P. 1
093 SKKD Seni Tari

093 SKKD Seni Tari

|Views: 961|Likes:
Published by adi suswanto

More info:

Published by: adi suswanto on Sep 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/14/2013

pdf

text

original

DASAR KOMPETENSI KEJURUAN DAN KOMPETENSI KEJURUAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BIDANG KEAHLIAN : SENI, KERAJINAN DAN PARIWISATA

PROGRAM STUDI KEAHLIAN : SENI PERTUNJUKAN KOMPETENSI KEAHLIAN : SENI TARI (093)

A. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN STANDAR KOMPETENSI 1. Menerapkan kepekaan tubuh KOMPETENSI DASAR 1.1 Menggunakan kepekaan rangsang gerak 1.2 Menggunakan kepekaan rangsang irama 1.3 Menggunakan kepekaan rangsang visual.

2. Menerapkan kepekaan ruang

2.1 Menggunakan kepekaan ruang pribadi 2.2 Menggunakan kepekaan ruang umum 2.3 Menggunakan ruang pribadi dan ruang umum.

3. Menerapkan kepekaan waktu

3.1 Menggunakan kepekaan durasi 3.2 Menggunakan kepekaan tempo 3.3 Menggunakan kepekaan ritme.

4. Menerapkan kepekaan tenaga 5. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)

4.1 Menggunakan kepekaan berat ringan 4.2 Menggunakan kepekaan kuat lemah. 5.1 Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) 5.2 Melaksanakan prosedur K3 5.3 Menerapkan konsep lingkungan hidup 5.4 Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.

173

B. KOMPETENSI KEJURUAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR

1. Memahami perkembangan 1.1 Mengidentifikasikan jenis tari nasional tari nasional dan dan yang berkembang di masyarakat internasional (mancanegara) Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa 1.2 Menjelaskan peran tari nasional dan yang berkembang di masyarakat Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa 1.3 Menjelaskan fungsi tari nasional dan yang berkembang di masyarakat mancanegara (Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa). 2. Menerapkan gerak tari nasional dan internasional (mancanegara) 2.1 Menjelaskan karakteristik keunikan gerak tari nasional dan yang berkembang di Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa 2.2 Mengelompokkan gerak tari berdasarkan genre di Indonesia,Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa 2.3 Melakukan gerakan tari yang menjadi ciri khas tari Nasional dan salah satu dari mancanegara (Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa). 3. Menerapkan iringan tari nasional dan internasional (mancanegara) 3.1 Menjelaskan keunikan iringan tari Nasional dan salah satu wilayah dari Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa 3.2 Membandingkan keunikan iringan tari Nasional dan salah satu wilayah dari Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa 3.3 Mengklasifikasikan keunikan iringan tari berdasarkan genre yang berkembang di Indonesia dan Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa 3.4 Melaksanakan iringan yang menjadi ciri khas iringan tari nasional dan dari salah satu wilayah mancanegara (Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa). 174

STANDAR KOMPETENSI 4. Menerapkantata rias dan tata busana tari nasional dan internasional (mancanegara)

KOMPETENSI DASAR 4.1 Mendeskripsikan tata rias dan busana tari nasional dan tari dari wilayah Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa 4.2 Melaksanakantata rias dan busana yang mencirikan tari nasional dan tari dari wilayah Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa.

5. Melakukan apresiasi tari 5.1 Mendeskripsikan tari tunggal yang tunggal nasional dan berkembang di Indonesia dan wilayah internasional (mancanegara) Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa 5.2 Mengapresiasi pertunjukan tari tunggal yang berkembang di Indonesia dan wilayah Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa. 6. Melakukan apresiasi tari 6.1 Mendeskripsikan tari berpasanganyang berkembang di Indonesia dan salah satu berpasangan nasional dan wilayah mancanegara (Asia, Amerika, internasional (mancanegara) Australia, Afrika, dan Eropa) 6.2 Mengapresiasi pertunjukan tari berpasangan yang berkembang di Indonesia dan salah satu dari wilayah mancanegara (Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa). 7. Melakukan apresiasi tari berkelompok 7.1 Mendeskripsikan tari berkelompokyang berkembang di Indonesia dan salah satu wilayah mancanegara (Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa) 7.2 Mengapresiasi pertunjukan tari berkelompok yang berkembang di Indonesia dan salah satu dari wilayah Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa. 8. Melakukan apresiasi tari bercerita 8.1 Mendeskripsikan tari bercerita yang berkembang di Indonesia dan wilayah mancanegara (Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa)

175

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR 8.2 Mengapresiasi pertunjukan tari bercerita yang berkembang di Indonesia dan salah satu dari wilayah mancanegara (Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa).

9. Melakukan ekspresi diri tari tunggal

9.1 Menyusun gagasan dalam bentuk tari tunggal 9.2 Melakukan eksplorasi geraktari tunggal 9.3 Melakukan improvisasi gerak tari tunggal 9.4 Menyusun ragam gerak dalam bentuk tari kreasi tunggal Indonesiadan dari salah satu wilayah mancanegara (Asia, Amerika, Australia, Afrika atau Eropa).

10. Melakukan ekspresi diri tari berpasangan

10.1Menyusun gagasan dalam bentuk tari berpasangan 10.2Melakukan eksplorasi geraktari berpasangan 10.3Melakukan improvisasi gerak tari berpasangan 10.4Menyusun ragam gerak dalam bentuk tari berpasangan Nasional dan dari salah satu wilayah Asia, Amerika, Australia, Afrika atau Eropa.

11. Melakukan ekspresi diri tari berkelompok

11.1Menyusun gagasan dalam bentuk tari berkelompok 11.2Melakukan eksplorasi geraktari tari berkelompok 11.3Melakukan improvisasi gerak tari tari berkelompok 11.4Menyusun ragam gerak dalam bentuk tari kreasi berkelompok nasional dan dari salah satu wilayah Asia, Amerika, Australia, Afrika atau Eropa.

176

STANDAR KOMPETENSI 12. Melakukan ekspresi diri tari bercerita

KOMPETENSI DASAR 12.1Menyusun gagasan dalam bentuk tari bercerita 12.2Melakukan eksplorasi geraktari bercerita 12.3Melakukan improvisasi gerak tari bercerita 12.4Menyusun ragam gerak dalam bentuk tari kreasi bercerita nasional dan dari salah satu wilayah Asia, Amerika, Australia, Afrika atau Eropa.

13. Melaksanakan pergelaran tari berbasis multimedia

13.1Menyiapkan pertunjukan tari 13.2Melaksanakan pertunjukan 13.3Mengevaluasi pertunjukan 13.4Memanfaatkan multimedia.

177

178

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->