Temu muka 1

APAKAH UTILITAS ITU?

Definisi ”Utilitas” : Utilitas adalah sesuatu yang berguna, suatu jasa, keuntungan, produktivitas Definisi ”utilitas perusahaan” : Perusahaan yang mengadakan atau memasok daya listrik, air, gas Definisi ”utilitas gedung” : Segala sesuatu yang berguna untuk gedung, terutama daya listrik, air, gas, telepon dan lain sebagainya. Suatu bangunan terdiri atas 2 kelompok besar desain, yaitu : • • Desain Pasif Passive Design! Desain "ktif "#tive Design!

Pusat Pengembangan $ahan "jar % U&$

JOHN TURANGAN UTILITAS

(elekomunikasi dalam gedung. Pusat Pengembangan $ahan "jar % U&$ JOHN TURANGAN UTILITAS . dinding beton. Sistem Penangkal Petir. )ompresor. termasuk selubung bangunan "tap. dan lain%lain. jendela dan pintu! dan struktur dalam bangunan yang tidak menggunakan energi'daya. Sistem pengamanan. ka#a. *ift dan +skalator. Desain aktif meliputi semua bagian bangunan yang menggunakan energi'daya.Desain Pasif meliputi bangunan struktur. seperti (ata Udara. Dalam bangunan gedung Desain "ktif adalah dominan terdiri dari Peralatan Utilitas. $oiler. Dalam Desain "ktif terbagi 2 lagi yaitu • • Peralatan Produksi yang merupakan mata rantai dari suatu proses industri Peralatan Utilitas. sistem pemadam kebakaran. yaitu peralatan pendukung yang berfungsi untuk pemakaian umum.

Peralatan tata udara adalah pengguna energi terbesar dalam suatu bangunan gedung dengan pemakaian rata%rata antara . Dengan demikian seorang peren#ana atau "rsitek. oleh sebab itu untuk 0edung Perkantoran offi#e $uilding! dapat dikatakan bah1a pemakaian energi listrik adalah dominan./ dari total pemakaian lsitrik dalam gedung. maka peren#anaan ruang untuk peralatan utilitas adalah sangat penting. Peralatan Pemadam kebakaran. Peralatan komunikasi dalam gedung dan Penangkal Petir. maka pada 1aktu melakukan konstruksi gedung akan terjadi perubahan desain ruangan ataupun perubahan disain struktur bangunan. Peralatan keamanan gedung. seperti halnya peralatan &asak'Pemanas dan peralatan boiler.. . (etapi dibangunan gedung perkantoran peralatan tata udara dioperasikan dengan menggunakan energi listrik. juga dominan dalam menggunakan ruang dari semua peralatan dalam desain aktif Pusat Pengembangan $ahan "jar % U&$ JOHN TURANGAN UTILITAS .$agan diatas adalah komposisi peralatan utilitas pengguna energi listrik pada bangunan gedung hotel. se#ara garis besar perlu mengenal peralatan Utilitas dan teori dasarnya. Sistem Penerangan. peralatan lift 4 eskalator. )husus untuk bangunan 2otel dan 3umah Sakit pada umumnya memiliki peralatan boiler untuk digunakan dalam peralatan laundry dan air panas.. maka energi thermal juga merupakan bagian dari energi gedung selain energi listrik. termasuk sprinkler. Dalam bidang "rsitektur. )husus untuk peralatan (ata Udara akan dibahas dalam . Dalam mata )uliah Utilitas ini. Sistem distribusi listrik. karena kalau ruang yang digunakan oleh peralatan utilitas kurang diperhatikan. pertemuan karena peralatan (ata Udara adalah bagian gedung yang baik dominan pemakaian energi. akan dibahas toeri dasar peralatan utilitas dan hubungan antara Desain Pasif dan Desain "ktif dilihat dari sudut penggunaan ruang spa#e!. Peralatan tata udara sebenarnya adalah peralatan thermal. "dapun materi yang akan dibahas adalah Sistem (ata Udara..

<ohn 0orrie. :lorida.7 untuk mesin pembuat esnya. &enara angin mempunyai jendela%jendela untuk menangkap angin dan saluran angin untuk mengarahkan aliran udara turun keba1ah masuk gedung mele1ati bak air terbuka . "ir#on di 5nggris dan "ustralia! adalah suatu perangkat.2. menggunakan teknologi kompresor untuk men#iptakan es. )onsep dari tata udara diketahui telah diterapkan pada 3oma jaman dahulu. tetapi kadang kadang evaporasi. Dia berharap bah1a mesin pembuat esnya dapat mengatur suhu dari gedung%gedung. menemukan bah1a bahan "moniak. menggunakan siklus refrigerasi.TATA UDARA (01) PENDAHULUAN 5stilah (ata Udara "ir 6onditioning! biasanya dihubungkan dengan penyejukan dan pengurangan kelembaban dalam udara tertutup untuk kenyaman termal. bila ditekan dan dijadikan #air akan mudah menguap dan mendinginkan udara. "ir dibak terbuka ini menguap dan mendinginkan udara yang masuk kedalam gedung. ventilasi dan penyegaran yang merubah udara kedalam kondisi ini. a. yang ia gunakan untuk mendinginkan ruangan pasiennya di 3umah Sakit di "pala#hi#ola. Dengan teknik yang hampir sama di1ilayah Persia telah dilakukan pendinginan gedung pada musim panas dengan menggunakan bak air terbuka dan luas ditaman bukan tangki diba1ah tanah!. Pendingin udara "6 atau "'6 di "merika Utara. umumnya untuk kenyamanan dalam gedung atau moda transportasi. seorang Dokter bernama Dr. (ahun 78. pemanasan. Pengertian yang lebih luas. dimana air dialirkan melalui tembok%tembok dari rumah%rumah tertentu untuk mendinginkannya. 2arapan untuk mengembangkan mesin pembuat esnya punah begitu pemberi dananya meninggal dan ahirnya ia tidak berhasil mendapatkan uang yang dibutuhkannya untuk mengembangkan Pusat Pengembangan $ahan "jar % U&$ JOHN TURANGAN UTILITAS . di 1ilayah :lorida "merika. Dia juga mempunyai visi adanya tata udara terpusat yang dapat mendinginkan keseluruhan kota. sistem atau mekanisme yang diran#ang untuk menarik panas dari suatu ruangan. istilah (ata Udara ini dapat dinyatakan dalam bentuk pendinginan. Sejarah tata udara. 0orrie mendapatkan hak paten pada tahun 78. (ahun 7829 seorang ilmu1an 5nggris dan peneliti yang bernama &i#hael :araday.

seperti gas "moniak. 6arrier meran#ang untuk mengembangkan pengaturan proses produksi di pabrik per#etakan. men#ari jalan untuk menambah kelembaban kepada udara dalam pabrik tekstilnya. :redrik (udor. 6arolina Utara. Pusat Pengembangan $ahan "jar % U&$ JOHN TURANGAN UTILITAS . Dr 0orrie menyalahkan >3aja +s”..9 tahun. Dia mengabungkan kelembaban dengan ventilasi untuk >mengkondisikan” dan merubah udara di pabrik. 6ramer menggunakan pertama istilah >tata udara” dan dimuat dalam suatu hak paten pada tahun tersebut yang menyebutkan sebagai analog >mengkondisi air” dalam membuat proses membuat tekstil lebih mudah. pertama%tama adalah untuk industri dari pada untuk kenyamanan pribadi. Penguapan dari air diudara untuk memperoleh efek pendinginan. Peralatan tata udara dan refrigerasi pertama menggunakan gas bera#un dan mudah terbakar. (ata udara modern mun#ul dari kemajuan dalam ilmu kimia pada akhir abad ke 7?. Perusahaan 6arrier di "merika ini terbentuk untuk memenuhi permintaan yang meningkat dengan tajam. tetapi juga kelembaban udara. "plikasi tata udara. Dan dari 1aktu ke1aktu. 6ramer dari 6harlotte. &enurut penulis biografinya. Dalam keadaan putus asa Dr 0orrie meninggal tahun 78.9%an (ahun 7?9.. dan tata udara listrik se#ara besar%besaran pertama%tama ditemukan dan digunakan dalam tahun 7?92 oleh @ilis 2aviland 6arrier.mesinnya itu. Sherlo#k. (homas &idgley <r. =ivian &. @illis 6arrier mengadopsi istilah tersebut dan memasukkannya dalam nama peusahaannya. Penemuannya bukan saja untuk mengatur suhu. tata udara diperluas dan digunakan untuk kenyamanan rumah dan kendaraan. &etil klorida dan propan. dan gagasan untuk tata udara lenyap selama . Panas dan kelembaban yang rendah adalah untuk membantu mempertahankan ukuran kertas dan tinta yang digunakan dalam pen#etakan kertas ini. )emudian teknologi 6arrier diterapkan untuk meningkatkan produktivitas ditempat kerja ini dengan mengkondisikan ruangan kerja. Penjualan kerumah tangga meningkat dengan luar biasa pada tahun 7?. atas kegagalannya karena men#urigai bah1a dia telah melun#urkan suatu kampanye jelek terhadap penemuannya ini. yang memungkinkan terjadi ke#elakaan yang fatal bila gas tersebut bo#or keluar. dikenal sebagai pendinginan se#ara penguapan evaporative #ooling!. Suart @. "merika Serikat.

Penerapan Tata Udara.! atau 2ydrofluoro#arbon 2:6!.79a untuk tata udara dan alternatif dari alam seperti 6A2 3%F. 2ydrogenated 6:6 26:6! molekularnya 3%77. 3%22. $agi negara maju refrigeran ini akan dilarang untuk dipergunakan pada peralatan baru pada tahun 2979 dan 3%22 tidak akan diproduksi lagi pada tahun 2929. C:reonC adalah nama dagang dari Dupont untuk semua refrigeran 6hlorofluoro#arbon 6:6!. 3%77 dan 3%72 sudah tidak diproduksi lagi diseluruh dunia ke#uali di 5ndia dan negara ini akan segera menghentikannya. setiap nama tersebut termasuk nomor yang menyatakan komposisi 3efrigeran yang banyak dipakai untuk memperoleh pendingin nyaman dengan ekspansi langsung adalah suatu gas 06:6 dikenal sebagai 3%22.. 3efrigeran ini lebih aman untuk manusia. tetapi kemudian diketahui bah1a refrigerant tersebut merusak lapisan ABon dari atmosfir bumi. Pusat Pengembangan $ahan "jar % U&$ JOHN TURANGAN UTILITAS . Para insinyur tata udara se#ara garis besar membagi penerapan tata udara dalam kenyamanan dan proses.79". 1alaupun kondisi #ua#a diluar ruangan atau beban panas didalam ruangan berubah%ubah. 3%72. 26 atau 2idro6arbon adalah refrigeran dengan ABon Deplation Potential E 9 Dan 0lobal @arming Potential yang sangat ke#il. pada tahun 7?28. maka telah diusulkan pemakaian 3%7D. 3efrigran lain yang juga dipakai adalah 3%. 3%. Penerapan tata udara untuk kenyamanan Dalam teknik penerapan tata udara untuk kenyamanan diharapkan agar dapat men#apai lingkungan dalam ruangan yang relatif konstan pada suatu lingkup kenyamanan yang dikehendaki manusia. 3 7D. b. 5novasi dalam teknologi tata udara terus berlanjut. 7. dengan penekanan pada efisiensi energi dan meningkatkan mutu udara diruangan.a untuk kendaraan.&enemukan gas kloroflorokarbon #hlorofluoro#arbon! pertama dikenal dengan nama :reon.!. Sebagai alternatif terhadap refrogeran pemanasan global tinggi. Untuk negara berkembang seperti 5ndonesia akan dilarang total pada tahun 7?D9. dikenal dengan nama dagang CPuronC..

)enyamanan thermal sangat mendukung produktivitas pekerja. tentang penghematan energi terutama dalam ruang lingkup pemerintah. G6. karena ke#epatan angin meningkat se#ara tajam seiring dengan ketinggian gedung. sehingga aplikasi ventilasi alami tidak memungkinkan untuk gedung yang tinggi. maka gedung harus dibuat ramping supaya ruangan dalam mendapatkan udara luar yang #ukup. $ila tidak ada hal ini. . Pusat Pengembangan $ahan "jar % U&$ JOHN TURANGAN UTILITAS .Dinegara subtropis pelaksanaan paling tinggi untuk orang yang duduk diruangan kantor diharapkan men#apai F2G: 22. "ir 6ooled @ater 6hiller 6ooled (ata udara untuk kenyamanan ruangan gedung memungkinkan dibuat peren#anaan 6hiller gedung yang tak terbatas luasnya. (ata udara juga memungkinkan gedung untuk lebih tinggi. melalui ventilasi alami.Di 5ndonesia kenyamanan standar ruangan ditetapkan 2.2 G6! Pelaksanaan paling tinggi untuk orang berdiri atau orang banyak duduk diruangan diharapkan men#apai suhu yang sedikit lebih rendah. 79 tahun 299. hal ini dinyatakan pemerintah dalam rangka menindak lanjuti )eppres no.

termasuk rumah keluarga tersendiri. Penerapan tata udara untuk proses. beberapa prosedur khusus seperti pembedahan jantung terbuka. bukan yang diinginkan manusia.  0edung komersial. @alaupun suhu sering berada dalam lingkup kenyamanan. tingkat keba1ah!  Perumahan dengan tingkat tinggi. Selain gedung. kapal. tata udara dapat digunakan untuk kenyamanan berbagai moda transportasi. gedung sekolah. gedung pemerintah. dan lain sebagainya. mal. tetapi adalah kebutuhan dalam proses yang menentukan kondisi ruangan. seperti tempat tinggal karya1an'mahasis1a dengan susunan diatas . @alaupun ruang yang dikondisikan berada dalam lingkup kenyamanan. dimana udara disaring pada tingkat yang tinggi untuk mengurangi risiko infeksi dan pengontrolan terhadap kelembaban untuk membatasi dehidrasi seorang pasien. 2. pasar s1alayan. menuntut suhu ruangan yang Pusat Pengembangan $ahan "jar % U&$ JOHN TURANGAN UTILITAS . termasuk kendaraan darat. 1alaupun kondisi #ua#a diluar ruangan atau beban panas didalam ruangan dan beban kelembaban berubah%ubah. termasuk perkantoran.Penerapan tata udara untuk kenyamanan untuk berbagai tipe gedung agak berbeda. yang dibangun untuk usaha komersial. kereta api. Penerpan tata udara untuk proses meliputi :  3uang operasi rumah sakit.  3uangan industri dimana diinginkan kenyamanan pekerja. dan dapat dikategorikan seperti diba1ah ini :  Perumahan dengan tingkat rendah.  0edung institusional. lantai. Dalam teknik penerapan tata udara untuk proses diharapkan agar dapat men#apai lingkungan dalam ruangan yang #o#ok untuk kepentingan proses produksi. blok apartemen. rumah kopel dan gedung apartemen ke#il . termasuk 3umah Sakit. restoran dan lain sebagainya. pesa1at terbang dan pesa1at angkasa.

*ingkungan industri. JOHN TURANGAN UTILITAS Pusat Pengembangan $ahan "jar % U&$ . prematur menuntut suhu ruangan relatif tinggi sekitar 28 G6.          Pusat pengelolaan data.. maka he1an bertelur'beranak disepanjang tahun.  (ata udara dipesa1at terbang. . :asilitas nuklir. sebab tekanan rendah yang ada diluar pesa1at terbang pada 1aktu penerbangan. Dengan mengkondisikan udara pada suhu dan keadaan di1aktu musim semi. )husus untuk daerah sub tropis kebanyakan he1an bertelur'beranak pada 1aktu musim semi. (empat penyemaian tumbuhan dan pertumbuhan he1an.rendah sekitar 78 G6. Pertambangan. (empat masak dan prosesnya. 82 G:!.  :asilitas untuk he1an bertelur'beranak. Pabrik (ekstil. G:!. dan lainnya seperti untuk kelahiran integreted #ir#uits!. *aboratorium kimia dan biologi. @alaupun tata udara yang dituju adalah kondisi umum untuk kenyamanan para penumpang dan pendinginan peralatan. dimana dibutuhkan ruangan dengan kebersihan udara dalam tingkat yang tinggi serta pengkontrolan dari suhu dan kelembaban yang dipersyaratkan untuk men#apai keberhasilan dari suatu proses.  3uang bersih untuk produksi sirkuit terintegrasi bahan%bahan farmasi. tetapi tata udara pesa1at terbang menggunakan suatu proses atau penanganan khusus. dan sebagainya. :asilitas pemeriksaan medis.

Pusat Pengembangan $ahan "jar % U&$ JOHN TURANGAN UTILITAS . (ingkat kebisingan juga dapat terjadi pada orang yang tinggal dekat dengan jalan raya yang sibuk atau dekat lapangan terbang. kalau hal itu terjadi untuk jangka 1aktu panjang.$aik dalam penerapan untuk kenyamanan maupun untuk proses tujuannya bukan saja pengkontrolan suhu. untuk 1aktu yang lama. Dampak )esehatan. tata udara yang baik. #. dan sebagainya. "sosiasi profesi. Peralatan tata udara yang baik mempunyai tingkat kebisingan yang rendah. yaitu: "(U3 "sosiasi (ata Udara dan 3efrigerasi! dan 5":$5 5katan "hli :Hsi#a $angunan dan Utilitas $angunan 5ndonesia!. tata udara dapat menyelamatkan ji1a. d. di beberapa negara pemerintah setempat membuat pusat penyegaran untuk kepentingan orang yang tidak memiliki tata udara dirumahnya. seperti Legionella pneumophila yang merusak kesehatan manusia. mutu udara. dimana udara tertentu adalah krisis bagi keamanan dan keadaan seorang pasien. gerak udara. (erbalik. Sistem tata udara yang dipelihara dengan tidak baik dapat se1aktu%1aktu menumbuhkan dan menyebarkan mikro%orrganisme. pengaturan kelembaban. dapat memberikan suasana yang bersih dan aman diruang operasi rumah sakit atau lingkungan lainnya. pendinginan. )husus untuk (ata Udara. dan aliran udara dari suatu tempat ketempat lainnya. di 5ndonesia di#akupi khusus oleh 2 asosiasi profesi. pen#egahan infeksi. tetapi juga kelembaban. termasuk penyaringan. Untuk daerah yang sering mengalami gelombang panas.(ata udara akan memberi dampak positif kepada mereka yang menderita alergi dan asma. Sistem tata udara yang beroperasi kurang baik dapat menimbulkan tingkat kebisingan yang dapat menyebabkan kehilangan pendengaran.

and "ir 6onditioning %2="6! "S23"+ didirikan pada tahun 78?.9 anggota "S23"+ terpenuhi untuk membentuk satu 6hapter.Diluar negeri asosiasi profesi yang sering dipakai sebagai tolok ukur terutama dari segi standar%standarnya dan journal yang dikeluarkannya. Di 5ndonesia baru lahir Indonesian Chapter bulan <uli 299F. Arganisasi ini juga mensosialisasikan )ode +tik untuk profesional dibidang 2="6 dan menyediakan'menjembatani hubungan dengan masyarakat umum. adalah : "S23"+ +ngineers!. and "ir%6onditioning <akarta. "S23"+ adalah suatu organisasi yang mengabdi kepada kemajuan dari teknologi pengkontrolan lingkungan dalam ruangan untuk pemanasan. dengan adanya 6hapter atau 6abang dihampir semua negara. dimana persyaratan . =entilation. Sejak itu organisasi ini tumbuh dalam masyarakat internasional yang mena1arkan informasi pendidikan. seminar tuntunan karir dan publikasi. kursus. untuk melayani sebagai sumber standar teknik dan panduan%panduannya. ventilasi dan tata udara 2eating. 3efrigerating. "meri#an So#iety of 2eating. terutama hand book yang dikeluarkan setahun sekali. 2? &aret 2998 Pusat Pengembangan $ahan "jar % U&$ JOHN TURANGAN UTILITAS . "S23"+ mempunyai jaringan diseluruh dunia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful