (pangkat pecahan)! atau akar pangkat lainnya. 4ang perlu dipahami adalah cara penulisan akar dan pangkat bilangan yang terkadang membingungkan namun sebenarnya penulisan tersebut mempunyai tampilan berbeda tetapi maknanya sama! misalnya , baris pertama merupakan beragam penulisan tentang akar pangkat 3&/ dari 5 baris kedua adalah penulisan akar pangkat 3 dari 5

Setelah mengetahui cara penulisan akar dan pangkat bilangan! sekarang kita menggunakan ms excel untuk mencari nilai akar tersebut. 2i sel 65 ketik rumus 'S( )("6S("5)) e. 6uat tabel seperti gambar di bawah ini . . 2i sel 63 ketik formula 'S( )("3) atau bisa juga 'S( )($8) b. $. 2i sel 25 ketik rumus '"6S("5)9($&7) <asil pada baris ke 5 akan sama pada baris 7. "kan dibuat perhitungan akar kuadrat! akar pangkat /&3 ! dan akar pangkat 7 ! dari bilangan $8! 5! dan -5 /. 2i sel -5 ketik rumus '"6S("5)9(/&3) f. 2i sel -3 ketik rumus '"39(/&3) c. 2i sel 23 ketik rumus '"39($&7) Selanjutnya copy rumus pada baris 3 ke baris 7 hingga baris 8 "kan terlihat untuk bilangan negatif hasil perhitungannya adalah :*%M. Setelah membuat tabel di atas buat rumus untuk menghitung akar bilangan a. ! ini merupakan keterbatasan excel dalam menghitung akar bilangan negatif. %ntuk mengatasinya lihat baris 5 (menggunakan fungsi absolut) d.

pangkat / ! menulis di excel dengan umus '10^2 Semoga bermanfaat . Syntaxnya '*umber9Power -ontoh $.umus =9= ( >ihat Pada +eyboard sampeyan tepatnya pada angka 8 ).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->