Oleh-Oleh Lakse Oleh : Hadi Rumadi

1. Transkripsi Percakapan
Setting percakapan ini terjadi kira-kira setelah shalat Magrib (sekitar pukul 18.30) di dalam kontrakan perumahan Mutiara Permai ecamatan !ampan-Pekanbaru. Percakapan ini bera"al dari dua orang mahasis"a #ang bernama $endrik (mahasis"a semester 3% &akultas 'konomi ()*) dan +etto (mahasis"a semester 3% &isipol ()* ). Mereka baru saja datang dari kampung% #aitu di !anjung ,alai arimun epri. Mereka meletakkan barang ba"aan#a (- buah tas ransel dan - buah kotak Mie). Setelah pintu rumah dibuka oleh .oni ( Suku /a"a% mahasis"a semester 3% &akultas 'konomi ()*). .oni langsung ke kamarn#a% mungkin ada #ang dikerjakan. !ak lama kemudian datang .irga (mahasis"a semester 0 &ekon ()*) menghampiri $endrik dan +etto. .irga $endrik 12/am berapa kalian sampai tadi3 (masih dalam posisi berdiri) 12 urang jelas juga% baru saja (berhenti sejenak% seperti mengingat-ingat) lama jugalah% mungkin setengah jam tadi4 (meralat ja"aban pertama sambil menggantungkan jaketn#a dan duduk bersandar dengan dinding rumah) 12 alian berangkat dari sana32 125ntara jam 08.00-an lah2

.irga $endrik

.ialog berhenti sejenak. .irga 12 .apat kursi32 $endrik 12 !idak...kursi tu2 (agak samar% berhenti sejenak) $endrik 12 hhhhh% o".2 $endrik 12 ursi belakang 2 .irga 12 sampai pekanbaru62 $endrik 12!idak6 +etto sendiri duduk ni%2 (berhenti) 4sampai di mana #a3... (sambil mengingat-ngingat)% sampai di Sorek. !urun satu orang2. (.ialog berhenti sejenak% terdengar deretan #ang ditimbulkan oleh pintu #ang di buka. +etto keluar dari kamar mandi% setelah itu berbaring. $endrik pun bangkit dan berbaring di dekat +etto. +alu .irgapun menuang air minum dan mencari remote tele7isi. Setelah itu $endrik membuka karton #ang diba"a dari kampung.) $endrik +etto .oni .oni +etto +etto .oni +etto $endrik +etto 125pa isi karton ini% !o3% Sambal32(sambil memotong tali pengikat karton) 12 ,ukan6 +akse-lah2 12 5#o mana +akseku tadi (peringatkan +etto sambil mendekati karton) 12 5#o to% minta dikit% aku kan dah pesan kemarin. 5tom ada tak3 12 5tom6 #a% tak kubeli kata ku kemarin32 tak ada6 12 5ku tak singgah ke Selat Panjang lagi32 12 mengapa tidak bisa ke Selat Panjang32 125ku sibuk sekali2 1 4gimana masak lakse ni !o3 12Masak dulu airn#a sampai mendidih% setelah itu masuk kan +akse kedalamn#a2

00-an lah2 nampak dia tidak begitu tahu% pukul berapa pastin#a mereka berangkat dari kampung menuju Pekanbaru. Jawa an Hendrik %2kurang jelas juga% baru saja2(kalimat deklarati9) nampakn#a Hendrik tidak begitu tahu secara pasti% kapan mereka sampai dan ja"aban tersebut merupakan ja"aban spontanitas% karena ja"aban pertama langsung diralat setelah berpikir sejenak. ($endrik pun memindahkan beberapa bungkus lakse ke dalam talam.. Posisi Dirga #ang berdiri sambil bertan#a menunjukkan bah"a #ang datang adalah orang #ang sudah biasa jumpa sehingga tidak begitu antusias men#ambut datang orang dari kampung.irga men#etel tele7isi dan menonton acara Sepak . Pertan#aan Dirga %2.i buat dari apa% +akse ini haa32berlendir2. Pertan#aan lanjutan dari Dirga %2 alian berangkat dari sana32 (kalimat introgati9). h. Sama juga 9ungsin#a dengan pertan#aan pertama. g. maksud dari pertan#aan itu adalah%2 kalian dapat bangku (tempat duduk)32 tapi karena konteks dan kebiasaan bahasa lisan% maka kata 4dapat kursi2 itu tidak menjadi persoalan.apat kursi32 (kalimat interogati9). Sebenarn#a pertan#aan dari sana itu tidak ada masalah dalam "acana lisan% karena sudah dibangun oleh konteks sebelumn#a #aitu baru tiba dari kampung tentu #ang di maksud dari sana tentu kampung mereka. Pembicaraan berubah ke topik lain ketika . Sering orang menja"ab secara spontanitas tanpa melalui proses berpikir merupakan hal ini biasa dalam "acana lisan.. 9. (capan Hendrik%2 hhhhh% o"32 merupakan keluhan spontanitas% guna mencari ja"aban dari pertan#aan Dirga! /a"aban Hendrik%2kursi belakang%2maksud kursi belakang pada "acana lisan dalam dialog ini adalah kursi paling belakang (kursi #ang dapat menimbulkan b. Pertanyaan Dirga% 4Pukul berapa kalian sampai di sini 32 (kalimat introgati9). +etto 12. i. d. e. Analisis a. Pertan#aan ini kalau kita pehatikan sekilas kurang lengkap. arena dari 4sana2 itu umum. Seandain#a orang #ang datang orang penting atau orang #ang tidak pernah datang tentu dia berdiri mungkin bersalaman men#ambut tamu tersebut. ursi itu maksudn#a bangku #ang ada di dalam mobil tra7el.oni 12. /a"aban Hendrik%2 !idak% kursi tu2ja"aban ini juga maksudn#a sama dengan pertan#aan sebelumn#a. Dialog pertama merupakan dialog umum dalam "acana lisan% karena apa bila orang baru saja datang dari kampung dan sudah lama tidak ketemu tentu #ang ditan#akann#a adalah tentang keadaan #ang berhubungan dengan #ang baru datang seperti sampai jam berapa sampai di sini atau pertan#aan bagaimana kabarn#a% atau bisa juga bagaimana kabar orang di kampung dan pertan#aan #ang lainn#a. ursi #ang dimaksud adalah kursi mobil tra7el. c.ola% PSPS 8s Persija) -.ari pohon Sagu% #a di proseslah6 . . /a"aban Hendrik %2 5ntara jam 08. 5palagi ken#ataan#a Dirga lebih senior dari Hendrik dan Letto% karena akrabn#a mereka% sapaan kalian merupakan hal #ang lumrah di kalangan mahasis"a #ang ngekos. Sebenarn#a pertan#aan #ang sudah menjadi umum untuk menga"ali sebuah percakapan.. j.oni 1 oo.

merupakan bantahan dari tebakan ja"aban dari Hendrik dan memberi ja"aban #ang benar bah"a isi karton itu adalah lakse.eli tidak apa kataku kemarin 32 (kalimat deklarati9) kalimat ini juga di bangun oleh konteks sebelumn#a. +anjutan% Letto mengungkapkan% 45ku tak singgah ke Selat Panjang lagi2 (kalimat deklarati9). 5tom ada tak3 merupakan konteks peristi"a #ang terjadi secara tibatiba% di mana mungkin pada perbincangan sebelumn#a% Letto telah menjanjikan dengan Doni untuk membelikann#a oleh-oleh berupa lakse% sehingga kepulangan Letto sangat dinanti oleh Doni! !ern#ata% . Pertan#aan% Sambal3 Hendrik berusaha menembak isi #ang ada di dalam karton.2 (kalimat interogati9). . Pertan#aan Doni %2Mengapa tidak bisa ke Selat Panjang323(kalimat introgati9). Pertan#aan Hendrik % 4gimana masak lakse ni% !o3 (kalimat interogati9).(sambil mengingat-ngingat)% sampai di Sorek. $al itu dikarenakan dia tidak mampir ke Selat Panjang. Pada dialog berikut ada terjadi peralihan pembicaraan #aitu membahas masalah oleh-oleh #ang mereka ba"a dari kampung.k. /a"aban Hendrik % !idak6 Letto sendiri duduk ni%2 (berhenti) 4sampai di mana #a3. Hendrik tidak tahu secara pasti cara mengolah makanan dari Sagu ini menjadi makanan #ang enak. alimat di atas bermaksud menan#akan cara memasak lakse. !erjadi peralihan tempat duduk% semula Letto duduk di belakang berpindah ke kursi tengah karena ada salah satu penumpang #ang turun di Sorek.oni tidak han#a mengharapakan lakse #ang han#a di ba"a oleh Letto! Doni mengharapkan ada 5tom #ang diba"a oleh +etto. s. o. Doni meminta alasan mengapa Letto tidak bisa ke Selat Panjang. Mimik . t.iasalah apalagi #ang diba"a anak kos kalau baru datang dari kampung. m.5tom dalam hal ini adalah sejenis kerupuk berbentuk bulat-bulat terbuat dari daging ikan% dan ber"arna putih. . Pastin#a stok sambal untuk beberapa hari. Doni seolaholah tidak #akin dan ingin tahu benar dengan ja"aban Letto! /a"aban %25ku sibuk sekali2 merupakan ja"aban bah"a Letto sangat sibuk sehingga tidak sempat untuk ke Selat Panjang. Pertan#aan Dirga% 4sampai Pekanbaru32 merupakan reaksi dari ja"aban sebelumn#a. :.. Doni ingin tahu benar apa bahan dasar dari lakse itu% sambil bercanda dan memegang beberapa bagian lakse #ang masih basah dan berair itu menggunakan tangann#a. /a"aban Letto% 12 5tom6 #a% tak kubeli kata ku kemarin62 tak ada6 Pertan#aan Sama%2. Mendengar kata +akse% Doni #ang tadi han#a berada di kamar% langsung keluar dari kamarn#a% dan mengucapkan% 12 5#o to% minta dikit% aku kan dah pesan kemarin.isa saja% Letto telah menjanjikan untuk membelikan Doni beberapa 5tom.i buat dari apa% +akse ini haa% e#3 .erlendir. 5dan#a penegasan mengapa Letto tidak membelikan Doni beberapa 5tom. pegal badan).. n. Sambil mengerutkan dahi dia mengucapkan#a. ita tidak akan tahu maksud dari kalimat ini kalau tidak ada penjelasan konteks sebelumn#a. /a"aban Letto %2. Pertan#aan 4sampai Pekanbaru di sini adalah kamu duduk di kursi belakang dari kampung sampai ke Pekanbaru. Pertan#aan2 5pa isi karton ini% !o3% Sambal32( (kalimat introgati9) merupakan pertan#aan ini merupakan meminta ja"abann#a karena Hendrik membuka karton itu. 5palagi lakse #ang di ba"a oleh Letto masih mentah dan berair. Pertan#aan Doni% 2. l. r.ukan% +akselah2. p. !urun satu orang2 ja"aban 4tidak2 merupakan respon dari pertan#aan sampai ke Pekanbaru3 Maksud tidak di sini adalah bukan berarti keduan#a duduk di belakang sampai ke Pekanbaru% tetapi han#a Letto #ang duduk di kursi belakang.

*on9ormal ditekankan pada konteks pembicaraan #ang dilakukan oleh beberapa orang mahasis"a ()* di sebuah kontrakan.iasan#a setiap mahasis"a datang dari kampung pasti memba"a ole-oleh untuk teman akrabn#a% baik di rumah atau di kampus. !anggapan Doni" #oo$! 5dan#a unsur spontanitas di sini% #ang menjelaskan seolah-olah doni mengerti apa #ang dikemukakan oleh Letto mengenai pembuatan lakse. 7. Pern#ataan tersebut seolah-olah ingin menjelaskan bah"a sagu #ang dikenal han#alah salah satu jenis tanaman seperti kelapa sa"it atau pohon kelapa% tetapi memiliki kegunaan sebagai bahan pangan melalui batangn#a #ang berampas. Letto menja"ab%12dari pohon Sagu% #a diproseslah6 (kalimat dekalarati9). . Si9at lumrah mahasis"a berupa keingintahuan #ang besar terjadi di dalam konteks percakapan ini. *ampakn#a pertan#aan Doni direspon oleh Letto" dari apa lakse itu dibuat. u.iau.i sini ada penegasan% 4#a diproseslah2.iau sengaja diperkenalkan bagi mas#arakat di luar . . c! %impulan .muka selalu terjadi tiap kali orang merasa baru lihat atau baru mengetahui hal-hal #ang baru dan unik. Pastin#a keingintahuan itu selalu memacu sesorang untuk membuat pern#ataan dan pertan#aan dalam bentuk kalimat lisan. . +akse sebagai salah satu jenis makanan mas#arakat Mela#u .erdasarkan pemaparan "acana lisan di atas% percakapan #ang dilakukan dikategorikan pada suasana non9ormal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful