P. 1
Data Mining

Data Mining

|Views: 9|Likes:
Published by Syarif Hidayatullah
Tugas analisa sebuah Jurnal Data Mining
Tugas analisa sebuah Jurnal Data Mining

More info:

Categories:Book Excerpts
Published by: Syarif Hidayatullah on Jan 01, 2014
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/30/2014

pdf

text

original

Kesimpulan

Teknik data mining digunakan untuk beroperasi pada jumlah data yang besar untuk menemukan pola tersembunyi serta hubungannya sehingga dapat membantu dalam membuat keputusan. Teknik klasifikasi merupakan salah satu teknik data mining yang paling berguna. Teknik klasifikasi dapat digunakan untuk memprediksi nilai-nilai data berdasarkan data-data yang sudah diketahui. Teknik klasifikasi data mining dapat digunakan untuk memprediksi kinerja mahasiswa sesuai yang tercantum dalam jurnal. hal ini bermanfaat untuk mengidentifikasi mahasiswa yang memiliki prestasi rendah sehingga dapat diberi pengajaran yang lebih sehingga dapat meningkatkan kinerja mahasiswa dimasa depan.

Klasifikasi merupakan salah satu masalah yang sering dipelajari dalam penelitian data mining dan mechine learning. klasifikasi ini memprediksi nilai dari kategori atribut (kelas) berdasarkan pada nilai-nilai atribut lainnya. Metode bayes adalah salah metode yang dapat digunakan untuk klasifikasi. Bayes klasifikasi dapat memprediksi kemungkinan keanggotaan class, misalnya probablitas suatu sample menjadi anggota suatu class tertentu. Bayes klasifikasi didasarkan pada teorma bayes yakni.

h merupakan posterior dan x adalah prior. prior merupakan pengetahuan kita tentang karakteristik dimasa lalu. Sedangkan posterior adalah karakteristik yang akan kita duga pada kejadian yang akan datang. Pendekatan bayes disebut "naive" karena ini mengasumsikan kebebasan antara berbagai nilai atribut. Pendekatan naif bayes memiliki beberapa keuntungan, yaitu mudah digunakan, tidak seperti klasifikasi lainnya pendekatan hanya membutuhkan satu scan data training, mudah menangani nilai mining dengan mengabaikan kemungkinannya. Naive bayes hanya membutuhkan sejumlah data training yang sedikit untuk memperkirakan parameter/karakteristik yang diperlukan untuk klasifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian kasus ini dengan menggunakan metode klasifikasi bayes diketahui bahwa ada 3 hal memiliki potensial tinggi yang mempengaruhi kinerja mahasiswa, yaitu berdasarkan nilai sma, posisi tempat tinggal dan media bahasa pengajaran

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->