P. 1
LAPORAN PERCOBAAN KAPASITOR

LAPORAN PERCOBAAN KAPASITOR

|Views: 54|Likes:
Published by Dody Irawan
laporan tentang percobaan kapasitor yg telah dilakukan dikelas fisikarudy
laporan tentang percobaan kapasitor yg telah dilakukan dikelas fisikarudy

More info:

Categories:Types, Presentations
Published by: Dody Irawan on Nov 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/08/2014

pdf

text

original

LAPORAN PERCOBAAN KAPASITOR

ANGGOTA KELOMPOK :  DENDI TRIATMAJA  DODY IRAWAN  JERIM RENAI RUMALUTUR  MUHAMMAD FAHLEVI  MUHAMMAD RIZKY KELAS: XII IPA 5

SMAN 2 PALANGKA RAYA

PENDAHULUAN

A. Judul Percobaan Judul percobaan pada praktikum ini adalah “Percobaan Kapasitor” B. Latar Belakang Sering dijumpai dalam penerapan gejala-gejala konsep fisika ditemukan betapa pentingnya suatu pengukuran dalam menentukan harga ukur dari suatu benda. Misalkan panjang suatu benda, tanpa pengukuran maka nilainya tidak akan dapat diketahui. Olehnya itu telah ditetapkan beberapa ukuran yang dibekukan dalam suatu sistem yang disebut dengan SI ( Sistem Internasional ).

C. Rumusan Masalah Rumusan masalah yang dapat kami angkat pada percobaan ini yaitu sebagai berikut. 1. Bagaimana langkah kerja dalam pengukuran kapasitor ? 2. Bagaimana cara kerja Kapasitor ? 3. Berapa lama kapasitor dengan spesifikasi tertentu dapat menyimpan muatan listrik ?

D. Tujuan Percobaan Adapun tujuan yang ingin dicapai pada percobaan ini yaitu sebagai berikut : 1. Mengetahui Kemampuan Kapasitor seberapa lama kapasitor dapat menyimpan energi. 2. Faktor apa saja yang mempengaruhi kerja kapasitor.

Kajian Pustaka

Kapasitor adalah suatu komponen listrik yang terdiri atas dua pelat konduktor yang disusun berfungsi untuk menyimpan muatan listrik. Rumus digunakan pada kapasitor , disusun secara : a. Seri
o

Qtot = Ctot x Vtot

o o Vtot = V1 + V2
b. Paralel  Cp = C1 + C 2  Qtot = Q1 + Q2 Energi Kapasitor (Joule) W= W= W=
2

. Q2

Metodologi Eksperimen A. ALAT DAN BAHAN 1. KAPASITOR 16V/ 1000 µF 1 buah

2. BATERAI 9V

1buah

3. LAMPU LED 3V

1 buah

4. RESISTOR 2200 Ω

1 buah

5. KABEL

2 utas

6. JEPIT BUAYA

2 pasang

7. MULTIMETER

1 buah

8. STOPWATCH

1 buah

LANGKAH KERJA (percobaan 1) 1. 2. 3. 4. Mengisi kapasitor dengan baterai 9V selama 10 detik. Hubungkan kapasitor ke lampu LED Amati lampu LED dapat menyala berapa detik. Percobaan tersebut diulang untuk pengisian kapasitor selama 20 detik, 30 detik, 40 detik dan 50 detik.

LANGKAH KERJA (percobaan 2) 1. Mengisi kapasitor dengan baterai 9V selama 1 menit. 2. Hubungkan kapasitor ke multimeter dengan jepitan buaya dan amati perubahan tegangan per 10 detik. 3. Percobaan tersebut diulang untuk 2 menit, 3 menit, 4 menit.

Hasil Dan Pembahasan

HASIL PENGAMATAN ( BERUPA TABEL DAN GRAFIK) Percobaan 1
Waktu Pengisian Kapasitor (s) 10 20 30 40 50 Lama nyala lampu LED 11 12 13 14 15

60 50 40 30 20 10 0 1 2 3 4 5 Waktu Pengisian Kapasitor (s) Lama nyala lampu LED

Percobaan 2 Tegangan Kapasitor dengan pengisian 1 Menit Dalam Bentuk Tabel
t (s) 10 20 30 40 50 60 tegangan (volt) 0,95 0,91 0,88 0,85 0,82 0,8

100% 98% 96% 94% 92% 90% 88% 86% 1 2 3 4 5 6 tegangan (volt) t (s)

Penutup KESIMPULAN 1.Kutub kapasitor akan mengikuti kutub pada baterai 2.Kawat kapasitor yang dihubungkan pada kutub positif baterai akan menjadi kutub positif kapasitor. Demikian juga sebaliknya, jika kawat kapasitor yang dihubungkan pada kutub negatif baterai akan menjadi kutub negatif kapasitor. 3.Lama waktu pengisian kapasitor tidak terlalu mempengaruhi lama lampu menyala. Tetapi lampu yang dinyalakan menggunakan kapasitor yang diisi lebih lama, lebih terang pada awal lampu menyala. 4.Lama nyala lampu bisa disebabkan karena masih ada energi yang tersimpan pada kapasitor, seharusnya energi yang ada pada kapasitor dihabiskan terlebih dahulu lalu di isi kembali pada tahap selanjutnya.

SARAN Sebelum kalian melakukan percobaan periksa semua alat percobaan dan bila ingin mengisi energi kapasitor pada t selanjutnya pastikan energi pada kapasitor sudah kosong.

Lampiran Kami juga telah mengunggah video percobaan kapasitor ini ke situs Youtube. Silahkan klik disini -> http://www.youtube.com/watch?v=0m_bAJNB5wM

PROFILE ANGGOTA

Nama : Dendi Triatmaja Twitter : @Dendi_Triatmaja FB : Dendi Triatmaja

Nama : Jerim Renai R. Twitter : @jerimrenai FB : Jerim Renai

Nama : Dody Irawan Twitter :@ DodyIrawan_ FB : Dody Irawan

Nama : Muhammad Fahlevi Twitter : @fahlevi_ivelhaf FB : Muhammad Fahlevi

Nama : Muhammad Rizky Twitter : @RizkyDayut FB : Risky Dayut

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->