RANGKUMAN PKN SD KELAS VI SMT 1 SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA Tujuan dan Asas Pemilu Menurut Undang-Undang No.

12 Tahun 2003, pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dalam Negara Kesatuan Repu lik !ndonesia yang erdasarkan "an#asila dan Undang-Undang $asar Negara Repu lik !ndonesia tahun 1%&'. Menurut Undang-Undang ini, pemilu diselenggarakan dengan tu(uan se agai erikut) a. Memilih *akil rakyat dan *akil daerah . Mem entuk pemerintahan yang demokratis, kuat, dan memperoleh dukungan rakyat #. Keduanya dilakukan dalam rangka me*u(udkan tu(uan nasional se agaimana diamanatkan. +erdasarkan pasal 22, -yat .1/ UU$ 1%&', pemilu dilaksanakan se#ara langsung, umum, e as, rahasia, (u(ur, dan adil. "engertian asas pemilu terse ut adalah se agai erikut) a. Langsung Rakyat se agai pemilih mempunyai hak untuk mem erikan suaranya se#ara langsung sesuai dengan kehendak hati nuraninya, tanpa perantara. . Umum "ada dasarnya semua *arga negara yang memenuhi persyaratan sesuai dengan undang-undang ini erhak mengikuti pemilu. "emilihan yang ersi0at umum mengandung makna men(amin kesempatan yang erlaku menyeluruh agi semua *arga negara, tanpa diskriminasi erdasarkan suku, agama, ras, golongan, (enis kelamin, kedaerahan, peker(aan, dan status sosial. #. Bebas 1etiap *arga negara yang erhak memilih e as menentukan pilihannya tanpa tekanan dan paksaan dari siapa pun. $i dalam melaksanakan haknya, setiap *arga negara di(amin keamanannya, sehingga dapat memilih sesuai dengan kehendak hati nurani dan kepentingannya. d. Rahasia $alam mem erikan suaranya, pemilih di(amin ah*a pilihannya tidak akan diketahui oleh pihak mana pun dan dengan (alan apa pun. "emilih mem erikan suaranya pada surat suara dengan tidak dapat diketahui oleh orang lain kepada siapa pun suaranya di erikan. e. Jujur

0. Adil $alam penyelenggaraan pemilu. "ada tahun terse ut !ndonesia sudah erada pada masa orde aru. pemilu erikutnya dilaksanakan pada tahun 1%31.Komisi "emilihan Umum/. "emilu tahun 1%'' diikuti oleh 2% partai politik dan perseorangan. "elaksanaan pemilu pada tahun 1%'' ter agi men(adi 2 tahap. Pemilu pada Masa Orde Lama (1955) "emilu pertama di !ndonesia dilaksanakan pad tahun 1%''. 1e elum pemilu tahun 200&. setiap penyelenggaraan pemilu. "emilu untuk memilih anggota konstituante dilaksanakan pada tanggal 1' $esem er 1%''. setiap pemilih dan peserta pemilu mendapat perlakuan sama. . Sejarah Pemilu di Ind nesia "emilu dilaksanakan setiap ' . "emilu tahun 1%31 . "emilu tahun 1%'' merupakan pemilu satu-satunya yang diadakan ketika 2aman orde lama. Masyumi. $alam pemilu tahun 1%'' terse ut terdapat empat partai esar yang mun#ul. "emilu tahun 1%'' dilakukan untuk memilih anggota-anggota $"R dan Konstituante.kukan melalui M"R . +erikut ini #atatan per(alanan pemilu di !ndonesia a. aparat pemerintah. ser ta e as dari ke#urangan mana pun.Ma(elis "ermusya*aratan Rakyat/ dan semen(ak pemilu tahun 200& pemilihan presiden dan *akil presiden dipilih langsung oleh rakyat 1e(ak !ndonesia merdeka. Pemilu pada Masa Orde Baru 1etelah pemilu tahun 1%''. Nahdatul Ulama dan "artai Komunis !ndonesia. "emilu yang dise ut dengan pemilu 1%'' ini dilaksanakan pada saat pemerintahan "erdana Menteri -li 1astroamid(o(o. Tahap kedua adalah pemilu untuk memilih anggota Konstituante. !ndonesia telah melalui e erapa kali pemilu. peserta pemilu. serta semua pihak yang terkait harus ersikap dan ertindak (u(ur sesuai dengan peraturan perundang-undangan.$alam penyelenggaraan pemilu. pemilu presiden dan *akil presiden dila. pemantau pemilu. yaitu "artai Nasional !ndonesia.lima/ tahun sekali pada hari li ur atau hari yang dili urkan yang diselenggarakan oleh K"U . penga*as pemilu. Tahap pertama adalah pemilu untuk memilih anggota $"R. "emilu untuk memilih anggota $"R dilaksanakan tanggal 2% 1eptem er 1%''. pemilih.

diikuti oleh 10 partai. "emilu putaran kedua dilaksanakan untuk memilih presiden dan *akil presiden. 1%%2. a. Pemilihan Umum !e"i#a era re$ rmasi% Presiden dan &a!il Presiden Re'u(li! Ind nesia Tahun )**+ . "asangan 1usilo +am ang :udhoyono+oediono erhasil men(adi pemenang dalam satu putaran langsung dengan memperoleh suara . yaitu tahun 1%%%. Meren#anakan penyelenggaraan pemilu . "artai politik yang mengikuti pemilu tahun 200& se anyak 2& partai politik. 7al ini dikarenakan pada pemilu kali ini rakyat erhak memilih se#ara langsung. K misi Pemilihan Umum dalam Men. 1%43. aik memilih anggota $"R dan $"$ maupun presiden dan *akil presiden.elen##ara!an Pemilu 1e elum masa re0ormasi tahun 1%%4.40<. "emilu ini diikuti oleh &4 partai politik.K"U/. mengalahkan pasangan Mega*ati 1oekarnoputri"ra o*o 1u ianto an Muhammad 6usu0 Kala-9iranto. "emilu kedua yang dilaksanakan pada masa re0ormasi adalah pemilu tahun 200&. 1%42. untuk pertama kalinya pemerintah !ndonesia mem entuk se uah lem aga yang ertugas untuk men(alankan pemilu. 1e(ak re0ormasi. "emungutan suara diselenggarakan pada 4 6uli 200%. iasa disingkat Pil'res )**+/ diselenggarakan untuk memilih "residen dan 9akil "residen periode 200%-201&. "emilu tahun erikutnya diadakan tahun 1%33. "emilu "utaran pertama untuk anggota $"R dan $"$. "emilu tahun 200& di agi men(adi 2 putaran. dan 1%%3 yang diikuti oleh tiga partai yaitu "artai "ersatuan "em angunan. "emilu tahun 200& merupakan tonggak se(arah er(alannya sistem demokrasi di !ndonesia. pemilu di !ndonesia dilaksanakan di a*ah kendali pemerintah. pemilu yang dilaksanakan di !ndonesia mulai menggunakan institusi yang le ih independen dalam pelaksanaannya.6 7a i ie.0. Pemilu pada Masa Ref rmasi "emilu pada masa re0ormasi pertama kali dilaksanakan pada saat pemerintahan +. KPU memili!i "u#as dan -e-enan# se(a#ai (eri!u". #. "ada pemilu ini. 8em aga terse ut adalah Komisi "emilihan Umum . "artai $emokrasi !ndonesia dan "artai 5olongan Karya.

dan $"R$ kota>ka upaten. (umlah kursi dan #alon anggota $"R. dan mengendalikan tahapan pelaksanaan pemilu d.. tata #ara pelaksanaan kampanye. dan $"R$ kota>ka upaten. Menetapkan organisasi dan tata #ara semua tahapan pelaksanaan pemilu #. tanggal. Menetapkan hasil pemilu dan mengumumkan #alon terpilih anggota $"R. . menyelenggarakan. Menetapkan *aktu. Menetapkan daerah pemilihan. $"R$ pro=insi. Mengkoordinasikan. $"$. dan pemungutan suara g. 0. $"$. Menetapkan peserta pemilu e. $"R$ "ro=insi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful