P. 1
Bahasa Indonesia Membaca 1

Bahasa Indonesia Membaca 1

|Views: 150|Likes:
Published by Syawal Endless

More info:

Published by: Syawal Endless on Nov 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/15/2014

pdf

text

original

Nama Sekolah Kelas Semester Tema Sub tema

: SD NEGERI 21 TONGKUNO :I : 1 ( SATU ) : Diriku : Tubuhku

KOMPETENSI INTI KELAS I 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya 2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru. 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. II. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi BAHASA INDONESIA 3.1. Mengenal teks deskriptif tentang • Menirukan teks deskriptif sederhana anggota tubuh dan panca indra, tentang anggota tubuh wujud dan sifat benda, serta • Membaca teks deskriptif peristiwa siang dan malam sederhana tentang anggota tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman (KI3) 4.1. Mengamati dan menirukan teks • Mengamati cara membaca teks deskriptif tentang anggota tubuh deskripsi dan pancaindra, wujud dan sifat • Menirukan teks deskripsi tentang benda, serta peristiwa siang dan anggota tubuh malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian(KI4) 2.2. Memiliki rasa percaya diri  Timbulnya rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa Daerah(KI2) 1.1. Menerima anugerah Tuhan  Menerima anugrah Tuhan Yang Maha Yang Maha Esa berupa bahasa Esa atas segala anugrahnya persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah(KI1)

dari guru. siswa dapat menirukan membaca nyaring teks deskriptif. ulet dalam berlatih 4.1. atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar(KI2. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah. TUJUAN PEMBELAJARAN Melalui penjelasan. dan bentuk berdasarkan hasil(KI4) 2. Mengamati cara membaca teks deskripsi dengan benar Menirukan teks deskripsi tentang anggota tubuh dengan benar Timbulnya rasa percaya diri Menerima anugrah Tuhan Yang Maha Esa atas segala anugrahnya .KI1) Indikator Pencapaian Kompetensi • • • • • • • • • Menghitung banyak benda 1-5 Menuliskan lambang bilangan 1-5 Menetukan ururan panjang pendeknya benda Menentukan iinggi rendahnya tinggi badan Mengelompokkan benda Memiliki perilaku teliti Peduli terhadap lingkuangan Jujur. peduli terhadap lingkungan Bersyukur atas pemberian Tuhan uang maha kuasa Kompetensi Dasar SBDP 4. beratnya. Setelah mendengarkan bacaan guru. Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda.tekun. Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan(KI1) Mengagumi keindahan alam sebagai anugrah Tuhan Bersyukur atas pemberian Tuhan III. atau tempat bermain(KI3) 3.Kompetensi Dasar MATEMATIKA 3. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis.1. siswa dapat : Bahasa indonesia       Setelah mendengarkan contoh guru. dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya(KI4) 2. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu(KI3) Indikator Pencapaian Kompetensi •  •    • • • • Menyanyikan lagu dengan irama yang tepat Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan Menggambar garis menjadi sebuah bentuk Memberi warna Timbulnya rasa percaya diri Tekun.contoh. Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni(KI2) 1.cermat.sekolah.1. bangun ruang)..hati-hati bertanggung jawab. tinggi rendahnya tinggi badan.terbuka.11.tanya jawab.1. Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata benda – benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar. warna.2.7. siswa dapat membaca nyaring teks deskriptif.

Matematika  Setelah mendengarkan penjelasan guru. siswa mampu menunjukkan banyak benda sesuai dengan lambang bilangan (1—5) dengan tepat. siswa dapat menuliskan lambang bilangan sesuaidengan banyak benda.Mengajak siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing ( untuk mengawali kegiatan pembelajaran) . Materi Ajar 1.terbuka. Sub Tema : Diriku : Tubuhku V.  Mengelompokkan benda dengan benar  Memiliki perilaku teliti  Peduli terhadap lingkuangan  Jujur.  Setelah mendengarkan penjelasan guru. SBDP  menyanyikan lagu ―Dua Mata Saya‖ dengan syair dan irama lagu yang tepat. Pendekatan dan Metode Pendekatan : Scintific ( mengamati.  Setelah bertanya jawab. Kegiatan Inti 1. menanya. Langka.hati-hati bertanggung jawab.mengkaji) VI.tekun. peduli terhadap lingkungan  Bersyukur atas pemberian Tuhan uang maha kuasa.  setelah mengamati gambar siswa dapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat. Tema 2. Guru menyiapkan teks deskriptif sederhana tentang anggota tubuh.Mengecek kehadiran siswa . ulet dalam berlatih  Mengagumi keindahan alam sebagai anugrah Tuhan  Brsyukur atas pemberian Tuhan IV. Contoh teks: (disajikan di buku siswa) ini i-n-i i-ni mata m-a-t-a ma-ta kaki k-a-k-i ka-ki saya s-a-y-a sa-ya dua d-u-a du-a .. Kegiatan Awal .menalar.  Menggambar garis menjadi sebuah bentuk  Memberi warna  Timbulnya rasa percaya diri  Tekun.cermat. membaca. siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat. Alokasi Waktu Bahasai Indonesia matematika SBDP : 1 x 35 menit : 1 x 35 menit : 1 x 35 menit VII.langkah Pembelajaran A.Menginformasikan sub tema yang akan di belajarkan Tubuhku B.  setelah mengamati gambar siswa dapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.

Kurikulum 2013 .Buku murid tema 1 IX. Penilaian .Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) . Siswa menirukan guru membaca nyaring teks deskriptif tersebut 3.Buku guru tema 1 . Siswa secara bergantian membaca teks sederhana di bawah bimbingan guru. 4. Guru menutup pelajaran dengan meminta kembali siswa membaca teks tersebut bersama-sama C. Penutup .Penilaian Hasil Belajar Menggunakan instrumen hasil belajar dengan tes lisan dan tulisan. Guru mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap isi bacaan 5. Kendari. Kepala Sekolah Wali Kelas I LA DULU . VIII.Penilaian Proses Menggunakan format penilaian dalam kegiatan pembelajaran sejak dari awal sampai akhir pebelajaran.2. .Guru dan siswa bersama-sama menyipulkan tentang materi Tubuh .Mengajak semua siswa berdoa. Sumber dan Media .

Penilaian Unjuk Kerja : NO NAMA MURID BAIK SEKALI BAIK CUKUP PERLU BIMBINGAN .

... Kunci jawaban 1... . ...... 3 2... 2...... ........ 3.. 4 3.Soal Hitunglah jumlah jari-jari di bawah ini 1... 5 ..

Penilaian Unjuk Kerja Kriteria NO Nama siswa Pengasaan lagu Baik sekali baik cukup Ketepatan menghitung jari tangan dan banyak anggota tubuh pada LKS Perlu Baik Perlu baik cukup bimbingan sekali bimbingan .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->