P. 1
Kerajaan Kediri

Kerajaan Kediri

|Views: 10|Likes:
Tugas Sejarah Tentang kerajaan Kediri
Tugas Sejarah Tentang kerajaan Kediri

More info:

Categories:Types, Presentations
Published by: Mohammad Alfi Syahrin on Dec 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/21/2014

pdf

text

original

KERAJAAN KEDIRI

terjadilah pergolakan di dalam kerajaan.  . Jayakatwang.PERKEMBANGAN KERAJAAN KEDIRI  Dalam perkembangannya Kerajaan Kediri yang beribukota Daha tumbuh menjadi besar. Kejayaan Kerajaan Kediri sempat jatuh ketika Raja Kertajaya (1185-1222) berselisih dengan golongan pendeta. raja Kediri yang selama ini tunduk kepada Singasari bergabung dengan Bupati Sumenep (Madura) untuk menjatuhkan Kertanegara. Diatas bekas Kerajaan Kediri inilah Ken Arok kemudian mendirikan Kerajaan Singasari. Akan tetapi hilangnya jejak Jenggala mungkin juga disebabkan oleh tidak adanya prasasti yang ditinggalkan atau belum ditemukannya prasasti yang ditinggalkan Kerajaan Jenggala. Akhirnya pada tahun 1292 Jayakatwang berhasil mengalahkan Kertanegara dan membangun kembali kejayaan Kerajaan Kediri. Keadaan ini dimanfaatkan oleh Akuwu Tumapel Tunggul Ametung. Namun kemudian kedudukannya direbut oleh Ken Arok. dan Kediri berada di bawah kekuasaan Singasari. Diduga Kerajaan Jenggala ditaklukkan oleh Kediri. Ketika Singasari berada di bawah pemerintahan Kertanegara (1268-1292). sedangkan Kerajaan Jenggala semakin tenggelam.

Salah seorang pemimpin pasukan Singasari. Pada tahun 1293. datang tentara Mongol yang dikirim oleh Kaisar Kubilai Khan untuk membalas dendam terhadap Kertanegara. Kerajaan Kediri bangkit kembali di bawah pemerintahan Jayakatwang. Karena perilakunya yang baik. .RUNTUHNYA KEDIRI  Setelah berhasil mengalah kan Kertanegara. Raden Wijaya. Dalam perang tersebut pasukan Jayakatwang mudah dikalahkan. berhasil meloloskan diri ke Madura. Jayakatwang memperbolehkan Raden Wijaya untuk membuka Hutan Tarik sebagai daerah tempat tinggalnya. Keadaan ini dimanfaatkan Raden Wijaya untuk menyerang Jayakatwang. Ia bekerjasama dengan tentara Mongol dan pasukan Madura di bawah pimpinan Arya Wiraraja untuk menggempur Kediri. Setelah itu tidak ada lagi berita tentang Kerajaan Kediri.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->