Mengidentifikasi Nama Mineral Berdasarkan Logamnya

1. Unsur-unsur Mineral pada Gol. Logam Alkali
Nama Bijih (Mineral) Bijih Logam (Rumus) Proses Pembuatan Kegunaan a. Pembuatan bom hydrogen b. Komponen baterai Li-ion Unsur

Litium

litium aluminum silikat Senyawa chili Garam (dalam laut) Kriolit Bijih Silikat Albite

LiAl(Si2O5)2

Natrium

NaNO3 NaCl
Elektrolisis leburan NaCl (Proses Down)

a. penggunaan yang semakin penting dari natrium adalah sebagai
cairan pendingin (coolant) pada reaktor nuklir.

b. Sedikit natrium digunakan dalam lampu natrium yang banyak
digunakan sebagai penerangan jalan raya.

Na3AlF6 Na2SiO3 NaAlSi3O8 Na2CO3 NaOH Na2SO4

c. Kegunaan natrium klorida antara lain sebagai bahan baku untuk
membuat natrium, klorin, dan senyawa-senyawa natrium seperti NaOH dan natrium karbonat (Na2CO3) dalam industri susu, mengawetkan ikan dan daging, mencairkan salju di Proses Solvay jalan raya di Negara yang bermusim dingin, regenerasi alat Bahan baku: batu kapur CaCO3 dipanaskan pelunak air, pengolahan kulit; serta sebagai bumbu masak untuk memperoleh gas CO2 (garam dapur). Elektrolisis larutan NaCl d. Natrium hidroksida digunakan terutama dalam industri sabun, detergen, pulp, dan kertas, pengolahan bauksit untuk pembuatan aluminium, tekstil, plastik, pemurnian minyak bumi e. Kegunaan utama dari natrium karbonat adalah untuk pembuatan kaca (terutama kaca bejana). Selain itu untuk membuat bahan-bahan kimia lainnya, industri pulp dan kertas, industri detergen, dan bahan pelunak air. f. Untuk soda kue

Kalium

Ortoklas Silvit

KAlSi3O8 KCl

a. Obat penenang dalam bidang kedokteran b. Pupuk NPK

Logam Alkali Tanah Unsur Nama Bijih (Mineral) Rumus Proses Pembuatan Elektrolisis lelehan bijihnya Kegunaan Kegunaan utama magnesium adalah untuk membuat logamcampur. Paduan magnesium dengan aluminium yang disebut magnalium. bak truk. Berilium Magnesium Bijih beril Dolomit Karnalit Garam Inggris / Epsomite Magnesit Brucite Be3Al2(SiO3)6 MgCO3.2H2O CaF2 Ca5(PO4)3OH SrCO3 SrSO4 BaSO4 . rudal. serta tahan korosi.6H2O MgSO4. sedikit magnesium digunakan pada pengolahan logam tertentu.CaCO3 KCl. sehingga unsur itu digunakan untuk membuat kembang api. resisten terhadap asam maupun basa. Paduan itu digunakan untuk membuat  komponen pesawat terbang.7H2O MgCO3 Mg(OH)2 Kalsium Stronsium Barium Batu kapur dan Pualam Batu tahu/gypsum Fluorite Hidroksiapatit Stronsianit Galestin BijihBarit CaCO3 CaSO4.MgCl2.  Pembakaran magnesium menghasilkan cahaya yang sangat terang. serta berbagai peralatan lainnya.  Oleh karena merupakan reduktor kuat. Unsur-unsur Mineral pada Gol.2. merupakan logam yang kuat tetapi ringan.

3. Elektrolisis Al2O3 dengan kriolit cair penambahan kriolit dalam proses Hall-Heroult berfungsi: untuk melarutkan Al2O3. sedangkan zat lain tidak larut. 4. Campuran itu bereaksi sangat eksoterm sehingga panas yang dihasilkan dapat melelehkan baja. Unsur-unsur Mineral pada Gol. menurunkan titik leleh Al2O3. dan barang kerajinan.2H2O Al2O3. Termit digunakan untuk mengelas baja di tempat.nH2O Na3AlF6 Aluminium diperoleh dengan elektrolisis lelehan bauksit Al2O3 dalam kriolit cair pada Proses Hall-Heroult melalui 2 tahap: a. yaitu campuran serbuk aluminium dengan serbuk besi (III) oksida. misalnya untuk menyambung rel kereta api. 1. Sektor industri otomotif: untuk membuat bak truk dan komponen kendaraan bermotor lainnya. Aluminium sulfat [Al2(SO4)3] Aluminium sulfat yang digunakan pada pengolahan air . Sektor pembangunan perumahan: untuk kusen dan jendela. Boron-Alumunium Unsur Nama Bijih (Mineral) Rumus Proses Pembuatan Kegunaan Alumunium Kaolin Bauksit Kriolit Al2O3. Dipisahkan melalui penyaringan. Persamaan reaksinya adalah: 2Al +Fe2O3 → Al2O3 + 2Fe 2. 2. Pemurnian Al2O3 dari bauksit (alumina) ke dalam bauksit ditambahkan larutan NaOH pekat sehingga Al2O3 larut. 5. Membuat termit. b.2SiO2. perabotan rumah tangga. untuk membuat badan pesawat terbang. Sektor industri dan makanan: aluminium foil dan kaleng aluminium untuk kemasan berbagai jenis produk makanan dan minuman. Sektor lainnya: untuk kabel listrik. sementara besi yang terbentuk akan menyambung baja yang dilas. 3.

seperti untuk roti. dan zink) dan solder (paduan timah dan timbel). cat. yaitu untuk mempercepat koagulasi lumpur koloidal. pasir.2H2O Mg-Ca-Silikat K-Mg-Silikat Reduksi pasir SiO2 dengan C dalam tanur listrik Bahan semikonduktor untuk kalkulator. 4. Pembuatan korek api . Kegunaan lain dari timah adalah untuk membuat logam campur. Nitrogen dan Oksigen Unsur Nama Bijih (Mineral) Rumus Proses Pembuatan Kegunaan Posfor Batu karang fosfat (apatit dan fosforit) Ca3(PO4)2 Sulfur Pirit FeS2 Proses Wohler Memanaskan campuran fosforit. tembaga.minum. 5. Polimer silicon untuk mengubah jaringan pada tubuh. Fosfor putih (beracun) untuk bahan baku pembuatan H3PO4 b. Fosfor merah (tidak beracun) untuk bidang korek api a. Unsur-unsur Mineral pada Gol. mikrokomputer. Timah Kasiterit SnO2 Silikat Pasir Tanah liat Asbes Mika SiO2 Al2O3.Karbon Unsur Nama Bijih (Mineral) Rumus Proses Pembuatan Proses Benefisiasi: Untuk meningkatkan kadar SnO2 dalam bijih Proses Pemanasan: SnO2 + C  Sn + CO2 Kegunaan Timah terutama digunakan untuk membuat kaleng kemasan. Unsur-unsur Mineral pada Gol . susu. dan buah.2SiO2. misalnya perunggu (paduan timah. dan C pada suhu 1300oC dalam tanur listrik Pembuatan dengan 2 cara: a.

getas. Vanadium umumnya digunakan untuk paduan dengan logam besi dan titanium. Besi diperoleh dari bijih besi dengan cara Kegunaan utama dari besi adalah untuk membuat baja. dan dapat mempertahankan permukaan tetap mengkilap dengan cara mengembangkan lapisan film oksida. plastik. Pembuatan CS2 (bahan baku serat rayon) (NH4)2SO4 atau pupuk ZA H2SO4 untuk elektrolit aki CuSO4.5H2O (terusi) untuk anti jamur pada tanaman dan kayu 6. Proses Kontak bahan baku SO2 dengan katalis V2O5 b.Gips CaSO4.FeO senyawa titanium digunakan sebagai pigmen warna putih. cat. Proses Frasch (sulfur di dalam tanah) 2. Unsur-unsur Mineral pada Gol. Proses vulkanisasi karet c. Transisi Periode Ke-4 Unsur NamaBijih (Mineral) Rumus Proses Pembuatan Kegunaan Titanium Rutile TiO2 Vanadium Vanadit Pb3(VO4)2 Kromium Kromit Cr2O3. Baja Besi Hematite Fe2O3 . Vanadium(V) oksida digunakan sebagai katalis pada pembuatan asam sulfat. dan kosmetik. Titanium(IV) oksida merupakan material padat yang digunakan sebagai pigmen putih dalam kertas.2H2O 1. fiber sintetik. Proses Bilik Timbal bahan baku SO2 dengan katalis uap nitroso (campuran NO dan NO2) b. Logam kromium banyak digunakan untuk membuat pelat baja dengan sifat keras. Proses Sisilia (sulfur di permukaan tanah) Pembuatan H2SO4 ada 2 cara: a.

berwarna putih kebiruan. jembatan. dan sebagainya. Nikel juga digunakan secara luas dalam bentuk paduan dengan besi membentuk baja. dan sedikit Si. . b.Magnetit Pirit Siderit Limonit Fe3O4 FeS2 FeCO3 Fe2O3. Pengapungan (flotasi) Pemanggangan Reduksi Elektrolisis (pemurnian) Kegunaan umum mangan adalah untuk membuat baja yang digunakan untuk mata bor (pemboran batuan). Baja tahan karat digunakan untuk membuat perkakas seperti gunting. dan S Bersifat rapuh dan mudah patah. lonceng. industri kendaraan. Besi yang dihasilkan disebut besi kasar yang mengandung Fe 95%. rel kereta api. Salah satu contoh baja yag paling terkenal adalah baja tahan karat (stainless steels). P. yang merupakan paduan besi dengan kromium (1418%) dan nikel (7-9%). sehingga penggunaannya sanagt luas. dan tungsten yang digunakan dalam instrumentasi dan alat-alat kedokteran. adalah istilah yang digunakan untuk semua logam campur (aliase) dari besi. dan alat musik.H2O CuFeS2 Cu2S Cu2(OH)2CO3 a. dan panic. senjata (seperti pisau dan tombak). Isotop kobalt digunakan untuk perawatan pasien kanker digunakan untuk melapisi logam yang lebih reaktif. Jenis baja sangat beragam. Perunggu banyak digunakan untuk perhiasan. c.H2O peleburan yang dilakukan dalam suatu tungku yang disebut tanur tiup. sehingga banyak digunakan untuk perhiasan. C 4%. perkakas dapur. Tembaga Seng Kobalt Seng blende Smith sonite Kobaltit ZnS ZnCO3 CoAsS Nikel Pentlandit Garnerit (FeNi)S H2(NiMg)SiO4. Selain itu. Baja perak merupakan paduan antara besi. perkakas dapur seperti sendok. dan banyak digunakan untuk membuat paduan. Perunggu berwarna kuning cerah seperti emas. seperti baja perak (stainless steel). konstruksi bangunan. Mangan Pirolusit Manganit Kalkopirit Kalkosite Malachite MnO2 Mn2O3. tembaga. dan sebagainya.2H2O Kobalt bersifat keras. tembaga digunakan untuk membuat paduan logam seperti perunggu (Cu + Sn) dan kuningan (Cu + Zn). Penggunaan utama tembaga adalah untuk kabel listrik. mulai dari mainan anak-anak. d. dan kunci. obeng.

sianidasi (menggunakan larutan NaCN encer). . dan pemurnian dengan elektrolisis Untuk perhiasan. proses Merill Crowe. penggilingan.Emas Silvanit kalaverit krenerit AuTe2. amalgasi. AuAgTe4 Pengecilan ukuran. untuk melapisi logam tertentu agar tidak terkorosi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful