P. 1
Latar Belakang

Latar Belakang

|Views: 71|Likes:
Published by Tiyo Chelsea Mania

More info:

Published by: Tiyo Chelsea Mania on Nov 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2014

pdf

text

original

Latar Belakang Surat merupakan salah satu aset yang sangat berharga yang dimilikiS oleh sebuah institusi

atau instansi. Sebelum manusia mengenal komputer, pengelolaan surat dilakukan secara konvensional (Classical Archiving). Saat ini di negaranegara maju sudah banyak yang mengadopsiteknologi informasi mengelola surat secara digital dengan dalih untuk efisiensi waktu ada keakuratan pendataan. Surat merupakan salah satu sumber informasi yang memiliki fungsi penting untuk menunjang proses kegiatan administrasi dan manajemen sebuah institusi atau instansi. Semua kegiatan yang dilakukan oleh institusi tersebut, baik itu berupa proposal, suratmenyurat maupun dokumen-dokumen lain akan menjadi surat. Surat yang telah diubah bentuk menjadi digital akan sangat mudah untuk dikelola. Diantara kelebihannya adalah proses pencarian menjadi lebih cepat, dokumentasi lebih praktis dan efisien, pengelolaan surat keluar masuk juga semakin mudah terkontrol. Dengan memanfaatkan teknologi surat seperti aplikasi pendataan surat masuk dan surat keluar berbasis web, maka surat dapat dikelola secara komputerisasi. Selain itu juga memudahkan pengembangkan aplikasi kedepan. Dengan demikian, manajemen surat dapat berjalan sesuai prosedur yang juga Semua kegiatan yang dilakukan oleh institusi tersebut, baik itu berupa proposal, surat-menyurat maupun dokumendokumen lain akan menjadi surat. Surat yang telah diubah bentuk menjadi digital akan sangat mudah untuk dikelola. Diantara kelebihannya adalah proses pencarian menjadi lebih cepat, dokumentasi lebih praktis dan efisien, pengelolaan surat keluar masuk juga semakin mudah terkontrol..

Perumusan masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat dirumuskan permasalahannya yaitu : a. Bagaimana pencatatan surat masuk maupun surat keluar tidak lagi dikerjakan secara manual? b. Bagaimana sistem informasi manajemen surat tersebut dapat menjadi

Bagaimana bukti surat fisik yang telah di-scan disimpan dan ditampilkan dalam report sistem informasi manajemen surat tersebut? d.adapun batasan masalah dari pembahasan Aplikasi Pendataan Surat Masuk Dan Surat Keluar Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah Bidang Penataan Ruang dan Pengembangan Kawasan Strategis ini adalah sebagai berikut : .media pendukung instansi tersebut dalam melakukan kegiatan surat menyurat? c. Bagaimana dalam sistem informasi manajemen surat tesebut terdapat pula menu untuk pengajuan cuti. Bagaimana sistem informasi manajemen surat tersebut juga dapat menunjukkan tempat penyimpanan bukti surat fisik tersebut? Batasan Masalah Agar penilitian ini dapat berjalan lancar .? f. Bagaimana arsip data surat menyurat yang telah tersimpan dalam sistem informasi manajemen surat tersebut dapat dicetak sesuai dengan kebutuhan instansi? e.

Tujuan Penulisan a. b. Sistem informasi ini hanya bekerja pada sistem pencatatan surat pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah Bidang Penataan Ruang dan Pengembangan Kawasan Strategis c. Sistem hanya melakukan perintah seperti pendataan surat masuk/keluar. 2. agar siap menghadapi dunia kerja yang nyata. Data yang akan diinputkan pada sistem sesuai dengan poin pendataan surat yang tercantum pada sistem. . Manfaat a. b. Bagi STMIK Palangkaraya Menambah referensi bidang ilmu pengetahuan bagi mahasiswa STMIK Palangkaraya dan juga sebagai pedoman untuk menyusun skripsi.a.pencarian surat. Membuat suatu aplikasi pendataan surat masuk dan surat keluar berbasis web agar dapat mempermudah pengelolaan surat-suratnya. b. Bagi penulis Melatih penulis untuk membuat suatu karya ilmiah dan menerapkan ilmu yang telah didapat dari bangku kuliah. Tujuan Dan Manfaat Penulisan 1. Bagi Dinas Dalam Penataan Ruang Dan Pengembangan Kawasan Strategis untuk mempermudah dalam hal pengelolaan pendataan surat masuk dan surat keluar sebagai c. pencetakkan surat disposisi dan pencetakkan form surat keluar.

website serta sumber lainya yang berhubungan dengan masalah-masalah yang akan dibahas.Metode Eksperimen Metode ini digunakan penulis dengan cara menguji coba pemanfaatan aplikasi pendataan surat masuk dan surat keluar berbasis web.Metode Kepustakaan Metode ini dilakukan dengan cara mengambil bahan dari literature seperti buku.Metode Wawancara Metode ini dilakasanakan dengan mengadakan Tanya jawab kepada pihak –pihak yang berkaitan dengan informasi yang penulis butuhkan. . 3. 5. 2.Metodologi Penelitian Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode yaitu antara lain sebagai berikut : 1. 4.blog.Metode Dokumentasi Dalam Metode ini penulis mengambil data fisik berupa surat masuk dan surat keluar yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan objek penelitian.Metode Observasi Teknik pengumpulan data dengan mengamati dan melihat langsung kondisi yang ada pada kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah Bidang Penataan Ruang dan Pengembangan Kawasan Strategis agar mendapatkan data yang sebenarnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->