Pembentukan harga pasar

A.permintaan
1.pengertian permintaan Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang diminta/dibeli oleh pembeli pada waktu tertentu dan harga tertentu 2.hukum permintaan menjelaskan hubungan yang negatif antara jumlah barang yang diminta dengan tingkat harga tersebut. 3.kurva permintaan Memperlihatkan pengaruh harga terhadap jumlah barang atau jasa yang dbeli pembeli. Harga perbuah (Rp) 1 . 1". $ . Jumlah durian yang diminta (buah) ! # $

Berdasarkan kurva di atas dijelaskan : a. %umbu &ertikal(tegak)'menunjukan tingkat harga(pri(e/)) b. %umbu horisontal(mendatar)'menunjukan jumlah barang yang diminta(*uantity/*) (. )ada tingkat harga( ) )yang lebih rendah'jumlah barang yang diminta(*)akan lebih banyak.dan sebaliknya d. +ur&a permintaan ditunjukan dengan garis ,, . e. -aris ,, yang menurun'menunjukan bahwa hubungan tingkat harga dan jumlah barang yang diminta negstif'sesuai dengan hukum permintaan.

dalah kur&a yang menggambarkan hubungan antara harga dan jumlah suatu barang yang ditawarkan oleh penjual pada waktu tertentu. $ . B. !. ". #abel 1$.hukum penawaran Menjelaskan tentang adanya hubungan positif antara tingkat harga dan jumlah barang yang ditawarkan. jumlah durian yang ditawarkan(buah) $ # ! .penawaran (supply 1. 1".dalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai jumlah barang pada berbagai tingkat harga dalam periode waktu tertentu.4.pengertian penawaran . Elastisitas permintaan .dalah kepekaan perubahan jumlah barang dan jasa yang diminta sebagai akibat dari adanya perubahan tingkat harga. Keterangan: /d0koefisien elastisitaspermintaan .kurva penawaran . *0jumlah barang yang diminta semula atau * lama )0tingkat harga semula atau ) lama.)0perubahan tingkat harga atau ) baru1) lama.! penawaran durian bu atin harga perbuah(Rp) 1 .*0perubahan jumlah barang yang diminta atau * baru1* lama .

ma&am'ma&am penjual dan pembeli a. !. penjual dapat dikelompokan menjadi2 .*0perubahan jumlah barang yang ditawarkan (* baru1* lama) .pengertian harga pasar adalah tingkat harga dimana jumlah barang yang diminta oleh pembeli sama persis dengan jumlah barang yang ditawarkan penjual.Elastisitas penawaran dalam hukum penawaran dinyatakan bahwa harga barang memengaruhi jumlah barang yang ditawarkan.harga pasar 1. pembeli submarginal yaitu2pembeli yang memiliki daya beli lebih rendah dari pada harga pasar. (. pembeli supermarginal yaitu2pembeli yang memiliki daya beli lebih tinggi dari pada harga pasar. pembeli marginal yaitu2pembeli yang memiliki daya beli sama dengan harga pasar.p30perubahan tingkat harga() baru1)lama) *0jumlah barang yang ditawarkan semula(* lama) )0tingkat harga semula () lama) %. keterangan2 es0koefisien elastisitas penawaran . b.4.

b. (. pejual supermarginal yait2 penjual yang harga pokoknya di atas harga pasar. .a. penjual marginal yaitu2penjual yang harga pokoknya sama dengan harga yang ada di pasar. penjual submarginal yaitu2 penjual yang harga pokonya di bawah harga pasar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful