Kesenian Minangkabau

Kebudayaannya menyebar di kawasan Sumatera Barat dan sebagian wilayah Riau. serta Jambi.Minangkabau Minangkabau adalah salah satu suku bangsa besar di Indonesia yang menjadi akar kebudayaan Melayu. . Bengkulu.

Unsur-unsur kesenian tersebut sangat dikenal hingga di kancah nasional dan Asia Tenggara. Bengkulu. Kebudayaannya menyebar di kawasan Sumatera Barat dan sebagian wilayah Riau. . tari-tarian. Suku Minangkabau mempunyai beragam jenis kesenian tradisional. bela diri. upacara adat. pantun. serta Jambi. musik.Seni Tradisional Minangkabau  Minangkabau adalah salah satu suku bangsa besar di Indonesia yang menjadi akar kebudayaan Melayu. dan sebagainya.

Seni Tari Minangkabau  Tari Gelombang Tari ini mempunyai gerak pencak silat dan terdiri dari 2 kelompok Tari ini berguna untuk menyambut kedatangan tamu .

Tari ini biasa dilakukan saat acara pertunjukan budaya . Tari Piring Tari ini dilakukan secara bersama tapi bisa juga sendiri Tari ini meniru kegiatan petani yang mengerjakan sawah sampai ke upacara panen.

 Tari Galuak Tari ini memakai galuak atau tempurung di kedua tangan Gerakannya diolah dari seluruh anggota badan yang banyak menirukan kehisupan hewan dan petani .

Pariaman. Dari instrument-instrumen tersebut. rayuan.    . yaitu kesenian menabuh dulang (nampan kuningan) oleh dua orang tukang salawat sambil mendendangkan syair. dan lain-lain. ada saluang jo dendang. yang berarti 'musik saluang disertai nyanyian'. Kesenian Minagkabau dalam bentuk rabab adalah pertunjukan menyampaikan “kaba” atau kabar yang diiringi dengan alunan musik yang populer di daerah Pesisir Selatan Sumatera Barat. Kesenian masyarakat Minangkabau saluangbiasa ditampilkan pada perayaan di desa-desa atau acara keluarga.Seni Musik dan Pantun   1. Seni Musik dan Pantun Masyarakat Minangkabau mempunyai beberapa alat musik tradisional yang khas. Salawat dulang biasanya ditampilkan di masjid-masjid atau surau. yaitu lantunan pantun-pantun tentang keluh kesah. seperti rabab. Kentalnya nuansa Islam di kalangan masyarakat Minangkabau yang berpadu dengan kebudayaan setempat melahirkan salawat dulang. lahir berbagai kesenian musik. saluang. Saluang juga digunakan untuk mengiringi permainan bagurau. dan Solok. Kemudian. Rabab adalah alat musik gesek. atau sindiran. sementara saluang adalah semacam seruling dari pipa bambu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful