P. 1
Laporan Pengabdian Masyarakat

Laporan Pengabdian Masyarakat

|Views: 2,832|Likes:
Published by adib88

More info:

Published by: adib88 on Aug 27, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/06/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN A.

LATAR BELAKANG Program pengabdian kepada masyarakat adalah suatu kegiatan akademik yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, yang merupakan bagian kegiatan dari program Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI). Dengan adanya program pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa diharapkan mampu berinteraksi serta dapat memberikan konstribusi positif kepada masyarakat. Harapan tersebut merupakan tujuan utama dari program pengabdian masyrakat ini, sehingga mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang terjadi di masyarakat dan memecahkan masalah-masalah tersebut. Selain itu, mahasiswa juga dapat menggali potensi-potensi yang ada dalam masyarakat serta dapat memanfaatkan potensi itu untuk kemaslahatan bersama. Diharapkan juga mahasiswa akan mampu belajar hidup bermasyarakat untuk memperoleh pengalaman yang luas, sehingga kelak dapat menjadi manusia yang memiliki kompetensi personal dan kompetensi sosial; jujur, visioner, kompeten, adil, cerdas, disiplin, leadership, responsibility, dan lain-lain. Atas dasar uraian-uraian diatas, program pengabdian kepada masyarakat merupakan media atau sarana dalam melatih mahasiswa untuk dapat hidup bermasyarakat dengan obyek yang sesungguhnya, dan mengamalkan dan memanfaatkan semua keilmuan yang telah diperoleh dari kegiatan belajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, serta program tersebut juga merupakan sarana mencetak generasi-generasi Ulul Albaab di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

1

B. TUJUAN Adapun tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah terkait dengan pemberdayaan sumber daya insani baik masyarakat maupun mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim malang pada khususnya, yaitu antara lain: 1. Mensosialisasikan nilai-nilai keislaman dan pengetahuan umum dalam kegiatan sosial masyarakat. 2. Membina kegiatan keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. 3. Memberikan keilmuan, pengalaman dan wawasan kepada semua pihak, baik masyarakat maupun mahasiswa. C. MANFAAT Sedangkan manfaat yang dapat diperoleh dari program pengabdian kepada masyarakat, antara lain: 1. Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. 2. Terbinanya tali silaturrahim antar masyarakat, masyarakat dengan mahasiswa serta masyarakat dengan lingkungan. 3. Melahirkan generasi-generasi Ulul Albaab yang berguna bagi bangsa dan Negara. D. WAKTU PELAKSANAAN Program pengabdian masyarakat merupakan suatu rangkaian dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI) yang berlangsung selama 40 hari yaitu dilaksanakan mulai tanggal 21 Juli sampai dengan tanggal 29 Agustus 2009. E. TEMPAT PELAKSANAAN Program pengabdian masyarakat dilaksanakan di Dusun Kepodang Desa Kepadangan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo.

2

BAB II KEADAAN UMUM OBYEK PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT A. Monografi Sekolah SMP Nurul Huda Kepadangan terletak di Kecamatan Dusun Kepodang Desa Kepadangan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. SMP Nurul Huda Kepodang berjarak ± 13 Km dari Kota Sidoarjo. Jumlah warga sekolah di lembaga ini sebanyak orang dengan Luas area 565.665 Ha. 1. Jumlah Guru dan Pegawai a. Jumlah Guru b. Jumlah Pegawai 2. Jumlah Siswa a. Laki-laki b. Perempuan Sekolah B. Kondisi Sosial Masyarakat B.1 Kondisi Keagamaan Masyarakat Agama yang dianut oleh masyarakat Desa Dusun Kepodang Desa Kepadangan terdiri dari tiga jenis yaitu: Islam, Kristen, dan Katolik. Menurut data yang kami peroleh dari ketiga agama tersebut agama islam adalah agama yang paling dominan di desa Dusun Kepodang Desa Kepadangan. No Agama 1 Islam 2 Kristen 3 Katolik Sumber data: Kelurahan 2007 Jumlah penduduk 10.476 orang 86 orang 22 orang : : : :

Dalam bidang keagamaan ini, ada beberapa sektor yang mendukung terhadap bidang tersebut diantaranya adalah tersedianya tempat ibadah bagi pemeluk agama yang seimbang dengan jumlah pemeluk agama masingmasing. Tempat ibadah agama islam berupa 5 masjid dan 32 surau atau langgar. Sedangkan, untuk kristen hanya mamiliki 1 tempat ibadah (gereja).

43

Disamping sektor diatas ada juga sisi lain yang mendukung bidang keagamaan seperti adanya tokoh-tokoh agama yang aktif dan benar-benar memasyarakat. B.2. Kondisi Sosial Organisasi Masyarakat Organisasi yang ada dimasyarakat desa Dusun Kepodang Desa Kepadangan terdiri dari majlis ta’lim atau kelompok pengajian, kelompok kebaktian, PKK, muslimat, fatayat, karang taruna, jama’ah shalawat ISHARI (Ikatan Seni Hadrah Indonesia) dan terbang jidor. B.3 Kondisi Perekonomian Masyarakat Mata pencaharian masyarakat Dusun Kepodang Desa Kepadangan mayoritas adalah petani dan pedagang. Sedangkan sumber penghasilan utama berupa tanaman panganan yaitu padi dan tebu. Dari hasil tanaman tersebut sebegian dikonsumsi sendiri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan sebagian lagi dijual. Adapun aspek lain yang dapat diketahui pada kondisi ekonomi masyarakat adalah: b.3.1 Dunia Usaha dan Investasi 1. Pengembangan sentra industri kecil 2. Pengembangan koperasi 3. Promosi potensi desa b.3.2 Pendapatan Desa 1. peningkatan dan perbaikan data 2. administrasi obyek pajak dan ristribusi desa b.3.3 Peningkatan kesadaran wajib pajak desa B.4. Tingkat Pendidikan Masyarakat Adapun tingkat pendidikan yang ada di masyarakat Dusun Kepodang Desa Kepadangan dapat dilihat dari tabel dibawah ini:

4

No

Pendidikan Taman kanak-kanak (TK) SD/Sederajat SLTP/Sederajat SLTA/Sederajat Universitas/Sekolah Tinggi Sumber data: Kelurahan 2007

Jumlah Sekolah Negeri swasta _ 3 1 _ _ _ 3 1 1 1

Disamping adanya pendidikan formal di atas desa ini juga terdapat lembaga pendidikan keterampilan seperti kursus bahasa asing, komputer dan keterampilan menjahit atau tata busana. Selain itu, juga banyak berkembang pendidikan non formal seperti TPQ dan Majelis Ta’lim lainnya.

BAB III

5

PROGRAM DAN HASIL PELAKSANAAN PROGRAM A. Program Pengabdian Kepada Masyarakat Rancangan program pengabdian kepada masyarakat yang kami laksanakan didesa Dusun Kepodang Desa Kepadangan adalah : a. Bidang Pendidikan 1. Seminar Kewirausahaan ”Dahsyatnya Berwirausaha” yang diselenggarakan di SMP Nurul Huda Dusun Kepodang Desa Kepadangan Kec. Tulangan Kab. Sidoarjo. 2. Pembinaan non formal, yaitu pendampingan dan konsultasi belajar di Pon. Pes. “Hikmatul Ulum” Dusun Kepodang Desa Kepadangan dengan keseluruhan santri 21 orang. 3. Olahraga bersama, yaitu meliputi seluruh santri Pon. Pes. Hikmatul Ulum. b. Bidang Keagamaan 1. Ikut berpartisipasi pada kegiatan jamaah tahlil, yasin, diba’, dan haul desa di Dusun Kepodang Desa Kepadangan. 2. Marhaban ya Ramadhan, yaitu malam peringatan datangnya bulan suci Ramadhan yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2009. Acara ini diisi dengan muhadlarah yang diwakili oleh Ahlul bait Pon. Pes. Hikmatul Ulum, salah satu peserta PKLI (Muhammad Hilmi), dan atraksi yang dipersembahkan dari ahlul bait Pon. Pes. Hikmatul Ulum. c. Bidang Sosial 1. Pengadaan buku yasiin dan tahlil yang dikhususkan bagi jamaah tahlil dan yasiin yang masih belum mempunyai. 2. Mengadakan acara Nonton Bareng, yaitu pemutaran film ”Laskar Pelangi” dengan harapan dan meningkatkan motivasi belajar santri Pon. Pes. Hikmatul Ulum setelah menyaksikan serial penggugah jiwa. d. Bidang Ekonomi 1. Mengadakan pemasaran dan konsinasi penjualan krupuk di daerah masing-masing peserta PKLI Tulangan.

6

2.

Melakukan kunjungan ke home industry krupuk yang ada di Kecamatan Tulangan serta memberikan pengarahan dan bantuan untuk pemasarannya.

B. Hasil Pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat B.1. Program yang Terlaksana B.1.1. Pendidikan a. Pendampingan dan Konsultasi Belajar Program kerja pada bidang pendidikan berjalan dengan baik, belajar membaca Al-Qur’an, menulis maupun menghafal Juz ’Amma, menghafal do’ado’a serta praktek sholat dapat terlaksana dengan lancar dan kondusif. TPQ tersebut bernama ”Raudlatul Husna” bertempat di Masjid Al-Husna tepatnya di Desa Dusun Kepodang Desa Kepadangan Kecamatan Tulangan. yang memiliki santri sekitar 120 orang dan terbagi menjadi 3 kelas. Adapun perincian kelas tersebut adalah sebagai berikut : Kelas Jumlah A 40 B 30 C 30 Jumlah 100 Sumber data : Wawancara Pengurus Pon. Pes. Hikmatul Ulum Penggolongan kedalam tiga kelas ini bertujuan untuk menggolongkan kemampuan dari masing-masing santri. Pada pelaksanaannya kami menggunakan metode yang telah digunakan oleh ustadz ustadzah di TPQ tersebut, akan tetapi dalam prosesnya kami tekankan adalah model pengajaran yang mengutamakan rasa senang atau enjoy dalam belajar, sehingga para santri tidak merasa terpaksa dalam mengikuti pelajaran, sebaliknya mereka merasa senang dan penuh semangat. Upaya untuk mewujudkan suasana belajar yang ceria tersebut dilakukan dengan cara menggunakan metode ”Audio Visual” dalam proses belajarnya. Menghafal do’a-do’a dan belajar sholat dilakukan dengan sistem audio visual menggunakan layar lebar/LCD, sehingga para santri merasa senang dan semangat

7

dalam mengikuti pelajaran. Metode lain yang kami gunakan adalah memberikan hadiah bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan. Indikator hasil yang dicapai : a. Para santri merasa bersemangat pada saat proses belajar mengajar. b. Para santri tidak merasa takut untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya pada para guru. c. Santri mendapat pemahaman baru mengenai ilmu-ilmu agama dan pengetahuan dan cerita-cerita islami. d. Mengenalakan tehnologi dalam pembelajaran agama islam. b. Pembinaan Baca Tartil Al-Qur’an Pembinaan baca Tartil Al-Qur’an ini dikhususkan untuk anak-anak di desa Dusun Kepodang Desa Kepadangan. Program ini bersifat insidentil, karena program ini dilaksanakan setelah kami mengetahui akan diadakanya lomba tartil Al-Qur’an tingkat Kecamatan Tulangan, sehingga program ini baru direncanakan dan dijalankan 2 minggu sebelum dilaksanakan lomba baca tartil tersebut. Program ini bertujuan untuk membina anak-anak yang ingin mengikuti lomba baca tartil Al-Qur’an tersebut. Kegiatan ini kami tempatkan ditempat kos kami yang beralamat di Jl............................................................. . sedangkan waktu pelaksanaannya pada sore hari. Dalam melakukan pembinaan, metode yang kami gunakan adalah metode semi privat dengan sistem manual dan audio visual. Metode yang kami gunakan untuk pertama kali adalah menggunakan sistem audio visual, dalam pembelajaran sistem audio visual, peserta kami putarkan VCD tutorial tentang baca tartil AlQur’an yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang ilmu baca tartil, dan tajwid serta mengetahui lagu-lagu bacaan. Kemudian dilanjutkan dengan sistem manual secara semi privat untuk memantapkan tajwid dan memantapkan lagu dari bacaan yang telah diketahui dari VCD tutorial tersebut. Indikator hasil yang dicapai: a. bertambahnya kemampuan peserta dalam baca tartil Al-Qur’an.

8

B.1.2. Program Keagamaan 1. Jamah Tahlil Kegiatan ini dilaksanakan setiap malam jum’at yang mana kegiatan tersebut diikuti oleh warga Dusun Kepodang Desa Kepadangan khususnya kaum laki-laki yang bertempat dirumah warga secara bergiliran. 2. Pembacaan sholawat (diba’an). Kegiatan ini kami lakukan bersama dengan ibu-ibu disalah satu jam’iyah diba’. Karena di desa Dusun Kepodang Desa Kepadangan ini terdapat beberapa kelompok diba’iyah sehingga kami hanya memilih salah satu kelompok saja. Kegiatan tersebut kami laksanakan seminggu sekali yaitu setiap senin pukul 18.45 WIB dan berakhir pukul 20.45 WIB. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membina tali silaturrahim dengan warga Desa Dusun Kepodang Desa Kepadangan dan tentunya untuk mendapatkan syafaat dari Rosulullah SAW. Indikator keberhasilan :  Hampir 80 % dari anggota hadir baik dijam’iyah tahlil maupun diba’.  Reverensi pengunaan model lagu-lagu bertambah banyak.  Dapat menumbuhkan Solidaritas sosial dengan mengumpulkan uang kas guna untuk bantuan sosial. Agustus 2007. Selain kegiatan tersebut kami juga memberikan bantuan berupa bu B.2. Program Yang Tidak Terlaksana Dari beberapa program yang telah kami rencanakan ada satu program kerja yang tidak bisa kami laksanakan yaitu pembuatan striker sebagai bentuk kenang-kenang kepada seluruh santri Taman Pendidikan Al Qur’an Ruodlotul Ulum. Tidak terlaksananya program tersebut karena beberapa pertimbangan, antara lain yaitu kerena alokasi anggaran keuangan dialihkan pada pemberian kenang-kenangang berupa buku yang dirasa lebih bermanfaat bagi para santri TPQ Roudlotul Ulum, sehingga tidak mencukupi untuk membuat striker.

9

BAB IV PENUTUP Berdasarkan pembahasan yang telah kami kemukakan, maka kami dapat memberikan kesimpulan bahwa : 1. Pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Integratif (PKLI) didesa Dusun Kepodang Desa Kepadangan Tulangan dapat dilaksanakan secara maksimal, karena hampir semua program kegiatan dapat terealisasi. 2. Program pengabdian yang kamilakukan yaitu : a. Bidang pendidikan yang terdiri dari mengajar di TPQ Roudlotul Husna. b. Mengadakan perlombaan dalam rangka peringatan Isra’ Mi’raj. 11

10

c. Mengikuti Khotmil Qur’an, Tahlilan, diba’an. d. Melakukan bakti sosial.

12

11

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->