LIMBAH B3 Limbah B3 Mercury 1.

Pengertian Limbah B3 sendiri merupakan jenis limbah yang sangat berbahaya, suatu limbah dapat dikatakan sebagai limbah B3 jika mengandung bahan yang berbahaya serta beracun karena sifat dan konsentrasinya bisa mencemari lingkungan dan membahayakan kehidupan manusia dan lingkungan. Limbah B3 sendiri masih memiliki beberapa karateristik lagi yakni Beracun, mudah meledak mudah terbakar, bersifat korosif, bersifat reaktif, dapat menyebabkan infeksi dan masih banyak lagi. 2. Studi kasus !ebuah media online memberitakan bah"a #$ Exxon Mobil membuang limbah mercury %Hg& atau logam raksa ke sa"ah dan sungai di Cluster I !yamtalira Aron, di 'esa Hueng, (ecamatan $anah Luas, Aceh )tara. Akibatnya areal sa"ah "arga rusak dan sungai tercemar. Bagi "arga yang menggunakan air sungai untuk mandi dan mencuci atau sebagianya, mengalami gatal*gatal. Bukan itu saja, bahkan didapati banyak ikan yang mati karena limbah mercury milik #$ Exxon Mobil. (ini masih berada di ##LI Bogor untuk diteliti terkait kadar +at berbahaya terkandung di lokasi pemboran minyak tersebut %http,--kesehatan.kompasiana.com-makanan-./0/-0.-.3-limbah*mercury*ancam* kesehatan*masyarakat*aceh*3.1213.html& 3. Penyebab

//2 tentang $ata 6ara #eri+inan #engelolaan Limbah B3 pasal . cairan tersebut bisa mematahkan logam apabila dimasukkan ke dalam cairan. 6iri merkuri adalah cairan ber"arna kuning keemasan.'alam kasus ini penyebab terjadinya pencemaran adalah karena limbah B3 yang berasal dari pabrik #$ 455on Mobil. galium. . 'alam kasus lain merkuri dapat dimanfaatkan untuk pemisahan antara logam butiran emas dari tanah. 'engan demikian. dan brom& yang berbentuk cair dalam suhu kamar. penghasil limbah B3 tidak dapat melakukan kegiatan penggumpalan limbah B3 sebagaimana dimaksudkan pada ayat %0& huruf c. 'i #$ e55on mobile. tetapi di 9orontalo & limbah merkuri merupakan slah satu limbah yang sering memberikan pencemarannya karena pemanfaatan merkuri yang dapat diperoleh didalam masyarakat tanpa i+in terlebih dahulu. Merkuri merupakan )nsur golongan logam transisi ini ber"arna keperakan dan merupakan satu dari lima unsur %bersama cesium. Limbah B3 yang dihasilkan berupa logam berat yaitu merkuri. seperti sulfur dan air dipisahkan dari fraksi*fraksi gas alam lain. merkuri produk sampingan dalam proses pemurnian gas alam seperti 455onMobile. 4. !esuai dengan #ermen LH 7o 08-. Merkuri bersama +at*+at pengotor lainnya. tetapi harus menyerahkannya kepada pihak lain. serta mudah menguap.& disebutkan. pasir atau bebatuan. 'alam beberapa kasus yang telah kami temukan %tidak hanya di aceh. ayat %. pihak 455onMobile sebagai penghasil limbah tidak diperkenankan mengelola limbah merkurinya sendiri. Kronologi (asus pencemaran limbah mercury di desa Hueng dia"ali oleh jadinya hujan yang besar sehingga mengakibatkan tempat penampungan limbah %6luster 0& meluap. fransium.

gangguan penciuman. sa"ah dan sungai di sekitar area cluster tercemar. 'ari aspek kesehatan masyarakat. bayi*bayi yang lahir cacat hingga menyebabkan kematian. sulit tidur. #embuangan limbah ini menyebabkan tanah. yaitu mercury. 9ejala klinis seseorang yang menderita #enyakit Minamata adalah kerusakan pada otak. kibat Melihat merkuri merupakan salah satu jenis logam transisi yang termasuk limbah b3 tentunya hal ini dapat berdampak negati:e.(emudian kelalaian seorang petugas 455on yang menghentikan terjadinya meluap dengan membuka :al:e. 5. namun akan lebih parah jika dapat mengakibatkan penyakit yang dapat berujung kematian untuk manusia. Hal ini menyebabkan "arga mengalami gatal*gatal karena efek bahaya merkuri. #enyakit Minamata dapat juga menyerang he"an yang menghirup udara yang mengandung merkuri atau memakan bahan . (etidaktahuan "arga yang mengira limbah tersebut adalah emas. hilangnya kesadaran. kaki dan tangan terasa dingin. 'ampak negati:e yang ditumbulkan ini tidak hanya mencemari lingkungan. limbah merkuri dapat menimbulkan penyakit berbahaya yang dapat menyerang sistem saraf dan otak manusia melalui aliran darah yang disebut Minamata Disease %#enyakit Minamata&. Hal ini dikarenakan limbah yang seharusnya diolah lebih lanjut./ tahun mendatang. justru membuat kondisi pencemaran semakin parah. . gagap bicara. langsung dibuang ke lingkungan. Bahaya merkuri akan terlihat lima hingga .arga tersebut mengambil limbah kemudian menjualnya kepada pengepul. Limbah yang mengalir keluar dari cluster ini ternyata memiliki kandungan logam berat yang berbahaya.

Bila penyakit ini tidak di tangani dengan serius makan akan menyebabkan kematian. .makanan yang tercemar merkuri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful