P. 1
Isolasi Minyak Atsiri Menggunakan Metode Enfleurasi Ppt

Isolasi Minyak Atsiri Menggunakan Metode Enfleurasi Ppt

|Views: 16|Likes:

More info:

Published by: Abdurraafi Maududi Dermawan on Dec 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/29/2014

pdf

text

original

Oleh: ABDURRAAFI’ MD

.

.

1990)  .Kingdom : Plantae  Divisi : Spermatophyta  Sub divisi : Angiospermae  Kelas : Dicotyledoneae  Ordo : Rosales  Famili : Rosaceae  Genus : Rosa  Spesies : Rosa sp Gembong Tjitrosoepomo.

asam galat dan linalool). haid tidak teratur keputihan penurunan bagian uterus setelah melahirkan (prolapsus uteri).06-1. antibakteri. dan anti radang.masing 0.8%. Berkhasiat untuk mengobati batuk darah. bahwa minyak atsiri yang terkandung pada bunga mawar sekitar 0. antinyeri.  . Hal ini sesuai dengan pendapat Blake (2004).0 % (citronellol. campak. eugenol. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa minyak atsiri mawar varietas hibrid dan lokal masing.

Proses penyerapan oleh lemak hanya terjadi pada permukaan lemak (secara fisik). Proses penjeratan terjadi karena gaya tarik menarik antara ester dari lemak dengan minyak atsiri sehingga lemak mampu menyerap minyak atsiri yang bersifat volatile.   . Prinsip enfleurasi adalah adsorpsi minyak atsiri yang bersifat volatile oleh lemak. Keberhasilan dari enfleurasi bergantung pada lemak yang digunakan. Lemak merupakan trigliserida (ester dari gliserol dan asam lemak) yang memiliki ikatan-ikatan rangkap yang membentuk struktur ruang tiga dimensi sehingga gugus-gugus ester pada lemak merupakan jerat.

.

.

PENYIAPAN ALAT LEMAK PENABURAN BUNGA YG SUDAH DITIMBANG PENGOLESAN CHASSIS PENYIMPANAN CHASSIS DI SUHU RUANG PENGELUARAN BUNGA PENGEROKAN LEMAK ALKOHOL 90% PELARUTAN PENDINGINAN PENYARINGAN LEMAK PENGUAPAN PENIMBANGAN ABSOLUT HITUNG RANDEMEN .

.

Dalam hal ini jika lemak kontak dengan bunga. . maka lemak akan mengabsorbsi minyak yang dikeluarkan bunga tersebut. dalam rangka untuk mendapatkan mutu dan rendamen minyak yang tinggi. Proses ini digunakan khusus untuk mengektraksi minyak bunga-bungaan. Selanjutnya minyak dari bunga diekstraksi dengan alkohol selanjutnya dipisahkan dari alkoholnya.

Hasil GC-MS menunjukkan minyak atsiri bunga mawar yang diisolasi dengan cara enfleurasi menggunaakn gliserolat stearin diperoleh empat komponen yaitu: fenil etil alkohol. dan sinamil alkohol. . sitronelol. benzil asetat.  Gliserolat stearin yang digunakan pada enfleurasi sebagai pengganti lard dan tallow dapat mengabsorpsi minyak atsiri bunga mawar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->