`BAB I PENDAHULUAN

A. Pengertian Remaja adalah masa peralihan dari anak menuju dewasa dimana terjadi pertumbuhan fisik, mental dan emosional yang sangat cepat. Menurut WHO, batasan usia remaja yaitu antara umur 10-19 tahun. Remaja harus didorong untuk bertanggung jawab atas pemilihan kebutuhan gizinya yang sehat. Karena dengan mengkonsumsi makanan yang cukup dan teratur remaja akan tumbuh sehat sehingga akan mencapai prestasi yang gemilang, kebugaran, dan sumber daya manusia yang berkualitas. Makanan merupakan unsur zat gizi yang sangat diperlukan untuk tubuh dan berkembang. Makanan juga merupakan salah satu kebutuhan manusia yang pokok bagi setiap orang teutama usia remaja dan dewasa. Masa remaja dan dewasa merupakan periode dari pertumbuhan dan periode pematangan manusia, pada masa ini terjadi perubahan yang sangat unik dan bekelanjutan. Perubahan fisik karena pertumbuhan yang terjadi akan mempengaruhi status kesehatan dan gizinya.

B. Tujuan 1. Tujuan umum a. Untuk menambah pengetahuan bagi pembaca, terutama masalah gizi pada remaja maupun dewasa. b. Untuk mengetahui kebutuhan energi dan gizi serta cara perhitungan BB ideal. 2. Tujuan khusus a. Untuk memenuhi tugas mata ajar Ilmu Gizi. b. Agar mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami tentang kebutuhan gizi seimbang bagi anak remaja maupun dewasa.

Agar mahasiswa dapat mengetahui tentang prinsip gizi bagi anak remaja dan dewasa. . faktor-faktor yang mempengaruhi. gangguan pola makan remaja dan perhitungan gizi pada orang dewasa. karakteristik pertumbuhan dan pentingnya nutrisi remaja.c. pengaruh status gizi terhadap sistem reproduksi.

Ini dikarenakan pada masa inilah terjadi begitu banyak perubahan dalam diri individu baik itu perubahan fisik maupun psikologis. Pada wanita ditandai dengan mulainya menstruasi atau buah dada yang membesar sedangkan pada pria ditandai dengan perubahan suara. Inilah yang dinamakan pertumbuhan remaja dari anak-anak menuju dewasa. . protein lemak. Masa ini dapat dikatakan sebagai masa yang paling kritis bagi perkembangan pada tahap-tahap kehidupan selanjutnya. Kekurangan dalam mengkonsumsi makanan yang baik jumlah maupun mutunya dapat menyebabkan kurang gizi seperti kurang energi kronik ( KEK ).BAB II PEMBAHASAN A. Gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari dapat mencegah terjadinya keadaan gizi kurang atau gizi lebih. Untuk proses tumbuh kembang tubuh memerlukan karbohidrat. vitamin. zat pembangun dan zat pengatur. Perubahan dari ciri kanak-kanak menuju pada kedewasaan. anemia. Dalam pertumbuhan. dan gangguan akibat kurang yodium ( GAKY ). Ini harus disesuaikan dengan kebutuhan fungsi tubuh sehingga bermanfaat bagi terpeliharanya fungsi tubuh secara optimal. otot yang semakin membesar serta mimpi basah. Hidangan gizi seimbang adalah makanan yang mengandung zat tenaga. Kebutuhan Gizi Seimbang Pada Remaja Dan Orang Dewasa Masa remaja merupakan masa yang paling sulit untuk dilalui oleh individu. mineral. kebutuhan akan kecukupan gizi pada remaja harus sesuai antara jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi. kurang vitamin A ( KVA ). yang dikonsumsi oleh seseorang dalm dalam satu hari secara teratur sesuai dengan kebutuhan gizi. air dan serat dalam jumlah yang seimbang.

juga terjadi perubahan komposisi tubuh. Wanita yang telah berumah tangga biasanya lebih memilih mengonsumsi makanan ang tidak dihabiskan oleh keluarga karena ia merasa saying apabila terbuang. Jika kondisi sehat ini terus dipertahankan sampai kondisi memasuki waktu hamil maka akan mendapatkan anak yang sehat dan cerdas.B. Remaja putri yang terpelihara kadar gizinya akan terpelihara kesehatan reproduksinya. Pada saat pematangan fisik. seperti keluarga dan anak jika ia telah menikah atau orang yang dia saying lainnya. kognitif dan psikososial. Status individu Biasanya wanita remaja yang telah menikah akan kesulitan dalam memilih bahan makanan atau jenis makanan yang akan dihidangkan. . Pada masa remaja kudapan berkontribusi 30% atau lebih dari total asupan kalori setiap hari. Dengan mengkonsumsi makanan yang cukup dan teratur remaja akan tumbuh sehat sehingga akan mencapai prestasi yang gemilang. Prinsip Gizi Bagi Remaja Dan Orang Dewasa Masa remaja merupakan saat terjadinya perubahan-perubahan cepat dalam proses pertumbuhan fisik. Remaja harus didorong untuk bertanggung jawab atas pemilihan kudapan yang sehat. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gizi Remaja Dan Dewasa 1. 2. Status ekonomi Wanita dengan tingkat ekonomi yang lebih tinggi tentunya akan berbeda gizinya dengan orang dari tingkat ekonomi rendah. Pada masa ini terjadi kematangan seksual dan tercapainya bentuk dewasa karena pematangan fungsi endokrin. kebugaran. Kadang dalam menyusun hidangan makanan lebih memperhatikan orang lain daripada dirinya. dan sumber daya manusia yang berkualitas. C. Makanan mengandung unsur zat gizi yang sangat diperlukan untuk tubuh dan berkembang. Makanan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang pokok bagi setiap orang.

Konsumsi karbohidrat kompleks sebaiknya dibatasi 50% saja dari kebutuhan energy sehingga tubuh dapat memenuhi sumber zat pembangun dan pengatur. E dan K) serat menambah lezatnya hidangan. Proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat kompleks berlangsung lebih lama daripada yang sederhana. Mengonsumsi lemak dan minyak secara berlebihan akan mengurangi konsumsi makanan lain. Pendidikan gizi pada remaja dan dewasa Pendidikan gizi pada wanita remaja dan dewasa diperlukan untuk mencapai status gizi yang baik dan berperilaku gizi yang baik dan benar. Adapun pesan dasar gizi seimbang yang diuraikan Depkes adalah : a. Kemampuan keluarga untuk membeli makanan 4. c. Makanlah aneka ragam makanan Tidak satupun jenis makanan yang mengandung semua zat gizi. Jadi. b. Makanlah makanan untuk mencukupi kecukupan energy Setiap orang dianjurkan untuk meemnuhi makanan yang cukup kalori (energi) agar dapat hidup dan beraktivitas sehari-hari. Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi Ada dua kelompok karbohidrat yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana. mengonsumsi makanan yang beraneka ragam menjamin terpenuhinya kecukupan sumber zat tenaga. . d.3. membantu penyerapan vitamin (A. zat pembangun dan zat pengatur. yang mampu membuat seseorang hidup sehat. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai ¼ dari kecukupan energi Lemak dan minyak yang terdapat dalam makanan berguna untuk meningkatkan jumlah energy. Kelebihan konsumsi kalori akan ditimbun sebagai cadangan didalam tubuh yang bebentuk jaringan lemak. tumbuh kembang dan produktif makan makanan ang mengandung unsure-unsur gizi yang diperlukan oleh tubuh baik kualitas maupun kuantitas. D.

f.e. mencegah kelebihan berat badan. Makanlah makanan sumber zat besi Zat besi adalah unsur penting untuk pembentukan sel darah merah. meningkatkan fungsi jantung. Berikan ASI saja pada bayi sampai umur 6 bulan dan tambahkan MPASI sesudahnya ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi. Lakukan aktivitas fisik secara teratur Dapat meningkatkan kebugaran. Bacalah label pada makanan yang dikemas m. Kekurangan zat besi berakibat anemia gizi besi (AGB). daya tahan tubuh. terutama diderita oleh wanita hamil. Cara . aspek kekebalan dan kejiwaan h. Alcohol hanya mengandung energi. karena mempunyai kelebihan yang meliputi 3 aspek baik aspek gizi. Bisakan makan pagi Bagi remaja dan dewasa makan pagi dapat mamilihara ketahanan fisik. Gunakan garam beryodium Kekurangan garam beryodium menyebabkan penyakit gondok. j. k. tetapi tidak mengandung zat kain. g. meingkatkan konsentrasi belajar dan meningkatkan produktivitas kerja. Pekerjaan Banyak wanita karier atau wanita yang banyak berhubungan dengan public cenderung lebih mengonsumsi makanan diet tanpa lemak atau hanya mengonsumsi buah-buahan daripada makanan sehat. paru dan otot serta memperlambat proses penuaan. Hindari minum minuman beralkohol Sering minum minuman beralkohol akan sering BAK sehingga menimbulkan rasa haus. l. wanita menyusui dan wanita usia subur. Minumlah air bersih yang aman dan cukup jumlahnya Aman berarti bersih dan bebas dari kuman. i.

Usia 10-12 tahun kebutuhan energinya 50-60 kal / kg BB / hari Usia 13-18 tahun kebutuhan energinya 40-50 kal / kg BB / hari 1.pengolahan makanan dan para wanita perlu membatasi makan kaleng atau makanan dalam kotak. remaja umumnya melakukan aktiitas fisik lebih tinggi dibanding usia lainnya. Pada masa remaja terdapat perbedaan kebutuhan energi untuk laki-laki dan perempuan karena perbedaan komposisi tubuh dan kecepatan pertumbuhan. Sejak lahir hingga usia 10 tahun. karena mereka masih mengalami pertumbuhan. Kecukupan gizinya harus sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Energi Faktor yang perlu diperhatikan untuk menentukan kebutuhan energi remaja adalah aktivitas fisik. Karakteristik Pertumbuhan Dan Pentingnya Nutrisi Remaja Kebutuhan gizi remaja relative besar. Cara sederhana untuk mengetahui kecukupan gizi dapat dilihat dari berat badan seseorang. energi yang dibutuhkan relative sama dan tidak dibedakan antara laki-laki dan perempuan. sehingga diperlukan zat gizi yang lebih banyak. Remaja dan eksekutif muda yang aktif dan banyak melakukan olahraga memerlukan asupan energi yang lebih besar dibandingkan yang kurang aktif. Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi VI (WKNPG VI) tahun 1998 menganjurkan angka kecukupan gizi (AKG) energi untuk remaja dan dewasa muda perempuan 2000-2200 kkal sedangkan untuk laki-laki antara 2400-2800 kkal setiap hari AKG energi ini dianjurkan sekitar 60% berasal dari sumber karbohidrat. Makanan sumber karbohidrat adalah beras. D. Selain itu. tepung terigu dan . seperti olahragayang didikuti baik dalam kegiatan disekolah maupun diluar sekolah.

Sumber kalsium lainnya ikan. Sumber kalsium yang paling baik adalah susu dan hasil olahannya. Kebutuhan besi pada remaj laki-laki meningkat karena ekspansivolume darah dan peningkatan konsntrasi hemoglobin (Hb). Kecukupan protein bagi remaja 1. Protein Kebutuhan protein juga meningkat pada usia remaja. Pada akhir masa remaja. karena proses pertumbuhan yang sedang terjadi dengan cepat. karena akan lebih mudah terabsorsi. singkong). 2. hati telur. AKG kalsium untuk remaja dan dewasa muda adalah 600-700 mg per hari untuk perempuan dan 500-700 mg untuk lakilaki. Setelah dewasa kebutuhan besi menurun. dan daging.hasil olahannya (mie. sayuran hijau dan lainlain. macaroni). kebutuhan . kacangkacangan. umbi-umbian(ubi jalar. gula dan lain-lain. karena memasuki masa pertumbuhan cepat lebih dulu. spaghetti. Besi Kebutuhan zat besi pada remaja juga meningkat karena terjadinya pertumnuhan cepat. Kalsium Kebutuhan kalsium pada masa remaja relatif tinggi karena akselerasi muskular. Fe lebih baik dikonsumsi bersama dengan vitamin C. 4. kacang-kacangan.5-2. Pada awal masa remaja.0 gr / kg BB / hari. AKG protein remaja dan dewasa muda adalah 48-62gr per hari untuk perempuan dan 55-66gr perhari untuk laki-laki. kebutuhan proteinlaki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan karena perbedaan komposisi tubuh. Lebih dari 20 persen pertumbuhan tinggi badan dan sekitar 50 persen massa tulang dewasa diapai pada masa remaja. skeletal/kerangka dan perkembangan endokrin lebih besar dibandingkan masa anak dan dewasa. jagung. Makanan sumber zat besi adalah sayuran berwarna hijau. 3. kebutuhan protein remaja perempuan lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Pada perempuan.

phfitat. mengakibatkan tingginya kebutuhan mereka akan zat besi. Hal lain yang perlu diingat adalah bioavailabilitas dari makanan umumnya sangat rendah yaitu <10 persen. Perempuan dengan konsumsi besi yang kurangatau mereka dengan kehilangan besi yang meningkat. Vitamin Kebutuhan vitamin juga meningkat selama masa remaja karena pertumbuhan dan perkembangan cepat yang terjadi. AKG seng adalah 15 mg perhari untuk remaja dan dewasa muda perempuan dan laki-laki. asam folat dan vitamin B12. kacang-kacangan. B2 dan Niacin. Sumber besi dari hewani mempunyai biovailabilitas yang lebih tinggi dibandingkan sumber nabati. sedangkan untuk laki-laki 13-23 mg perhari. AKG besi untuk remaja dan dewasa muda perempuan 19-26 mg setiap hari. Makanan yang mengandung zat besi yaitu hati.domba). akan mengalami anemia gizi besi. 5.kambing. Seng (zinc) Seng diperlukan untuk pertumbuhan serta kematangan seksual remaja. Yang dapat meningkatkan penyerapan besidari sumber nabati adalah vitamin C serta sumber protein hewani tertentu ( daging dan ikan ).ikan). Sedangkan zat yang dapat menghambat penyerapan besi antara lain adalah kafein. Untuk sintesa DNA dan RNA diperlukan vitamin B6. daging merah (sapi. Karena kebutuhan energi meningkat. sayuran hijau.yang tinggi akan besi terutama disebabkan kehilangan zat besi selama menstruasi. tannin. zinc dan lain-lain. maka kebutuhan beberapa vitamin pun meningkat. terutama untuk remaja laki-laki. sedangkan untuk . Hal ini mengakibatkan perempuan lebih rawan terhadap anemia besi dibandingkan laki-laki. antara lain yang berperan dalam metabolism karbohidrat menjadi energy seperti vitamin B1. daging putih (ayam. 6. Sebaliknya defisiensi besi mungkin merupakan faktor pembatas untuk petumbuhan pada masa remaja.

Penyebab gangguan makan belum diketahui . Anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi dapat menebabkan resiko pendarahan pada waktu melahirkan. mata berkunang-kunang. lelah. vitamin D. muka dan tangan pucat. Berdasarkan DSM IV ada tiga bentuk gangguan makan yaitu: anoreksia nervosa (AN). letih. dan lunglai. kekurangan kalsium. GANGGUAN POLA MAKAN REMAJA Gangguan makan merupakan penyakit kompleks yang dapat menyerang anak dan remaja. Sangat kurus (KEK) dengan resiko melahirkan bayi dengan bayi berat lahir rendah (BBLR) yang mempunyai resiko kematian dan gangguan tumbuh kembang pada anak (calon ibu dengan BB < 45 kg. psikologik dan sosial serta kematian. F.pertumbuhan tulang diperlukan vitamin D yang cukup. Gangguan tersebut dapat menyebabkan morbiditas biologik. Tanda-tanda anemia sering dikenal 5L yaitu lemah. anemia. Anemia sering disertai dengan pusing. seng dan kekurangan vitamin serta mineral lainnya akan mempengaruhi proses reproduksi. bulimia nervosa (BN) dan gangguan makan ang tidak tergolongkan. yodium. Khusus remaja putri yang mengalami gangguan pertumbuhan. resiko tinggi untuk melahirkan BBLR). lesu. Umumnya remaja putrid dan wanita lebih mudah menderita anemia disbanding pria dan remaja putra. PENGARUH STATUS GIZI TERHADAP SISTEM REPRODUKSI Remaja yang kurang gizi atau terlalu kurus (KEK). resiko tinggi mengalami kesulitan pada waktu melahirkan). E. Vitamin A. Wanita dan remaja putrid membutuhkan 2x lebih banyak daripada pria atau remaja putra karena mengalami haid dan banyak mengeluarkan darah waktu melahirkan dan zat besi diperlukan untuk memproduksi darah (Hb). C dan E diperlukan untuk pembentukan dan penggantian sel. maka badan menjadi pendek dan tulang panggul tidak sempurna akibatnya sulit melahirkan (calon iu TB < 145 cm.

dengan jelas. Berat badan kurang dapat meningkatkan resiko terhadap penyakit infeksi. Jika gangguan terjadi dalam waktu beberapa hari saja terjadi deplesi energy yang akut tanpa gejala yang nyata. Pada masa remaja tidak terdapat kecemasan akan kegemukan dan kelainan psikologik maupun perilaku. blimia nervosa (BN) dan gangguan makan yang tidak tergolongkan. genetik dan psikososial. Pada masa anak-anak tanggung jawab makan ada pada orang tua. sedangkan berat badan lebih akan meningkatkan resiko terhadap penyakit degenerative. akan tetapi bila berlangsung lama dapat berakibat hambatan pertumbuhan dan perkembangan bahkan kematian. tetapi dalam perkembangannya pada masa remaja tanggung jawab tersebut ada pada anak itu sendiri. . G. Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Indeks atau (BMI) merupakan alat atau cara yang sederhana untuk memantau status gizi orang dewasa. Masalah kesulitan makan dan gangguan makan pada anak sering dihadapi oleh orangtua sehingga hal ini sering menjadi alasan bagi mereka untuk berkonsultasi pada dokter. bentuk tubuh dan berat badan. Berdasarkan DSM IV ada tiga bentuk gangguan makan yaitu anoreksi nervosa (AN). Eating disorders (gangguan makan) merupakan suatu sindrom psikiatrik yang ditandai oleh pola makan yang menyimpang yang terkait dengan karakteristik psikologik yang berhubungan dengan makan. khususnya yang berkaitan dengan kekurangan dan kelebihan berat badan. Dampak gangguan makan pada anak dan remaja tergantung pada berat dan lamanya gangguan makan yang terjadi. PERHITUNGAN GIZI PADA ORANG DEWASA Salah satu contoh penilaian status gizi dengan antropometri adalah Indeks Massa Tubuh. namun diduga terkait dengan berbagai faktor biologik.

1 – 27. mempertahankan berat badan normal memungkinkan seseorang dapat mencapai usia harapan hidup yang lebih panjang.0 > 27.0 25. Penggunaan IMT hanya untuk orang dewasa berumur >18 tahun dan tidak dapat diterapkan pada bayi. Pedoman ini bertujuan memberikan penjelasan tentang cara – cara yang di anjurkan untuk mencapai berat badan normal berdasarkan IMT dengan penerapan hidangan sehari –hari yang lebih seimbang dan cara lain yang sehat. anak. Untuk mengetahui nilai IMT ini. ibu hamil.Oleh karena itu. Untuk memantau indeks massa tubuh orang dewasa digunakan timbangan berat badan dan pengukur tinggi badan. dapat dihitung dengan dihitung dengan rumus berikut : Berat badan (kg) IMT = ________________________ Tinggi badan (m) X Tinggi Badan (m) Pada akhirnya di ambil kesimpulan. remaja.5 – 25.0 – 18. batas ambang IMT untuk Indonesia adalah sebagai berikut : Kategori Kekurangan berat badan tingkat Kurus Berat Kekurangan berat badan tingkat Kurus sekali Ringan Normal normal Gemuk kelebihan berat badan tingkat ringan Obes kelebihan berat badan tingkat berat IMT <> 17.4 18. dan olahragawan.0 .

Cukup istirahat. Penampilan cenderung kurang menarik 2.Untuk mengukur status gizi anak baru lahir adalah dengan menimbang berat badannya yaitu : jika < 2500 gram maka dikategorikan BBLR (berat badan lahir rendah) jika 2500 – 3900 gram normal dan jika > 4000 gram di anggap gizi lebih. 4. Mudah letih 3. Makanlah secara teratur 3x sehari dengan gizi seimbang. . tempe. nasi. anemia. Makanlah lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti. Cara menaikkan berat badan 1. Resiko sakit tinggi. 2. umbi – umbian. BERAT BADAN ANDA NORMAL ? Bisa diwujudkan dengan menkonsumsi energi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan tubuh. Kurang mampu bekerja keras. Kerugian 1. ikan. dalam bentuk lemak. BADAN ANDA KURUS ? Penyebab Karena konsumsi energi lebih rendah dari kebutuhan yang mengakibatkan sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan. 5. sehingga tidak terjadi penimbunan energi. depresi. dan tahu. Wanita kurus kalau hamil mempunyai resiko tinggi melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. 4. dan diare. maupun penggunaan lemak sebagai sumber energi. 3. daging. beberapa resiko sakit yang dihadapi antara lain : penyakit infeksi. Tetap berolahraga secara teratur.

B. mental dan emosional yang sangat cepat. Resiko penyakit rendah Cara mempertahankan berat badan normal 1. juga terjadi perubahan komposisi tubuh. Menurut WHO. Pertahankan kibiasaan makan sehari – hari dengan susunan menu gizi seimbang 2. Pada masa ini terjadi kematangan seksual dan tercapainya bentuk dewasa karena pematangan fungsi endokrin. KESIMPULAN Masa remaja merupakan saat terjadinya perubahan-perubahan cepat dalam proses pertumbuhan fisik. kognitif dan psikososial. Lincah 3. Remaja adalah masa peralihan dari anak menuju dewasa dimana terjadi pertumbuhan fisik. Penampilan baik 2. Pada saat pematangan fisik.Keuntungan 1. batasan usia remaja yaitu antara umur 10-19 tahun. BAB III PENUTUP A.hari. SARAN . Pertahankan kebiasaan olahraga yang teratur dan tetap melakukan kebiasaan fisik sehari .

Diharapkan kepada mahasiswa/I STIKES YARSI PONTIANAK dapat mengetahui atau memahami kebutuhan gizi seimbang pada usia remaja maupun dewasa. DAFTAR PUSTAKA .

MAKALAH ILMU GIZI KEBUTUHAN GIZI ORANG DEWASA .

S.DOSEN PEMBIMBING AYU RAFIONY. Gz DISUSUN OLEH AGUSTIANSYAH ATHIAH DESTIARINI DEWI KHARISMA FAJARWATI ENIWATI RISTU WINARTI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN YAYASAN RUMAH SAKIT ISLAM PONTIANAK TAHUN AJARAN 2010/2011 .

dukungan serta dorongan dari berbagai pihak akhirnya dapat terselesaikan. namun karena bantuan. Pontianak. Oleh karena itu.KATA PENGANTAR Alhamdulillahirabbilalamin puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul KEBUTUHAN GIZI UNTUK ORANG DEWASA untuk dijadikan mata pelajaran dalam mata kuliah Ilmu Gizi. 4 November 2010 Penyusun . Kami harap dengan dibuatnya makalah ini mampu memberi pengetahuan bagi pembaca. Kami menyadari bahwa dalam penusunan makalah mengalami beberapa kesulitan. kami mengharapkan kritik dan saran demi perbaikan makalah ini menjadi lebih baik. Dan juga tidak kami lupa. agar dapat menguasai materi yang telah diberikan. kami menyadari bahwa makalah ini sangat jauh dari kesempurnaan. kami mengucapkan terima kasih khususnya kepada Ibu Ayu Rafiony. Untuk itu. S. Gz sebagai dosen pembimbing dalam penyusunan makalah ini. karena itu adalah keterbatasan dari kelompok kami.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful