P. 1
Sumber Hukum Islam

Sumber Hukum Islam

|Views: 14|Likes:
Published by Deta Meila Putri
sumber hukum islam
sumber hukum islam

More info:

Published by: Deta Meila Putri on Dec 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2014

pdf

text

original

Sumber Hukum Agama Islam

:
1. AL-QURAN 2. AL-HADITS 3. IJTIHAD

.• Pengertian Al-quran menurut istilah yaitu. ialah : bacaan atau yang dibaca. • Pengertian Al-quran menurut bahasa. yang disampaikan malaikat jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Quran berasal dari kata qara-a – yaqra-u – qur’anan adalah mashdar yang diartikan dengan kata maqru’ artinya : yang dibaca. AlQuran adalah kitab suci yang memuat firmanfirman (wahyu) Allah.

Al-Quran itu terdiri dari beberapa batasan. yaitu : • Al-Quran adalah kalamullah (kata-kata Allah) • Al-Quran mengandung mukjizat • Al-Quran adalah kata-kata Allah yang diturunkan pada Rasul terakhir. • Al-Quran diturunkan melalui perantaraan malaikat Jibril. • Al-Quran berbahasa arab. . • Al-Quran termasuk ibadah bagi orang yang membacanya • Al-Quran mushaf yang memuat tulisan kata-kata Allah yang terdiri dari 114 surat. • Al-Quran tertulis dalam mushaf (usmany) • Al-Quran itu sejak Nabi Muhammad Saw sampai kepada kita diriwayatkan dari orang banyak (mutawatir) tidak hanya dari beberapa orang saja.

ayat-ayat madaniyah pada umumnya panjang-panjang. pada umumnya pendek-pendek.ciri :  Ayat-ayat makkiyah. dimulai dengan kata-kata yaayyuhannas (hai manusia) sedang ayat-ayat madaniyah dimulai dengan kata-kata ya ayyuhallazina amanu (hai orang-orang yang beriman). ayat-ayat madaniyah memuat soal-soal hukum  Ayat-ayat makkiyah diturunkan selama 12 tahun 13 hari.  Ayat-ayat makkiyah. 2 bulan 9 hari. sedang ayat-ayat madaniyah selama 10 tahun.Al-Quran dibagi menjadi ayat makkiyah dan madaniyah • Ciri.  Ayat-ayat makkiyah pada umumnya mengenai tauhid. .

1. Petunjuk tentang akhlak . Kisah-kisah umat manusia dimasa lampau 3. Petunjuk mengenai akidah 2. Petunjuk mengenai syari’ah 4.

FUNGSI AL-QURAN .

Etimologi pengertian Terminologis As-Sunnah Fi’liyah Macammacam sunnah Qauliyah Taqririyah .

maka ia akan menanggung dosanya dan dosa orang-orang yang mengikuti sesudahnya. maka ia menerima pahalanya dan pahala orang-orang yang mengamalkan sesudahnya.”(HR. dan barang siapa yag membiasakan sesuatu yang buruk.Pengertian (Etimologi) Sunnah  SUNNAH berasal dari bahasa arab  Secara Etimologi sunnah berarti jalan yg biasa dilalui atau cara yg senantiasa dilakukan  Pengertian sunnah secara Etimologi dpt ditemukan dlm sabda rasulullah SAW: ◦ “Barangsiapa yang membiasakan sesuatu yang baik.Muslim) .

baik perkataan. . perbuatan maupun ketetapan.  Sunnah menurut ahli ushul fiqh: ◦ Segala yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW berupa perbuatan. perkataan dan ketetapan yang berkaitan dengan hukum.Pengertian Sunnah  Sunnah menurut para ahli hadits: ◦ Seluruh yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW.

dibedakan atas 3 (tiga) macam:  1. diketahui dan disampaikan para sahabat kepada orang lain. Sunnah Fi’liyyah ◦ Adalah perbuatan yg dilakukan Nabi SAW yg dilihat. 3. yg didengar oleh dan disampaikan seseorang atau beberapa sahabat kepada orang lain. Sunnah taqririyah .  2. Sunnah Qauliyyah ◦ Adalah ucapan Nabi Saw.Macam-macam Sunnah  Sunnah sebagai sumber hukum Islam dan dalil hukum Islam kedua.

dan tidak janggal (syadz). sempurna (kuat) ingatannya. .DITINJAU DARI SEGI KUANTITAS:  Hadits shahih ◦ Adalah hadits yang diriwayatkan oleh rawi yang adil.  Hadits Mutawatir ◦ Adalah suatu hadits hasil tanggapan dari panca indera yg diriwayatkan oleh sejumlah besar rawi yg menurut adat kebiasaan mustahil mereka berkumpul dan bersepakat dusta.  Hadits Ahad ◦ Adalah hadits yg diriwayatkan oleh sejumlah rawi tapi jumlah tersebut tidak sampai derajat mutawatir. tidak berillat. sanadnya bersambungsambung.

sanadnya bersambungsambung.DITINJAU DARI SEGI KUALITAS:  Hadits shahih ◦ Adalah hadits yang diriwayatkan oleh rawi yang adil. . sanadnya bersambung-sambung. • Hadits Hasan – adalah hadits yang diriwayatkan oleh orang yang adil namun kurang kuat ingatannya. tidak berillat dan tidak janggal • Hadits Dhaif – adalah hadits yang kehilangan satu syarat atau lebih dari syarat-syarat hadits shahih atau hadits hasan. tidak berillat. dan tidak janggal (syadz). sempurna (kuat) ingatannya.

Bayan Tasyri’ Bayan Tafsir Bayan Ta’kid .

Mukti Ali (1990) menyebutkan bahwa ijtihad adalah berusaha sekeras-kerasnya untuk membentuk penilaian yang bebas tentang sesuatu masalah hukum. • pengertian terminologi hukum. . artinya berusaha sungguh-sungguh. Ijtihad merupakan pekerjaan akal dalam memahami masalah dan menilainya berdasarkan isyarat-isyarat Al_Quran dan AsSunnah kemudian menetapkan kesimpulan mengenai hukum masalah tersebut.• Ijtihad adalah derivasi dari kata jahada.

urf .Qiyas.ijma Masalihul mursalah Istihsan.

Al-Qur'an sudah pasti otentik lafazh dan maknanya sedangkan hadits tidak..if dan seterusnya. • d.. Tetapi tidak harus demikian apabila masalah-masalah tersebut diungkapkan oleh hadits. Tetapi tidak semua hadits mesti kita jadikan sebagai pedoman hidup. maka setiap muslim wajib mengimaninya. sedangkan al-Hadits adalah zhanni ( kecuali hadits mutawatir ).. • c.. AS-SUNNAH.. . Seluruh ayat al-Qur'an mesti dijadikan sebagai pedoman hidup.PERBEDAAN AL-QURAN. • b.. • Al-Qur'an nilai kebenarannya adalah qath'I ( absolut ).. Sebab disamping ada sunnah yang tasyri' ada juga sunnah yang ghairu tasyri �. Apabila Al-Qur'an berbicara tentang masalah-masalah aqidah atau hal-hal yang ghaib. Disamping ada hadits yang shahih adapula hadits yang dha.

• As-Sunnah : sesuatu yang disandarkan (udhifa) kepada Nabi Muhammad SAW. dan pengalaman manusia yang memenuhi syarat untuk mengkaji dan memahami wahyu dan sunnah serta mengalirkan ajaran . sama benar dengan yang disampaikan malaikat jibril kepada Nabi Muhammad SAW. • Ijtihad : berusaha sungguh-sungguh dengan mempergunakan seluruh kemampuan akal pikiran . dan Ijtihad • Al-Quran : Kitab suci yang memuat firman-firman (wahyu) Allah. Berupa perkataan. pengetahuan. . dan ketetapan (taqrir).Perbedaan Al-Quran. perbuatan. As-Sunnah. termasuk ajaran mengenai hukum (fikih) islam dari keduanya.

perbuatan. dan perilaku Rasulullah SAW yang bersumber dari Al-Quran. menemukan dan menetapkan nilai dan norma yang tidak terdapat patokannya didalam Al-Quran dan As-sunnah.• Al-Quran bersumber dari firman-firman Allah. sedangkan Ijtihad bersumber Al-Quran dan As-sunnah yang diterapkan oleh seseorang atau beberapa orang yang memiliki ilmu pengetahuan dan pengalaman tertentu yang memenuhi syarat untuk mencari. As-Sunnah bersumber dari perkataan. .

.Wassalamualaikum Wr. Wb.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->