P. 1
Panduan Penulisan Dan an Makalah

Panduan Penulisan Dan an Makalah

|Views: 920|Likes:
Published by antonimation
panduan penulisan
panduan penulisan

More info:

Published by: antonimation on Aug 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/11/2015

pdf

text

original

Panduan Penyerahan dan Penulisan Makalah Simposium XI FSTPT, Universitas Diponegoro Semarang

P

ANDUAN ENYERAHAN DAN ENULISAN MAKALAH

Panduan Penyerahan dan Penulisan Makalah ini mengatur cara-cara penyerahan dan penulisan makalah untuk Simposium XI FSTPT yang dilaksanakan di Universitas Diponegoro Semarang pada tanggal 29-30 Oktober 2008. Para pembawa makalah diwajibkan untuk mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. Informasi tentang makalah dapat dilihat dengan mengunjungi website: http://www.ugm.ac.id/mstt/fstpt11

PENDAHULUAN
Penyerahan dan Penulisan Makalah diatur lewat ketentuan-ketentuan tertentu dengan maksud untuk menjaga keseragaman makalah dan memudahkan Panitia Simposium dalam hal penggandaan makalah dan pencetakan proceeding. Ketentuan-ketentuan ini mengatur dua hal utama, yaitu: penyerahan makalah dan penulisan makalah. Ketentuan mengenai penyerahan makalah meliputi pengaturan dalam hal bentuk, cara, dan tanggal batas akhir penyerahan. Sedangkan ketentuan mengenai penulisan makalah meliputi pengaturan dalam hal perangkat lunak, pengaturan halaman, ketentuan huruf dan paragraf, sistematika penulisan, cara penulisan tabel, cara pembuatan gambar, cara penulisan daftar pustaka, dan lain-lain.

1.

KETENTUAN PENYERAHAN MAKALAH

BENTUK DAN CARA PENYERAHAN
Makalah harus diserahkan dalam bentuk hard copy (dibuat rangkap 2 untuk penilaian komite ilmiah dan arsip) serta soft copy (file). Hard copy dapat dikirimkan melalui pos atau jasa kurir. Sedangkan soft copy makalah dianjurkan

1

Panduan Penyerahan dan Penulisan Makalah Simposium XI FSTPT, Universitas Diponegoro Semarang

dikirim lewat e-mail. Bila pengiriman lewat e-mail tidak bisa dilakukan, dapat diganti dengan pengiriman file dalam disket atau CD melalui jasa pos atau kurir. Batas akhir pengiriman untuk e-mail dan pos atau kurir ini berbeda. Demi kepastian dan keamanan, penulis dihimbau untuk mengirim soft copy dalam disket atau CD dan lewat e-mail. Pengiriman naskah hanya dalam bentuk hard copy melalui facsimili tidak dapat diterima oleh Panitia Simposium.

BATAS AKHIR PENGIRIMAN MAKALAH
Tanggal batas akhir penerimaan makalah (full paper) bagi panitia adalah tanggal 26 September 2008. Pada tanggal tersebut naskah harus sudah diterima dalam keadaan baik sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang digariskan pada petunjuknya. Dengan demikian batas akhir pengiriman dokumen (hard copy dan soft copy) melalui pos atau kurir adalah tanggal 26 September 2008. Pengiriman lewat e-mail dapat mengalami hambatan, misalnya karena terganggunya koneksi internet, infeksi virus, maupun hambatan-hambatan lain. Oleh karena itu, dianjurkan supaya e-mail dikirim paling lambat pada tanggal 22 September 2008. Dengan demikian, apabila terjadi kesulitan dalam penerimaan, panitia bisa segera memberitahu penulis. Diharapkan penulis memiliki akun e-mail pribadi yang aktif.

ALAMAT TUJUAN PENGIRIMAN
Alamat tujuan pengiriman makalah hard copy adalah: Komite Ilmiah FSTPT Laboratorium Transporatsi Lt. 4 Departemen Teknik Sipil - Fakultas Teknik Universitas Indonesia Kampus Baru UI Depok 16424 Telp/Fax: (021) 7862962

2

Panduan Penyerahan dan Penulisan Makalah Simposium XI FSTPT, Universitas Diponegoro Semarang

Alamat tujuan pengiriman soft copy makalah adalah: E-mail:komiteilmiah_xi@mstt.ugm.ac.id
ciwems@home.unpar.ac.id fstpt11@sipil.undip.ac.id

2.

KETENTUAN PENULISAN MAKALAH

GAMBARAN UMUM
Naskah Panduan Penyerahan dan Penulisan Makalah ini sengaja ditulis sedemikian rupa dengan mengikuti ketentuan penulisan yang ada, sehingga format penulisan panduan ini dapat dijadikan acuan bagi cara-cara penulisan makalah.

PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK
Penulisan makalah harus dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Office Word 2007, Microsoft Office Word 2003 atau Microsoft Office Word XP, ataupun versi-versi sebelumnya. Semua tabel, gambar dan persamaan yang dibuat dengan program lain, harus diimpor ke Microsoft Word. Bentuk-bentuk seperti nomogram manual, grafik yang rumit, dan lain-lain, disarankan untuk di-scan dalam bentuk file gambar, kemudian diimpor ke Microsoft Word. Panitia pada akhirnya hanya akan menerima naskah dalam sebuah file (satu file) Microsoft Word (dengan ekstensi file .doc atau .rtf). Ketentuan ini dibuat untuk memudahkan Panitia Pelaksana Simposium dalam hal pengaturan akhir (final setting), penggandaan makalah dan pencetakan proceeding.

BAHASA DAN HURUF
Penggunaan bahasa, jenis huruf, dan warna diatur dalam ketentuan-ketentuan sebagai berikut: 1. Keseluruhan naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3

Panduan Penyerahan dan Penulisan Makalah Simposium XI FSTPT, Universitas Diponegoro Semarang

2.

Apabila penulis menuliskan abstrak dalam Bahasa Inggris harus ditulis secara terpisah dan bukan merupakan bagian naskah. Abstrak-abstrak berbahasa Inggris akan ditempatkan terpisah dalam penjilidan proceeding.

3.

Keseluruhan naskah ditulis dengan huruf jenis

Times New Roman.

Perkecualian pemilihan jenis huruf yang lain diberikan bagi penulisan isi tabel, gambar serta persamaan. 4. Keseluruhan naskah adalah semua bagian, baik bagian teks, tabel, dan gambar.

PENGATURAN HALAMAN
Pengaturan halaman diatur dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut: 1. Kertas berukuran A4, menghadap vertikal (Gambar 1).

Gambar 1.

4

Panduan Penyerahan dan Penulisan Makalah Simposium XI FSTPT, Universitas Diponegoro Semarang

2.

Apabila memerlukan tabel atau gambar berorientasi horisontal, sisi atas tabel atau gambar tersebut harus diletakkan pada sisi kiri versi vertikal. Dengan demikian keseluruhan halaman yang bersangkutan masih berorientasi vertikal (Gambar 2).

Gambar 2.

3.

Jumlah halaman maksimum adalah 10 halaman, sudah termasuk penulisan judul, abstrak, badan naskah, daftar pustaka, tabel-tabel, gambargambar dan lampiran-lampiran.

5

Panduan Penyerahan dan Penulisan Makalah Simposium XI FSTPT, Universitas Diponegoro Semarang

4.

Naskah dicetak (print) bolak-balik dengan nomor halaman. Karena halaman harus dicetak bolak-baik, maka page setup pada MS Word harus diatur sebagai berikut : page setup – lay out – headers and footers – different odd and even (Gambar 3). Margin atas 3 cm, bawah 2 cm, inside 3 cm, outside 2 cm. Pengaturan margin dilakukan dengan cara : page setup – margins – pages – mirror margins (Gambar 4).

Gambar 3.

6

Panduan Penyerahan dan Penulisan Makalah Simposium XI FSTPT, Universitas Diponegoro Semarang

Gambar 4.

5. 6.

Headers : 2 cm. Footer : 1,5 cm (Gambar 3). Ditulis dalam bentuk 1 kolom (Gambar 5b).

Gambar 5a.

Gambar 5b.

7

Panduan Penyerahan dan Penulisan Makalah Simposium XI FSTPT, Universitas Diponegoro Semarang

HEADER DAN PENOMORAN HALAMAN
Pada headers dituliskan identifikasi Simposium dengan huruf Times New Roman
Ukuran 10 pt, miring, tebal, rata tengah.

Headers ditulis pada halaman kedua hingga

kesepuluh (tidak pada halaman pertama). Untuk itu pengaturan halaman juga harus diset: page setup – layout – headers and footers – different first page (Gambar 3). Adapun identitas Simposium yang dituliskan sebagai header adalah seperti pada Gambar 6 berikut:

Simposium XI FSTPT, Universitas Diponegoro Semarang, 29-30 Oktober 2008

Nomor halaman menggunakan jenis huruf Times New Roman, 12 pt, tegak, ketebalan biasa, diletakkan di footer pada posisi outside.

3

Gambar 6.

Setiap halaman harus diberi nomor. Nomor halaman pada daerah footer pada posisi outside (gambar 6). Nomor halaman ditulis dengan huruf Times New Roman, 12 pt, tegak, ketebalan biasa. Nomor halaman dituliskan mulai halaman 1 sampai dengan halaman 10. Pengaturan setting dapat dilakukan sebagai berikut: position: bottom of page; alignment: outside. insert – page numbers;

8

Panduan Penyerahan dan Penulisan Makalah Simposium XI FSTPT, Universitas Diponegoro Semarang

KETENTUAN MENGENAI BAB DAN PARAGRAF
Pengaturan paragraf diatur dalam ketentuan-ketentuan sebagai berikut: Ketentuan mengenai paragraf: 1. Ukuran huruf dalam paragraf 2. Spasi antar kalimat 3. Spasi antar paragraf Ketentuan mengenai bab: 1. Huruf judul bab 2. Jarak antar bab 3. Judul bab diberi nomor dalam Ketentuan mengenai subbab: 1. Huruf judul sub bab 2. Jarak antar sub bab : ukuran 12 pt, tebal, huruf kecil : 1 spasi : ukuran 12 pt, tebal, huruf kapital : 1,5 spasi : 1 digit (1, 2, 3, ……dst) : ukuran 12 pt : 1 spasi : 1,5 spasi

3. Judul sub bab diberi nomor dalam : 2 digit (1.1, 1.2 , 2.1, 2.2, 2.3, …)

SISTEMATIKA PENULISAN MAKALAH
Keseluruhan makalah akan mengandung komponen-komponen makalah berikut dengan urutan penulisan sebagai berikut: 1. Judul 2. Penulis 3. Abstrak 4. Pendahuluan/Latar Belakang 5. Bab-bab Pembahasan 6. Penutup/Kesimpulan 7. Ucapan Terima Kasih 8. Daftar Pustaka 9. Lampiran-lampiran

9

Panduan Penyerahan dan Penulisan Makalah Simposium XI FSTPT, Universitas Diponegoro Semarang

PENULISAN JUDUL DAN PENULIS
Penulisan judul dan penulis diatur dalam ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

Judul 1. Rata tengah (center), huruf tebal, huruf besar semua. 2. Tipe huruf Times New Roman ukuran 12 pt. 3. Jarak antara Judul dengan Penulis 1 spasi.

Penulis 1. Times New Roman, 10 pt, bukan huruf besar, rata kiri. 2. Penulis diharapkan dapat menuliskan secara lengkap nama beserta gelar (bila ada) untuk memudahkan pengelompokan makalah atas dasar strata penulis. 3. Tulisan mengenai nama penulis: huruf tebal, tegak, dengan posisi sbb: 1 penulis : di tengah 2 penulis : berdampingan 3 penulis : 3 berjajar ke samping 4 penulis : 2 diatas, 2 di bawah 4. Tulisan mengenai keterangan penulis : huruf biasa, miring. 5. Keterangan penulis terdiri dari : profesi/jabatan, institusi, alamat surat, telepon, facsimili, alamat e-mail. 6. Jarak antara Penulis dengan Abstrak: 2 spasi.

PENULISAN ABSTRAK
Abstrak ditulis sebelum Bab Pendahuluan. Abstrak mengandung uraian mengenai tujuan penelitian, metode penelitian dan hasil penelitian/hasil yang diharapkan secara singkat, sepanjang ±150 kata (extended abstract). Abstrak dalam Bahasa Inggris bukan merupakan bagian dari makalah. Abstrak ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 10 pt, satu kolom penuh. Tulisan abstrak sebagai judul dituliskan di atas teks abstrak. Di bawah abstrak sejarak satu spasi seyogyanya dituliskan kata-kata kunci abstrak (keywords).

10

Panduan Penyerahan dan Penulisan Makalah Simposium XI FSTPT, Universitas Diponegoro Semarang

PENULISAN PERSAMAAN, TABEL, DAN GAMBAR
Persamaan, tabel-tabel dan gambar-gambar ditempatkan di antara teks pada tempat sesuai dengan pembahasan tabel dan gambar tersebut. Tabel diberi nomor tabel dan judul tabel yang dituliskan secara menerus. Judul tabel dituliskan di atas tabel. Satuan bagi angka-angka yang ditulis dalam tabel harus dicantumkan. Gambar diberi nomor gambar dan judul gambar yang dituliskan secara menerus. Judul gambar dituliskan di bawah gambar. Gambar harus dibuat dengan jelas, digambar dengan perangkat lunak atau ditulis dengan tinta. Persamaan diberi nomor, dengan menggunakan jenis huruf Times New Roman. Keseluruhan persamaan, tabel dan gambar yang dibuat dengan menggunakan Perangkat Lunak non-MS Word harus diimpor ke dalam file naskah dalam MS Word.
Penulisan Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih, bila ada, bisa dituliskan di makalah. Ucapan terima kasih ini ditulis pada bagian akhir teks sebelum Daftar Pustaka. Ucapan terima kasih bisa ditujukan kepada: pemberi dana, pemberi beasiswa, pemberi data, pihak-pihak yang membantu, dan sebagainya. Ucapan terima kasih ditulis dengan huruf ukuran 10 pt.
Daftar Pustaka

Penulisan Daftar Pustaka diatur sebagai berikut. Daftar Pustaka hanya berisi pustaka-pustaka yang memang disebut dalam naskah. Daftar Pustaka ditulis berurutan menurut abjad (ascending) nama akhir penulis. Ketentuan umum mengenai urutan penulisan data sebuah pustaka adalah sebagai berikut, misalkan diambil dari buku, ataupun artikel.

Nama akhir penulis, Inisial/nama depan, tahun penerbitan, Judul Buku, Nomor Edisi, Penerbit, Kota Penerbit.

11

Panduan Penyerahan dan Penulisan Makalah Simposium XI FSTPT, Universitas Diponegoro Semarang

Nama akhir penulis, Inisial/nama depan, tahun penerbitan, “Judul Artikel”, Nama Majalah-Edisi Nomor Bulan Tahun, Penerbit, Kota Penerbit.

Nama akhir penulis, Inisial/nama depan, tahun penerbitan, “Judul Artikel”, Nama Seminar/Simposium Tempat Tanggal, Penyelenggara, Kota.
Catatan Kaki

Diusahakan agar tidak menggunakan catatan kaki.
Lampiran

Pemuatan lampiran dimungkinkan. Lampiran bisa memuat tabel-tabel, gambar-gambar dan hal-hal lain yang dianggap perlu oleh Penulis. Pembuatan lampiran harus mengikuti ketentuan-ketentuan mengenai perangkat lunak, bahasa, pengaturan halaman, header, penomoran halaman, penulisan tabel dan penulisan gambar.

PENUTUP
Para penulis makalah diminta dengan hormat untuk memperhatikan dan mengikuti ketentuan-ketentuan di atas. Setiap penyimpangan terhadap ketentuan yang ada dan tanpa diperbaiki bisa berakibat pada tidak digandakannya makalah yang bersangkutan untuk keperluan pembagian makalah pada simposium dan pencetakan proceeding.

12

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->