MANAJEMEN PEMBELANJAAN

KELOMPOK II : - SHARVINA LELY SISKA WIDYA ENDANG SUSILAWATI EZRA CHRIS MANDA M. HARPAN M. ARIF RAIHAN KELAS : AK- 1A POLITEKNIK NEGERI MEDAN

Pembelanjaan adalah semua aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan keuangan atau dana . Dunia perbankan di negara maju. mengalami kesulitan keuangan untuk membangun negaranya. Negara-negara tersebut memiliki banyak bahan tambang. PENTINGNYA MANAJEMEN PEMBELANJAAN Beberapa negara di dunia ini. akan tetapi tidak mempunyai cukup uang untuk mengelola hasil bumi tersebut.1. yaitu menyangkut usaha untuk mendapatkan dana dan usaha untuk menggunakannya. Fungsi Pembelanjaaan Fungsi pembelanjaan adalah untuk mendapatkan dana dengan mudah dan murah. termasuk dana moneter internasional. sangat berminat meminjamkan uangnya ke negara-negara tersebut. . Mereka akan menggunakan dana pinjaman untuk menggali sumber alam. dan kelak membayar utangnya. B. Pengertian Pembelanjaan. dengan syarat-syarat yang menguntungkan dan menggunakan secara tepan dan efisien. A. Menurut mereka bunga pinjaman yang akan mereka terima cukup menguntungkan. Dengan demikian tidak ada resiko bagi bank luar negeri.

Ini terlihat pada sisi debet neraca. ada pos-pos dimana dana tertanam.2. piutang. B. Tiada lain merupakan sumber-sumber permodalan yang terlihat pada sisi kredit neraca. mesin. dan sebagainya. inventaris. misalnya ada dalam bentuk kas. bank. MACAM-MACAM PEMBELANJAAN Menurut usaha: A. Pembelanjaan pasif adalah suatu usaha dari perusahaan unutk mendapatkan dana guna membelanjai usahanya. barang. . Pembelanjaan aktif ialah kegiatan perusahaan dalam menggunakan dana.

Menurut Dana yang Ada A. Pembelanjaan Berlebihan Yaitu apabila dana yang didapat lebih besar daripada dana yang dikeluarkan(pemborosan) B.tidak ada yang menganggur. . tetapi perusahaan juga dapat melaksanakan kewajiban-kewajiban dengan lancar sehingga tidak ada pemborosan dan kehilangan kesempatan. Pembelanjaan yang Kurang Yaitu apabila dana yang diperlukan lebih banyak daripada dana yang didapatkan atau tersedia C. Pembelanjaan Normal Adalah dana yang tersedia sama atau seimbang dengan dana yang dibutuhkan perusahaan.

3.dan pembelanjaannya disebut pembelanjaan sendiri. yang meliputi : ü Penggunaan laba perusahaan ü Penggunaan cadangan ü Penggunaan laba yang tidak dibagi/ditahan 2) Berasal dari luar perusahaan. Pembelanjaan ini disebut pembelanjaan asing. Dana ini biasanya diwujudkan dalam bentuk saham. Pembelanjaan dengan sumber dana dari dalam perusahaan ini disebut pembelanjaan intern. SUMBER DANA Jika ditinjau dari asalnya. yang meliputi : ü Dana dari pemilik/peserta. yaitu : 1) Berasal dari dalam perusahaan. ü Dana dari utang/pinjaman yang dapat berupa utang jangka pendek dan utang jangka panjang. . sumber dana perusahaan dapt dibagi menjadi 2 golongan besar. Pembelanjaan dengan sumber dana dari luar perusahaan ini disebut pembelanjaan ekstern.

. PEMILIHAN SUMBER DANA Pemilihan Sumber Dana  Dari dalam perusahaan Kebaikannya : a) Dapat digunakan sewaktu-waktu b) Tidak ada kewajiban membayar bunga c) Tidak ada kewajiban mengembalikan Kelemahannya : a) Jumlah dana sangat terbatas b) Perusahaan dihadapkan pada pilihan untuk digunakan sendiri atau digunakan unttuk hal lain yang lebih menguntungkan.4.

Masalah pemilihan sumber dana yang harus diatasi oleh perusahaan adalah mengusahakan keseimbangan agar tujuan perusahaan dapat tercapai. kredit jangka pendek saja. atau kedua-duanya) Menggunakan dana ekstern dengan menjual saham dan mencari pinjaman Menggunakan dana intern dan ekstern . dividen untuk saham ) b) Ada kewajiban untuk mengembalikan utang. Beberapa alternative yang dapat dipilih adalah : Menggunakan dana intern saja Menggunakan dana ekstern dengan menjual saham Menggunakan dana ekstern dengan mencari pinjaman/kredit (kredit jangka panjang saja.Dari luar perusahaan Kebaikannya : a) Jumlah dana tidak terbatas b) Dapat diperoleh dari beberapa sumber c) Bersifat fleksibel Kelemahannya : a) Perusahaan dikenakan beban ( bunga untuk utang.

yang dimaksud dengan solvabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk membayar semua utang-utangnya pada saat perusahaan dilikuidasi/dibubarkan. Ada 2 macam rentabilitas. LIKUIDITAS. Rentabilitas Rentabilitas ini dapat diartikan sebagai kemampuan menghasilkan laba dari sejumlah dana yang dipakai untuk menghasilkan laba tersebut.5. Rentabilitas modal sendiri Merupakan kemampuan untuk menghasilkan laba dari sejumlah modal sendiri yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut. Solvabilitas. SOLVABILITAS & RENTABILITAS Likuiditas Dan Solvabilitas Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansialnya setiap saat. yaitu : Rentabilitas ekonomis Merupakan kemampuan untuk menghasilkan laba dari keseluruhan modal. yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut. baik modal asing maupun modal sendiri. .

6. pabrik. dan peralatan. dan jangka pendek menunjukkan bahwa elemen-elemen tersebut diharapkan dapat ditukarkan menjadi uang tunai/kas dalam jangka waktu tidak lebih dari satu tahun. Aktiva dapat diartikan sebagai elemen kekayaan. yaitu penggunaan jangka pendek dan penggunaan jangka panjang. Investasi yang paling besar dalam perusahaan pada umumnya berbentuk aktiva tetap yang merupakan investasi jangka panjang. PENGGUNAAN DANA Metode penggolongan untuk penggunaan dana ini dibagi menjadi dua. seperti tanah. . Penggunaan jangka pendek dapat ditunjukkan sebagai aktiva lancar. Ini berarti bahwa penggunaan jangka panjang tersebut meliputi elemen-elemen yang tidak dapat ditukarkan dalam bentuk kas selama periode satu tahun.

Tetapi. PENGGUNAAN DANA JANGKA PENDEK 1. Dari sejumlah kas yang dipegang oleh manajer. Sedangkan sebagian yang lain akan menjadi kas bilamana telah dilunasi. Hasil aktiva dari proses produksi tersebut berupa persediaan barang jadi yang jika dijual akan mengawali aliran kas lagi. Kas Sejumlah dana yang ada dalam perusahaan diwujudkan dalam bentuk kas.7. tenaga kerja. maka dapat dianggap berfungsi sebagai uang. Karena cek ini dapat setiap saat ditukarkan ke bank yang ditunjuk. sehingga dapat digunakan untuk membayar rekening-rekening. tidak seluruhnya berwujud uang tunai. . meskipun sebagian dari penjualan itu berupa tunai. serta biaya tidak langsung. tetapi berwujud cek yang setiap saat dapat diuangkan di bank. -Aliran kas Pada mulanya kas itu ditimbulkan oleh adanya penjualan. Sebagian dari aliran kas keluar terjadi dalam proses produksi dan terdiri atas penbayaran bahan. kebanyakan adalah berupa kredit sehingga menciptakan adanya piutang. terutama untuk membayar gaji dan rekening-rekening lainnya.

Untuk menunjang tujuan-tujuan tersebut. . b) Memanfaatkan kas untuk memaksimumkan pendapatan bunga. Surat-surat Berharga Salah satu jenis surat berharga yang banyak beredar di Indonesia adalah sertifikat deposito ( certificates of deposit ). 2. Sertifikat deposito merupakan tanda bukti kewajiban membayar yang dikeluarkan oleh bank komersial. perlu dibuat anggaran kas yang memperlihatkan penerimaan dan pengeluarannya.-Anggaran Kas Tanggung jawab manajer dalam pengelolaan aliran kas perusahaan meliputi : a) Membuat kepastian bahwa kas selalu tersedia bilamana diperlukan.

bagi perusahaan piutang ini sering terjadi dari adanya penjualan kredit kepada pembeli yang jumlahnya dapt mencapai 20% dari seluruh aktiva. banyak perusahaan yang memberikan atau mengenakan pembayaran secara kredit kepada mereka.3. . semakin besar pula perhatian yang harus dicurahkan oleh manajer untuk mengelolanya. Pada umumnya penjualan kredit ini berputar tidak lebih dari satu tahun. bahkan hanya beberapa minggu saja. Jadi. Semakin besar jumlah penjualan kredit. Piutang Untuk mempertahankan pembeli-pembeli yang ada dan untuk menarik pembeli baru. .

persediaan barang dalam proses atau barang setengah jadi. Investasi tersebut dapat dilakukan secara terus menerus dalam bentuk persediaan bahan. harus mempunyai sejumlah investasi di situ. dan persediaan barang jadi .4. Persediaan Bagi perusahaan yang memelihara sejumlah persediaan barang untuk memenuhi permintaan pembeli secara cepat.

THANK YOU  .