PERATURAN BUPATI TANGERANG NOMOR 44 TAHUN 2012 TENTANG STANDAR OPERASIONAL DAN PROSEDUR (SOP) PENYELENGGARAAN INFORMASI PUBLIK

DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN TANGERANG BUPATI TANGERANG, Menimbang : a. bahwa dalam rangka efektifitas dan efisiensi pelaksanaan pelayanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang diperlukan standar operasional dan prosedur pelayanan informasi publik; bahwa sebagaimana pertimbangan dimaksud pada huruf a diatas, perlu menetapkan Peraturan Bupati tentang Standar Operasional dan Prosedur (SOP) Penyelenggaraan Informasi Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Kabupaten dalam Propinsi Jawa Barat (Berita Negara Tahun 1950); Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4437) sebagaimana telah diubah 2 (dua) kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang perubahan kedua Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 59, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4844); Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038); Peraturan Pemerintah Nomor 105 tahun 2000 tentang Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2000 Nomor 2002, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4022); 5. Peraturan...

b.

Mengingat

: 1.

2.

3.

4.

Orang adalah orang perseorangan... 2. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi. kelompok orang.-25. Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 82. 6. BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 Dalam Peraturan Bupati ini yang dimaksud dengan : 1. 8. 6. Sekretaris Daerah adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang. selanjutnya disingkat PPID. atau badan publik sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik. pendokumentasian. Pemerintah Daerah adalah Bupati dan Perangkat Daerah sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah Kabupaten Tangerang. Satuan Kerja Perangkat Daerah yang selanjutnya disingkat SKPD. Peraturan Daerah Kabupaten Tangerang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Lembaran Daerah Tahun 2010 Nomor 08. Daerah adalah Kabupaten Tangerang. 4. Tambahan Lembaran Daerah Nomor 0810). Peraturan Pemerintah Nomor 61 tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 99. adalah perangkat daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang. 3. 5. adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan. . Tambahan Lembaran Negara Nomor 4737). Bupati adalah Bupati Tangerang. Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah. MEMUTUSKAN : Menetapkan : PERATURAN BUPATI TENTANG STANDAR OPERASIONAL DAN PROSEDUR (SOP) PENYELENGGARAAN INFORMASI PUBLIK DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN TANGERANG. badan hukum. penyediaan. dan/atau pelayanan informasi di Badan Publik. Tambahan Lembaran Negara Nomor 5149). 7. 7. 8. Informasi.

10. pernyataan. Pasal 4 (1) Ruang Lingkup Standar Operasional Prosedur (SOP) : a. Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan. Pasal 2 Peraturan Bupati ini dimaksudkan sebagai acuan bagi SKPD dalam memberikan informasi dan dokumentasi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang. Kewajiban Pemohon. Hak Pemohon. fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat. Pemohon Informasi Publik adalah warga negara dan/atau badan hukum Indonesia yang mengajukan permintaan Informasi Publik sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik. d. Persyaratan. baik data. g. Informasi adalah keterangan. BAB II STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) Pasal 3 (1) Penyelenggaraan pelayanan informasi dilingkungan Pemerintah Daerah dapat ditetapkan struktur dan tata kerja organisasi pelayanan informasi. b. didengar. makna. h. dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik ataupun non elektronik.-38. Pengguna Informasi Publik adalah orang yang menggunakan informasi publik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik. dan/atau diterima oleh suatu Badan Publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan Badan Publik lainnya sesuai dengan Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik. 11. (3) PPID sebagaimana dimaksud pada ayat (2). . Mekanisme.. Prosedur. disimpan. (2) Penyelenggaraan pelayanan informasi dilaksanakan oleh PPID sesuai dengan Standar Operasional dan Prosedur (SOP). gagasan.. 9. dikirim. c. Informasi yang Dikecualikan adalah informasi yang tidak dapat diakses oleh Pemohon Informasi Publik sebagaimana dimaksud dalam UndangUndang tentang Keterbukaan Informasi Publik. ditetapkan dengan Keputusan Bupati. dan pesan. Kewajiban Badan Publik. f. Dasar Hukum. e. Hak Badan Publik. 12. dan tanda-tanda yang mengandung nilai. dikelola.

ISMET ISKANDAR Diundangkan di Tigaraksa pada tanggal 27 . ttd. (3) PPID dalam melaksanakan SOP pengelolaan harus membuat laporan pelaksanaan tugas pelayanan informasi publik. Agar setiap orang mengetahuinya. Format Informasi. i. l. H. Pengawas Internal. Mekanisme. n. p. Ditetapkan di Tigaraksa pada tanggal 27 . BAB III PENUTUP Pasal 5 Peraturan Bupati ini mulai berlaku pada saat diundangkan. m. tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Bupati ini. Saran dan Fasilitas. Evaluasi Kinerja Pelayanan. o. Operasional Pelayanan Informasi Publik. SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN TANGERANG. Jangka Waktu dan Waktu Pelayanan.11 . ttd. (2) Pelaksanaan Standar Operasional dan Prosedur (SOP) pengelolaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1). dan q.2012 BUPATI TANGERANG.2012 PLT. k. j.-4h.11 . memerintahkan pengundangan Peraturan Bupati ini dengan penempatannya dalam Berita Daerah Kabupaten Tangerang. Cara Memperoleh Informasi. sebagaimana format yang tercantum dalam Lampiran II yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Peraturan Bupati ini. Biaya / Tarif. Kompetensi Pelaksana. ISKANDAR MIRSAD BERITA DAERAH KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2012 NOMOR 44 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful