P. 1
PEMROGRAMAN BASIC

PEMROGRAMAN BASIC

|Views: 1,576|Likes:
Published by Dicky Seprianto

More info:

Published by: Dicky Seprianto on Sep 09, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/01/2013

pdf

text

original

Politeknik Negeri Sriwijaya

Pemrograman Komputer I

1.1 LATAR BELAKANG
ejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat dan akurat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.

S

Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benarsalah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubungterputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan. Generasi terbaru dari computer atau lebih dikenal dengan generasi kelima masih cukup sulit untuk didefenisikan karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa computer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan
Created by dq’09 1

Politeknik Negeri Sriwijaya

Pemrograman Komputer I

untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung. Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model Von Neumann. Model Von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

1.2 DEFINISI KOMPUTER
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.  Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan out put yang berupa informasi Menurut Blissme, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:  Menerima input  Memproses input tadi sesuai dengan programnya  Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan  Menyediakan output dalam bentuk informasi Menurut Fuori, berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Created by dq’09

2

Politeknik Negeri Sriwijaya

Pemrograman Komputer I

1.3 PERANGKAT KOMPUTER
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen system komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya. 1. Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah. a. Input Unit, terdiri dari alat-alat yang memungkinkan pemakai computer memasukan data atau perintah kedalam computer. Contohnya keyboard b. Output unit, yaitu alat-alat yang memungkinkan pemakai computer menerima informasi hasil pemrosesan oleh computer dan dari computer. Contohnya monitor, printer dll c. Main Memory Unit yaitu unit tempat penyimpanan data, program, dan informasi hasil pemrosesan komputer pada saat pemrosesan data. d. CPU ( Unit Pemrosesan Pusat ), terdiri 2 bagian :  Control Unit bertugas mengkoordinasikan semua aktivitas unit lainnya.  Arithmatic and Logical Unit bertugas melakukan berbgai operasi perhitungan dan operasi-operasi logika seperti membandingkan dan mengambil keputusan berdasarkan perbandingan tersebu 2. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data. Bahasa Pemrograman pada dasarnya dibagi menjadi 2 bagian : a. Bahasa Tingkat Rendah ( Low Level Language ) Yaitu bahasa yang digunakan dalam komputer itu sendiri, bahasa ini sering disebut Machine Language. Komunikasi antara satu piranti/unit dengan unit lainnya dilaksanakan dengan symbol-simbol atau kode-kode biner, yaitu hanya terdiri dari digit 1 atau digit 0. b. Bahasa Tingkat Tinggi ( High Level Language ) Yaitu bahasa komputer yang dimengerti oleh orang awam, karena memang dikembangkan untuk dipahami oleh orang awam. Instruksi yang akan dilaksanakan oleh computer beasal dari bahasa tingkat tinggi yang oleh penterjemahnya akan diterjemahkan menjadi bahasa mesin yang dimengerti oleh computer. Penterjemah ini juga berupa program yang telah diberikan oleh pabrik pembuat computer tersebut, yaitu :
Created by dq’09 3

Politeknik Negeri Sriwijaya

Pemrograman Komputer I

-

Interpreter, menterjemahkan program baris demi baris dan langsung dikerjakan. Compiler, menterjemahkan semua program kedalam bahasa mesin, baru dikerjakan.

Ada beberapa macam bahasa tingkat tinggi yang masing-masing berorientasi pada permasalahan tertentu (problem oriented), yaitu : 3. Basic (Beginner All Purpose Symbolic Instruction) Fortran (Formula Translation) Cobol (Common Bussines Oriented Language ) Algol (Algorithmic language) PL/I (program language one) Pascal

Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan system komputer.

1.4 PENGGOLONGAN KOMPUTER
Berdasarkan data yang diolah computer dibagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu : 1. Komputer Analog Komputer Analog digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan parallel, biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer yang digunakan dirumah sakit untuk mengukur suhu, kecepatan suara, voltase listrik dll. 2. Komputer Digital Digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf & angka, karakter-karakter khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer PC dll. 3. Komputer Hybrid Merupakan kombinasi antara komputer analog dengan digital. Contohnya: Facsimile

Created by dq’09

4

Politeknik Negeri Sriwijaya

Pemrograman Komputer I

BASIC bersifat sangat akrab, berorientasi kepada manusia.  Mudah dipelajari dan menyenangkan untuk digunakan. Latar belakang matematika yang kuat tidak diperlukan.  Fleksibel sehingga memungkinkan pemrogram dapat mengembangkan program baru dan mengubah program yang ada dengan usaha yang relatif kecil.  Sangat cocok untuk penggunaan yang bersifat interaktif.  Bahasa ini dapat digunakan secara universal, baik komputer besar maupun komputer kecil dan menjadi bahasa pemrogram standar bagi sebagian besar aplikasi di dalam mikrokomputer. Dalam perkembangannya , Bahasa BASIC dikembangkan dalam dua jenis, yaitu interpreter dan compiler. Interpreter seperti GW-BASIC pada sistem operasi MS-DOS, maupun BASICA pada sistem operasi PC-DOS, sedangkan salah satu compilernya yang terkenal adalah Quick BASIC yang dilengkapi dengan sistem pemrograman yang terstruktur, Quick Library, on-line help yang terpadu, editor yang efisien (bisa merapikan teks serta memberitahukan kesalahan syntax penulisan suatu perintah)

B

ahasa BASIC dibuat Prof. John G. Kemeny dan Thomas Kurtz di Darthmouth College, New Hampshire USA, program dijalankan pertama kali 1 Mei 1964. Beberapa keunggulan bahasa basic yaitu :

2.1 TAHAP PEMROGRAMAN
Langkah-langkah yang dilakukan dalam penyelesaian masalah dengan komputer (pemrograman) : a. Defenisi Masalah - Apa masalahnya - Input apa saja yang diperlukan - Bagaimana hasil yang diinginkan b. Buatlah bagan dan struktur cara penyelesaian ( Flowchart ) - Bagan penyelesaian secara global - Diskripsi berbagai tugas serta sub tugas masing-masing bagian dalam pembagian tersebut.
Created by dq’09 5

Politeknik Negeri Sriwijaya

Pemrograman Komputer I

c. Test program. d. Dokumentasi program

2.2 FLOWCHARTING
Flowchrating adalah bagan yang menggambarkan urutan-urutan instruksi untuk proses dengan komputer dan hubungan dengan proses satu dengan proses lainnya menggunakan simbol simbol-simbol tertentu. • Flow direction symbols – Digunakan untuk menghubungkan simbol satu dengan yang lain – Disebut juga connecting line • Processing symbols – Menunjukan jenis operasi pengolahan dalam suatu proses / prosedur • Input / Output symbols – Menunjukkan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output GAMBAR SIMBOL Flow Direction Symbols
arus / flow Menyatakan jalannya arus suatu proses Menyatakan transmisi data dari satu lokasi ke lokasi lain Menyatakan sambungan dari proses ke proses lainnya dalam halaman yang sama Menyatakan sambungan dari proses ke proses lainnya dalam halaman yang berbeda

KETERANGAN

communication link

connector

offline connector

Processing Symbols
process Menyatakan suatu tindakan (proses) yang dilakukan oleh komputer

Created by dq’09

6

Politeknik Negeri Sriwijaya

Pemrograman Komputer I

Kaidah Pembuatan Flowchart

Berikut adalah contoh pembuatan flowchart untuk pembuatan program menghitung luas persegi panjang :

2.3 MENGAKTIFKAN QUICK BASIC
Untuk mengaktifkan Quick BASIC diperlukan sistem Quick BASIC yang minimal terdiri dari file QB.EXE/QBasic.EXE. Jika kita telah memiliki file tersebut tinggal diberi perintah QB pada Dos Prompt. Atau double klik pada shortcut microsoft quick basic yang terdapat di didesktop. Contoh (pada menu dos prompt) : C:\QUICKBASIC\QB.EXE QB.EXE Contoh (pada shortcut dide didesktop) :

Created by dq’09

7

Politeknik Negeri Sriwijaya

Pemrograman Komputer I

Gambar 2.1 Mengaktifkan Quick Basic

Setelah pemberian perintah tersebut, pemakai akan dihadapkan kepada suatu editor sebagai tempat pengetikan program yang akan dikembangkan. Dibagian atas editor terdapat perintah menu yang dapat diaktifkan dengan Tombol Alt disertai huruf depan dari masing-masing pilihan.

Gambar 2.2 Tampilan Utama Quick Basic

Menu Pada QBASIC : File New Program : Memulai program baru Open Program : Memuat program dari storage ke RAM
Created by dq’09 8

Politeknik Negeri Sriwijaya

Pemrograman Komputer I

Save Save As Print Exit

: : : :

Menyimpan program ke storage (file *.BAS) Menyimpan program ke nama yang lain Mencetak program ke printer Keluar dari Qbasic

Edit Undo (Alt+Backspace) Cut (Shift+Del) Copy (Ctrl+Ins) Paste (Shift+Ins) Clear (Del) Options Display... Help Set Path Syntax Checking

: : : : :

Membatalkan perubahan terakhir Memotong tulisan Blok ke ClipBoard Menduplikasi tulisan Blok ke ClipBoard Menyisip ClipBoard ke posisi Kursor Menghapus tulisan yang di Blok

: Mengatur tampilan layar : Mengatur default Dos Path : Mengatur keaktifan pemeriksaan Syntax

Created by dq’09

9

Politeknik Negeri Sriwijaya

Pemrograman Komputer I

Run Start (Shift+F5) : Menjalankan program yang aktif Restart : Mereset memory program Continue (F5) : Melanjutkan program yang terhenti

2.4 MEMBUAT PROGRAM PADA QUICK BASIC
Yang dimaksud dengan pemrogram komputer berarti anda memberitahukan kepada komputer ada yang anda ingin dia lakukan. Untuk memberitahukan komputer apa yang harus dia lakukan, anda membutuhkan kata-kata khusus (special words). Kata-kata ini disebut sebagai kata-kata kunci (key words). Ketika anda menempatkan kata-kata kunci ini dalam program anda sehingga kelihatan seperti kode khusus (special code) yang disebut sebagai CODE dan pekerjaan menulis program disebut CODING. KATA, DATA, PERINTAH, dan FUNGSI BANTU merupakan komponen utama suatu program yang saling berinteraksi. Pembuatan program dalam Quick BASIC tidak terlepas dari keempat komponen di atas dalam baris-baris perintah yang berkapasitas maksimum 256 character yang mencakup identitas baris, perintah, dan kata-kata (Remark). Identitas baris bisa berupa nomor baris (0-65529). Sebelum membuat program dengan menggunakan Qbasic, lebih dahulu siapkan folder untuk menyimpan program yang akan dibuat, dikarenakan sistem operasi yang digunakan sekarang berbasis windows maka pergunakan windows explorer untuk membuat folder baru (disarankan maksimal 8 karakter untuk nama folder dan files, karena Qbasic masih barbasis DOS yang hanya mengenal 8 digit/karakter).

2.5 OPERASI BASIC
Ada dua cara pemrograman didalam basic, yaitu : 1. Immediate Mode ( Program langsung ) Operasi atau pengerjaan bahasa basic secara langsung ini berlaku sama dengan kalkulator biasa. Tujuan dari operasi ini adalah untuk memudahkan dalam mencari kesalahan program (debugging) atau untuk melakukan perhitungan-perhitungan yang tidak memerlukan program lengkap tetapi ingin segera diketahui hasilnya. Contoh : PRINT 3+5 8 PRINT 7*8 56 PRINT 4^2 16

Created by dq’09

10

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->