Pendahuluan

Indonesia adalah Negara yang sangat potensial akan kekayan laut. Negara Indonesia seringkali disebut sebagai negara maritim, karena 2/3 dari milayah Indonesia merupakan wilayan lautan. Indonesia juga memiliki garis pantai terluas ke-2 di dunia. Ini menyebabkan Indonesia sangat kaya akan potensi perikanan baik ikan air laut, maupun ikan air tawar. Bentuk ikannya juga sangat bergam ada yang bulat, gepeng, hingga ada yang mirip torpedo. Ikan merupakan sumber protein yang sangat tinggi dan dapat diolah menjadi berbagai produk, baik untuk konsumsi maupun produksi lainnya. Pengolahannya pun dilakukan dengan berbagai cara mulai yang traditional seperti penggaraman, maupun secara modern misalnya dengan pemberian pengawet . semua kelebihan tersebut haruslah kita syukuri sebagai berkahyang telah diberikan Tuhan kepada kita manusia Indonesia .

Bentuk-Bentuk Tubuh IkanAdapun bentukSecara umum, bentuk tubuh ikan dibagi dua yakni : a. Simetri bilateral yaitu ikan yang apabila dibeah ditengah dengan potongan sagital, maka kita akan mendapatkan hasil yang sama persis antara bagian kiri dan bagian kanannya b. Non simetri bilateral yaitu ikan yang apabila dibedah ditengah dengan akan mendapatkan hasil yang berbeda antara bagian kiri dan bagian kanannya Dilihat dari bentuk tubuh terutama dari penampang melintangnya ada beberapa macam bentuk tubuh ikan simetri bilateral, bentuk-bentuk tersebut adalah: Torpedo (fusiform) Bentuk torpedo mirip denganbentuk peluru torpedo pada kapal selam, silindris,dan melancip pada bagian ujung tubu. Bentuk tubuh ini biasanya dimiliki oleh ikan yang berenang dengan cepat biasanya untuk ikan yang sering melakukan migrasi. contohnya :ikan tongkol (Euthynus
P E R I K A N A N, Bentuk Tubuh Ikan dan Pengolahan Ikan

potongan sagital, maka kita

Ikan Layar

1

brevirostris temminaki). ikan lemuru. ikan ikan nila mujair (oreocrombis mossabicus) Bentuk ini dimiliki oleh ikan yang bertubuh panjang dan tubuhnya seperti lembaran pita. biasanya dimiliki oleh ikan yang suka hidup didasar perairan dan mengendap – endap untuk menangkap mangsanya.) Bulat (globular) Bentuk ini dimiliki oleh ikan yang biasanya bertubuh pendek dan gemuk sehingga cenderung bergerak lambat. Bentuk Tubuh Ikan dan Pengolahan Ikan Pita (filliform) . dan ikan ). dan ikan tuna. contohnya : ikan pari (Dasyatis Ikan Pari bleekeri ) Pipih (compressed) Bentuk ini biasanya dimiliki oleh ikan yang bergerak dengan kecepatan sedang dan biasanya hidup di dasar perairan / ikan demersal. Gepeng (depressed) Ikan dengan bentuk tubuh pipih. memiliki lebar tubuh jauh lebih kecil dari panjang tubuh dan tinggi tubuh.affinis ). misalnya : ikan Ikan Nila layur (Trichiurus sp. Ikan dengan bentuk tubuh seperti iniapabila sedang 2 Ikan Buntal P E R I K A N A N. ex : ikan helikopter tambakan Ikan Nila (Oreocromis (Triacanthus (Helestoma niloticus). Ikan ini cenderung bergerak lambat dengan cara berenang seperti ular yang membentuk huruf S.ikan tenggiri.

ikan tongkol hitam. ikan jebong (Abalistes stellaris). yaitu ikan yang hidup di perairan pasifik. hindia. denga panjang tubuh dapat mencapai 20 kali tingginya. dan sidat (Anguilla bicolor) P E R I K A N A N. ikan kuniran. Contohnya:ikan alualu(Sphyraena jello). misalnya : ikan buntal (Diodin hystrix).kepalanya lancip/meruncing. Macam-Macam Bentuk Olahan Ikan Resep Ikan Asin Pedas Bahan . ikan buntal batu (Ostraction nasus). Bentuk ular Tubuh ikan berbentuk bulat memanjang seperti ular.ikan kelah. dan hamper kedua ujungnya meruncing. Bentuk Tubuh Ikan dan Pengolahan Ikan Bentuk Tali Ikan seperti ini bentuk tubuhnya menyerupai tali Bentuk Cerutu Tinggi ikan hamper sma dengan lebarnya. BOXFISH Panah Ikan berbentuk panah memiliki bentuk tubuh seperti anak panah.. misalnya belut(Monopterus albus). dan lautan pasifik. Kotak Ikan seperti ini bentuk tubuhnya menyerupai kotak.bahan: 250 gr ikan asin gabus. Contohnya ikan tuna. Misalnya :whitedotted boxfish. potong uk 2 cm x 2 cm 3 .mengembang maka bentuk tubuhnya akan menyerupai bola.badan memanjang kebelakan dengan bentukyang hamper Ikan Alu-alu seimbang dan ekor bercagak.

masukkan kuning telur satu per satu. kocok hingga rata Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk. tambahkan teri nasi yang ditumbuk halus kedalamnya. Ayak. goreng. potong dadu kecil Cara memasak: Campur terigu. iris tipis 1 bh jeruk nipis. Panaskan minyak sesuai resep. sisihkan. Aduk rata. untuk olesan 100 gr teri nasi. buang bijinya. tumbuk kasar untuk taburan 4 buah cabai merah.3 cm . masukkan bawang merah dan tumis hingga harum Tambahkan cabe merah. biarkan hingga dingin. aduk rata. cuci dan tiriskan Panaskan minyak yang cukup banyak di atas pengorengan dengan api sedang Masukkan ikan asin tadi kemudian goreng hingga matang. Aduk rata. goreng.2 bh cabe merah. maizena dan baking powder. cetak dalam bentuk segitiga P E R I K A N A N. Bentuk Tubuh Ikan dan Pengolahan Ikan 50 gr tepung maizena 4 . iris tipis serong 4 bh bawang merah. Ratakan adonan dengan ketebalan 0. Angkat dan tiriskan. tumis hingga layu Kecilkan api. Kocok mentega hingga lembut. tumbuk halus 1 butir kuning telur. lalu masukkan ikan asin yang sudah digoreng dan air jeruk nipis. angkat dan sajikan Resep Cookie Ikan Teri Bahan: 200 gr margarine 2 butir kuning telur 250 gr tepung terigu 1/4 sdt baking powder 100 gr teri nasi. airnya saja 3 sdk makan minya goreng Cara memasak: Siram ikan asin gabus dengan air mendidih.

Angkat dan sajikan. PESMOL IKAN LAUT BAHAN : 1) Ikan laut 3 ekor (1/2 kg) 2) Tomat 5 bh 3) Minyak kelapa 1/2 gelas BUMBU : 1) Bawang putih 4 siung 2) Laos 1/2 ptg 3) Lombok merah 4 buah 4) Salam 1 lembar 5) Kemiri 5 buah 6) Gula merah 3 sdm 7) Kunyit 1/2 ruas jari 8) Garam 1 sdm 9) Jahe 1/2 potong CARA MEMASAK PESMOL IKAN LAUT: 2) Bumbu-bumbu dihaluskan kecuali laos. diberi air 1 cangkir. 4) Tomat dipotong-potong. dimasukkan menyusul gula dan daun salam. Olesi adonan dengan kuning telur. Bentuk Tubuh Ikan dan Pengolahan Ikan 1) Ikan dibersihkan. digoreng agak kering. 3) Ikan dimasukkan. 5) Dimasak sampai masak. 5 . ditumis.Susun adonan diatas loyang yang telah diolesi margarine. Panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius selama 35 menit hingga matang. taburi dengan teri nasi dan cabai merah di bagian tengahnya. baru diangkaT. P E R I K A N A N.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful