P. 1
03 Bab 2 an Pada Manusia

03 Bab 2 an Pada Manusia

|Views: 5,957|Likes:
Published by robin

More info:

Published by: robin on Aug 30, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/05/2013

pdf

text

original

BAB

2

PERKEMBANGAN PADA MANUSIA
Aduh, bajuku kok menjadi sempit, apakah baju ini mengecil? Bajumu tidak mengecil, badanmu yang bertambah besar.

Benar. Badan kita bertambah besar dan tinggi. Ini adalah salah satu ciri pertumbuhan. Kebetulan pada bab ini kita akan mempelajarinya.

Pada bab ini kita akan mempelajari tahapan perkembangan manusia, mulai balita, anak-anak, remaja, dan dewasa.

Kita juga membedakan ciriciri tahap demi tahap perkembangan itu. Jadi, setelah mempelajari bab ini kita dapat mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia.

Gerbang

P

Gambar 2.1 Berat badan bayi ditimbang secara berkala untuk memantau pertumbuhannya

erhatikan gambar di atas! Penimbangan badan bayi dilakukan secara teratur untuk memantau pertumbuhannya. Berat dan ukuran badan bayi tersebut bertambah seiring berjalannya waktu. Demikian pula pada dirimu. Pakaian semasa kamu SD mungkin sudah tidak muat lagi karena ukuran badanmu sekarang sudah lebih besar dan lebih tinggi. Dalam hal ini kamu dikatakan mengalami pertumbuhan. Pada masa pertumbuhan tersebut tersebut terjadi perubahan-perubahan pada tubuhmu. Selain mengalami pertumbuhan, manusia juga mengalami perkembangan. Bagaimanakah perkembangan pada manusia? Apa sajakah tahapan perkembangan manusia? Mari kita pelajari melalui pembahasan berikut ini. Kata kunci: perkembangan – tahap-tahap perkembangan – balita – anak-anak – pubertas – dewasa – manula

A.

Masa Balita

Pada bab sebelumnya kamu sudah mempelajari pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dan hewan. Coba kamu sebutkan definisi dari perkembangan! Secara harfiah, perkembangan diartikan sebagai proses menuju kedewasaan. Pertumbuhan dan perkembangan manusia terjadi secara bertahap, yaitu balita, anak-anak, remaja, dewasa, dan manula. Balita merupakan kependekan dari anak usia di bawah lima tahun. Masa balita merupakan tahap pertumbuhan anak mulai dari bayi sampai usia 5 tahun.

Rep. www.balances.com Rep. M Spalding Diver Saba

Gambar 2.2 Bayi mulai belajar menggunakan anggota tubuhnya untuk bergerak

12

Ilmu Pengetahuan Alam VIII

Perkembangan pada Manusia

Dok. Penerbit

Pernahkah kamu mengamati adikmu yang masih bayi? Bayi yang semula hanya bisa tidur kemudian dapat melakukan gerakan tengkurap, merangkak, merambat, dan berjalan hingga berlari. Hal tersebut seiring dengan pertumbuhan dan perkembangannya, yaitu semakin besar dan semakin kuatnya anggota-anggota tubuh. Perkembangan pada balita juga ditunjukkan dengan kemampuan berbicaranya, dari hanya mampu mengucapkan satu kata, dua kata, hingga lancar berbicara.

Gambar 2.3 Grafik untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita

Ciri-ciri dan perkembangan balita ditunjukkan pada tabel berikut. Tabel 2.1 Ciri-ciri perkembangan balita
Perkembangan Usia Fisik Laki-laki Perempuan Motorik Kognitif

TB(cm) BB(kg) TB(cm) BB(kg) 0–3 bulan 6–9 bulan 45–65 3–5 45–60 3–5 Menggerakkan beberapa bagian tubuh seperti tangan, kepala, dan mulai belajar memiringkan tubuh. Dapat menegakkan kepala, belajar tengkurap sampai dengan duduk (pada usia 8 – 9 bulan), dan memainkan ibu jari kaki. Belajar berjalan dan berlari, mulai bermain, dan koordinasi mata semakin baik. Sudah pandai berlari, berolahraga, dan dapat meloncat. Mulai mengenal suara, bentuk benda dan warna. Mengoceh, sudah mengenal wajah seseorang, bisa membedakan suara, belajar makan dan mengunyah. Mulai belajar berbicara, mempunyai ketertarikan terhadap jenis-jenis benda, dan mulai muncul rasa ingin tahu. Keterampilan tangan mulai membaik, pada usia 3 tahun belajar menggunting kertas, belajar menyanyi, dan membuat coretan sederhana. Mulai belajar membaca, berhitung, menggambar, mewarnai, dan merangkai kalimat dengan baik.

65–70

7–9

64 - 70

7–9

12–18 bulan

75–81

10–11

74–80

10–11

2–3 tahun

87 - 96

12 - 15 86–95

12–15

4–5 100–120 16–21 100–120 16–22 tahun

Dapat berdiri pada satu kaki, mulai dapat menari, melakukan gerakan olah tubuh, keseimbangan tubuh mulai membaik.

Keterangan: TB = tinggi badan, BB = berat badan

Perkembangan pada Manusia

Ilmu Pengetahuan Alam VIII

13

Dok. Penerbit

B.

Masa Anak-anak
Dok. Penerbit

Tahapan berikutnya setelah masa balita adalah masa anak-anak, yaitu usia 6 tahun hingga 10 tahun. Pada masa anak-anak, pertumbuhan fisik dan mental mulai meningkat. Pertumbuhan meliputi tinggi badan, berat badan disertai perkembangan koordinasi otot-otot, dan kemampuan mental. Ciri-ciri masa anak-anak ditunjukkan pada tabel berikut. Tabel 2.2 Ciri-ciri perkembangan anak
Usia (bulan) Laki-laki Fisik Perempuan Motorik Perkembangan

Gambar 2.4 Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Kognitif

TB(cm) BB(kg) TB(cm) BB(kg) 6–8 120–130 22–27 125–128 21–26 Mampu meloncati tali setinggi 25 cm, belajar naik sepeda. Menggambar dengan bentuk proporsional, memakai dan mengancingkan baju, menulis, lancar membaca, tangkas dalam berhitung, belajar bahasa asing, belajar memainkan alat musik. Pandai menyanyi, mampu membuat sebuah karangan, Menyerap pelajaran dengan optimal, mulai belajar berdiskusi dan mengemukakan pendapat. Konsentrasi belajar meningkat, mulai belajar bertanggung jawab, senang berpetualang dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar.

9–10

135–145 30–33 130–140 28–32

Melakukan olah raga permainan seperti bulutangkis, sepak bola, tangkas bersepeda.

11–12 145–150 35–39 145–152 33–39

Melompat tali sampai di atas 50 cm, meloncat sejauh lebih dari 1 meter, terampil dalam menggunakan peralatan.

Keterangan: TB = tinggi badan, BB = berat badan

Kemampuan menulis, membaca, dan beralasan telah berkembang pada masa anak-anak. Anak pada masa ini telah dapat membedakan tindakan baik dan buruk.

C.

Masa Remaja
Masa Remaja

Masa remaja atau masa puber, merupakan masa penghubung antara masa anak-anak dengan dewasa. Pertumbuhan dan perkembangan pada masa remaja sangat pesat, baik fisik maupun psikologis. Perkembangan yang pesat ini berlangsung pada usia 11–16 tahun pada laki-laki dan 10–15 tahun pada perempuan. Anak perempuan lebih cepat dewasa dibandingkan anak laki-laki. Pada masa pubertas mulai ada rasa tertarik terhadap lawan jenisnya. Pesatnya perkembangan pada masa puber dipengaruhi oleh hormon seksual. Organ-organ reproduksi pada masa puber telah mulai berfungsi. Salah satu ciri masa pubertas adalah mulai terjadinya menstruasi pada perempuan. Adapun pada laki-laki mulai mampu menghasilkan sperma. Ciri-ciri perubahan tubuh pada masa remaja dapat dibedakan menjadi ciri kelamin primer dan ciri kelamin sekunder.

14

Ilmu Pengetahuan Alam VIII

Perkembangan pada Manusia

1. Ciri-ciri kelamin primer
a. Mulai berfungsinya organ reproduksi
Organ reproduksi pada laki-laki (testis) mulai berfungsi menghasilkan hormon testosteron. Testosteron berfungsi merangsang testis untuk menghasilkan sperma. Organ reproduksi pada perempuan (ovarium) mulai memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Hormon ini memengaruhi perkembangan organ reproduksi perempuan. Selain itu, juga memengaruhi ovulasi, yaitu pematangan sel telur dan pelepasan sel telur dari ovarium.

b. Laki-laki mengalami mimpi basah dan perempuan mengalami menstruasi
Seiring dengan produksi sperma yang meningkat, pada anak lakilaki terjadi mimpi basah. Mimpi basah pertama dapat dijadikan tanda bahwa seorang laki-laki telah akil balig. Organ reproduksi yang telah aktif pada anak perempuan ditandai dengan terjadinya menstruasi. Ketika memasuki masa pubertas, indung telur (ovarium) pada perempuan mulai aktif dan mampu menghasilkan sel telur (ovum).

2. Ciri-ciri kelamin sekunder
Ciri-ciri kelamin sekunder berupa perubahan fisik, terjadi pada laki-laki dan perempuan. Ciri-ciri kelamin sekunder pada perempuan, antara lain payudara tumbuh membesar, tumbuhnya rambut di ketiak dan di sekitar alat kelamin, serta membesarnya panggul. Ciri-ciri kelamin sekunder anak lakilaki adalah tumbuhnya kumis dan jambang, tumbuhnya rambut di ketiak dan di sekitar alat kelamin, serta dada menjadi lebih bidang. Agar lebih mudah memahami perbedaan perkembangan ciri-ciri kelamin sekunder anak laki-laki dan perempuan, perhatikan tabel berikut ini! Tabel 2.3 Ciri-ciri kelamin sekunder anak perempuan
Perempuan Payudara mulai tumbuh membesar Lonjakan tinggi badan Tumbuhnya rambut kemaluan Lonjakan kekuatan Puncak lonjakan tinggi badan Menstruasi pertama Pertumbuhan buah dada tuntas Tinggi badan dewasa tercapai 10–16 10–15 10–16 Usia (Th) 8–13 8–13 8–14 9–14 10–13,5

Tabel 2.3 Ciri-ciri kelamin sekunder anak laki-laki
Laki-laki Buah zakar (testis) Lonjakan tinggi badan Tumbuhnya rambut kemaluan Penis mulai tumbuh Mimpi basah pertama Tumbuh jakun Suara membesar Tumbuh rambut kumis/jambang Pertumbuhan penis tuntas Puncak lonjakan kekuatan Tinggi badan dewasa tercapai Usia (Th) 9–13 10–16 10–15 10–14 12–16 13–15 14–15 12–15 12–16 13–17 13–18

Perkembangan pada Manusia

Ilmu Pengetahuan Alam VIII

15

Perkembangan fisik pada masa remaja paling pesat di antara tahaptahap perkembangan manusia. Selain perubahan-perubahan fisik, remaja juga mengalami perubahan secara psikologis. Perkembangan jiwa pada masa remaja juga semakin mantap. Pada akhir masa remaja, jiwanya sudah tidak mudah terpengaruh serta sudah mampu memilih dan menyeleksi. Remaja juga mulai belajar bertanggung jawab pada dirinya, keluarga, dan lingkungan. Remaja mulai sadar akan dirinya sendiri dan tidak mau diperlakukan seperti anak-anak lagi.

Kerja Mandiri
Kerjakan dengan baik di buku tugasmu! 1. Sebutkan perbedaan antara anak-anak dan remaja! 2. Sebutkan tanda-tanda telah berfungsinya organ reproduksi laki-laki dan perempuan pada masa remaja!

D.

Masa Dewasa

Tubuh manusia mencapai puncak pertumbuhan dan perkembangan sempurna pada usia kurang lebih 20 tahun. Pada masa tersebut otot-otot dan otak telah mencapai kekuatan maksimal. Perkembangan cara berpikir telah matang. Demikian juga emosinya. Organ reproduksi pada masa dewasa telah berkembang dengan sempurna.

Studi Pustaka
1. Carilah artikel di majalah atau tabloid yang membahas mengenai perbedaan antara masa dewasa dengan masa remaja secara fisik dan psikologis! 2. Buatlah rangkuman pembahasan tersebut di buku catatanmu sebagai bahan referensi!

E.

Masa Tua (Manula)

Ketika manusia memasuki usia 40 sampai 50 tahun mulai terjadi banyak perubahan pada tubuh. Pada masa tua organ-organ tubuh mengalami penurunan fungsi karena proses penuaan. Penurunan fungsi organ tubuh antara lain persendian menjadi kaku, tulang menjadi lemah, lensa mata mengeras, dan kulit kehilangan elastisitasnya. Selain itu, juga terjadi pengurangan kepekaan alat indera, baik pendengaran, penglihatan, maupun peraba. Orang yang sudah tua lebih cepat letih, reaksinya semakin lamban, dan daya tahan terhadap penyakit semakin lemah. Meskipun demikian, perubahan ini terjadi sangat lambat sehingga orang tidak menyadarinya selama bertahun-tahun.
16 Ilmu Pengetahuan Alam VIII Perkembangan pada Manusia

Kerja Kelompok
Ayo, kerjakan bersama kelompokmu! Buatlah sebuah deskripsi tentang perkembangan manusia dari masa bayi, anak-anak, pubertas, hingga masa tua! Catatan: Deskripsi ini dapat dilakukan dengan mengadakan wawancara/pengamatan langsung pada anggota keluarga.

Rangkuman
1. Perkembangan manusia setelah lahir dimulai dari masa bayi dan anak-anak, masa remaja (puber), dewasa, dan masa tua (manula). 2. Pada masa pubertas terjadi perkembangan organ reproduksi. Pada perempuan mulai mengalami menstruasi. Sedangkan pada laki-laki mulai mampu menghasilkan sperma. 3. Pertumbuhan fisik yang paling pesat terjadi pada masa remaja (pubertas). 4. Pada masa tua (manula) terjadi penurunan fungsi organ-organ tubuh karena proses penuaan. 5. Perkembangan pada manusia melalui tahap-tahap sebagai berikut. a. Masa balita. Dimulai dari semenjak dilahirkan hingga usia 5 tahun. Pada tahap ini anggota-anggota tubuh masih berukuran kecil. Bayi mulai belajar mengatur gerak tubuhnya dan belajar mengenali apa yang ditangkap dan dirasakan oleh inderanya. b. Masa anak-anak. Usia 6–10 tahun pertumbuhan fisik dan mental mulai meningkat. c. Masa remaja. Masa ini merupakan masa penghubung antara masa anak-anak dengan masa dewasa. Masa remaja juga dikenal sebagai masa pubertas, masa ketika mulai ada rasa tertarik terhadap lawan jenis. d. Masa dewasa. Pada masa ini pertumbuhan dan perkembangan telah mencapai puncaknya. Perkembangan emosi dan cara berpikir telah matang. Organ reproduksi juga telah berkembang dengan sempurna. e. Masa tua. Pada masa ini mulai banyak terjadi penurunan fungsi organ tubuh karena penuaan.

Perkembangan pada Manusia

Ilmu Pengetahuan Alam VIII

17

Soal-soal Uji Kompetensi
A. Ayo, berilah tanda silang pada jawaban yang paling tepat! 1. Tahap perkembangan manusia yang disebut masa pubertas terjadi pada usia antara . . . . a. 0–12 tahun c. 12–14 tahun b. 10–15 tahun d. 14–20 tahun 2. Salah satu ciri dari masa pubertas adalah .... a. pertumbuhan sel otak b. penuaan c. menopause d. menstruasi 3. Ciri kelamin sekunder yang tampak pada remaja laki-laki adalah sebagai berikut, kecuali . . . . a. suara membesar b. tumbuh jakun c. kulit menjadi halus d. tumbuh kumis dan jambang 4. Masa meniru, egois tinggi, dan selalu menarik perhatian, merupakan ciri-ciri dari masa . . . . a. bayi c. tua b. anak d. remaja 5. Keseimbangan tubuh menurun dan mulai mengalami penurunan fisik dialami pada masa . . . . a. anak-anak c. remaja b. dewasa d. manula 6. Siklus menstruasi pertama normal pada wanita rata-rata dialami pada usia . . . . a. 8–10 tahun c. 9–16 tahun b. 9–12 tahun d. 10–17 tahun 7. Tumbuhnya rambut pada kemaluan, membesarnya glandula mammae, dan halusnya kulit merupakan ciri-ciri perempuan pada masa . . . . a. remaja c. menopause b. pubertas d. tua

8. Perbedaan yang nyata antara masa anak-anak dengan masa remaja dipengaruhi oleh . . . . a. kemampuan hidup mandiri b. sudah atau belum berfungsinya hormon seksual c. kemampuan menyelesaikan masalah d. pematangan berpikir 9. Tumbuhnya kumis dan jakun dan mulai diproduksinya sperma merupakan tandatanda . . . . a. kelainan pertumbuhan b. pubertas c. kekurangan hormon d. menopause 10. Ciri-ciri perkembangan pada remaja lakilaki antara lain . . . . a. perkembangan organ tubuh mencapai puncaknya b. mulai dapat melihat, mendengar, dan merasa c. jakun mulai tampak d. reaksi tubuh lambat dan cepat letih B. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar! 1. Sebutkan urutan tahapan pertumbuhan manusia setelah lahir, kemudian jelaskan masing-masing tahap! 2. Sebutkan ciri-ciri kelamin sekunder pada perempuan! 3. Jelaskan siklus menstruasi normal pada perempuan! 4. Jelaskan faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan sekunder laki-laki! 5. Jelaskan perkembangan emosional manusia pada masa pubertas!

18

Ilmu Pengetahuan Alam VIII

Perkembangan pada Manusia

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->