P. 1
tentang HADIST

tentang HADIST

|Views: 1,017|Likes:
Published by andry_laros

More info:

Published by: andry_laros on Aug 31, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2012

pdf

text

original

PENGERTIAN HADIST Sabda-Nya segala amal perbuatan itu, tergantung dari niatnya.

“Barang siapa yang naik ke dunia Niscaya akan mendapatnya dan barang siapa yang niatnya ke wanita maka akan menikahinya dan barang siapa apa-apa dia niatkan maka akan mendapatkannya. NB. Kalau kita hadir diatas bahwasannya Rasulullah menganjurkan pada kita untuk mempunyai cita-cita segala apa-apa yang kita cita-citakan maka Allah mengkasi kita jalan dan barang siapa bila berniat dengan sungguh maka Allah akan mengkabulkannya tapi hanya dialah (Allah) yang meridhoi segala di sesuatu yang kita usahakan, kita sebagai manusia hanya bisa berusaha agar supaya kita mendapatkan berkah. Maka niatlah salah satu awal dari perjuangan untuk meraih cita-cita dan setelah kita mendapatkan kita harus ingat bahwa kita gak bisa menghendaki tapi hanya berusaha, awal itu niat cita-cita kita akan bersemangat untuk menggapainya setelah dapat Rasulullah bersabda : Carilah dunia mu seakan-akan kamu hidup selamanya dan carilah akhirat mu seakan-akan kamu besok meninggalkkan. Maka dari situ kita menarik kesimpulan bahwa semua kita akan berjuang didalam dunia untuk mendapatnya dan pada saat itu juga kita harus ingat bahwa kita akan meninggalkannya dan membawa bekal untuk akhit. Sabda Rasulullah SAW. Dunia ini rumahnya orang-orang yang tidak punya rumah di akhirat dan hartnya orangorang yang tidak punya harta di akhirat dan orang tidak punya akatlah yang mengumpukannya pengertian hadist. Bahwa saya hidup ini hanya sementara adapun orang merasa mempunyai rumah didunia dengan tidak berkuasa membangun rumah akhirat maka tidak akan mempunyai rumah di akhirat. Sementara harta yang di raih (dapat) yang tidak akan di bawa mati maka dari itu carilah untuk akhiratmu dengan cara-cara yang Rasulullah berikan antaranya, sedekah, amal, Jariyah, infak. Dari itu orang yang tidak mempunyai akalah yang dimaksud (kikir dan sebagainya yang mengumpulkan dengan tidak berfikir akan berkah yang Allah berikan. Dengan itu kita membaca hadist Sabda Rasulullah SAW. Dunia itu surganya orang-orang kafir dan penjaranya orang-orang iman yang mengganggap dunia adalah surga hanyalah orang-orang kafir tapi kalai kita berfikir bahwa dengan hidup

maka bisa mencari surga di akhirat dengan cara Rasulullah SAW, dan dunia hanyalah titipan yang Allah berikan. Bab I Al-Qur’an Infaklah maka Allah akan menyimpan takwa 1. Percaya perkara Gaib 2. Menjalankan Sholat 3. Mengeluarkan infak 4. Percaya Qur’an dan Hadist 5. Percaya hari akhir Munafak adalah orang gak punya pendirian 1. Mereka membohongi Allah dan orang iman (padahal membohongi dari sendiri) Ingatlah bahkan orang munajak bodoh Pada saat amar bin hottob Ingin memenggal orang munafak (membaca syahadat) Rasulullah bias saya penggal kepadanya? Sabda Rasul Saya diutus, bukan untuk menyelidah hati manusia bandingan Sabda Rasul Sesungguhnya saya di utus untk menyempurnakan akhlak manusia, gambaran munajak pengertian. Apa yang dibicarakan tidak dipercaya Seperti orang menyalakan api tapi di ciptakan oleh Allah karena di ahtinya ada munafak. Mulutnya, mata, telinga ditutupi oleh (pikirane munajak) Orang dihujani, Gludung ditutupi telinga karena menolong perkara neraka, diterangi oleh kilat-kilat itu tutupi karena takut mati dan Allah menyertai orang-orang kafir. Hampir dia di sambar kilat dia sudah menjalani) tapi ambil lagi karena hatinya munajak. Kuasa Allah atas segala perkara di atas Menyembuhkan kalian pada Allah karena Allah yang menciptakan manusia dan makhluk sebelumnya. Jika ada keragu-raguan tentang Al-Quran disuruh buat satu surat saja dan suruh ngundang ahli-ahlinya atau berhala sekalian dan tidak ada yang bisa. Akhirnya mereka tidak bisa membuat dan tidak bisa maka takutlah kalian pada nerakanya yang bahan bakarnya dari manusia dan batu dan neraka tersebut untuk orangorang kafir.

Rasul di suruh memberi kabar apa perkara-perkara kita hidup di dunia yang tempat untuk mengumpulkan amal sodaqoh, ibadah apa kira tidak masuk perkara-perkara setan maksiat kufur kafir munafak, syirik, durhaka. Dan coba kita hitung, apa kita menjalani akhlaqul karimah yang hanya Rasulullah yang memberikan contoh.

2. IMAN Bab Islam yang baik (iman) Sabda Rasul Tiga perkara barang siapa menjalankan tiga perkara maka dia akan menemani manisnya iman yaitu Allah, Rasul, lebih dicintai dari yang dia cinta pada seorang karena Allah dia benci kepada kekafiran seperti halnya di masukkan ke neraka. 1. Cinta lebih pada Allah, Rasul yaitu Al-Quran dan hadist, Qur’an adalah kebesaran Allah, didalamnya isi dan beriman : hadist adalah gambaran Rasul (tingkah laku) yaitu akhlaqul qarimah apakah pernah engkau membaca, dan berusaha tau isinya karena itu bagian dari iman islam. 2. mencintai orang lain (seseorang) karena Allah cinta adalah percaya apakah kita percaya pada orang? Apalagi karena bentuk, ganteng, kaya, seksi, yang itu semua dari Allah dan semua itu menjadi penyebab ujian-ujian misalnya ganteng di gandrung atau selalu dikejar orang lain, kaya, sombong, seksi banyak yang menginginkannya dan lain-lain apalagi orang-orang berbuat makasiat, minuman keras, judi, mabuk dan lain-lain. Kadang-kadang gara-gara itu orang terlalu ingin tampil ganteng, seksi yang semua itu untuk di lihat orang agar cepat laku. Padahal iman tidak mungkin seperti itu dan mengurangi keamanan mencintai seseorang adalah karena iman dan bisa mencukupi dan tanggung jawabnya karena Allah, iman menurut Rasulullah dan Allah dan banyak lagi dan mengapa orang-orang sekarang berpikiran dunia saja? Padahal kita hidup sementara akhiratlah selamanya. 3. Benci perkara kekafiran, seperti benci dimasukkan di neraka miskin adalah penyebab utama terutama miskin hati, yang akhirnya mengikis keamanan dan menghalalkan segala cara pendidikan pertolongan bisa memberi pertolongan dan hanya bisa membantu ke sama. Iblis dan setan selalu mempengaruhi kita dengan kedok agama itu akan mengurangi mahanya hanya bisa berencana dan kita pasrah dan bencilah perkara-perkara itu seperti benci dengan dimasukkan ke neraka.

Sabda Rasul Tandanya orang iman, cinta orang ansor tandanya orang mungdek benci orang ansor. Ansor (sahabat Rasul di Madinah) Muhajir orang mekkah yang hijarah ke Madinah) Sabda Rasul Hamper saja, sebaik-baik orang islam itu kambing sampai orang islam itu mengikuti kambingnya di lereng-lereng Gunung dan hamper saja dia lari fitnah karena agamanya yang fitnah itu sendiri sebagai mana hujan. Pengertian gambaran orang iman demi agamanya di rela menjauh karena fitnah yang keji. Sabda Rasul Wahai sahabatku berjanjialah padaku kalian tidak mensekutukan Allah dengan segala seseuatu dan kalian tidak mencari maksiat, syirik, dan lain-lain dan tidak berzinah dan kalian tidak membunuh anak kalian, tidak berbohong yang asalnya dari hati kalian dan kalian tidak melakukan perbuatan maksiat, maka barang siapa melakukannya, maka akan mendapatkan pahala dari Allah, (Golongan orang iman) tapi barang siapa melanggar janji diatas kemudian di tutupi oleh Allah (orang lain tidak tahu tidak diketahui orang) maka dia itu menjadi urusan Allah jika Allah menghendaki, maka diampuni jika menghendaki maka dari siksa akhirnya para sahabat berjanji atas demikian maka dari itu di dunia raja akan di siksa apalagi di akhirat memperhatikan amanah atau kelihatan bagian tubuh walau itu ditutupi juga maksiat dan kedua iman membayangkan pahala dari kemulyaan di dunia saja kita mendapatkannya. NB. Tapi siapapun orang yang diuji oleh Allah menyayangi orang tersebut karena akan lebih bijaksana iman islam biasanya sebentar kalau sudah pasrah. Tapi siapapun orang yang diuji dia gak menerima maka ujian menjadi siksa dan butuh waktu lama untuk mengerti dan biasanya semakin berat. Sabda Rasul “Ingatlah siapa nabi diberi kitab dan hadist” Sabda Rasul Ada tiga ilmu menurut Rasul Pertama : Ayat bukhori (Al-Qur’an) dan maknanya karena bukan bahasa kita. Kedua Tiga : Sunatun qoimah (hadist) dan mengalahkannya. : Ilmu paroid (ilmu wasist) untuk membagi rizki yang tambahan yang lain untuk melengkapi perjalanan hidup. Perkara, dua orang kapur (mendekat kafir)

Sabda Rasul Saya mimpi diperhatikan neraka maka ketiak itu penduduk paling banyak adalah wanita. Kemudian sahabat bertanya apakah wanita itu kufur kepada Allah %. Sabda Rasul Yaitu kufur kepada suami dan kufur kepada kebaikan 1. Kufur kepada suami 2. Kufur kepada kebaikan Seandainya kamu berbuat baik pada salah satu wanita semasa (hidup) kemudian melihat sesuatu kesalahan, maka wanita itu menjawab saya tidak pernah mendapat kebaikan dari kamu sama sekali. Pengertian dari hadist 1. Kufur kepada suami Adalah berani kepada suami (tidak menuruti suami) 2. Kufur kebaikan lipatnya luas) Adalah orang yang tidak pernah berterima kasih dengan kebaikan orang lain dan mengganggap orang yang salah itu tidak pernah menghargai kebaikan orang lain karena manusia sifatnya tidak ada yang lengkap dan pasti mendapatkan ujian dari Tuhan. Maka orang yang seperti diatas akan menjadi penduduk neraka mengapa mesti condong kearah wanita yang dituju Rasulullah bahwa laki-laki yang sering keluar dari rumah dan dia yang lebih berjuang menghidupi keluarga maka belajar menyayang karena kasih itu belajar menghargai dan menghormati lain halnya Di akhirat 1. Hisab jelek 2. Ahli neraka 3. Tidak dipandang Allah wanita yang sering di rumah. Zinah akibat didunia : 1. Hilang wibawa 2. Melarat 3. Cepat mati Sabda Rasul bab jahiliyah Sesungguhnya kamu seseorang yang punya sifat jahiliyah. Pengertian Hadist Kalau perbuatan syirik itu adalah perbuatan jahiliyah, memuja selain Allah menyembah berhala. Firman Allah Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa orang syirik tapi Allah mengampuni selain dosa syirik. Pada orang yang dikehendaki. Sahabat ketika beliau mengolok sahabatnya.

Sabda Rasulullah Wahai Abadar mengapa engkau mengolok dok ibunya Rasul (orang laki-laki) % sesungguhnya engkau mengamalkan amalan-amalan jahiliyah, kamu harus tau pembantumu itu saudaramu. Allah menjadikan mereka dibawah kekuasaanmu, maka barang siapa yang mempunyai bawahan supaya dia beri makna dari apa-apa yang dia makan dan supaya dia memberi pakaian dari apa-apa dia pakai dan jangan kalian memaksa dari apa-apa yang mereka tidak mampu, maka jika kalian memaksa merka bantulah mereka (gotong royong). Sabda Rasul Ketika dua orang islam bertemu dengan pedangnya, maka orang yang dibunuh orang yang membunuh di neraka. Sahabat ibunya Kalau yang membunuh pantas masuk neraka kalau yang dibunuh kok masuk juga ? Sabda Rasul Karena yang dibunuh, berusaha untuk membunuh yang pembunuh. Ayat Orang yang beriman jangan imannya dengan penganiayaan (dzolim) sahabat bertanya ?, “Manakah diantara kami yang berbuat dzolim, semua kan dholim? Ayat sesungguhnya syirik adalah penganiayaan yang besar. Albaqoroh ayat-ayat 177 imam Tidak dinamakan kebaikan jika kalian itu memalingkan wajahnya ke arah timur dan berat, akan tetapi yang dinamakan kebaikan yaitu orang percaya kepada Allah (iman) hari akhir (kiamat), para malaikat, kitab-kitab para nabi sunan dan dia mendapatkan harta yang disenangi pada sahabat, anak yaitu orang miskin musafir, orang-orang yang minta budak miskatab, mendirikan sholat mendatangkan zakat menempati janji ketika berjanji dan sabar didalam sakit dan musibah, dan ketika bahaya mereka itulah orangoranrg yang benar dan mereka itulah orang yang takwa. Al Mu’minun ayat 1 Sungguh-sungguh ibu untung orang-orang beriman Sabda Rasul Iman itu adad 60 lebih bagian malu (akan Allah) bagian dari pada iman. Jadi muslim itu saudaranya selamat dari lisan tangannya.

Sabda Rasul Orang muslim itu adalah saudaranya, merasa selamat dari insani dan tangannya, orang yang pindah dari apa-apa yang oleh Allah (yang dianjurkan) Islam yang lebih utama Islam (selamat) Iman (Percaya) Ihsan (Keyakinan kuat, kekal) NB. Orang yang disampingnya saudara kerabat merasa aman dari pada perkataanperkataannya dan perbuatannya. Apa yang dimaksud ihsan Sabda Rasul Ihsan adalah kamu menyembah kepada Allah seakan-akan kamu tahu Allah, jika tidak tahu Allah, maka sesungguhnya Allah tahu kamu. NB. Percaya, kita kata dan hati dan sebenarnya juga perbuatan yaitu mengenai perintah yaitu sholat, dan lain-lain yaitu salah satu percaya kitab mengenai Al-Qur’an yang sebenarnya bukan kita baca saja dengan bahasa arab tapi juga mengerti makna dan mengerjakan baru itu lengkap iman dan Rasul apa kita kenal Rasul ? kan tidak tapi kita di tinggali tingkah laku beliau yaitu hadist juga begitu membaca, mengerjakan baru kita percaya dengan utuh yaitu iman. Wali Ullah (Kekasih Allah) Albaqoroh ayat 217) Allah, awalnya orang-orang iman Allah mengeluarkan mereka dari kesesatan menuju cahaya (iman) adapun orang kafir walinya berhala itu mengeluarkan mereka dari keamanan (ar rod u ayat 1) ? Apakah kalian menjadikan wali sekali Allah. (Al Isro’ Ayat 6) dan kamu (Muhammad SAW.) tidak akan bisa menjadikan mereka itu sebagai wali barang siapa yang dipetunjuk oleh Allah maka dia dan mendapat petunjuk dan barang sia[a di sesat Allah SWT. Naka kamu tidak akan bisa menjadikan mereka wali selain Allah. Maka kita niat Dari ayat tersebut menyimpulkan bahwa wali memuat Allah hanya Allah ayat tau dan wali merawat Allah adalah orang yang beriman. Ayat Anzin ayat 6 sesungguhnya dari sebagian manusia mintak pertimbangan pada jin menambah rusak mereka. Kerusakan akan terjadi karena keyakinan (iman) akan menyambung karena zin makhluk yang paling dekat dengan kita dua dan mempengaruhi kita dengan janji-janji

dunia kadang dia memberi janji kehendak padahal hanya Allah lah yang bisa menghendaki dan akhirnya kita bisa jadikan dari Allah SWT karena kita permintaan kita kepada Allah dengan hambat oleh jin. Perkara setan, Dusta sirik, berbohong, kufur itu semua bisikan setan, belajar jujur akan mendapat hidayah atau pertolongan 3. Manusia Adalah Zariyah Kita hidup adalah berkah oleh Allah dan zariyah-zariyah orang tua kita apakah kita sebagai manusia sudah berjariyah orang tua kita, Jariyah ilmu dari guru kita, Jariyah dari orang yang menyayangi kita, bahkan Rasulullah berjariyah kepada kita manusia diajaknya kita dari alam gelap gulita (berhala) menuju alam terang benderang (iman). Jadi kalau kita fakir bagaimana kita berjariyah amalkanlah yang beliau contohkan yaitu (hadiri) yang menurut masing-masing golongan dengan kita berjariyah sama saja kita menghormati beliau, beliau karena jasa beliau kita hidup tuturnya dengan akhlaqul karimah, Jariyah adalah materi, tingkah laku, perkataan budi. Islam yang baik (iman) Sabda Rasulullah SAW. “Kamu memberi makan dan memberi salam orang yang kamu kenal atau tidak adalah sebagian dari iman”. Sabda Rasulullah SAW. “Salah satu dari kalian itu tidak beriman sehingga engkau mencintai saudaranya seperti halnya mencintai diri sendiri”. Sabda Rasululah SAW. “Demi Allah yang menguasai diriku tidak dikatakan orang beriman dari kalian, sehingga kalian lebih mencintai aku (Rasul) dari pada orang tua mu istrimu, anakmu, pacar orang lain atau saudara semua manusia. Pengertian hadist hablumminannas (hubungan dengan orang) Sesungguhnya kalau mencintai orang tua melebihi cinta dengan Rasulullah maka belum tentu menyusug kita untuk mencintai Rasul tapi jika kita mencintai Rasul sudah pasti Rasul menyuruh kita mencintai orang tua atas nama Allah, ajaran Rasul. Apalagi kalau kita lihat kadang mencintai pacar dan lain-lain lebih dia cintai dari cintanya pada Rasulullah yang itu akan membuat dan membawa kesesatan apalagi kalau kita cintai kurang imannya itu membawa ke jurang kesengsaraan. Tapi kalau kita cinta dengan Rasul sudah pasti akan pilihan yang paling baik dan jalan menuju surga.

Sabda Rasul Ahli surga, ahli neraka masuk kedalam neraka Allah berkata mengeluarkanlah kalian malaikat pada orang-orang yang ada keimanan sebesar atom, akhirnya orang-orang tersebut di keluarkan dari neraka sungguh-sungguh dia itu hitam akhirnya di tempat ke air hujan (kehidupan) akhirnya tumbuh biji-bijian dipinggir sungai yang banjir keluar berwarna kuning bercahaya setelah itu dimasukkan ke surga. Persian Allah maha pengasih dan penyayang orang yang mempunyai iman sedikit tetep diampuni oleh Allah iman sedikit adalah orang membaca syahadat, orang kufur orang munafik orang hanya tau islam tapi tidak pernah mengerjakan apa yang Rasulullah ajarkan diantara Qur’an Hadist, menurut keterangan orang diangkat dari mereka berjuta-juta tahun Qur’an dan Hadist dibaca dimengerti, di pahami, menjalankannya padahal kalau kita tau itu kita akan meruji karena begitu, kita mendahulukan ilmu, ilmu dunia yang pada akhirnya kita masuk kategori orang mempunyai iman sedikit yang pada saat itu justru biaya-biaya besar untuk menempuh ilmu-ilmu dunia dan padahal semua itu Allah yang menghendaki untuk kita sukses di dunia maka dari itu marilah kita mencari kesuksesan di akhirat juga. Makrifat menurut orang, apa itu makrifat adalah mengetahui segala sesuatu. Sabda Rasul Saya lebih mengetahui tentang Allah dari pada kalian dan sesungguh makrifat kerjanya hati. NB. Apakah kita tahu bahkan kita tidak tahu dengan perasaan kita sendiri? Dan itulah kebesaran Allah yang mengetahui segala sesuatu. Firman Allah Akan tetapi Allah akan menghitung sesuatu dengan hati kalian. NB. Kita mengetahuinya Allah dari hati kalian mau surga apa neraka. Sabda rasul Sesungguhnya saya (Rasul) memerintahkan sesuatu perkara pada umatnya yaitu amalan mereka itu mampu. Maksudnya : Segala amal itu ada perkara Rsul dan perkara manusia perkara orang pasti mampu karena iman karena agama itu mudah. Kemudian sahabat bertanya : Sesungguhnya kami tidak seperti sampean Ya Rasulullah sesungguhnya Allah mengampuni dosa engkau yang telah dilakukan dan akan dilakukan akhirnya Rasul marah! Sehingga kelihatan merah wajahnya. Sabda Rasulullah

Sesungguhnya aku lebih takwa dari pada kalian dan lebih mengetahui tentang Allah dari kalian. Pengertian Maksud Rasul bahwa Rasul saja tidak berani menyatakan seperti sahabat tadi karena itu perkara Allah. Sesungguhnya iman adalah ucapan dan perbuatan makripat makripat itu perkara allah kalau kita menyatakan itu, maka keluar dari iman kalau kita memperkirakan/ andai-andai saja berikutnya. Pada saat dimadina rasul bersabda, melihat manusia itu didatangkan padaku, mereka memakai pakaian sebagian sampai susu dan sebagian lainnya dibawah susu ada pun Umar Bin Hattab di datangkan padaku memakai pakaian sampai kebawah ( semua), terus sahabat bertanya apa pengertian impian itu? Jawab rasul : Agama (Iman Kalian) Sedikit cerita : Umar Bin Hottob Bahwa sahnya Umar Bin Hottob merayu anaknya untuk beriman pada Rosul saat itu dan dan pada saat umar dibacakan ayat oleh anak nya yang jatuh dari sakunya kemidian Umar jatuh dan beriman dan memperjuangkan Islam, beliau sosok yang tegas , berwibawa dan kejam tapi dijalan Allah, jujur dan beriman menurut Allah dan Rosul bukan mau menurut orang-orang. Sabda Rosul Sesungguhnya malu sebagian dari iman Pengertian Malu berbuat maksiat, Sirik dll. Kalau malu kerja, tapi untuk laki-laki itu dosa dari kewajibannya sendiri Sabda Rosul Saya diperintahkan untuk memerangi manusia sehingga merka mau bersakasi bahwa sahnya tiada tuhan selain allah dan Muhammad utusan allah dan mereka mengerjakan sholat dan mendatangkan zakat, maka mereka mengerjakan itu akan terjaga darahnya dan hartanya(diperangi) kecuali hak islam. Kisos, (hutang, membunuh) ranjam (ditumpuki sampai mati karena jinah) adapun hisabnya (diampuni atau tidak) allahlah yang menghitungnya. Firman Allah Surga ini, itu diwariskan pada kalian sesuai amalan-amalan kalian, semakin tinggi amalannya semakin tinggi tinggi tingkat sorganya itu semua menjaga darah dan harta kita 1. Sudahkah betul sholat kita?

2. Sudahkah kita keluarkan zakat? 3. Sudahkah kita beriman? Contoh-contoh Rosul yang benar didalam hadist. Firman Allah Sesungguhnya allah, surga itu untuk orang-orang yang beriman dan beramal sholeh. Iman. Bukan percaya tidak, tapi cari ilmunya dan kerjakan bukan ilmu dunia saja. Beramal Sholeh Keluarkan zakat, sedekah, sholat. Bukan berarti yang punya saja tapi niatlah yang titunjukkan. Pada saat orang minta pertolongan kepada orang lain (Dukun, Kiyai) atau mengarah kesirikan adalah kita merasa ditolong oleh orang tersebut, pada saat ditanya orang lain ssiapa nolong ? jawab Kyai itu memberi pertolongan itulah kesirikan, yang mengatas namakan orang, padahal hanya Allahlah yang memberi pertolongan. Manusia hanya bisa saling Bantu, bisa membantu pun karena Allah manusia tidak bisa menghendaki segala sesuatu hanya bisa berusaha setelah dibantu bukan berarti tidak berterima kasih sama saja tidak mengrti dengan kebaikan, itu bagian dari kekufuran. Sabda Rasul “Barang siapa tidak syukur perkara yang kecil maka tidak syukur perkara yang besar. Kun fayakun Jadilah maka terjadilah Kun Fayakun tetap dengan proses yang menurut akal manusia nabi Nuh minta do’a pada Allah untuk kaumnya yang tidak beriman di siksa. Allah pada saat di kabulkan dengan jangka waktu selama 40 tahun. Sahabat saklabah Pada saat itu meminta pada Rasulullah supaya do’akan Rasulullah kaya dan di do’akan 3. fg

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->