Pengertian Hormon Hormon adalah zat kimia yang diproduksi oleh kelenjar endokrin yang mempunyai efek tertentu

pada aktifitas organorgan lain dalam tubuh. Hormon seks merupakan zat yang dikeluarkan oleh kelenjar seks dan kelenjar adrenalin langsung ke dalam aliran darah. Mereka secara sebagian bertanggungjawab dalam menentukan jenis kelamin janin dan bagi perkembangan organ seks yang normal. Mereka juga memulai pubertas dan kemudian memainkan peran dalam pengaturan perilaku seksual. Hormon adalah zat kimia yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin atau kelenjar buntu. Kelenjar ini merupakan kelenjar yang tidak mempunyai saluran sehingga sekresinya akan masuk aliran darah dan mengikuti peredaran darah ke seluruh tubuh. Apabila sampai pada suatu organ target, maka hormon akan merangsang terjadinya perubahan. Pada umumnya pengaruh hormon berbeda dengan saraf. Perubahan yang dikontrol oleh hormon biasanya merupakan perubahan yang memerlukan waktu panjang. Contohnya pertumbuhan dan pemasakan seksual. Hormon (dari bahasa Yunani, όρμή: horman - “yang menggerakkan”) adalah pembawa pesan kimiawi antarsel atau antarkelompok sel. Semua organisme multiselular, termasuk tumbuhan, memproduksi hormon. Hormon berfungsi untuk memberikan sinyal ke sel target yang selanjutnya akan melakukan suatu tindakan atau aktivitas tertentu. Pada hewan, hormon yang paling dikenal adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar endokrin vertebrata. Walaupun demikian, hormon dihasilkan oleh hampir semua sistem organ dan jenis jaringan pada tubuh hewan. Molekul hormon dilepaskan langsung ke aliran darah, walaupun ada juga jenis hormon - yang disebut ektohormon (ectohormone) - yang tidak langsung dialirkan ke aliran darah, melainkan melalui sirkulasi atau difusi ke sel target. Pada prinsipnya pengaturan produksi hormon dilakukan oleh hipotalamus (bagian dari otak). Hipotalamus mengontrol sekresi banyak kelenjar yang lain, terutama melalui kelenjar pituitari, yang juga mengontrol kelenjar-kelenjar lain. Hipotalamus akan memerintahkan kelenjar pituitari untu mensekresikan hormonnya dengan mengirim faktor regulasi ke lobus anteriornya dan mengirim impuls saraf ke posteriornya dan mengirim impuls saraf ke lobus posteriornya. Pada tumbuhan, hormon dihasilkan terutama pada bagian tumbuhan yang sel-selnya masih aktif membelah diri (pucuk batang/cabang atau ujung akar) atau dalam tahap perkembangan pesat (buah yang sedang dalam proses pemasakan). Transfer hormon dari satu bagian ke bagian lain dilakukan melalui sistem pembuluh (xilem dan floem) atau transfer antarsel. Tumbuhan tidak memiliki kelenjar tertentu yang menghasilkan hormon.

KLASIFIKASI HORMON     Hormon perkembangan/Growth hormone – hormon yang memegang peranan di dalam perkembangan dan pertumbuhan. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar gonad Hormon metabolisme – proses homeostasis glukosa dalam tubuh diatur oleh bermacammacam hormon, contoh glukokortikoid, glukagon, dan katekolamin Hormon tropik – dihasilkan oleh struktur khusus dalam pengaturan fungsi endokrin yakni kelenjar hipofise sebagai hormon perangsang pertumbuhan folikel (FSH) pada ovarium dan proses spermatogenesis (LH) Hormon pengatur metabolisme air dan mineral – kalsitonin dihasilkan oleh kelenjar tiroid untuk mengatur metabolisme kalsium dan fosfor.

Kelenjar Pituitari (Kelenjar agung)

Hormon yang dirembeskan Fungsi a. Hormon pertumbuhan Merangsang pertumbuhan badan (GH) b. Hormon perangsang tiroid Merangsang kelenjar tiroid (TSH) merembeskan hormon tiroksina. c. Hormon antidiuresis (ADH) d. Hormon perangsang folikel (FSH) e. Hormon peluteinan (LH) Merangsang penyerapan semula air dari tubul ginjal. Merangsang perkembangan folikel Graaf dan tubul semen. Menyebabkan pembebasan ovum daripada ovari dan perkembangan folikel menjadi korpus luteum. Merangsang perembesan hormon seks oleh ovari dan testis. Merangsang korteks adrenal menghasilkan hormon. Merangsang perembesan susu oleh kelenjar susu. Merangsang pengecutan otot uterus semasa bersalin. Mengawal kadar metabolisme sel badan, khususnya respirasi dalam mitokondria. Mengawal aras aktiviti, menggalakkan pertumbuhan yang normal bagi rangka dan perkembangan mental. Menyebabkan penukaran glikosa kepada glikogen. Menyebabkan penukaran glikogen kepada glukosa. Menyediakan badan untuk menentang atau lari dalam keadaan kecemasan dengan merangsang peningkatan aras glukosa dalam darah. Mengawal tekanan osmosis darah melalu penyerapan semula ion natrium. Merangsang perkembangan organ seks perempuan dan ciri seks sekunder seperti perkembangan kelenjar susu dan pembesaran buah dada. Menyebabkan dinding uterus menebal untuk penempelan uterus.

f. Hormon adrenokortikotrof (ACTH) g. Hormon prolaktin h. Hormon oksitosin Tiroid Tiroksina

Kelompok Insulin sel Glukagon Langerhans dalam pankreas Adrenal Adrenalina Aldosteron

Ovari

Estrogen Progesteron

Merangsang spermatogenensis. Diposkan oleh Hadijah Arsyad di 22.Testis Testosteron Merangsang perkembangan organ seks lelaki dan ciri seks sekunder seperti pertumbuhan misai dan suara menjadi kasar. dan akan akan hormon seks menyebabkan menyebabkan Luruhnya dinding kuatnya dinding rahim dan rahim dan mengakibatkan mengakibatkan menstruasi telatnya menstruasi Kelenjar susu Produksi susu Terlambatnya Produksi ASI siap produksi ASI siap fungsi terlalu dini fungsi Jaringan halus Pembelahan sel. dan kretinisme atau Morbus mengatur sehingga menjadi basedowi perkembangan kerdil. kekerdilan atau gigantisme dan pertumbuhan penghambatan tulang pertumbuhan tulang Melanosit pada Belum diketahui Kekurangan MSH Peningkatan MSH kulit pada manusia. Kekurangan LH Kekurangan LH sel telur. dapat gejala mengatur menyebabkan hipermetabolisme pertumbuhan. Pada orang dewasa menyebabkan menderita . akan akan sedangkan menyebabkan menyebabkan mengatur warna kekurangan penggelapan kulit kulit pada pigmen pada kulit pada manusia vertebrata tingkat (abnormal lebih rendah penggelapan) Seluruh jaringan Meningkatkan Pada anak-anak Dapat menderita laju metabolik.02 Meransang tiroid Kekurangan TSH bisa menyebabkan Gondokan Adrenokortiko Korteks adrenal Merangsang tropik (ACTH) (kelenjar anak korteks adrenal ginjal) Tiroid Gonadotropik [folliclestimul ating (FSH). luteinizing (LH)] penumpukan iodium di kelenjar tiroid 5 6 7 Prolaktin (PRL) Pertumbuhan (GH) 8 9 Intermedin (MSH) 10 Tiroksin (T4) dan triiodotironin (T3) Kekurangan ACTH Kelebihan ACTH bisa menyebabkan menyebabkan penyakit Sindrom penyakit Addison chusing Gonad Produksi sperma. Akan mengalami Akan menderita dan tulang sintesis protein.

Merangsang Jika kekurangan Jika kelebihan dan tulang organ reproduksi hormon ini pada hormon ini akan dan menampilkan pria. dan Jantung. dan usus Menurunkan kadar kalsium darah . dan otot Situasi kritis: Jika tidak ada Jika kelebihan norepineprin lain meningkatkan Epineprin Epineprin kadar kadar gula darah ataupun gula dalam tubuh norepineprin akan meningkat tidak ada yang drastis Kalsitonin Tulang. ginjal.dan merangsang menyebabkan menyebabkan pemecahan tidak kurangnya protein terkontrolnya metabolisme metabolisme dalam tubuh dan dalam tubuh yang kadar gula dalam bisa darah akan menyebabkan melebihi normal timbunan penyakit seperti depresi atau mati rasa Mineralokortik Ginjal Reabsorpsi Jika kekurangan Jika kelebihan oid sodium (Na) dan bisa bisa meyebabkan (aldosteron) kalium (K) menimbulkan kurangnya air penyakit Poliuria yang karena terreabsorbsi banyaknya air yang tidak terreabsorpsi Hormon seks Gonad. Meningkatkan PTH berkurang Kelebihan PTH (PTH) dan usus kadar kalsium bisa memicu bisa mengganggu darah penyakit Batu penyerapan zat Ginjal besi dalam darah Glukokortikoi Seluruh jaringan Meningkatkan Jika kekurangan Jika kelebihan d (kortisol) kadar gula darah bisa bisa .11 12 13 14 15 16 miksedema Kekurangan Kelebihan kalsitonin bisa kalsitonin bisa mengganggu memicu penyakit penyerapan zat batu ginjal besi dalam darah Paratiroid Tulang. otot. kulit. ginjal. pria tidak menyebabkan ciri jenis kelamin bisa melakukan hypersex proses spermatogenesis sedangkan jika terjadi pada perempuan bisa menyebabkan robeknya endometrium Epineprin.

kulit. serta limfosit T kekerdilan dan dapat dengan tidak ada menimbulkan timosin berarti akromegali tidak adanya Limfosit T dan bisa menyebabkan tidak ada yang menghancurkan sel tubuh yang terinfeksi Melatonin Otak Proses Akan mengalami Akan mengalami pematangan susah tidur atau lebih sering tidur organ seksual insomnia . otot. Diabetes Mellitus darah berkurang dan meningkatkan pembentukan glikogen Glukagon Hati. Merangsang ciri Menderita Jika kelebihan progesteron dan tulang seks sekunder Menopause pada pada pria akan perempuan wanita menyebabkan bersifat kewanitaan Timosin Limfosit T Produksi dan Pada anak-anak Akan menderita pematangan akan mengalami gigantisme. dan Meningkatkan Kekurangan Kelebihan jaringan adiposa kadar gula darah glukagon bisa hormon glukagon menyebabkan bisa mengendapnya menyebabkan protein dalam tumor dari sel tubuh pankreas Androgen Gonad. otot. otot.17 18 19 20 21 22 meningkatkan kadar gula dalam darah jika dibutuhkan Insulin Hati. otot. dan Menurunkan Dapat menderita Glukosa dalam jaringan adiposa kadar gula darah. Merangsang ciri Menderita Jika kelebihan (testosteron) dan tulang seks sekunder Andropause pada pada wanita akan pria pria menyebabkan lebih bersifat kelaki-lakian Estrogen dan Gonad. kulit.

[rujukan?] Published On: Wed. Jul 4th. dan pola hidup manusia sekalipun. Hormon juga sejatinya adalah zat yang peka terhadap rangsangan. kelenjar endokrin dan kelenjar eksokrin. Hormon adalah zat kimiawi yang bisa menggerakan tubuh sebagai respon agar stabilitas tubuh terjaga. atau testosteron yang merupakan hormon seks pada manusia. dan urutan asam amino yang menyusunnya. insulin. terdapat beberapa jenis kelenjar endokrin untuk memproduksi hormon. kekebalan. Apa perbedaannya? endokrin mensekresikan hormon keseluruh tubuh dengan bantuan darah untuk mendistribusikannya. yaitu hormaen yang artinya menggerakkan. Hormon juga sejatinya adalah zat yang hanya ada sedikit di dalam tubuh namun tak diragukan lagi fungsi dan kegunannya. yaitu transkripsi dan translasi. Dalam tubuh manusia. tubuh mensekresikan hormon melalui dua kelenjar.Sintesis protein Dari Wikipedia bahasa Indonesia. mereka adalah:       Kelenjar Hipotalamus Kelenjar hipofisis Kelenjar tiroid Kelenjar paratiroid Kelenjar timus Kelenjar pankreas . 2012 Kesehatan | By Faris Kamu disini: kabar berita » Kesehatan » Apa itu Hormon dan Fungsinya pada manusia? Apa itu Hormon dan Fungsinya pada manusia? Apa yang menyebabkan anda merasa haus ketika habis berolahraga? apa yang menyebabkan rasa haus itu hilang ketika anda meminum air? atau apa yang menybabkan Pria bisa tertarik kepada wanita dan juga sebaliknya? selain itu siapa yang bertanggung jawab mengendalikan pertumbuhan tubuh hingga tinggi dan berat tubuh manusia beragam? Hormon! Itulah jawaban dari seluruh pertanyaan diatas. contohnya hormon adrenalin.[rujukan?] Sintesis protein meliputi dua langkah. Karena pentingnya fungsi hormon.[rujukan?] Sifat enzim (protein) sebagai pengendali dan penumbuh karakter makhluk hidup ditentukan oleh jumlah jenis. Hormon dapat mengendalikan proses pertumbuhan. sementara eksokrin memerlukan saluran eksklusif untuk mengedarkan hormon. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. reproduksi. metabolisme. cari Sintesis protein adalah proses pencetakan protein dalam sel. Hormon juga berasal dari bahasa yunani.[1] Jenis dan urutan asam amino ditentukan oleh ADN (Asam Dioksiribose Nukleat). hormon diproduksi langsung oleh tubuh.

Fungsi Hormon dan Kelenjar Hormon pada Manusia Lalu apa fungsi dari masing-masing hormon diatas? berikut uraiannya: Kelenjar Hipotalamus  berfungsi untuk mengontrol sintesa dan sekresi hormon hipofisa Kelenjar Hipofisis  Berfungsi sebagai pengatur kegiatan kelenjar lainnya .    Kelenjar adrenal Kelenjar ovarium Kelenjar testis kelenjar pencernaan.

penghasilan hormon mulai merosot. 3. Hormon-hormon utama dalam sistem endoktrin : 1. seperti tumbuh buah dada. Kelenjar Kelamin Pria (Testis)  Menghasilkan hormon Testoteron berfungsi menimbulkan tanda-tanda kelamin sekunder sekaligus memeliharanya So… itulah definisi dari hormon dan fungsi kelenjar hormon serta fungsi masing-masing hormon bagi manusia. 2.Kelenjar Tiroid  Menghasilkan hormon tiroksin yang berfungsi untuk mempengaruhi metabolisme sel tubuh dan pengaturan suhu tubuh. 5. semoga bermanfaat !! Fungsi Hormon Utama Dalam Sistem Endoktrin Hormon membantu dan memastikan tumbesaran manusia yang lebih sempurna dengan mengawal dan memastikan fundsi dan koordinasi setiap organ. ukuran pinggul. Kelenjar Paratiroid  Menghasilkan susunan hormon parathormon sebagai pengatur kandungan fosfor dan kalsium dalam peredaran darah Kelenjar Timus   Menghasilkan timosin yang berfungsi untuk merangsang limfosit. Kelenjar Pankreas  Menghasilkan hormon insulin sbagai pengatur kadar gula darah Kelenjar Ovarium   Menghasilkan Hormon estrogen yang berfungsi menimbulkan tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita. siklus menstruasi dan lain sebagainya Menghasilkan Hormon progesteron yang berfungsi untuk mempertahankan identitas kelamin sekunder pada wanita sekaligus menyiapkan dinding kokoh pada uterus yang berperan sebagai penyangga bayi di rahim. Malangnya setelah manusia mencecah umur 25 tahun. Hormon mengawal proses metabolisma dan membolehkan pencapaian kesihatan yang lebih baik. Menghasilkan hormon somatotrof atau hormon pertumbuhan Kelenjar Adrenal  Menghasilkan hormon adrenalin yang mengatur detak jantung. 4. Human Growth Hormone (HGH) Melatonin Thyroid gland hormone Insulin DHEA .

Testis hormone 1. Fungsi utamanya:  Membantu tumbesaran normal dan fungsi otak pada peringkat bayi. Rembesan maksima HTM berlaku pada peringkat baligh dan berkurangan sebanyak 14% bagi setiap 10 tahun selepas itu. Ia merupakan hormone yang dikenali ramai kerana kekurangan hormone ini boleh mengakibatkan kelembapan otak. Corpus luteum hormone 8. menebalkan tisu kulit. Melakukan proses rejunavasi. Melatonin Melatonin dirembes oleh kalenjar pineal dan mempunyai fungsi seperti pil tidur. Human Growth Hormone (HGH) / Hormon Tumbesaran Manusia (HTM) HTM dirembes oleh kelenjar pituitari sejak kita di lahirkan. Orang tua yang tidak dapat tidur dengan nyenyak biasanya disebabkan oleh kekurangan rembesan bahan melatonin. tulang yang kuat dan otot yang sempurna Meningkatkan keupayaan seksual dan daya ketahanan semula jadi. contohnya keletihan dan kebolehan mengenali arahtuju (direction)  Mengoksidasikan radikal bebas yang boleh merosakkan sel-sel badan dan kesan-kesan sampingan metabolism. 3. Berikut merupakan penjelasan bagi peranan HTM dalam badan kita:      Tumbesaran manusia khususnya pada peringkt kanak2. Hormon Kalenjar Tiroid Hormon kalenjar tiroid dirembes oleh kalenjar tiroid pada bahagian hadapan leher.6. Tumbesaran tulang sehingga umur 25 tahun Mengekalkan kesihatan badan dan penghasilan tisu. melatonin adalah penting untuk :  Memperbaiki kualiti tidur pada waktu malam  Melegakan tekanan yang di sebabkan oleh perbezaan masa. Membantu tumbesaran normal organ dan tisu kanak-kanak. kegemukkan. Ahli sains jarang memberi perhatian kepada kepentingan rembesan ini pada zaman lepas. 2. Penemuan sains telah menunjukkan badan kita memerlukan hormon ini dalam seumur hidup kita. . Oestrogen 7. Walaupun begitu. kulit dan rambut yang kurang bermaya dan kemungkinan juga jangkitan penyakit jantung.

(Contoh: hormone seksual) Pencegahan kencing manis pada orang dewasa. hormone ini membantu uterus menyediakan keadaan yang sesuai untuk mengandung. Kekurangan insulin boleh menyebabkan kandungan gula yang tinggi didalam darah. biasanya mula berlaku diantara umur 45 – 50) Menjamin pertumbuhan tisu yang sihat termasuk kecekangan dan kelembapan 7. . Semasa penghamilan. sejenis sel yang terdapat dalam organ pancreas. Fungsi insulin:    Membantu pembakaran dan penyerapan glukosa oleh sel badan Mengimbangkan paras glukosa didalam darah dan mencegah kencing manis. Fungsinya termasuk:    Membantu tumbesaran dan penebalan membrane uterus semasa berlakunya kitaran haid. 5. Insulin Insulin dirembes oleh “islets-of-langerhans”. Mengekalkan fungsi hati dan organ-organ lain. 4. Bagi kaum lelaki pula. metabolisma glukosa biasanya dikawal oleh insulin. Ia terlibat dalam penghasilan hormone seksual iaiutu oestrogen dan hormone testis. DHEA DHEA dirembes oleh kalenjar renal dan merupakan sejenis hormone steroid yang kaya didalam tubuh manusia. Fungsi DHEA:     Meningkatkan daya ketahanan dan mencegah jangkitan bacteria. Menjaga kestabilan dan keseimbangan tekanan darah dan paras hormon. oestrogen di rembes pada testis tetapi rembesannya adalah sedikit. Membantu sel menyimpan tenaga dalam bentuk glukosa didalam hati Membantu proses penyimpanan glukosa berlebihan dalam bentuk lemak didalam hati. Rembesan insulin berkaitrapat dengan paras glukosa di dalam darah. Hormon Corpus Luteum Hormon Corpus Luteum ialah satu lagi hormone penting bagi kaum wanita. Oestrogen Oestrogen merupakan hormone yang penting bagi wanita dan ia dirembes didalam ovari. Di dalam tubuh kita. Fungsi oestrogen:   Mengawal fungsi otak Mencegah masalah menopos (putus haid yang melebihi 12 bulan. Ini menyebabkan ketidakseimbangan glukosa dan akhirnya mengakibatkan penyakit kencing manis. hormone ini membantu tumbesaran uterus Membantu tumbesaran tisu payu dara Mencegah penyakit barah rahim pada peringkat menopos. tisu dan organ. Menjamin metabolisma sel. Semasa wanita mencapai umur subur. Pencegahan barah 6.

lanjutkan membaca. Fenomena ini agak menyerupai fenomena menopos putus haid pada wanita.blogger lain yang artinya pengunjung internet tidak akan mendapatkan informasi yang akurat mengenai hal yang berhubungan dengan cara melakukan Tes DNA ini. kulit dan organ seks Merangsang tumbesaran rambut. Cara Tes DNA & Biaya Yang Dibutuhkan Untuk keperluan menulis artikel ini. saya sebagai seorang blogger turut merasa prihatin karena dalam posisi teratas sebuah mesin pencari terpenting yang ada di internet untuk kata kunci 'Cara Tes DNA' masih dipenuhi informasi . saya yakin banyak orang yang memiliki pertanyaan yang ada dibawah ini dan belum tahu jawabannya hingga akhirnya anda membaca artikel ini. biasanya dalam kasus tertentu seperti pemerkosaan. nama rumah sakit tersebut adalah RSUP Dr Kariadi. tadi siang saya berkunjung ke rumah sakit besar yang ada di kota Semarang. Berikut adalah hasil wawancara saya saat bertemu dengan salah satu pegawai yang menangani Tes DNA di RSUP Dr Kariadi: Saya: "Maaf bu. pembunuhan.8. yaitu mendapatkan informasi tentang bagaimana cara melakukan Tes DNA dan Berapakah biaya yang harus kita keluarkan. Sebagian besar orang berpendapat bahwa Tes DNA hanya bisa atau boleh dilakukan oleh instansi tertentu guna melakukan pengkajian yang dilakukan oleh team forensik. Kenapa saya melakukan ini? Salah satu faktor utamanya adalah. dan lain .. ada yang bisa saya bantu?" . apakah benar tempat ini adalah laboratorium biotik / genetika?" Pegawai: "Iya benar.lain. Pada kenyataannya tidak seperti itu. Sebelumnya. janggut dan organ kelakian. tulang. Lelaki yang berumur antara 40 – 47 mengalami kekurangan hormone ini sebanyak 1% setiap tahun. asal memiliki syarat yang diperlukan. kedatangan saya ke tempat itu cuma punya satu niat. apakah syarat itu? yang jelas anda harus memiliki dana atau biaya untuk melakukan tes ini. daya pemahaman dan penglihatan serta naluri ruang. Fungsi hormone testis:    Mengawal keinginan berserks (lelaki dan wanita) Merangsang tumbesaran otot. Hormon Testis Hormon testis ialah hormone seksual terpenting untuk lelaki. Semoga informasi dari saya dapat sedikit memberi pencerahan kepada anda yang memiliki keperluan dengan aktivitas yang berhubungan dengan tes dna. Menambah baik fungsi otak dan penglihatan. siapapun berhak melakukan tes dna. pertanyaan tersebut adalah: Apakah orang umum seperti saya bisa melakukan Tes DNA? Jawabannya adalah Bisa! Lalu berapakah biayanya? Oke.informasi tidak relevan yang ditulis oleh blogger .

Begitu dikeluakan. APA ITU HORMON? Posted on September 9.Saya: "Saya mau tanya.kota lain yang ada di Indonesia? Cobalah anda mencari informasi sendiri ke laboratorium biotik / genetika yang terdapat di dalam Rumah Sakit terdekat di kota anda. 2.pura. mungkin biayanya jauh lebih tinggi. mood/suasana hati. karena sebenarnya saya belum punya anak). dalam paket Tes DNA ini kami tetap harus melakukan pengecekan sampel darah antara Ayah.kota besar dan rumah . untuk sementara hanya ada di kota . Kariadi). untuk rumah sakit yang ada di daerah ." Pegawai: "Oh bisa. anda harus bikin janji. . hormon akan dialirkan oleh dara menuju berbagai jaringan sel dan menimbulkan efek tertentu sesuai dengan fungsinya masing-masing. Pegawai: "Iya. ibu dan anak)".daerah pelayanan tes dna belum bisa dilakukan.rumah sakit tertentu. saksi boleh siapapun terserah anda? baik saudara atau sahabat.2. Jl. Oh iya. Saya: "Jadi bagaimana atau apa saja yang harus saya lakukan untuk memulai Tes DNA ini?" Pegawai: "Pertama. Nah bagaimana dengan anda yang berada di kota . 2008 by kuliahbidan Hormon adalah zat kimiawi yang dihasilkan tubuh secara alami. (Tempat tersebut masih dalam satu lingkup RSUP Dr. jika anda ingin melakukan Tes DNA maka anda bisa datang langsung ke: RSUP Dr. Bagi warga Semarang dan kota . sedikit tips jangan mencari informasi ke rumah sakit swasta. Kariadi: Laboratorium Biotik / Genetika yang berada di Gedung Serba Guna lt. mengenai hasilnya akan didapatkan dalam jangka waktu kurang lebih 1 bulan. biaya dan seorang saksi. Perubahan Psikologis: Perilaku feminin dan maskulin. dan pada hari yang telah disepakati anda harus menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan. sensivitas.kota disekitarnya. Contoh efek hormon pada tubuh manusia: 1. Cobalah cari informasi tersebut ke rumah sakit milik pemerintah. Dr. Pegawai: "Tidak bisa. Saya: "Harus ada saksi juga toh? trus berapa lama saya bisa mendapatkan hasilnya?". nanti kami akan mengambil sampel darah (Ayah. lekuk tubuh feminin pada wanita dan bentuk tubuh maskulin pada pria). Perubahan Fisik yang ditandai dengan tumbuhnya rambut di daerah tertentu dan bentuk tubuh yang khas pada pria dan wanita (payudara membesar. ibu dan anak". harus ada saksi. Nah itulah hasil wawancara saya dengan salah seorang pegawai disana. Saya: "Kalau cuma ambil sampel darah saya dan anak saya aja. apakah saya bisa melakukan tes dna untuk saya dan anak saya guna mengetahui kecocokan gen kami ( Maaf saya berpura . satu paket Tes DNA biayanya sekitar 10 jutaan. Sutomo 16 atau sebelah Masjid Asyifa. berarti bisa ditekan lagi dong biayanya. seperti dokumen data diri anda dan pasangan.

Hormon seksual wanita antara lain progesteron dan estrogen. terutama saat pubertas. Berikut ini adalah peran ketiga hormon utama wanita: => Hormon Estrogen: . tiroksin dan triodtironin). Selain androstenidion. Hormon pula yang kadang membuat kita senang atau malah sedih tanpa sebab. hormon kadang jadi biang keladi berbagai masalah.3. Di antaranya adalah hormon wanita yaitu estrogen dan progesteron yang dibuat dalam bentuk pil. .Yang pasti. FSH. . ESTROGEN Estrogen merupakan bentukan dari androstenidion (hormon seksual pria yang utama) yang dihasilkan ovarium. vagina. estrogen. . oksitosin. progesteron. hormon pertumbuhan (growth hormone). Hormon yang mengandung lipid (testosteron. Begitu pula sebaliknya. prolaktin. Di balik fungsinya yang mengagumkan. Hormon yang mengandung protein (insulin. TSH).Mencegah gejala menopause (seperti hot flushes) dan gangguan mood. satu macam hormon bisa memiliki aksi yang berbeda-beda sesuai sel yang menerimanya saat dialirkan oleh darah. ovarium juga mengeluarkan testosteron dan dehidroepiandrosteron. Pada dasarnya hormon bisa dibagi menurut komposisi kandungannya yang berbeda-beda sebagai berikut: Hormon yang mengandung asam amino (epinefrin. LH. Hormon ini merupakan bentukan dari pregnenolon yang dihasilkan oleh kelenjar dan berasal dari kolesterol darah.Mempertahankan fungsi otak. hormon seksual kewanitaannya lebih banyak ketimbang pria. menjaga kolagen kulit agar terpelihara dan kencang serta mampu menahan air. dan pembuluh darah). mempertahankan struktur normal kulit agar tetap lentur. produksi organ seksual (estrogen oleh ovarium dan testosteron oleh testis). Baik pria maupun wanita. setiap hormon memiliki fungsi yang sangat spesifik pada masing-masing sel sasarannya. norepinefrin. Hormon-hormon ini bisa dibuat secara sintetis. EFEK HORMON TERHADAP WANITA Hormon-hormon pada tubuh wanita berperan penting dalam perjalanan hidupnya termasuk pada keindahan kulit. Hanya kadarnya yang berbeda. Estrogen juga mempengaruhi sirkulasi darah pada kulit. . pada dasarnya memiliki jenis hormon yang relatif sama. Tak heran. Hormon seksual pria antara lain androstenidion dan testosteron (androgen). Semua orang pasti pernah mengalami hal ini. vasopresin. Pada wanita. saluran kemih. Perubahan Sistem Reproduksi: Pematangan organ reproduksi. Pil ini merupakan bentuk utama kontrasepsi yang digunakan wanita seluruh dunia untuk memudahkan mereka menentukan saat yang tepat: kapan harus mempunyai anak dan jarak usia tiap anak. HORMON PROGESTERON. aldosteron. TESTOSTERON dan DEHIDROEPIANDROSTERON.Produksi sel pigmen kulit. Hormon ini yang juga diproduksi oleh ovarium tetapi dalam jumlah yang sangat sedikit. dan kortisol). HORMON WANITA Hormon wanita terutama dibentuk di ovarium (hormon pria dibentuk di testis).Meningkatkan pertumbuhan dan elastisitas serta sebagai pelumas sel jaringan (kulit. => Hormon Progesteron: Sebenarnya hormon ini tidak terlalu berhubungan langsung dengan keadan kulit tetapi sedikit banyak ada .Pola distribusi lemah di bawah kulit sehingga membentuk tubuh wanita yang feminin. Hormon ini dibutuhkan oleh wanita karena berhubungan dengan daya tahan tubuh dan libido (gairah seksual). Misalnya siklus haid yang tidak teratur atau jerawat yang tumbuh membabi buta di wajah. tapi dalam jumlah yang sedikit.

organ seksual dan sel darah merah.Meningkatnya kepekaan target organ atau sebum terhadap androgen sehingga walaupun kadar androgen bebas dalam batas normal aktivitas sebum tetap meningkat. Tak heran kulit wajah pria tampak lebih berminyak dibanding wanita. Ada 40-80% dari penderita .pengaruhnya karena merupakan pengembangan estrogen dan kompetitor androgen. + Hirsutisme. . minyak dan peradangan (inflamasi). terutama pada pria.Menyiapkan rahim pada waktu kehamilan. Fungsi utama hormon progesteron lebih pada sistem reproduksi wanita. hormon androgen yang berlebih akan mengakibatkan efek negatif pada kulit dan kecantikan wanita. Sekitar 5-8% wanita usia reproduktif menderita hirsutisme yaitu pola pertumbuhan atau distribusi rambut menyerupai pria (male hair pattern). Kelenjar sebum menghasilkan sekresi lemak atau minyak yang berfungsi melumasi rambut dan kulit. pinggang dan paha. dagu. Gejala-gejala itu antara lain: + Kulit berminyak dan komedo. tulang. Hormon ini cukup berpengaruh pada penampilan kulit dan pertumbuhan rambut. . ketidakseimbangan hormon Androgen (hormonal imbalance) bisa menyebabkan hirsutisme di mana rambut tumbuh berlebihan di daerah-daerah yang tidak semestinya. Sebaliknya pada wanita. Walaupun bukan merupakan kondisi yang fatal tetapi bisa berefek sosial-psikologis dan mengurangi rasa percaya diri bahkan mempengaruhi kualitas hidup. Semakin tinggi tingkat kerjanya.Merangsang pembentukan otot. Banyak faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat antara lain komedo. . misalnya di atas bibir. sehingga mengganggu keindahan penampilan kulit. . Belum lagi ada pula pengaruh dari luar seperti pemakaian kosmetik yang bisa menyumbat aliran sekresi kelenjar sebum ke permukaan apa lagi dalam jangka panjang ditambah kondisi iklim tropis yang panas dan lembab. Sekresi kelenjar sebum pada pria lebih tinggi secara signifikan ketimbang pada wanita. Gangguan kelenjar sebum juga bisa mengakibatkan alopesia androgenika (kebotakan).Mengembangkan jaringan payudara.Melindungi wanita pasca menopause terhadap kanker endometrium. => Hormon Androgen: Hormon ini berfungsi untuk: . .Merangsang dorongan seksual. Hiper-androgen pada wanita dengan ciri-ciri aktivitas hormon androgen melebihi normal ternyata merupakan masalah yang cukup umum terjadi walaupun belum diketahui penyebabnya dan mempengaruhi 10-20% wanita usia reproduktif. Kerja kelenjar ini memuncak pada saat seseorang mencapai masa pubertas. Seperti telah dijelaskan sebelumnya. + Akne / Jerawat. Gejala Hiper-Androgen pada kulit wanita. Berlebihnya produksi minyak di kulit wajah dipengaruhi oleh: . kulit. dada. Efek kerja kelenjar sebum mulai berkurang pada wanita sesaat menjelang menopause. Tetapi bila berlebihan minyak ini akan memicu tumbunya akne atau jerawat. semakin banyak pula sekresi yang dihasilkan kelenjar ini. Aktivitas kelenjar sebum sangat dipengaruhi hormon androgen.Mengatur siklus haid. yaitu dengan menstimulasi akar rambut dan kelenjar sebum (kelenjar minyak) yang terletak di bagian atas akar rambut. yaitu: . Kondisi ini merupakan cikal bakal gejala yang lebih parah seperti ketombe dan jerawat.Tingginya kadar androgen bebas yang akan memicu aktivitas kelenjar minyak dan sebum.

Gejala Hiper-Androgen secara sistemik.Profil lemak yang tidak normal (obesitas atau terlalu kurus). + Abnormalitas metabolisme tubuh. BAB III PEMBAHASAN . BAB II PENDAHULUAN A. sekresi kelenjar endokrin tubuh. Siklus haid yang tidak teratur merupakan gejala ketidakseimbangan hormonal dan sedikit banyak berpengaruh pada tingkat kesuburan seorang wanita. hormon berkelana dalam darah menuju sel sasaran. Zat aktif utama dari sekresi interna ini disebut hormon. Tujuan Dan Manfaat 1. sebab sekresi yang dibuat tidak meninggalkan kelenjarnya melalui suatu saluran. tempat ia mengatur atau mengarahkan fungsi tertentu. Gejala ini merupakan kebalikan dari hirsutisme. B. dari kata yunani hormon yang berarti merangsang. + Alopesia Androgenika (kebotakan). sebaiknya konsultasikan dengan ginekolog. Penyebabnya sama:ketidakseimbangan androgen. a-menore (nyeri haid). Kata endokrin berasal dari bahasa yunani yang berarti sekresi kedalam. Selain gangguan pada kulit. Endokrinologi adalah ilmu mengenai penyusaian-penyusaian kimia hemostatis dari aktifitas lain yang dilaksanakan oleh hormon. tetapi langsung masuk kedalam yang beredar didalam jaringan kelenjar.ini menunjukkan peningkatan produksi testosteron dari 200-300 juta (microgram) per hari menjadi 700-800 juta per hari.Ovarian – Syndrome) dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan infertilitas (mandul). . Masalah kebotakan ini biasa dialami oleh pria. 2 Untuk mengetahui fungsi dan cara kerja hormon. Gejala yang tampak antara lain: . 3. Setelah diekresikan. terus menjalar ke daerah ubun-ubun dan meluas secara lambat atau cepat ke seluruh bagian atas kepala. Untuk mengetahui macam-macam hormon. ketidakseimbangan hormon androgen juga berpengaruh secara sistemik yang ditandai dengan gejala-gejala seperti pada sistem reproduksi berupa: + Gangguan siklus menstruasi. Latar Belakang Kelenjar tanpa saluran atau kelenjar buntu digolongkan bersama di bawah nama organ endokrin. .Peningkatan resiko penyakit jantung (kardiovaskular). dan an-ovulasi. Jika siklus haid Anda tidak teratur lebih dari 3 bulan berturutturut. Untuk mengetahui dampak kekurangan dan kelebihan suatu hormon. karena jika tidak mendapat penanganan yang serius dapat menyebabkan berbagai perubahan morfologis pada rahim yang disebut PCOS (Poly – Cystic .Resistensi insulin sehingga berakibat peningkatan resiko kencing manis (diabetis mellitus). Rambut hilang secara perlahan-lahan di daerah dahi.

b. • Mengurangi produksi ASI. Fungsinya ialah merangsang ovulasi. Akromegali ( pada orang dewasa ) 2. hati. . serta sekresi estrogen dan progesteron. Lobus anterior ( adenohipofise ). penatalaksanaan masa laktasi makan sayur-sayuran seperti sayur katuk dan buah. kekurangan horAmon somatotropin akan terjadi kelainan Dwarfisme b. Selain itu FSH mendorong sekresi hormon estrogen oleh ovarium. Fungsinya ialah pada wanita hormon ini merangsang pertumbuhan dan perkembangan folikel ovarium. 5. gigantisme ( pada anak-anak ) 2. tempat berkembangnya ovum. Pada pria FSH diperlukan untuk produksi sperma. Hormon Folikel Stimulating Hormon Sel sasarannya ialah folikel ovarium dan tubulus seminiferosa di testis. kelebihan hormon somatotropin 1. mobilisasi lemak dan konservasi glukosa. Fungsi hormon somatotropin ialah merasangsan pertumbuhan tulang dan jaringan lunak pengaruh metabilik. 3. B. Hormon Adrenokortikotropik ( ACTH ) Sel sasarannya yaitu zona fasikulata dan zona retikularis korteks adrenal. Fungsinya mendorong perkembangan payudara dan menghasilkan air susu pada masa laktasi. Hormon tirotropik Sel sasarannya ialah sel folikel tiroid. 6. Prolaktin Sel sasarannya ialah kelenjar mammae merangsang sekresi susu. 4. merangsang sekresi testosteron.A. korpus luteum dan sel interstisium di testis. Hormon yang dihasilkan antara lain : 1. a. dan jaringan ikat. Beberapa dari organ endokrin ada yang menghasilkan satu macam hormon disamping itu juga ada yang menghasilkan lebih dari satu macam hormon atau hormon ganda. Fungsinnya adalah memelihara pertumbuhan dan perkembangan normal kortes adrenal dan merangsang untuk mengkresikan kortisol dan glucocorticoid. Luteinizing Hormon Sel sasarannya ialah folikel ovarium. Fungsi hormon ini adalah mengendalikan kegiatan kelenjar tiroid dalam menghasilkan tiroksin. a. a. mencakup anabolisme protein. Pengetian Hormon Substansi kimia yang dihasilkan dalam tubuh yang memiliki efek regulator spesifik pada aktifitas sel tertentu atau organ-organ tertentu.) Hormon Somatotropin Hormon samatotropin adalah hormon pertumbuhan dan sel sasarannya ialah tulang. kekurangan hormon prolaktin • Perkembangan payudara terhambat. Kelenjar Endokrin Yang Menghasilkan Hormon 1. Kelenjar Hipofisis Suatu kelenjar endokrin yang terletak didasar tengkorak yang memegana peranan penting dalam sekresi hormon. Pada pria. perkembangan korpus luteum. Kelenjar hipofisisterdiri dari dua lobus.

Kelenjar timus Kelenjar ini menghasilkan hormon timosin yang sel sasarannya yaitu limpfosit T. 2. Fungsinya yaitu mengatur metabolisme fospor dan mengatur kadar kalsium dalam darah. 2. 5. yaitu a. Berfungsi untuk mengaktifkan pertumbuhan badan dan mengurangi aktivitas kelenjar kelamin. Lobus Posteriopr ( neurohipofise ). kekurangan hormon tiroksin • Dapat menyebabkan penyakit kretinisme pada bayi • Pada orang dewasa dapat menyebabkan miksedema b. yang terdiri atas 2 bagian. Bagian korteks menghasilkan 2 yaitu : 1. Hormon Atidiuretik ( ADH ) / hormon pituitrin / Vasopresin Sel sasarannya yaitu tubulus ginjal arteriol. Sel sasarannya yaitu tulang.b. Kelenjar Tiroid Atas pengaruh hormon yang dihasilkan oleh kelenjar hipofise lobus anterior. dan usus. Hormon Estrogen Sel sasarannya yaitu uterus. Kelenjar paratiroid Kelenjar ini menghasilkan hormon paratiroid. a. 1. Kelenjar Supra Renalis / Adrenal Kelenjar anak ginjal terletak menempel di atas ginjal. • Yang khas adalah kejang pada tangan dan kaki. kelenjar tiroid ini menghasilkan hormon tiroksin. • Penyakit tulang • Gagal ginjal 4. Fungsinya ialah merangsang dan menguatkan kontraksi uterus sewaktu melahirkan dan mengeluarkan air susu sewaktu menyusui. 3. ginjal. • Penatalaksanaan untuk meringankan gejala ini yaitu dengan pemberian kalsium b. . Dampak kekurangan hormon paratiroid • Kekurangan kalsium didalam darah atau dapat meyebabkan tetani. 2. Fungsi hormon tiroksin ialah mengatur tukaran zat / metabolisme dalam tubuh dan mengatur pertumbuhan normal dan perkembangan saraf. Berfungsi untuk mencegah pembentukan urine dalam jumlah banyak dan berpengaruh dalam pengaturan tekanan darah dan menyebabkan kotraksi otot polos. Hormon Aldesteron Sel sasarannya yaitu tubulus ginjal dan berfungsi untuk meningkatkan reabsorpsi Na dan sekresi k. Hormon kortisol Sel sasarannya yaitu sebagian sel besar dan berfungsi meningkatkan glukoso darah dengan mengorbankan simpanan protein dan lemak dan beperan dalam adaptasi terhadap stress. a. Kelebihan hormon tiroksin • Kebalikan dari miksedema • Gagal jantung pada keadaan yang dikenal sebagai penyakit trauma / gondok eksoptalmus • Mata menonjol. Dampak kelebihan hormon paratiroid • Keseimbangan distribusi kalsium terganggu. Mengeluarkan 2 jenis hormon.

Hormon Glukagon ( sel a ) Sel sasarannya yaitu sebagian besar sel dan berfungsi untuk mempertahankan kadar nutrien dalam darah selama fase pasca-absortif. 6. b. . berperan dalam pengembangan karekteristik seks sekunder. merangsang pertumbuhan uterus dan payudara. b. Kelenjar ini menghasilkan hormon : 1. Hormon Noradrenalin ( norepinefirin ) Berfungsi menaikan tekanan darah dengan jalan merangsang serabut otot didalam dinding pembuluh darah untuk berkontraksi. Berfungsi dalam lonjatan pertumbuhan masa pubertas dan dorongan seks pada wanita. dan lidah licin • Asidosis dan kecepatan bernafas bertambah b. b. Hormon Androgen Sel sasarannya yaitu pada wanita pada bagian tulang dan otak. Dampak kekeurangan hormon insulin • Mengakibatkan hiperglikemi • Turunya berat badan • Lelah dan poliurian disertai haus • Lapar. memperbaiki kemampuan sel tubuh untuk mengobservasi glukosa dan lemak.3. Hormon Adrenalin ( epinephirin ) Berfungsi membantu metabolisme karbohidrat dengan jalan menambah pengeluaran glukosa dari hati a. Dampak kelebihan hormon adrenalin • Mirip tumor suprarena pada bagian korteks • Gangguan pertumbuhan seks sekunder 2. Kelenjar Pankreas Kelenjar ini menhasilkan 3 hormon yaitu a. Hormon testosteron berfungsi menentukan sifat kejantanan. Hormon Somatostatin Sel sasarannya yaitu sistem pencernaan dan berfungsi untuk menhambat pencernaan dan penyerapan nutrien. a. berfungsi untuk mendorong perkembangan folikel. kulit kering. c. Dampak kelebihan hormon insulin • Hipoglikemi 7. Dampak kekekurangan hormon adrenalin • Terjadi penyakit Addison • Sedangkan ginjal gagal menyimpan natrium dalam jumlah terlampau banyak. Hormon Insulin ( sel b ) Sel sasarannya yaitu sebagian besar sel dan berfungsi untuk mengendalikan kadar glukosa dan bila digunakan sebagai pengobatan. Kelenjar testik terdapat pada pria terletak pada skrotum dan menghasilkan hornon testosteron. terletak pada ovarium kiri dan kanan uterus. Mendorong penutupan lempeng epifisis. Kelenjar ovarium terdapat pada wanita. b. Medula menghasilkan 2 hormon yaitu 1. Kelenjar Kelamin Kelenjar ini terbagi menjadi 2 kelenjar yaitu a. Hormon Estrogen Sel sasarannya yaitu organ seks wanita dan tulang.

Sel Sel adalah struktur dasar dari tubuh. 7. DNA adalah Asam deoksiribonukleat. BAB III PENUTUP A. Sel-sel organ yang berbeda bervariasi menurut fungsi mereka. Sel sasarannya yaitu tubulus ginjal dan berfungsi untuk menghambat reabsorpsi Na. Kesimpulan 1. Hormon adalah substansi kimia yang dihasilkan dalam tubuhyang memiliki efek regulator spesifikpada aktivitas sel tertentu atau organ-organ tertentu. Hati Hati menghasilkan hormon somatomedin. Sel-sel manusia mengandung bagian besar berikut: . DNA dapat dianggap sebagai salah satu blok bangunan tubuh. yang membentuk tubuh. Setiap sel berisi materi herediter dan dapat membuat salinan sendiri oleh mereproduksi dan mengalikan. Hormon Progesteron Sel sasarannya yaitu uterus dan berfungsi mempersiapkan rahim untuk kehamilan. 2. Hormon sangat di butuhkan oleh tubuh dan apabila kekurangan dan kelebihan hormon maka akan timbul komplikasi-komlikasi pada tubuh bahkan akan terjadi kematain. Untuk memahami struktur yang tepat dan fungsi tubuh sangat penting untuk tahu apa sel dan bagaimana itu disusun. B. Akibatnya. Setelah rentang kehidupan spesifik sel-sel lama mati. 9. Ginjal Ginjal menghasilkan hormon renin ( angiotensin ) dan berfungsi merangsang sekresi aldosteron. Sel sasarannya yaitu tulang dan jaringan lunak dan berfungsi mendorong pertumbuhan.2. Saran Kita sebagai calon bidan yang profesional harus banyak belajar tentang hormon maupun tentang ilmu yang lain agar setelah selesai dari pendidikan bidan kita telah siap dengan ilmu kita dalam membantu masyyarakat. Bagian sel disebut organel. Jantung Jantung menghasilkan hormon peptida natriuretik. Tubuh manusia dibangun miliaran dan triliunan sel. 8. Terletak dalam inti sel.

di mana organel lain mengapung. Kromosom Dalam inti DNA untai erat dikemas untuk bentuk kromosom. terlihat sama pada pria dan wanita. . Setiap orang memiliki dua salinan setiap gen. Gen. yang terdiri dari DNA." Lengan panjang kromosom diberi label "q lengan. Perempuan memiliki dua salinan kromosom X atau XX. Sebagian besar DNA ditempatkan dalam inti dan disebut nuklir DNA. Juga merumahkan DNA (Asam deoksiribonukleat). atau Asam deoksiribonukleat. Gen Gen adalah materi herediter yang terletak di dalam inti sel. disebut autosomes. Lengan pendek kromosom diberi label "lengan p. Apa DNA terdiri? DNA berisi empat basa kimia:     Adenina (A) Guanina (G) Sitosina (C) Timina (T). Selama pembelahan sel kromosom terlihat." Setiap pasangan kromosom yang berbeda dibentuk oleh lokasi sentromer dan ukuran p dan q lengan. untuk total 46. sementara pria memiliki satu kromosom Y dan satu X. Proyek genom manusia telah diperkirakan bahwa manusia memiliki antara 20.000 gen. Manusia biasanya memiliki 23 pasangan kromosom. Ini juga dapat mengambang bebas di sitoplasma. dan mati. Pasangan 23 disebut kromosom seks dan berbeda antara lelaki dan perempuan.000 dan 25. mereproduksi. Sitoplasma-ini adalah jelly seperti cairan dalam sel. Ini sebagian besar serupa dalam semua orang tapi sejumlah kecil (kurang dari 1 persen dari total) gen sedikit berbeda antara orang-orang dan ini membentuk dasar dari ayah tes dan analisis DNA. Lisosom dan peroxisomes-ini membantu dalam mencerna asing bakteri yang menyerang sel. Namun. Ribosom-ini berbohong atas ER dan proses petunjuk genetik atau cetak biru dalam DNA dan membuat protein baru. Mana DNA ditemukan? DNA. Kromosom masing-masing memiliki titik penyempitan disebut sentromer dari mana dua lengan terbentuk. salah satu warisan dari masing-masing orangtua.       Inti-ini adalah bagian tengah sel yang membawa cetak biru untuk fungsi sel dan sel memberitahu ketika untuk tumbuh. Mitokondria-ini adalah powerhouses sel dan menghasilkan energi untuk berbagai kegiatan sel. menyingkirkan sel dari zat-zat beracun Membran sel-ini adalah lapisan luar sel. Retikulum endoplasma (ER)-ini membantu dalam pengolahan molekul (misalnya protein) dibuat oleh sel. adalah materi herediter yang terletak di dalam inti semua sel pada manusia dan organisme lainnya. bertindak sebagai petunjuk untuk membuat molekul yang disebut protein. sebagian kecil dari DNA juga dapat ditemukan dalam mitokondria dan disebut DNA mitokondria atau mtDNA. Dua puluh-dua pasangan ini.

Kedua untai DNA membuka dan membuat salinan dari masingmasing dan menjadi dua DNA berdiri. Bahan genetik ini dikenal sebagai DNA mitokondria atau mtDNA. Bagaimana DNA mereplikasi dirinya? DNA dapat membuat salinan dirinya sendiri. A dengan T dan C dengan G. Setiap basis juga melekat pada molekul gula dan satu molekul fosfat. Hal ini mirip dengan cara yang berbeda urutan kata formulir surat dan urutan kata yang membentuk kalimat. Dengan demikian setiap DNA baru memiliki satu salinan DNA tua dari mana salinan dibuat. Nukleotida dan heliks ganda Dasar. Ini tampak seperti sebuah tangga yang bengkok dan membentuk pasangan basa janjang tangga dan molekul gula dan fosfat membentuk sisi tangga. Setiap sel berisi ratusan hingga ribuan mitokondria yang terletak di dalam sitoplasma. Pangkalan ini diurutkan berbeda untuk informasi yang berbeda yang perlu dikirim. untuk unit bentuk yang disebut pasangan basa.Pasangan basa DNA DNA pangkalan pasangan dengan satu sama lain. DNA mitokondria mengandung gen 37 yang membantu untuk berfungsi secara normal. Nukleotida disusun dalam dua untai panjang yang membentuk spiral disebut heliks ganda. DNA dalam manusia berisi sekitar 3 milyar pangkalan dan ini mirip dalam dua orang untuk sekitar 99% dari total dasar. gula. DNA mitokondria Mitokondria memiliki DNA dalam jumlah kecil. dan fosfat dalam kombinasi disebut sebagai nukleotida. Tiga belas gen ini memberikan petunjuk .

untuk membuat enzim yang terlibat dalam produksi energi oleh fosforilasi oksidatif. DNA dalam semua jenis sel dalam satu individu adalah sama. Teknik ujian DNA mula dilaporkan oleh Sir Dr Alec Jeffreys dari Universiti Leicester. ICI. darah atau air mani adalah sama bagi setiap orang. Ia adalah molekul asas yang sangat penting dalam semua organisma hidup.hasil sumbangan peningkatan kes jenayah dan lambakan siri drama penyiasatan yang ditayangkan di televisyen. DNA dari air liur. Pusat Pengajian Sains Kesihatan Universiti Sains Malaysia. haiwan dan bakteria juga mempunyai DNA. Ia adalah molekul yang menyimpan kod genetik yang menentukan semua ciri-ciri manusia seperti warna kulit. Namun tahukah anda apa yang dimaksudkan dengan DNA dan ujian DNA itu? DNA ialah singkatan kepada asid deoksiribonukleik. Menariknya. Dr Zafarina Zainuddin. Ia seperti kod bar (bar code) pada setiap barang di pasar raya di mana setiap kod akan mengenalpasti barang yang berbeza. kecuali sel darah merah. DNA ialah sejenis molekul yang terdapat dalam semua sel. Sisa gen bantuan dalam membuat molekul disebut RNA transfer (tRNAs) dan ribosomal RNA (rRNAs) yang membantu dalam sintesis protein. DNA bagi setiap individu di atas muka bumi ini adalah unik iaitu berbeza antara satu sama lain kecuali bagi kembar seiras. . Ini bermakna. Struktur hirarki Apa itu DNA Istilah ujian DNA meniti di bibir masyarakat kita . Menurut Timbalan Dekan (Penyelidikan dan Pengajian Pasca Siswazah). satu molekul penting bagi semua sel hidup. Apa yang dimaksudkan dengan profil DNA? “Profil DNA adalah hasil yang diperoleh daripada analisis ke atas DNA seseorang. rambut. jenis rambut dan sebagainya. membuka pusat ujian darah di England. England pada 1984 dan kini menjadi asas kepada data DNA kebangsaan sesebuah negara. mata. Bukan manusia saja yang mempunyai DNA malah semua organisma hidup termasuk tumbuhan. Kaedah yang dipelopori Dr Jeffreys ini kemudiannya dikomersilkan (sesiapa boleh mendapatkan ujian ini) pada 1987 apabila syarikat kimia. Inilah sebabnya ujian DNA digunakan dalam penyelesaian banyak kes jenayah atau bagi penentuan keturunan khususnya untuk kes perebutan anak (yang tidak diketahui bapanya) seperti kerap terjadi di negara Barat.

Pada setiap sel. yang berinteraksi dengan untai DNA satunya pada heliks. kecuali sel gamet. Rantai tunggal yang diperoleh dari DNA sebelumnya tersebut bertindak sebagai “cetakan” untuk membuat rantai pasangannya. orientasi rantai nukleotida pada satu untai berlawanan dengan orientasi nukleotida untai lainnya. Kedua untai pada heliks ganda DNA disatukan oleh ikatan hidrogen antara basa-basa yang terdapat pada kedua untai tersebut. Pada struktur heliks ganda. Masing-masing untai terdiri dari rangka utama. yaitu 2-deoksiribosa. Misalnya. DNA merupakan cetak biru kehidupan. dan basa nitrogen. Ia juga menentukan bagaimana sifat organisme diturunkan dari suatu generasi ke generasi berikutnya. Dua gugus gula terhubung dengan fosfat melalui ikatan fosfodiester antara atom karbon ketiga pada cincin satu gula dan atom karbon kelima pada gula lainnya. Proses replikasi ini diperlukan ketika sel akan membelah diri. Empat basa yang ditemukan pada DNA adalah adenin (dilambangkan A). Secara garis besar. Hal ini disebut sebagai antiparalel. proses replikasi memanfaatkan fakta bahwa DNA terdiri dari dua rantai dan rantai yang satu merupakan “konjugat” dari rantai pasangannya. Ada beberapa teori yang mencoba menjelaskan bagaimana proses replikasi DNA ini terjadi. Setiap makhluk hidup mulai dari bakteri sampai manusia memiliki DNA. Nombor-nombor ini mewakili alel (gen) tertentu bagi setiap individu. dari cytosine). Ia mengandung perintah-perintah yang memberitahu sel bagaimana harus bertindak. Gula pada DNA adalah gula pentosa (berkarbon lima). sementara panjang satu unit nukleotida 3. DNA menyimpan cetak biru bagi segala aktivitas sel. sedangkan rantai pasangannya merupakan rantai yang baru disintesis. Di antara perkecualian yang menonjol adalah beberapa jenis virus (dan virus tidak termasuk organisme) seperti HIV (Human Immunodeficiency Virus). Rangka utama untai DNA terdiri dari gugus fosfat dan gula yang berselang-seling. Dengan kata lain. guanin (G). dan timin (T). Pada dasarnya. pembelahan diri harus disertai dengan replikasi DNA supaya semua sel turunan memiliki informasi genetik yang sama. gula RNA adalah ribosa. Salah satu teori yang paling populer menyatakan bahwa pada masing-masing DNA baru yang diperoleh pada akhir proses replikasi.3. yaitu suatu molekul yang terdapat dalam sel semua makhluk hidup. sebagai struktur utama. DNA terdiri atas dua untai yang berpilin membentuk struktur heliks ganda. Pada dasarnya.“Profil DNA yang terhasil adalah dalam bentuk nombor dan setiap individu akan mempunyai kombinasi nombor yang berbeza. maka susunan rantai pasangan dapat dengan mudah dibentuk. Salah satu perbedaan utama DNA dan RNA adalah gula penyusunnya. Adenin berikatan hidrogen dengan timin. Sebuah unit monomer DNA yang terdiri dari ketiga komponen tersebut dinamakan nukleotida. artinya. Rantai DNA memiliki lebar 22-24. Fungsi biologis Replikasi Replikasi merupakan proses pelipatgandaan DNA. Ini berlaku umum bagi setiap organisme. sitosin (C. . Struktur DNA merupakan polimer yang terdiri dari tiga komponen utama. satu rantai tunggal merupakan rantai DNA dari rantai DNA sebelumnya. Walaupun unit monomer ini sangatlah kecil. gula deoksiribosa. sehingga DNA tergolong sebagai polinukleotida. DNA singkatan dari deoxyribonucleic acid. dengan mengetahui susunan satu rantai. kromosom terbesar pada manusia terdiri atas 220 juta nukleotida. sedangkan guanin berikatan dengan sitosin. peran DNA di dalam sebuah sel adalah sebagai materi genetik. yaitu gugus fosfat. dan basa nitrogen.” kata Dr Zafarina. DNA dapat memiliki jutaan nukleotida yang terangkai seperti rantai.

salah satu yang terpenting dikenal dengan nama DNA polimerase. Monomer DNA ditambahkan di kedua sisi rantai yang membuka setiap kali DNA polimerase bergeser. atau bila tempat kejadian terkontaminasi oleh DNA dari banyak orang. Jerman. Proses sintesis rantai DNA baru memiliki suatu mekanisme yang mencegah terjadinya kesalahan pemasukan monomer yang dapat berakibat fatal. dibandingkan. kulit. Metode ini adalah salah satu teknik paling terpercaya untuk mengidentifikasi seorang pelaku kejahatan. dam harus menangani sejumlah tantangan teknis yang unik yang dihubungkan dengan operasi pembandingan kira-kira. yang menemukan kejadian dari urutan huruf di dalam urutan huruf yang lebih besar. tetapi tidak selalu sempurna. dimana algoritma ini digunakan untuk mencari urutan tertentu dari nukleotida dalam sebuah urutan yang besar. Proses replikasi DNA ini merupakan proses yang rumit namun teliti. liur atau rambut yang tersisa di tempat kejadian kejahatan untuk mengidentifikasi kemungkinan tersangka. bersamaan dengan ditemukannya postulat genetika Mendel. bahkan algoritma sederhana untuk maslah ini biasanya mencukupi. semen. Dalam pemrofilan DNA panjang relatif dari bagian DNA yang berulang seperti short tandem repeats dan minisatelit. Hal ini telah membantu investigator menyelesaikan kasus lama di mana pelanggar tidak diketahui dan hanya contoh DNA yang diperoleh dari tempat kejadian (terutama dalam kasus perkosaan antar orang tak dikenal). baik sebagai masalah riset dan sebagai sebuah cara komputasi. dimotivasi sebagian oleh riset DNA. Proses pembukaan rantai DNA ini dibantu oleh beberapa jenis protein yang dapat mengenali titiktitik tersebut. . dan juga protein yang mampu membuka pilinan rantai DNA. Pemrofilan DNA dikembangkan pada 1984 oleh genetikawan Inggris Alec Jeffreys dari Universitas Leicester. Riset dalam algoritma pencarian string. penelitian terhadap peranan DNA di dalam sel baru dimulai pada awal abad 20. yang menamainya nuclein berdasarkan lokasinya di dalam inti sel. dan pencarian homologi. misalnya bila tidak ada DNA yang dapat diperoleh. Proses pembukaan rantai ganda tersebut berlangsung disertai dengan pergeseran DNA polimerase mengikuti arah membukanya rantai ganda. Proses replikasi diawali dengan pembukaan untaian ganda DNA pada titik-titik tertentu di sepanjang rantai DNA. dan pertama kali digunakan untuk mendakwa Colin Pitchfork pada 1988 dalam kasus pembunuhan Enderby di Leicestershire. DNA dan protein dianggap dua molekul yang paling memungkinkan sebagai pembawa sifat genetis berdasarkan teori tersebut. Database yang dikhususkan untuk riset DNA disebut database genomik. yang merupakan enzim pembantu pembentukan rantai DNA baru yang merupakan suatu polimer. yang memiliki masalah khusus untuk menaruh dan memanipulasi urutan DNA. pembandingan urutan. Hal ini berlanjut sampai seluruh rantai telah benar-benar terpisah. Sejarah DNA pertama kali berhasil dimurnikan pada tahun 1868 oleh ilmuwan Swiss Friedrich Miescher di Tubingen. Karena mekanisme inilah kemungkinan terjadinya kesalahan sintesis amatlah kecil. Namun demikian. Setelah cukup ruang terbentuk akibat pembukaan untaian ganda ini. sebuah proses yang disebut fingerprinting genetika atau pemrofilan DNA (DNA profiling). DNA polimerase masuk dan mengikat diri pada kedua rantai DNA yang sudah terbuka secara lokal tersebut. Teori database juga telah dipengaruhi oleh riset DNA. Dalam aplikasi lainnya seperti editor text. mencari pola yang berulang. Inggris. tetapi urutan DNA menyebabkan algoritma-algoritma ini untuk menunjukkan sifat kasus-mendekati-terburuk dikarenakan jumlah kecil dari karakter yang berbeda. DNA dalam komputasi DNA memainkan peran penting dalam ilmu komputer.Proses replikasi memerlukan protein atau enzim pembantu. Penggunaan DNA dalam teknologi DNA dalam forensik Ilmuwan forensik dapat menggunakan DNA yang terletak dalam darah. Banyak yurisdiksi membutuhkan terdakwa dari kejahatan tertentu untuk menyediakan sebuah contoh DNA untuk dimasukkan ke dalam database komputer.

wikipedia.Dua eksperimen pada dekade 40-an membuktikan fungsi DNA sebagai materi genetik. karena sudah wafat pada waktu itu. Franklin. Watson. Eksperimen Hershey dan Chase membuktikan hal yang sama dengan menggunakan pencari jejak radioaktif (radioactive tracers). Misteri yang belum terpecahkan ketika itu adalah: bagaimanakah struktur DNA sehingga ia mampu bertugas sebagai materi genetik? Persoalan ini dijawab oleh Francis Crick dan koleganya James Watson berdasarkan hasil difraksi sinar-x DNA oleh Maurice Wilkins dan Rosalind Franklin.org/wiki/DNA . http://id. dan Wilkins mendapatkan hadiah Nobel Kedokteran pada 1962 atas penemuan ini. Crick. ekstrak dari sel bakteri yang satu gagal men-transform sel bakteri lainnya kecuali jika DNA dalam ekstrak dibiarkan utuh. tidak dapat dianugerahi hadiah ini. Dalam penelitian oleh Avery dan rekan-rekannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful