Kebijakan BAP-S/M Provinsi jawa tengah Workshop Kepala SMP Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu Oleh: Drs

. Subarjo,MM Ketua (BAP-S/M) provinsi jawa tengah tahun 2013 1. Akreditasi UUD 45 mengamanatkan kepada kita setiap warga Negara berhak memperoleh pendidikan yang bermutu Untuk dapat menyelenggarakan yang bermutu setiap satuan pendidikan harus memenuhi/ melampaui standar, berdasarkan 8 standar nassional pendidikan PP 19 tahun 2005 Untuk mengetahui ketercapaian atau tingkat pemenuhan standar perlu diadakan penilaian berdasarkan acuan standar nasional pendidikan yang disebut Akreditasi a. Visi pendidikan nasional Terselenggaranya layanan prima – pelanggan merasa puas- pendidikan nasional untuk membentuk insane Indonesia yang cerdas (mental,sosial) dan comprehensive. b. Kerangka filosofis 1. Bahwa diantara tujuan didirikannya NKRI adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa 2. Setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan yang bermutu 3. Pembaharuan system pendidikan meliputi penghapusan diskriminasi antara pendidikan yang dikelola oleh pemerintah dan oleh masyarakat 4. Misi pendidkan nasional adalah mengupayakan perluasan dn pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia c. Landasan yuridis 1. Permendikbud Nomor 59 tahun 2012 tentang Badan Akreditasi Nasional 2. Perbub nomor..tahun 2013 tentang pelaksanaan akreditasi di jawa tengah d. Sekolah yang sudah diakreditasi boleh mengajukan lagi akreditasi untuk memperbaiki nilai dari B ke A setelah satu tahun e. Motto BAN-S/M  Profesonal  Terpercaya  Terbuka f. Menurut UU Sisdiknas th 2003 akerditasi dilaksanakan untuk menentukan kelayakan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang g. PP 19 2005 bahwa akreditasi adalah penilaian berdasarkan criteria 8standar pendidikan. Akreditasi merupakan bentuk akuntabilitas public dilakukan secara obyektif, adil, transparan dan comprehensive h. Permendikbud 59 tahun 2012 akreditasi adalah penilaian untuk sekolah dasar dan menengah i. Akreditasi pada hakekatnya adalah perintah Undang- undang . sekolah yang tidak terakreditasi kehilangan haknya untuk menyelenggarakan Ujian j. Tujuan akreditasi 1. Memberikan infromasi tentang kelayakan satuan pendidikan berdasarkan standar nasional

Standar pengelolaan 7. Rasio guru.2. Ketrampilan g. Daftar inventaris barang b. Kerangka dasar dan struktur kurikulum b. Kemampuan c. Standar Isi permen 22/2006 a. tugas b. Pengetahuan d. Daftar keluar masuk barang c. Memberikan pengakuan peringkat kelayaakan 3.partisipasi. Kecerdasan b. Kepribadian e. Memberikan rekomendasi tentang penjaminan mutu pendidikan k. Ulangan mid semester 2. Umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah l. Akhlaq mulia f. Biaya opersional b.motivasi. inspiratif. MANFAAT AKRDITASI 1. Dasar melanjutkan ke jenjang yg lebih tinggi 4. Biaya Personal c. Standar penilaian a. Beban belajar c. Penilaian oleh sekolah’ 1. Standar proses 41/2007 a. Penilaian proses 2. Penilaian oleh guru 1. Motivator agar sekolah meningkatkan mutu 3.kreatif. Acuan untuk meningkatkan mutu 2. Keteladanan pendidik ( rasa senang pada guru) c. Pengamatan 4. Kalender pendidikan 2. Proses-interaktif. Standar pendidik 5. Standar kelulusan 26/2006 a. mandiri b. menyenangkan.siswa 3. Ulangan harian 3. Standar pembiayaan a. KTSP d. Daftar penerimaan barang 6. Biaya Investasi 8. Standar sarpras a. Standar Pendidikan Nasional 1. Efisien dan efektif ( variasi metode yang berorientasi kompetensi siswa) d. prakarsa. Ulangan akhir semester .

Penilaian oleh pemerintah 1. Memperoleh nilai minimal seluruhnya 56 2. Ulangan kenaikan kelas 4. Ujian sekolah tulis dan praktik c. Ujian Nasional Fungsi SNP 1. n. Sebagai dasar perencanaan. o. tapi bila sekolah menolak diakreditasi bila masa berlakunya sudah habis masa akreditasinya tidak bias diperpanjang 2. p. Sekolah yang masa berlakunya habis tapi belum diakreditasi maka akreditasi yang sebelumnya masih berlaku. Masa berlaku akerditasi 5 tahun dan 6 bulan sebelumnya harus lapor s. 3. operasional dan investasi) Criteria Status akreditasi 1. pelaksanaan. Tidak ada dua komponen yang nilainya kurang dari 56 3. q. Standar nasional pendidikan 3. Tidak ada komponen yang nilainya kurang 40 Peringkat hasil akreditasi nilai 86 – 100 Amat baik 71 – 85 Baik 56 – 70 cukup r. daftar inventaris barang. pencatatan biaya personal.m. dan pengawasan pendidikan Tujuan SNP: menjamin mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak Kelemahan kepala sekolah adalah supervise pembelajaran. Kondisi Akreditasi di jawa tengah dan bagaimana seharusnya .