P. 1
Keragaman Flora Dan Fauna Di Indonesia

Keragaman Flora Dan Fauna Di Indonesia

|Views: 195|Likes:
Published by renee_bkt
fauna
fauna

More info:

Published by: renee_bkt on Dec 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2014

pdf

text

original

Keragaman Flora dan Fauna di Indonesia

Persebaran Fauna (dunia hewa) di Indonesia Fauna Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga corak yang berbeda, yaitu fauna bagian barat, tengah, dan timur. Garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian Barat dan Tengah dinamakan garis Wallace, sedangkan garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian Tengah dan Timur dinamakan Garis Weber.

Fauna tipe Asiatis, Fauna Indonesia bagian Barat atau tipe asiatis mencakup wilayah Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Mamalia berukuran besar banyak ditemui di wilayah ini seperti gajah, macan, tapir, badak bercula satu, banteng, kerbau, rusa, babi hutan, orang utan, monyet, bekantan, dan lain-lain. Selain mamalia, di wilayah ini banyak pula ditemui reptil seperti ular, buaya, tokek, kadal, tokek, biawak, bunglon, kura-kura, dan trenggiling. Berbagai jenis burung yang dapat ditemui di antaranya burung hantu, gagak, jalak, elang, merak, kutilang, dan berbagai macam unggas. Berbagai macam ikan air tawar seperti pesut (sejenis lumba-lumba di Sungai Mahakam) dapat ditemui di wilayah ini.

dan Kepulauan Aru. monyet hitam. Fauna tipe Australis. kuskus. pemanjat berkantung (oposum layang). kasuari. landak irian (nokdiak). Di samping mamalia tersebut. buaya. Fauna Indonesia Tengah merupakan tipe peralihan atau Austral Asiatic. tidak ditemukan kera. Fauna berupa mamalia yang menghuni wilayah ini antara lain kangguru. sapi. Fauna yang menghuni wilayah ini antara lain babi rusa. dan banteng. walabi. sapi. dan namudur. beruang. dan Nusa Tenggara serta sejumlah pulau kecil di sekitar pulau-pulau tersebut. anoa.  Fauna Peralihan dan asli. kuskus. Jenis ikan air tawar yang ada di relatif sedikit. kuda. . Di wilayah ini. Berbagai jenis burung ditemui di wilayah ini di antaranya burung cenderawasih. Fauna Indonesia bagian Timur atau disebut tipe australic tersebar di wilayah Papua. mencakup Sulawesi. Timor. nuri. Wilayah fauna Indonesia Tengah disebut pula wilayah fauna kepulauan Wallace. ikan duyung. beruang. dan kelelawar. monyet saba. Halmahera. Maluku. raja udang. kangguru pohon. tarsius. ular. terdapat pula reptil seperti biawak. kadal.

Selain itu terdapat pula reptil. buaya. amfibi. Berbagai macam burung yang terdapat di wilayah ini di antaranya maleo. Reptil yang terdapat di daerah ini di antaranya biawak. komodo. mandar. dan kakatua nuri. Berikut ini gambar contoh fauna Indonesia bagian Tengah. rangkong. dan berbagai jenis burung. raja udang. burung dewata. . dan ular.

Rafflesia Arnoldi Padma Raksasa (Rafflesia arnoldii) merupakan tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar. Satu-satunya bagian yang bisa disebut sebagai "tanaman" adalah jaringan yang tumbuh di tumbuhan merambat Tetrastigma. Kabupaten Bengkulu Selatan. Tumbuhan ini endemik di Pulau Sumatera. Di Pulau Jawa tumbuh hanya satu jenis patma parasit. Joseph Arnold sebagai penemu bunga. Hewan penyerbuk adalah lalat yang . ada pula yang bercorak Orientalis. bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. Flora atau tumbuhan yang ada di Indonesia juga beragam sekali. Bunga merupakan parasit tidak berakar. Dr. yang langka. jantan atau betina. Joseph Arnold sendiri saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Di dasar bunga terdapat bagian seperti piringan berduri. Lubuk Tapi. Bunga mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong. Jadi penamaan bunga Rafflesia arnoldii didasarkan dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr. dan Sumatera Selatan). Bunga menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang Tetrastigma. Seorang pemandu yang bekerja pada Dr. tidak berdaun. Ada yang endemik atau asli dari Indonesia. berisi benang sari atau putik bergantung pada jenis kelamin bunga. Asiatis maupun Australis. Kerinci Seblat merupakan daerah konservasi utama spesies ini. Penamaan bunga raksasa ini tidak terlepas oleh sejarah penemuannya pertama kali pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatera) di suatu tempat dekat Sungai Manna. bersama-sama dengan anggota genus Rafflesia yang lainnya. Indonesia juga memiliki keanekaragaman flora yang tak kalah menarik. Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram. terutama bagian selatan (Bengkulu. Taman Nasional. Jambi.00 Jumat.KEANEKARAGAMAN FLORA DI INDONESIA Diposkan oleh Me di 00. Berikut ini adalah beberapa mflora atau tumbuhan yang hidup di Indonesia baik yang endemik. Ia tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana) Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis. Jenis ini. Rafflesia patma. maupun yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. dan tidak bertangkai. sehingga Bengkulu dikenal di dunia sebagai The Land of Rafflesia atau Bumi Rafflesia. terancam statusnya akibat penggundulan hutan yang dahsyat. Joseph Arnold yang menemukan bunga raksasa ini pertama kali. 1. 16 November 2012 Selain memiliki keanekaragaman fauna yang sangat besar.

Bunga Melati . Filipina. Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) ditetapkan sebagai Puspa Pesona Indonesia mendampingi bunga melati (Jasminum sambac) yang ditetapkan sebagai puspa bangsa Indonesia dan padma raksasa (Rafflesia arnoldii) sebagai puspa langka Indonesia. Persentase pembuahan sangat kecil. Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) merupakan salah satu anggota genus Phalaenopsis. Anggrek Bulan Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) merupakan salah satu bunga nasional Indonesia. Blume. Bunga anggrek bulan memiliki sedikit keharuman dan waktu mekar yang lama serta dapat tumbuh hingga diameter 10 cm lebih. Pemerintah menetapkan anggrek bulan sebagai puspa pesona mendampingi melati (puspa bangsa). namun kelestarian puspa pesona ini di alam liar tetap semakin terdesak oleh hilangnya habitat sebagai akibat deforestasi hutan baik akibat penebangan liar ataupun kebakaran hutan. Lantaran keindahannya itu wajar jika kemudian anggrek bulan ditetapkan sebagai puspa pesona. Anggrek bulan ditetapkan sebagai puspa pesona mendampingi melati (puspa bangsa) dan padma raksasa (puspa langka). dan padma raksasa (puspa langka) berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1993. Phalaenopsis sendiri sedikitnya terdiri atas 60 jenis (spesies) dengan sekitar 140 varietas yang 60 varietas diantaranya terdapat di Indonesia. anggrek terbang (Maluku). Di Indonesia. genus yang pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda. satu diantara 3 bunga nasional Indonesia. 3. dan anggrek menur (Jawa). itu pun kalau ada lalat yang datang membuahi.L. Akar anggrek bulan berwarna putih berbentuk bulat memanjang dan terasa berdaging. Anggrek bulan hidup secara epifit dengan menempel pada batang atau cabang pohon di hutan-hutan. Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) merupakan jenis anggrek (Orchidaceae) yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih. 2. Indonesia. Anggrek bulan memiliki beberapa nama daerah seperti anggrek wulan (Jawa dan Bali). Daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) tumbuh liar dan tersebar luas mulai dari Malaysia. Secara liar anggrek bulan mampu tumbuh subur hingga ketinggian 600 meter dpl. Anggrek bulan termasuk dalam tanaman anggrek monopodial yang menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. Dr. hingga ke Australia. C. anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) pertama kali ditemukan di Maluku.tertarik dengan bau busuk yang dikeluarkan bunga. Juga banyak yang melakukan persilangan sehingga memunculkan varietas-varietas baru anggrek bulan hibrida. Meskipun saat ini sudah banyak anggrek bulan hasil persilangan (anggrek bulan hibrida) yang memiliki corak dan warna beragam jenis. Papua. karena bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersamaan dalam satu minggu. Meskipun banyak pehobi anggrek yang membudidayakan anggrek bulan. Bunga hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari) dan setelah itu layu dan mati.

farmasi. salah satu jenis melati dijadikan sebagai "puspa bangsa" atau simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac). dan hidup menahun. Tanaman dengan aroma wangi dan menjadi lambang kesucian ini berasal dari Asia Selatan dan tersebar hampir di seluruh dunia termasuk di Indonesia. . karena bunga putih kecil yang harum ini melambangkan kesucian dan kemurnian.Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati merupakan tanaman perdu. officinale).600 meter dpl. Eratnya berbagai tradisi di nusantara yang berkaitan dengan bunga melati tidak terlepas dari makna filosofis bunga melati yang melambangkan kesederhanaan. nyaman. karangan bunga. Di Indonesia. bunga melati memiliki banyak spesies. campuran teh hingga menjadi tanaman obat. Daunnya hijau. namun secara umum melati menyukai habitat beriklim tropis pada daerah dataran rendah hingga ketinggian 1. berbentuk membulat. Melati Air (Jasminum sambac) Melati Gambir (Jasminum pubescens) Melati Gambir. tumbuhan ini dapat tumbuh dengan mudah tanpa membutuhkan perawatan yang rumit dan berbunga sepanjang tahun. Bunga Melati mengeluarkan aroma harum yang lembut dan tidak menusuk hidung memberikan makna dan kesan lembut. Beberapa spesies yang populer di Indonesia diantaranya adalah:     Melati Putih. bunga ini melambangkan kesucian dan keelokan budi. bahan pembuatan minyak wangi. dan tenang. Jumlah jenisnya mencapai 200-an spesies yang sebagian besar masih tumbuh meliar di hutan-hutan. umumnya berwarna putih. Selain itu bunga melati juga sering menjadi alat pelengkap berbagai tradisi yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia seperti dalam upacara perkawinan. kosmetika. Karena itu pula tidak mengherankan jika kemudian salah satu jenis bunga melati yaitu Melati Putih (Jasminum sambac) ditetapakan sebagai puspa bangsa. Di samping itu. berbau harum dengan mahkota bunga selapis atau menumpuk. Jenis lain yang juga populer adalah melati gambir (J. King Jasmine (Jasminum rex) Bunga melati mempunya berbagai manfaat mulai sebagai bunga tabur. Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia. Star Jasmine (Jasminum multiflora) Melati Raja. tumbuh meliar dan mempunyai bunga yang kecil seakan melambangkan kesederhaan. Tiap spesies memiliki habitat yang berbeda. Meski hanya sedikit (sekitar 9 jenis saja) yang biasa dibudidayakan. serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. berdasarkan Kepres Nomor 4 Tahun 1993. Ini terlihat dari sosok tanaman melati yang sederhana. berbatang tegak merayap. satu dari tiga bunga nasional Indonesia. Warnanya yang putih bersih serta tidak mencolok. Melati Hutan. terutama suku Jawa dan Sunda. Bunganya berukuran kecil.

Ai nituk (Roti). Candhana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah. Ujung daun runcing meskipun terkadang membulat. Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Cendana Cendana.200 m dpl. Pada awal masa . meskipun sekarang ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya. Candana (BeIitung). kayu cendana dari Timor juga sangat dihargai. kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur. Cendana merupakan tumbuhan hemiparasit (setengah parasit) yaitu bersifat parasit hanya dalam sebagian tahap perkembangannya. serta sangkur keris (warangka).4. aromaterapi. dan kerap menggugurkan daun. IUCN Redlist pun memasukkannya sebagai spesies vulnerable. Di Indonesia. bahan dupa. Sebagai gantinya sejumlah pakar aromaterapi dan parfum menggunakan kayu cendana jenggi (Santalum spicatum). Di Indonesia. Konon di Sri Lanka kayu ini digunakan untuk membalsam jenazah putri-putri raja sejak abad ke9. Candana (Makasar). khususnya pulau Sumba. Cendana memiliki perbungaan yang terminal atau eksiler yang tumbuh di ujung dan ketiak daun. Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal. campuran parfum. atau cendana wangi. merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Candani (Jawa). Sindana (Dayak). karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. dan oleh karena itu kadar harumnya pun berbeda. Ai kamelin (Timor). Batangnya bulat agak berlekuk-lekuk. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya. Kayu ata (FIores). Ai nitu. Sedangkan dalam bahasa latin nama ilmiahnya adalah Santalum album. Hau meni. Ayu luhi (Gorontalo). Pohon cendana di beberapa daerah di Indonesia dikenal sebagai Candana (Minangkabau) Tindana. Sondana (Sulawesi Utara). Cendana (Santalum album) memiliki batang berukuran kecil hingga sedang dengan diameter mencapai 40 cm dan tinggi mencapai 20 meter. Pohon cendana pula yang kemudian ditetapkan sebagai flora identitas provinsi NTT. Cendana tumbuh di tanah yang panas dan kering terutama di tanah yang banyak kapurnya pada ketinggian hingga 1. Konon karena pohon cendana inilah pulau sumba kemudian mendapatkan julukan sebagai Sandalwood Island. Candana (Sunda). Sundana (Sangir). Kedua jenis kayu ini berbeda konsentrasi bahan kimia yang dikandungnya. Pohon cendana pada abad ke-15 menjadi daya tarik bagi bangsa Eropa untuk memburunya di Nusa Tenggara Timur (NTT). Tajuk pohonnya ramping atau melebar. Kayu yang berasal dari daerah Mysoram di India selatan biasanya dianggap yang paling bagus kualitasnya. Sayangnya pohon cendana saat ini mulai langka. Kamenir (Wetar). khususnya di Pulau Timor. Candana. dan Maoni (Kisar). Kulitnya kasar dan berwarna cokelat tua. Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad. Dana (Sumbawa). Akar cendana tanpa banir. Batang yang sudah tua berbau harum. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan. Cendana memiliki buah batu berbentuk bulat yang berwarna hitam saat masak. Daun cendana tunggal. Candhana lakek (Madura). berhadapan dengan bentuk elips dan tepi daun yang rata.

Menurut data Dinas Kehutanan Kabupaten Timor Tengah Utara. Bahkan hingga di beberapa negara seperti India. Berbagai kemanfaatan dan kegunaan kayu dan minyak cendana menjadikannya sebagai primadona sejak abad ke-15 silam. kosmetik. aromaterapi. Pantar. Jauh menurun dibandingkan pada tahun 1980-an dimana jumlahnya tidak terhitung. Bahkan peraturan ini berlanjut saat Indonesia merdeka hingga tahun 1980-an. dan obat tradisional. Bunga Bangkai . Alor. Apalagi dengan karakteristiknya sebagai pohon hemiparasit sehingga sukar dibudidayakan. Pohon cendana dipercaya merupakan pohon asli Indonesia yang tersebar secara alami Larantuka (Flores Timur). Cendana memiliki sifat antiplogistik (antiinflamasi). Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan. relaksan dan tonik. Penyebab kelangkaan pohon cendana lainnya adalah penebangan dan eksploitasi besar-besaran yang tidak diimbangi dengan pembudidayaan yang baik. Solor. Selain itu. karminatif. Pada masa penjajahan Belanda. dan Wetar. diuretik. China. 5. Sulawesi. dan Maluku. astringen. Minyak dan kayu cendana umumnya digunakan sebagai wewangian pada dupa. pohon cendana kerap kali dimanfaatkan juga sebagai bumbu makanan dan minuman. seluruh pohon cendana diberi cap sebagai milik pemerintah Belanda. pada tahun 2012 ini tercatat hanya terdapat 45. Sumba.pertumbuhannya kecambah pohon cendana membutuhkan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya. emolien. Timor Barat. antispasmodik.428 pohon saja di kabupaten tersebut. Lomblen. ekspektoran. Menilik kemanfaatan pohon cendana dan daerah sebarannya yang asli Nusa Tenggara Timur tersebut tidak berlebihan jika kemudian tumbuhan ini dinobatkan sebagai flora identitas (maskot) provinsi Nusa Tenggara Timur. Saat ini pohon cendana tersebar ke berbagai pulau di Indonesia termasuk Jawa. parfum dan sabun. Kayunya pun dapat dijadikan bahan ukiran yang indah sekaligus menebarkan aroma harum. dan Filipina. Pohon cendana dimanfaatkan terutama sebagai penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kebijakan ini yang kemudian membuat rakyat enggan untuk menanam pohon cendana sehingga cendana mulai langka. Di mana hasil penjualan cendana harus disetorkan kepada pemerintah Indonesia dan pemiliknya hanya mendapatkan bagian 15% dari hasil penjualan tersebut. antiseptik. Rote. Adonara.

Apabila cadangan makanan kurang tumbuh kembali daunnya. Pada fase vegetatif muncul daun dan batang semunya. Apabila cadangan makanan di umbi mencukupi dan lingkungan mendukung. Tumbuhan ini memiliki dua fase dalam kehidupannya yang muncul secara bergantian. Kebun Raya Cibodas. Amorphophallus gigas (Amorphophallus raksasa sumatera). Setelah beberapa waktu (tahun). bunga majemuknya akan muncul. organ vegetatif ini layu dan umbinya dorman. Indonesia mengklaim bahwa bunga yang mekar di sana mencapai ketinggian 3. Bunganya berumah satu dan protogini: bunga betina reseptif terlebih dahulu. sumber : www. Bunga bangkai dikenal sangat unik lantaran bau busuk yang dikeluarkan dan juga ukuran tingginya. juga di Jerman. berbentuk seperti lingga (sebenarnya adalah tongkol atau spadix) yang dikelilingi oleh seludang bunga yang juga berukuran besar. Indonesia. suweg raksasa).com dan www.17m pada dini hari tanggal 11 Maret 2004.wordpress. meskipun catatan menyebutkan bahwa kerabatnya.Bunga bangkai atau suweg raksasa atau batang krebuit (nama lokal untuk fase vegetatif). bunga bangkai jawa barat). Namanya berasal dari bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk. Amorphophallus titanum Becc.alamendah. Namun yang paling terkenal diantaranya adalah Amorphophallus titanum (Bunga bangkai raksasa. gigas (juga endemik dari Sumatera) dapat menghasilkan bunga setinggi 5m. Amorphophallus titanum dan Amorphophallus gigas (dua jenis bunga bangkai) memegang rekor sebagai bunga dengan struktur perbungaan tertinggi di dunia. A. Pada tanggal 20 Oktober 2005. Di dunia terdapat sekitar 170 jenis bunga bangkai.91m di Kebun Botani dan Hewan Wilhelma. fase vegetatif dan fase generatif. Tingginya dapat mencapai 6m. Namun demikian.com . Titan arum. sebagai mekanisme untuk mencegah penyerbukan sendiri. dan Amorphophallus decussilvae (Bunga bangkai jangkung. yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia. mekar bunga dengan ketinggian 2. rekor bunga tertinggi di penangkaran dipegang oleh Kebun Raya Bonn. Jerman yang menghasilkan bunga setinggi 2. merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera. Banyak orang sering salah mengira dan tidak bisa membedakan bunga bangkai dengan Rafflesia arnoldii. lalu diikuti masaknya bunga jantan.. Mungkin karena orang sudah mengenal Rafflesia sebagai bunga terbesar dan kemudian menjadi bias dengan ukuran bunga bangkai yang juga besar. Hingga tahun 2005.wikipedia. Bunganya sangat besar dan tinggi. yang dimaksudkan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat penyerbuk bagi bunganya. Stuttgart.74m pada tahun 2003.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->