P. 1
rezim orde baru (orba)

rezim orde baru (orba)

|Views: 15,820|Likes:
Published by Nikko Adhitama
kelemahan dan kelebihan rezim orde baru
kelemahan dan kelebihan rezim orde baru

More info:

Published by: Nikko Adhitama on Aug 27, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

06/19/2013

$4.99

USD

REZIM ORDE BARU

KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA

Pengertian Orde Baru
 Orde

Baru adalah sebutan bagi masa pemerintahan Presiden Soeharto di Indonesia. Orde Baru menggantikan Orde Lama yang merujuk kepada era pemerintahan Soekarno. Orde Baru hadir dengan semangat "koreksi total" atas penyimpangan yang dilakukan Orde Lama Soekarno. Baru berlangsung dari tahun 1967 hingga 1998. Dalam jangka waktu tersebut, ekonomi Indonesia berkembang pesat meski hal ini dibarengi praktek korupsi yang

 Orde

Latar Belakang Lahirnya Orde Baru
 Lahirnya

era orde baru dilatarbelakangi oleh runtuhnya orde lama. Tepatnya pada saat runtuhnya kekuasaan Soekarno yang lalu digantikan oleh Soeharto.  Salah satu penyebab yang melatarbelakangi runtuhnya orde lama dan lahirnya orde baru adalah keadaan keamanan dalam negeri yang tidak kondusif pada masa orde lama. Terlebih lagi karena adanya peristiwa pemberontakan G30S PKI.  Hal ini menyebabkan presiden Soekarno

.

Kronologis Lahirnya Orde Baru 30 September 1965      Terjadinya pemberontakan G30S PKI 11 Maret 1966 Letjen Soeharto menerima Supersemar dari presiden Soekarno untuk melakukan pengamanan 12 Maret 1966 Dengan memegang Supersemar. Soeharto ditunjuka sebagai pejabat presiden sampai terpilihnya presiden oleh MPR hasil pemilu . Soeharto mengumumkan pembubaran PKI dan menyatakannya sebagai organisasi terlarang 22 Februari 1967 Soeharto menerima penyerahan kekuasaan pemerintahan dari presiden Soekarno 7 Maret 1967 Melalui sidang istimewa MPRS.

Pertanyaan kita…. Apa saja kelebihan-kelebihan rezim orde baru? saja kekurangan-kekuranganr rezim orde baru Apa .

Orde Baru merupakan tatanan seluruh kehidupan rakyat. dan negara yang diletakkan pada kemurnian pelaksanaan pancasila dan UUD 1945. atau sebagai koreksi terhadap penyelewenganpenyelewengan yang terjadi pada rezim Soekarno. rezim orde baru juga bertujuan untuk memperbaiki . Selain itu. bangsa.Hakikat Orde Baru Pada hakikatnya.

Bukti-buktinya adalah sebagai berikut: ◦ Pengukuhan tindakan Pengemban Surat Perintah Sebelas Maret yang membubarkan PKI beserta ormasormasnya dalam sidang MPRS dengan ketetapan MPRS No. pemerintah berhasil menjawab tuntutan yang rakyat (Tritura). IX/MPRS/1966. IV/MPRS/1966 dan ketetapan MPRS No. ◦ Pelarangan ajaran dan paham komunisme-marxisme-Leninisme di Indonesia dalam ketetapan MPRS .Terjawabnya Tritura Pada masa orde baru.

Di bawah rezim orde baru. pembangunan ekonomi menjadi perhatian utama. Setelah beliau turun. Bila sebelumnya .Ekonomi Selama pemerintahan Soekarno. orde baru mulai memperbaiki keadaan ekonomi negara. keadaan ekonomi negara amburadul. Untuk membereskannya. pemerintah berpaling pada ekonom didikan barat.

Program ini dinilai sukses oleh berbagai pihak hingga PBB memberikan penghargaan kepada Indonesia dan menjadikannya sebagai negara percontohan. .Kesehatan Dalam bidang kesehatan. pemerintah memulai kampanye Keluarga Berencana (KB) untuk mengurangi kepadatan penduduk Indonesia.

.Pembangunan Nasional Pembangunan nasional direalisasikan dengan rangkaian program-programnya. Pelaksanaan Repelita dilaksanakan sejak tahun 1969. GBHN dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) yang berisi programprogram konkrit yang harus dilaksanakan dalam kurun waktu lima tahun.

Trilogi Pembangunan Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya yang menuju pada terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat ekonomi yang cukup Pertumbuhan tinggi Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis. .

. Sukses memerangi buta huruf Sukses swasembada pangan. Sukses transmigrasi. kelebihan orde baru.Singkatnya. perkembangan GDP per kapita Indonesia yang pada tahun 1968 hanya AS$70 dan pada 1996 telah mencapai lebih dari AS$1.. .000. Sukses KB. Pengangguran minimum.

Sukses Gerakan Nasional OrangTua Asuh Sukses keamanan dalam negeri.. kelebihan orde baru.Singkatnya. Sukses REPELITA (Rencana Pembangunan Lima Tahun). Sukses Gerakan Wajib Belajar.. Sukses menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta produk . Investor asing mau menanamkan modal di Indonesia.

partai politik presiden.Sayangnya…. berkembang menjadi golongan penguasa yang selalu memenangkan pemilu semasa orde baru. Namun pada proses itu. Golkar (Golongan Karya). oposisi Dibawah . presiden Soeharto. Dalam upaya menyederhanakan kehidupan politik di Indonesia rezim orde baru menyatukan partai partai politik..

Malari (Malapetaka Lima Belas Januari) Peristiwa Malari (Malapetaka Lima Belas Januari) adalah peristiwa demonstrasi mahasiswa dan kerusuhan sosial yang terjadi pada 15 Januari 1974. .

. Mahasiswa merencanakan menyambut kedatangannya dengan berdemonstrasi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma.Malari (Malapetaka Lima Belas Januari) Peristiwa itu terjadi saat Perdana Menteri (PM) Jepang Kakuei Tanaka sedang berkunjung ke Jakarta (14-17 Januari 1974).

Dalam peristiwa malapetaka 15 Januari 1974 (Malari).. salah satu demonstarsi Tapi Inilah . salah satu pilar program ekonomi orde baru. massa turun ke jalan menentang masuknya modal asing. aksi massa justru disambut kekerasan aparat.Next.

masyarakat menganggap bahwa rezim orde baru merupakan rezim yang otoriter dan anti demokrasi. .Semenjak itu.

Kekurangan-kekurangan Semaraknya korupsi. Pembangunan Indonesia yang tidak merata dan timbulnya kesenjangan pembangunan antara pusat dan daerah. kolusi. nepotisme. . sebagian disebabkan karena kekayaan daerah sebagian besar disedot ke pusat.

terutama di Aceh dan Papua antara penduduk setempat dengan para transmigran yang memperoleh tunjangan pemerintah yang cukup besar pada tahun-tahun Kecemburuan .Kekurangan-kekurangan Munculnya rasa ketidakpuasan di sejumlah daerah karena kesenjangan pembangunan.

Kekurangan-Kekurangan Bertambahnya kesenjangan sosial (perbedaan pendapatan yang tidak merata bagi si kaya dan si miskin) Kritik dibungkam dan oposisi diharamkan .

Kekurangan-Kekurangan Kebebasan pers sangat terbatas. diwarnai oleh banyak koran dan majalah yang dibreidel Penggunaan kekerasan untuk menciptakan keamanan. antara lain dengan program "Penembakan Misterius" (petrus) Tidak ada rencana suksesi (penurunan kekuasaan ke pemerintah/presiden selanjutnya) .

penjarahan. Kerusuhan.Klimaks: Runtuhnya Orde Baru Gelombang demonstrasi masyarakat dan mahasiswa yang terus menerus secara progresif menyebabkan keadaan stabilitas nasional semakin kacau. dan kekerasan terjadi di mana-mana. dekatnya yang dulu mendukungnya. Posisi presiden semakin terpojok. pada Orang-orang . kini berbalik melawannya. Sampai akhirnya.

Rezim orde baru telah runtuh setelah memerintah selama 31 tahun 2 bulan .

MOEHAMMAD SOEHARTO (1921 – 2008) .

Argomulyo. dari 1967 sampai 1998. . menggantikan Soekarno. 8 Juni 1921 – meninggal di Jakarta. (lahir di Kemusuk. Haji Moehammad Soeharto. Yogyakarta. 27 Januari 2008 pada umur 86 tahun) adalah Presiden Indonesia yang kedua.Soeharto: Penguasa Orde Baru Jend. Besar TNI Purn.

.Sebelum menjadi presiden.000 jiwa. dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal. Soeharto menyatakan bahwa PKI adalah pihak yang bertanggung jawab dan memimpin operasi untuk menumpasnya. Operasi kontroversial ini menewaskan lebih dari 500. Soeharto adalah pemimpin militer pada masa pendudukan Jepang dan Belanda. Setelah Gerakan 30 September.

1978. dan resmi menjadi presiden pada tahun 1968. menyusul terjadinya Kerusuhan Mei 1998 dan pendudukan gedung DPR/MPR oleh ribuan mahasiswa. 1993. Habibie. jabatannya sebagai presiden.J. dan 1998. 1983. . Pada tahun 1998. Ia dipilih kembali olehMPR pada tahun 1973.  Ia merupakan orang Indonesia terlama dalam  Soeharto digantikan oleh B. Soeharto kemudian mengambil alih kekuasaan dari Soekarno. masa jabatannya berakhir setelah mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei tahun tersebut. 1988.

Presiden Soeharto menetapkan pertumbuhan ekonomi sebagai pokok tugas dan tujuan pemerintah. Dia mengangkat banyak teknokrat dan ahli ekonomi yang sebelumnya bertentangan dengan Presiden Soekarno yang cenderung bersifat sosialis. .Pada masa pemerintahannya.

Presiden Soeharto melakukan penyatuan partai-partai politik sehingga pada masa itu dikenal tiga partai politik. . yakni: Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Golongan Karya (Golkar) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Penyatuan ini didasarkan akibat dari politik masa presiden Soekarno yang menggunakan sistem multipartai yang berakibat pada jatuh bangunnya kabinet dan dianggap penyebab mandeknya pembangunan.Di bidang politik.

 Berbagai ketidakpuasan muncul. terjadi ketimpangan dalam kehidupan politik di mana muncullah istilah "mayoritas tunggal" di mana Golkar dijadikan partai utama dan mengebirikan dua parpol lainnya dalam setiap penyelenggaraan Pemilu.  Namun dalam perjalanannya. namun dapat . Kemudian dikeluarkannnya UU Politik dan Asas tunggal Pancasila yang mewarnai kehidupan politik saat itu.

Pembangunan nasional yang pesat. dan kesehatan masyarakat yang terjamin. pertumbuhan ekonomi yang dinamis. kolusi. tidak ada gading yang tak retak. Orde baru juga memiliki banyak kekurangan. pembatasan kebebasan pers. dan nepotisme. keamanan nasional yang terjaga. Berbagai hal telah dicapai dalam masa ini.  Namun.Konklusi  Rezim orde baru secara tidak langsung berperan penting dalam proses pendewasaan Bangsa Indonesia. penggunaan kekerasan dalam menjaga . pembungkaman kritik dan pengharaman oposisi. seperti semaraknya korupsi.

kita tinggal menyikapi dengan baik dan mengambil hikmah yang terpendam di dalamnya. Sedangkan kelemahannya harus diperbaiki dan . Kesuksesan dalam orde baru dapat menjadi tolak ukur bagi bangsa ini di masa yang akan datang.Terlepas dari segala kelebihan dan kekurangan orde baru.

Terima Kasih Copyright         • • • • .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->