P. 1
Analisis Swot Galery Batik Iwan Tirta 1

Analisis Swot Galery Batik Iwan Tirta 1

|Views: 56|Likes:
Published by Bambang Prakoso

More info:

Published by: Bambang Prakoso on Dec 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2014

pdf

text

original

Analisis SWOT GALERY BATIK IWAN TIRTA Strength (Kekuatan) 1.

Nama Iwan Tirta memiliki reputasi yang bagus sebagai designer batik berkualitas tinggi 2. Batik Iwan Tirta memiliki karya yang orisinil batik tanah air, dan memiliki cerita dan filosofi. 3. Batik – batik yang dibuat biasanya menjadi acuan bagi produsen batik lainnya karena memiliki nilai seni yang tinggi. 4. Batik yang dibuat Iwan Tirta memiliki pakem dan sangat detail corak tersendiri yang eksklusif. Maksudnya ciri khas dari merk yang dikerjakan tidak menggunakan mesin atau teknologi modern (buatan tangan manusia) sehingga kualitas merk tetap terjaga 5. Batik Iwan Tirta Adanya kolaborasi dari professional bisnis yang mengapresiasi karya seni dengan designer yang mengerti soal kepentingan bisnis. 6. Lokasi Outlet yang mudah di jangkau ( Di Jalan Wijaya, Plaza Indonesia, Kemang, Pacific Place, Senayan City, PS, Hotel Shangrila)

Weakness ( Kelemahan ) 1. Harga batik Iwan Tirta memiliki nilai jual yang sangat tinggi sedangkan pangsa pasar di Indonesia kebanyakan masyarakat dari menengah dan menengah kebawah. 2. Karya batik Irwan Tirta kurang membuat inovasi di model busana yang dibuat kurang menyesuaikan dengan perkembangan fashion dan mode saat ini. 3. Proses produksi yang lumayan rumit ( hanya dapat dikerjakan ditangan orang yang ahli)

Opportunity ( Peluang ) 1. Dengan banyaknya sketsa yang dibuat Iwan Tirta maka seharusnya masih banyak karya yang dapat diciptakan tinggal membuat desain yang sesuai dengan fashion dan perkembangan mode saat ini. (Dari 10.000 desain peninggalan Alm. Iwan Tirta yg baru di implementasikan baru 6000 (kesempatan untuk update baru) 2. 3. 4. Pakaian batik adalah pakaian adat masyarakat Indonesia yang sedang digalakan pemerintah agar tidak di klaim Negara tetangga Target Menambah cabang Galeri (Toko Batik) Adanya Promosi ke Spanyol (intinya, telah melakukan pendekatan touch)

online) Weakness ( Kelemahan ) 1. 4.(KW) Threat ( Ancaman ) 1. Bergabung dengan situs penjualan online 3. Design batiknya umum/pasaran (banyak digunakan orang lain) 3. 2. Harga nya yang sangat terjangkau 2. Harga yang dibanderol Iwan Tirta sangat tinggi sehingga sulit dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Model yang mengikuti dengan batik-batik elite tetapi harga terjangkau. ( dewasa dan remaja) 4. Pengusaha batik terkenal membuka gerai dibanyak tempat. 3. Konsumen lebih banyak yang datang ke pasar tradisional untuk berbelanja 2. Dapat ditemui di banyak tempat (seperti pasar baju. 3. Potongan harga yang diberikan oleh pengusaha batik terkenal. Munculnya (mungkin karena kemahalan. 2. Trend batik yang sedang booming dikalangan masyarakat . Sistem promosi yang digunakan Iwan Tirta kurang menggunakan active selling sehingga hasil dari penjualan kurang maksimal. Dengan banyaknya brand yang bermunculan dengan kualitas yang bagus dan harga terjangkau membuat posisi brand Iwan Tirta semakin terancam apalagi dengan semakin perkembang pesatnya mode batik saat ini . Modelnya selalu update mengikuti perkembangan Zaman 3.pasar malam. outlet yg tidak terlalu banyak dll) Analisis SWOT Penjual Batik kalangan Menengah Strength (Kekuatan) 1. Bahan batiknya kurang bagus 2. ketinggalan jaman.Threat ( Ancaman ) 1. Kualitas batiknya kurang baik Opportunity ( Peluang ) 1. Toko pakaian modern yang mulai mengambil design batik .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->