LEMBAR KERJA SISWA A.

Judul LKS : Menyelidiki kondisi benda yang terapung, melayang dan tenggelam dalam air B. Mata Pelajaran : IPA C. Kelas/Semester : VIII/1 D. Alokasi Waktu : 1 x 40 menit E. Standar Kompentasi : 5. Memahami peranan usaha, gaya dan energi dalam kehidupan sehari-hari F. Kompetensi Dasar : 5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari G. Indikator Pencapaian : 1. Menyelidiki kondisi benda melayang, mengapung dan tenggelam di dalam air. H. Informasi : Untuk mengerjakan LKS bacalah uraian materi yang ada di lembar BAHAN AJAR ataupun dengan membaca buku-buku lain yang relevan. I. Petunjuk Belajar : Alat dan bahan 1. Air ,telur, garam, Cara Kerja :

1. Siapkan alat dan bahan 2. Isilah gelas dengan air, usahakan jangan sampai penuh(sehingga jika kamu masukkan telur ke dalamnya tidak tumpah). 3. Masukkan telur ayam ke dalam gelas berisi air tersebut, amati yang terjadi pada telur. Bagaimana keadaan telur? 4. Masukkan sedikit demi sedikit garam dapur ke dalam air sambil mengamati telur. Hentikan memasukkan garam jika kedudukan telur berubah. Catat keadaan telur tersebut. 5. Teruskan pemberian garam sampai kedudukan telur berubah lagi. Pertanyaan: 1.Setelah kamu amati, berada dalam berapa keadaankah telur tersebut?............................... 2. Sebutkan masing-masing keadaan telur tersebut.!............................................................... 3. Mengapa hal itu bisa terjadi? 4. Kesimpulan.

J. Tugas-tugas di atas. Penilaian : Diskusikan dengan kelompokmu hasil kesimpulan dari perecobaan Aspek yang dinilai A = Menyebutkan keadaan telur setelah dimasukkan ke dalam air sebelum ditambah garam B = Menyebutkan keadaan telur setelah dimasukkan ke dalam air setelah ditambah garam C D = Memberi alasan tentang keadaan telur = Membuat kesimpulan dengan benar Rubrik Penilaian Aspek yang skor dinilai A 2 1 B 2 1 C 3 2 1 3 2 1 Keterangan Jika Menyebutkan keadaan telur setelah dimasukkan ke dalam air sebelum ditambah garam dengan benar Jika Menyebutkan keadaan telur setelah dimasukkan ke dalam air sebelum ditambah garam dengan salah Jika Menyebutkan keadaan telur setelah dimasukkan ke dalam air setelah ditambah garam dengan benar Jika Menyebutkan keadaan telur setelah dimasukkan ke dalam air setelah ditambah garam dengan salah Jika Memberi alasan tentang keadaan telur secara lengkap untuk 3 keadaan Jika Memberi alasan tentang keadaan telur untuk 2 keadaan Jika Memberi alasan tentang keadaan telur untuk 1 keadaan Jika kesimpulan dijawab untuk 3 keadaan dengan benar Jika kesimpulan dijawab untuk 2 keadaan dengan benar Jika kesimpulan dijawab untuk 1 keadaan dengan benar D Nilai = Skor yang di peroleh x 100 Skor maximum Format Penilaian Unjuk Kerja No Nama Siswa Aspek yang dinilai A B C D Jumlah skor Nilai . K.

Kognitif Produk: PENILAIAN Prosedur Jenis Bentuk penilaian instrumen Tes Soal uraian Post tes tertulis . Standar Kompetensi : 5. Kesimpulan: Berdasarkan percobaan tersebut ternyata. 3. melayang dan mengapung Karena telur tenggelam. gaya dan energi dalam er kehidupan sehari-hari D. melayang jika massa jenis telur kurang dari massa jenis larutan garam. 2. Kunci LKS -telur tenggelam Tiga keadaan Tenggelam. jika massa jenis telur lebih besar dari massa jenis air.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat. melayang jika massa jenis telur sama dengan massa jenis larutan garam.1. 4. dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Kisi-kisi Penilaian : INDIKATOR a. 2. 3. cair. 1. Memahami peranan usaha. terdapat 4 keadaan telur.yaitu Telur tenggelam jika dimasukkan ke dalam air tanpa diberi garam Telur melayang jika dimasukkan sedikit garam pada air Telur mengapung jika dimasukkan banyak garam pada air INSTRUMEN PENILAIAN : Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika) : VIII/2 C. Kompetensi Dasar : 5.

balon udara. tembaga 2. mengapung dan tenggelam masingmasing 3 buah! 2. Contoh hukum Archimedes: Hidrometer. kapal selam Rubrik Penilaian No Skor soal 1 1 2 3 2 4 3 2 1 Format penilaian No Keterangan Jika menyebutkan 1 contoh Jika menyebutkan 2 contoh Jika menyebutkan 3 contoh Jika menyebutkan 4 contoh Jika menyebutkan 3 contoh Jika menyebutkan 2 contoh Jika menyebutkan 1 contoh Nama siswa skor Nilai .1. rasa ingin tahu Ketrampilan sosial: menyumbang ide. Mengapung: daun. mengapung dan tenggelam 2. kayu Tenggelam : besi. gabus. Sebutkan contoh benda yang melayang. kerjasama. tanggungjawab Post tes Tes tertulis Proses Unjuk kerja Proses Proses Sikap Sikap Soal Uraian Lembar pengamatan kinerja siswa Skala sikap Skala sikap Bentuk Instrumen : a. Tes tertulis Soal 1. mengapung dan tenggelam di dalam air B. batu. teliti 2. Menyebutkan contoh benda yang melayang. jembatan ponton. Jujur 4. Menyebutkan contoh-contoh penerapan Hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari Proses Menyelidiki kondisi benda melayang. Melayang: telur pada larutan garam. Religius. 3. Afektif Karakter: 1. Sebutkan 4 contoh penerapan hukum archimedes dalam kehidupan sehari-hari! Kunci jawaban 1.

Skor max B.Nilai = skor yang diperoleh x 100.Tes unjuk Kerja aspek yang dinilai A = Menyebutkan keadaan telur setelah dimasukkan ke dalam air sebelum ditambah garam B = Menyebutkan keadaan telur setelah dimasukkan ke dalam air setelah ditambah garam C = Memberi alasan tentang keadaan telur D = Membuat kesimpulan dengan benar Rubrik Penilaian Aspek yang skor dinilai A 2 1 B 2 1 C 3 2 1 3 2 1 deskripsi Jika Menyebutkan keadaan telur setelah dimasukkan ke dalam air sebelum ditambah garam dengan benar Jika Menyebutkan keadaan telur setelah dimasukkan ke dalam air sebelum ditambah garam dengan salah Jika Menyebutkan keadaan telur setelah dimasukkan ke dalam air setelah ditambah garam dengan benar Jika Menyebutkan keadaan telur setelah dimasukkan ke dalam air setelah ditambah garam dengan salah Jika Memberi alasan tentang keadaan telur secara lengkap untuk 3 keadaan Jika Memberi alasan tentang keadaan telur untuk 2 keadaan Jika Memberi alasan tentang keadaan telur untuk 1 keadaan Jika kesimpulan dijawab untuk 3 keadaan dengan benar Jika kesimpulan dijawab untuk 2 keadaan dengan benar Jika kesimpulan dijawab untuk 1 keadaan dengan benar D Format Penilaian Unjuk Kerja No Nama Siswa Aspek yang dinilai A B C D Jumlah skor Nilai Nilai = Skor yang di peroleh x 100 Skor maximum .

Penilaian Afektif 1. Penilaian Karakter Format Penilaian Perilaku Berkarakter Petunjuk: Untuk setiap perilaku berkarakter siswa diberi nilai dengan skala berikut ini: A = 4 = sangat baik B = 3 = Memuaskan C = 2 = menunjukkan kemajuan D =1 = memerlukan perbaikan No Nama siswa Perilaku berkarakter Rasa jujur teliti ingin tahu Skor religius Nilai Nilai = Skor yang di peroleh x 100 Skor maximum 2. Penilaian Keterampilan Sosial Format Penilaian Perilaku Ketrampilan Sosial Petunjuk: Untuk setiap keterampilan sosial siswa diberi nilai dengan skala berikut ini: 1 = Sangat baik 2 = Memuaskan 3 = Menunjukkan kemajuan 4 = Memerlukan perbaikan No Nama Aspek yang dinilai kerjasama Menyumbang Tanggung ide jawab Skor nilai Nilai = Skor yang di peroleh x 100 Skor maximum .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful