Makalah

Bank dan Lembaga Keuangan
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Kelompok Pada Mata Kuliah ………………………

Disusun Oleh Nama : Prodi : Jurusan : Kelas :

SEKOLAH T N!! A!AMA SLAM NE!E" #STA N$ J%"A S &O MET"O

Jalan Ki Ha'ar De(an)ara Kam*us +, A ringmul-o Ko)a Me)ro.Lam*ung Tel*on #/01,$ 20134

1/+1

ii

sehingga aktivitas hidup yang kita jalani ini akan selalu membawa keberkahan. teman-teman dan pihak-pihak yang telah banyak membantu. f!rmat penulisan maupun dalam hal pengk!ns!lidasian kepada d!sen serta teman-teman sekalian. baik dari segi tata bahasa. sehingga semua cita-cita serta harapan yang ingin kita capai menjadi lebih mudah dan penuh manfaat. )!vember *+. serta !rang lain yang ingin mengambil atau mengembangkan lagi penulisan dari judul #$ank dan %embaga &euangan' ini sebagai pelengkap referensi yang telah ada. yang kadangkala hanya menturuti eg!isme pribadi. didalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan serta banyak kekurangan-kekurangnya.* Penulis iii . baik kehidupan di alam dunia ini. Penulis menyadari sekali. lebih-lebih lagi pada kehidupan akhirat kelak. sehingga makalah ini terselesaikan dalam waktu (etr!. teman-teman. Terima kasih penulis ucapkan kepada yang telah ditentukan. "arapan yang paling besar dari penyusunan tugas ini ialah. untuk itu besar harapan kami jika ada sumbang kritik dan saran yang membangun untuk lebih menyempurnakan lagi tugas-tugas di masa mendatang.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita berbagai macam nikmat. !sen. mudah-mudahan apa yang penulis susun ini penuh manfaat. baik untuk pribadi.

........- iv .................................................. %embaga &euangan $ukan $ank ..................................... i ii iii ................................................ BAB III KESIMPULAN .................. ..... *. KATA PENGANTAR ............................................................. *....... * * ........ ...........................................................................................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ............. .................................* $ank.....................................................................................................................................................+ BAB III PEMBAHASAN ....................................................................................................................................... DAFTAR PUSTAKA ............. DAFTAR ISI .......................* %atar $elakang ................................................... Tujuan Penulisan ..... .... BAB I PENDAHULUAN ......................

.. /ntuk mengetahui bank *. Artinya kegiatan yang dilakukan !leh lembaga keuangan selalu berkaitan dengan bidang keuangan. /ntuk mengetahui lembaga keuangan bukan bank v . menaruh uang dari dan menyalurkannya dalam masyarakat.ndustri perbankan telah mengalami perubahan besar dalam beberapa tahun terakhir. 1. %embaga &euangan atau $ank merupakan lembaga keuangan yang memberikan jasa keuangan yang lengkap disamping menyalurkan dana atau memberi pinjaman #kredit' juga usaha bank dalam bentuk lainnya mamberikan jasa yang mendukung dan memperlancar kegiatan memberikan pinjaman dengan kegiatan menghimpun dana. Sedangkan menurut undang-undang perbankan bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.ndustri ini menjadi lebih k!mpetitif karena deregulasi peraturan. Saat ini. meminjamkan uang.01. dan menerbitkan pr!mes atau yang dikenal sebagai bankn!te. bank memiliki fleksibilitas pada layanan yang mereka tawarkan.BAB I PENDAHULUAN 1..2-3 Pasal .1 Latar Belakan $ank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang. &ata bank berasal dari bahasa italia banca berarti tempat penukaran uang.! Tu"uan Penulisan Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk 4 . dan tarif yang mereka bayar untuk simpanan dep!sa) %embaga &euangan menurut // )!. l!kasi tempat mereka ber!perasi. ialah Semua badan yang melalui kegiatannya di bidang keuangan. .

mengingat bahwa kegiatan investasi-distribusi-k!nsumsi ini tidak dapat dilepaskan dari adanya penggunaan uang.BAB II PEMBAHASAN !. agen !f devel!pment. Fun si Bank Secara umum fungsi bank adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat untuk berbagai tujuan atau sebagai financial intermediary. 5asa yang ditawarkan bank ini erat kaitannya dengan kegiatan perek!n!mian masyarakat secara umum. c. baik dalam penghimpunan dana maupun dalam penyaluran dana. a. serta kegiatan k!nsumsi barang dan jasa. kegiatan distribusi. Agent !f servies isamping melakukan kegiatan penghimpunan dana dan penyaluran dana. vi . Secara lebih spesifik bank dapat berfungsi sebagai agent !f trust. Agent !f devel!pment &egiatan perek!n!mian masyarakat di sect!r m!neter dan sect!r riil tidak dapat dipisahkan. (asyarakat akan mau menitipkan dananya di bank apabila dilandasi dengan kepercayaan. &edua sect!r tersebut selalu berinteraksi dan saling mempengaruhi. bank juga memberikan penawaran jasa perbankan yang lain kepada masyarakat. &elancaran kegiatan investasi-distribusi-k!nsumsi ini tidak lain adalah kegiatan pembangunan perek!n!mian. agen !f servies. Agent !f trust asar utama kegiatan perbankan adalah kepercayaaan #trust'. b.1 Bank 1. &egiatan bank tersebut memungkinkan masyarakat melakukan kegiatas investasi. Sect!r riil tidak akan dapat berkinerja dengan baik apabila sect!r m!neter tidak berkinerja dengan baik.

bertindak e.5asa ini antara lain dapat berupa jasa pengiriman uang.01. :erryn Stuart dalam bukunya $ank P!litik mengatakan 6$ank adalah suatu badan yang bertujuan utnuk memuaskan kebutuhan kredit. penitipan barang berharga. ari pengertian di atas dapat dijelaskan secara lebih luas lagi bahwa bank merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan.k!n!mi &euangan dan Perdagangan menjelaskan bahwa 6$ank adalah suatu jenis lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa.. maupun dengan jalan mengedarkan alat-alta penukar baru berupa uang giral. tentang p!k!k-p!k!k perbankan adalah 6%embaga keuangan yang usaha p!k!knya memberikan kredit dan jasa-jasa dalam lalu linta spembayaran dan peredaran uang. !. seperti memberi pinjaman. membiayai usa perusahaan. &etiga fungsi bank diatas dapat memberikan gambaran yang menyeluruh dan lengkap mengenai fungsi bank dalam perek!n!mian. baik dengan alat-alat pembayaran sendiri atau dengan uang yang diper!lehkan dengan !rang lain. d. c. Pr!f 9.227.2-3 Pasal . sehingga bank tidak hanya dapat diartikan sebagai lembaga perantara keuangan #financial intermediary intitut!n'.n<ikl!pedia . sebagai empat penyimpanan benda-benda berharga.+1. pengawasan terhadap mata uang. Abdurrahman dalam . artinya aktivitas perbankan selalu berkaitan dalam bidang keuangan. dan lain-lain.. (enurut // )!.(. dan penyelesaian tagihan. (enurut // )!.nstituti!n'. #. b.. alam pengertian ini bank adalah sebuah lembaga perantara keuangan vii . A. mengedarkan mata uang. a. $ank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.ntermediary 8inansial . De#inisi Bank.

$ank dilihat sebagai pemberi kredit bagi masyarakat. Jenis %an Tu as Bank Secara umum bank adalah suatu badan usaha yang memiliki wewenang dan fungsi untuk menghimpun dana masyarakat umum untuk disalurkan kepada yang memerlukan dana tersebut. melalui sumber yang berasal dari m!dal sendiri. $ank Sentral $ank sentral adalah bank yang didirikan berdasarkan undangundang n!m!r . $ank /mum $ank umum adalah lembaga keuangan yang menawarkan berbagai layanan pr!duk dan jasa kepada masyarakat dengan fungsi viii . a. atau 9ir!. mengatur perbankan. mengajukan percetakan 1 penambahan mata uang rupiah dan lain sebagainya. mengatur pengarahan dana-dana. simpanan atau tabungan masyarakat maupun melalui penciptaan uang bank.ntermediary. berarti bahwa alam hal ini bank menghimpun dana-dana dari masyarakat luas dalam bentuk ep!sit! berjangka. $. &etiga.= tahun . (engatur dan menjaga kelancaran system pembayaran. dan Tabungan dalam rekening &!ran b. Tugas $ank Sentral 4 • • • (elaksanakan dan menetapkan kebijakan m!neter. mengatur perkreditan. yang menjalankan fungsinya pada 4 Pertama.2-7 yang memiliki tugas untuk mengatur peredaran uang. &edua. menjaga stabilitas mata uang. (engatur dan mengawasi kerja bank-bank. $ank sentral hanya ada satu sebagai pusat dari seluruh bank yang ada di .nd!nesia. $ank dilihat sebagai pemberi &redit bank melaksanakan !perasi perkreditan secara aktif. $ank dilihat sebagai perantara &redit.apat disimpulkan dari berbagai definisi dikemukakan. yaitu sebagai 8inansial . bahwa bank mempunyai aktifitas p!k!k. Tabungan.

(enyediakan jasa dan pengel!laan dana dan trust atau wali amanatan kepada individu dan perusahaan. (enawarkan jasa-jasa keuangan lain misalnya kartu kredit. (emberikan kredit.seperti menghimpun dana secara langsung dari masyarakat dalam berbagai bentuk.AT(. Tugas bank perkreditan rakyat 4 • (enghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa dep!sit! • berjangka.nd!nesia. atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu. member kredit pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan. sertifikat. tabungan. penempatan dalam sertifikat bank . menerima simpanan masyarakat umum. Tugas $ank /mum 4 • • • • • • • (enghimpun dana dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman. tabungan. cek perjalanan. c. (enyediakan mekanisme dan alat pembayaran yang efisien dalam kegiatan ek!n!mi. menjual jasa asuransi. jual beli valuta asing 1 valas. $ank Perkreditan >akyat 1 $P> $ank perkreditan rakyat adalah bank penunjang yang memiliki keterbatasan wilayah !p!erasi!nal dan dana yang dimiliki dengan layanan yang terbatas pula seperti memberikan kredit pinjaman dengan jumlah yang terbatas. (emberikan pelayanan penyimpanan barang berharga. dan lain sebagainya. (enciptakan uang melalui pembayaran kredit dan investasi. dep!sit! berjangka. transfer dana dan lainnya. menyediakan pembiayaan dengan prinsip bagi hasil. jasa cek. jasa gir!. (enyediakan fasilitas untuk perdagangan internasi!nal. i< . menerima penitipan barang berharga.dan lain sebagainya.

atau tabungan pada bank lain. (!dal Adalah dana yang diserahkan !leh pemilik #!wner'. dep!sit! berjangka.'.' alam Perbankan Syari@ah. dana yang dihimpun berasal dari tiga sumber 4 a. Pada akhir peri!de tahun buku. • (enenmpatkan dananya dalam bentuk sertifikat bank . sumber dana bagi sebuah bank ada tiga yaitu 4 a. Su'(er)Su'(er Dana Bank alam garis besarnya. (!dal yang diset!r ?adangan-cadangan %aba yang ditahan ana yang berasal dari masyarakat luas. b. pemilik m!dal akan memper!leh bagian dari hasil usaha yang biasa dikenal dengan deviden.• (enyediakan pembiayaan dan penempatan dana berdasarkan prinsip syariah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan !leh $ank .nd!nesia. &. < . c. setelah dihitung keuntungan yang didapat pada tahun tersebut. baik berbentuk bank maupun n!nbank. 9ir! # emand ep!sits' ep!sit! #Time ep!sits' Tabungan #Saving' ana yang berasal dari %embaga &euangan.nd!nesia #S$. ana yang bersumber dari bank sendiri. Pinjaman dari $ank-bank lain Pinjaman dari $ank atau %embaga &euangan lain di luar negeri Pinjaman dari %embaga &euangan $ukan $ank Pinjaman dari $ank Sentral #$. sertifikat dep!sit!.

(emberi kredit merupakan salah satu kegiatan dalam penanaman dana. Adapun pada bank syari@ah hal itu tidak b!leh disebutkan dalam k!ntrak ataupun dijanjikan dalam akad. A. c. Tujuan dari mudl!r!bah adalah kerjasama antar pemilik dana #sh!hibul maal' dan pengel!la dana # mudl!rib'. sedang dana yang terhimpun tersebut selanjutnya diputar kembali untuk ditanam dan dipergunakan !leh masyarakat atau <i . yang dimaksud dengan bank adalah lembaga keuangan yang usaha p!k!knya adalah memberikan kredit dan memberikan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.b. namun berbeda dengan bank k!nvensi!nal yang memberikan jasa sebagai imbalan yang dihitung berdasarkan pr!sentase yang telah ditetapkan. Sebelumnya bank berusaha untuk menghimpun dana dan menggali sumber dari masyarakat. tetapi benar-benar pemberian sepihak sebagai tanda terima kasih dari pihak bank. bank syari@ah memilih akad al-wadi@ah yang merupakan titipan murni yang setiap saat dapat diambil jika pemiliknya menghendaki.nvestasi Akad yang sesuai dengan prinsip ini adalah mudl!r!bah. Titipan alam mem!bilisasi dana dengan menggunakan prinsip titipan. dan bank mendapat k!npensasi dengan membebankan biaya kepada yang menitipkan. 5asa $ank Sebagaimana yang telah diketahui. engan demikian jelas bahwa usaha p!k!k bank adalah 4 a.h!manah #9uarentee ep!sit!ry' Pr!duk yang sesuai dengan akad ini adalah gir! dan tabungan. dan b. dalam hal ini bank. . (emberi kredit. Secara umum al-wadi@ah mampunyai dua jenis 4 Wadi@ah yad al-Amanah #Trustee ep!sit!ry' Penitipan ini hanya berfungsi untuk menjaga amanah terhadap barang yang dititipkan. Wadi@ah yad adh. (emberikan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran peredaran uang.

baik dalam rupiah maupun dalam valuta asing yang ditujukan kepada pihak lain #perusahaan. cek. surat aksep #pr!miss!ry ntes'. atau menyerahkan begitu saja kepada pihak yang bersangkutan #tertarik' di tempat lain #dalam1 luar negeri' atas surat-surat berharga. Pengiriman uang #transfer' Dang dimaksud dengan pengiriman uang adalah salah satu pelayanan bank kepada masyarakat dengan bersedia melaksanakan amanat nasabah untuk mengirimkan sejumlah uang. Pembukaan %etter !f ?redit %1? dalam negeri merupakan salah satu bentuk jasa bank yang diberikan kepada masyarakat untuk memperlancar arus pengadaan barang dari suatu tempat ke tempat lainnya terutama yang bersifat antarpulau di dalam negeri. di tempat lain negeri maupun luar negeri'. kuitansi. an ini juga menjadi satu cara pemabayaran yang dipergunakan didalam perdagangan luar negeri yaitu dengan cara 6kredit d!kumenterE # dalam <ii . Sedangkan hasil yang diper!leh adalah karena dana tersebut diputar untuk suatu usaha tertentu dalam jangka tertentu. . dan lain-lain. lembaga atau per!rangan'.*C dengan jumlah bunga yang telah ditetapkan.nkas! #c!llecti!n' Adalah pemberian kuasa pada bank !leh perusahaan atau per!rangan untuk menagihkan. Penanaman dana ini dapat terjadi dalam bentuk pinjaman atau kredit yaitu penyediaan uang atau tagihan-tagihan yang dapat disamakan dengan itu berdasarkan persetujuan pinjam meminjam antara bank dan lain pihak dalam hal. Adapun jasa dalam lalu lintas pembayaran terdiri dari pembayaran dalam negeri dan pembayaran luar negeri. jika hal itu terjadi dalam bank k!nvesi!nal. akan tetapi perbankan syari@ah tidak memberlakukan kewajiban bunga tersebut karena prinsip yang digunakan adalah bagi hasil.!leh bank itu sendiri.B. dalam rupiah atau valuta asing seperti wesel #draft'. pihak peminjam berkewajiban melunasi hutangnya setelah waktu tertentu.

&egiatan seperti ini dilakukan seperti jaminan utang atau gadai. Al-&afalah #9uaranty' Al-&afalah merupakan jaminan yang diberikan penanggung kepada pihak ketiga untuk memenuhi kewajiban pihak kedua atau yang ditanggung. alam literature fiGih klasik. Al-F!rdh #S!ft and $enev!lent %!an' Al-F!rdh adalah pemberian harta kepada !rang lain yang dapat ditagih atau diminta kembali atau dengan kata lain meminjamkan tanpa mengharapkan imbalan. alam dunia keuangan atau perbankan dikenal dengan kegiatan anjak piutang atau fact!ring.dengan mempergunakan warkat berharga yang disebut %etter !f ?redit #%1?' tersebut. Al-"awalah #Transfer Service' Al-"awalah merupakan pengalihan utang dari !rang yang berutang kepada !rang lain yang wajib menanggungnya. apat pula diartikan sebagai pengalihan tanggung jawab alam dunia perbankan dapat didari satu pihak kepada pihak lain. <iii . bukan transaksi k!mersial. (andat ini harus dilakukan sesuai dengan yang telah disepakati !leh si pemberi mandat. Ar->!hn #(!rtgage' Ar->ahn merupakan kegiatan menahan salah satu harta milik si peminjam sebagai jaminan atas pinjaman yang diterimanya. diantaranya 4 Al-Wakalah # eputyship' Wakalah atau wakilah artinya penyerahan atau pendelegasian atau pemberian mandat dari satu pihak kepada pihak lain. Gardh dikateg!rikan dalam aGad tathawwuni atau saling membantu dan lakukan dalam hal pembiayaan dengan jaminan sese!rang. Atau dengan kata lain pemindahan beban utang dari satu pihak kepada lain pihak. dengan beragam jenis akad yang dapat digunakan. alam prakteknya perbankan syari@ah menawarkan jasa-jasa tersebut.

5enis-jenis Adapun jenis-jenis lembaga keuangan lainnya yang ada di .nd!nesia saat ini antara lain 4 a.k!n!mi dan 8ungsi &euangan. b. %!kasi atau tempat pertemuan tersebut disebut pasar. 8ungsi . )amun dalam <iv . yang secara langsung atau tidak langsung mengimpun dana terutama dengan jalan mengeluarkan kertas berharga dan menyalurkannya ke dalam masyarakat. *..! Le'(a a Keuan an Bukan Bank . Pasar /ang an Pasar :aluta Asing Pasar uang #m!ney market' di . Alasan dibentuknya pasar m!dal yaitu untuk menjalankan 8ungsi . akan tetapi dapat dilakukan melalui sarana inf!rmasi yang ada seperti sarana elektr!nika. 4 (enyediakan dana bagi $!rr!wer dan para %ender menyediakan dana tanpa harus terlibat langsung dalam kepemilikan aktiva riil yang diperlukan untuk investasi tersebut. )amun dalam arti luas pengertian pasar merupakan tempat melakukan transaksi antara pembeli dan penjual. dimana pembeli dan penjual tidak harus bertemu dalam suatu tempat atau bertemu langsung.k!n!mi 8ungsi &euangan 4 (enyediakan fasilitas untuk memindahkan dari %ender ke $!rr!wer. Artinya pembelian dan penjual langsung bertemu untuk melakukan transaksi dalam suatu l!cal tertentu.nd!nesia masih relatif baru jika dibandingkan dengan negara-negara maju. terutama guna pembiayaan investasi perusahaan-perusahaan.!. efinisi %embaga &euangan $ukan $ank adalah semua badan yang melakukan kegiatan di bidang keuangan. Pasar (!dal alam arti sempit pengertian pasar merupakan tempat para penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan transaksi.

Pegadaian /saha gadai adalah kegiatan menjaminkan barang-barang berharga kepada pihak tertentu. /ntuk memenuhi kebutuhan likuiditas. &euntungan pegadaian adalah pihak pegadai tidak mempermasalahkan untuk apa uang tersebut digunakan dan hal ini tentu bert!lak belakang dengan pihak perbankan yang harus dibuat serinci mungkin tentang penggunaan uangnya.nd!nesia juga ikut berkembalng walaupun tidak semarak perkembangan pasar m!dal #capital market'. $egitu pula dengan sangsi yang diberikan relatif ringan. Sewa 9una /saha #%easing' Sewa guna usaha adalah bergerak di bidang pembiayaan untuk keperluan barang-barang m!dal yang diinginkan !leh nasabah.perkembangan dunia sekarang ini maka pasar uang di . Tujuan Pasar /ang adalah 4 • • • • /ntuk memenuhi kebutuhan dana jangka pendek. Pembiayaan di sini maksudnya jika se!rang nasabah membutuhkan <v . c. (emberi kredit. apabila tidak dapat melunasi dalam waktu tertentu. d. Sedang mengalami kalah kliring. (elayani jasa titipan barang. guna memper!leh sejumlah uang dan barang yang dijaminkan akan ditebus kembali sesuai dengan perjanjian antara nasabah dengan lembaga gadai. . /ntuk memenuhi kebutuhan m!dal kerja. &egiatan /saha Pegadaian lainnya yaitu 4 • • • • (elayani usaha taksiran.kut serta dalam usaha tertentu bekerja sama dengan pihak ketiga. Sangsi yang paling berat adalah jaminan yang disimpan akan dilelang untuk menutupi kekurangan pinjaman yang telah diberikan.

e. Pihak lesing dapat membiayai keinginan nasabah sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati kedua belah pihak.  Anjak piutang. Semakin banyak uang yang disalurkan akan memperbesar keuntungan k!perasi. apat disimpulkan keuntungan k!perasi adalah4    $iaya bunga yang dibebankan ke peminjam. %embaga pembiayaan menurut ketentuan ini dimungkinkan untuk melakukan salah satu dari kegiatan pembiayaan seperti4  Sewa guna usaha. untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian. atau tanggung jawab h!kum kepada pihak ketiga <vi . Perusahaan Asuransi Asuransi adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih. kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan.  (!dal :entura.barang-barang m!dal seperti peralatan kant!r atau m!bil dengan cara sewa atau dibeli secara kredit dapat diper!lah di perusahaan leasing. &!perasi Simpanan Pinjam &!perasi merupakan suatu kumpulan dari !rang-!rang yang mempunyai tujuan atau kepentingan bersama. 5adi k!perasi merupakan bentuk dari sekel!mp!k !rang yang memiliki tujuan bersama. "asil investasi di luar kegiatan k!perasi. f. &el!mp!k !rang inilah yang akan menjadi angg!ta k!perasi berdasarkan asas kekeluargaan dan g!t!ng r!y!ng khususnya untuk membantu para angg!tanya yang memerlukan bantuan baik berbentuk barang maupun pinjaman uang.  &artu kredit. &euntungan k!perasi adalah bunga yang dibebankan kepada pinjaman.  Pembiayaan k!nsumen. dengan menerima premi asuransi. $iaya administrasi setiap kali transaksi.

<vii . atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya sese!rang yang dipertanggungkan. $agi perusahaan anjak piutang  (emper!leh keuntungan berupa 8ee atau biaya administrasi.  (embantu (enyelesaikan Pertikaian diantara kreditur dan debitur. tergantung kesepakatan dengan pihak kreditur #pihak yang punya piutang'.yang mungkin akan diderita tertanggung. tergantung permintaan pihak kreditur. &egiatan utama anjak piutang adalah mengambilalihkan pengurusan piutang suatu tanggung jawab tertentu. yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti. atau pengambilalihan atau pengel!laan hutang piutang suatu perusahaan dengan imbalan atau pembayaran tertentu milik perusahaan. Anjak Piutang #8act!ring' Perusahaan yang kegiatannya adalah melakukan penagihan atau pembelian. /sahausaha yang dijalankan !leh perusahaan anjak piutang berkaitan dengan pengambilalihan dan pengel!laan piutang suatu perusahaan. ari Aspek %egal 4 Asuransi adalah pengaturan k!ntraktual #p!lis' di mana satu pihak bersedia untuk membayar sejumlah premi dan pihak lainnya bersedia mengganti kerugian pihak lainnya. g. &euntungan yang diper!leh masing-masing pihak adalah sebagai berikut4 . dari sebagian angg!ta #tertanggung' yang tidak beruntung kepada seluruh angg!ta dalam kel!mp!k asuransi tertentu. ari Aspek 8inansial 4 Asuransi adalah pengaturan finansial yang meredistribusikan biaya dari kerugian yang tidak diharapkan..

*. &euntungan yang diper!leh berupa capital gain. ?iri-cirinya4 • • • • • &egiatan yang dilakukan bersifat penyertaan langsung kepada suatu perusahan.  (emperlancar kegiatan usaha. kegiatannya banyak dilakukan untuk pembukaan usaha baru. (emberikan m!tivasi kepada debitur untuk segera membayar secepatnya. &eputusan ini dibuat dengan berbagai pertimbangan tentunya dan hal ini sesuai pula dengan maksud dan tujuan didirikannya perusahaan m!dal ventura yaitu melakukan penanaman m!dal dalam suatu usaha yang mengandung resik! tinggi. (!dal :entura Adalah perusahaan m!dal ventura yang berani melakukan investasi tersebut mengandung suatu resik! tinggi. =. karena ada rasa malu sehingga berusaha sekuat tenaga untuk segera membayar dengan berbagai cara. Penyertaan dalam perusahaan bersifat jangka panjang. h. $isnis yang dimasuki adalah bisnis yang beresik! tinggi. $agi &redit #klien'  (engurangi resik! kerugaian. &emitraan dalam rangka pengentasan kemiskinan. Pengembangan suatu tekn!l!gi baru. Tujuan Pendirian (!dal ventura 4 • • • • /ntuk pengembangan suatu pr!yek tertentu. <viii . deviden atau bagi hasil. (embantu pihak menajemen pihak kreditur dan penyelenggaraan kredit.  (emperbaiki system administrasi. Pengambilalihan kepemilikan suatu perusahaan. $agi debitur.

ari dalam perusahaan  Set!ran m!dal kerja.  Pinjaman dari dunia perbankan. Tujuan Pensiun 4  (emberikan penghargaan kepada karyawannya yang telah mengabdi. Sumbar-sumbar ana (!dal :entura 4 a.  (engurangi resik! kerugian.nvest!r baik per!rangan maupun indrustri. <i< .  Pinjaman dari perusahaan asuransi. b.  (emper!leh keuntungan berupa bagi hasil.  (embantu pengembangan usaha. ari luar perusahaan  .  (emperbaiki tekn!l!gi melalui pengalihan.  ?adangan laba yang belum dipakai.  (emberikan rasa aman dari segi batiniah.  (eningkatkan m!tivasi karyawan. i.  %aba yang ditahan.&euntungan Dang iper!leh 4 a. $agi perusahaan m!dal ventura  (emper!leh keuntungan berupa deviden.  (emper!leh keuntungan berupa capital gain dari hasil selisih.  Pinjaman dari perusahaan dan pensiun. ana Pensiun Adalah hak sese!rang untuk meper!leh penghasilan setelah berkerja sekian tahun dan sudah memasuki usia pensiun atau ada sebab-sebab lain sesuai dengan perjanjian yang telah ditetapkan.  Agar di masa usia pensiun karyawan dapat menikmati hasil. $agi perusahaan pasangan usaha #ppu'  (embantu penambahan m!dal usaha. b.

 (eningkatkan citra perusahaan. << .

%embaga &euangan $ukan $ank adalah semua badan yang melakukan kegiatan di bidang keuangan. yang secara langsung atau tidak langsung mengimpun dana terutama dengan jalan mengeluarkan kertas berharga dan menyalurkannya ke dalam masyarakat. Pasar /ang an Pasar :aluta Asing c. terutama guna pembiayaan investasi perusahaan-perusahaan.nd!nesia saat ini antara lain 4 a. (!dal :entura i. Pegadaian e. Pasar (!dal b. Anjak Piutang #8act!ring' h. &!perasi Simpanan Pinjam f.BAB III KESIMPULAN $ank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang. Adapun jenis-jenis lembaga keuangan lainnya yang ada di . ana Pensiun <<i .Secara umum fungsi bank adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat untuk berbagai tujuan atau sebagai financial intermediary. dan menerbitkan pr!mes atau yang dikenal sebagai bankn!te. Perusahaan Asuransi g. meminjamkan uang. Sewa 9una /saha #%easing' e.

5akarta 4 Hikrul. 5akarta 4 >aja 9rafind!.nsani.ac. *++0.c!m1*+. 5akarta 4 9ramedia. Suyatn!.wikipedia. *++. Kelembagaan Bank..DAFTAR PUSTAKA Ant!ni!. Manajemen Perbankan. Bank Syari’ah. (arth!n.gundarma.!rg1wiki1$ank http411 id.*1+=1*+1lembaga-keuangan-bukan-bank1 http411arisbudi. kk..w!rdpress. *++=.id1d!wnl!ad1files133+. http411wahyu0. Syafi@.1babI$ankJdanJ%embag aJkeuangan. Ekonomi islam di tengah krisis ekonomi global . 5akarta4 9ema .!rg1wiki1%embagaIkeuangan <<ii . *++=. Th!mas.staff.+.wikipedia. Sa@ad.pdf http411 id. &asmir.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful