KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PPPPTK-BOE) MALANG

INOVASI DAN KREATIFITAS GURU SMK TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN TINGKAT NASIONAL

DI PPPPTK BOE / VEDC MALANG TAHUN 2012
Dalam Rangka Dies Natalis II PPPPTK BOE/VEDC MALANG

kita tingkatkan kompetensi dan profesionalisme guru SMK untuk meningkatkan kualitas lulusan.A. B. Memupuk minat. RASIONAL Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kompetensi guru SMK Teknologi. 2. . Memotivasi dan menginspirasi guru SMK teknologi untuk melakukan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. bakat. 3. TUJUAN 1. kebiasaan dan budaya guru dalam mengembangkan Kegiatan Belajar Mengajar secara profesional. TEMA Melalui Lomba Inovasi dan Kreatifitas Guru SMK Teknologi dalam Pembelajaran Tingkat Nasional tahun 2012. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis II PPPPTK BOE/VEDC Malang. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika Malang akan mengadakan serangkaian kegiatan antara lain: “Lomba Inovasi dan Kreatifitas Guru SMK Teknologi dalam Pembelajaran Tingkat Nasional tahun 2012”. Mendiseminasikan berbagai pengalaman guru yang berhasil untuk meningkatkan mutu pembelajaran sehingga dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi guru lain. C.

dan hasil pembelajaran. Satu orang peserta hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya kreatif dan inovatif dalam pembelajaran yang sesuai dengan bidang tugas pokoknya sebagai guru bidang studi produktif. Upaya nyata guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan perencanaan. Berdasarkan pengalaman nyata yang telah dilakukan guru sesuai dengan bidang tugasnya dan terbukti berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran. 4. 6. c. penilaian proses.d. atau pengalaman pembelajaran terbaik oleh guru-guru SMK dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Materi lomba berkaitan dengan strategi pembelajaran untuk jenjang SMK Teknologi sesuai dengan bidang tugas masing-masing. KETENTUAN LOMBA 1. 3. . Karya lomba berupa inovasi dan kreatifitas metodologi. Isi a. 2. 4 Mei 2012 dengan menyerahkan softcopy semua dokumen dalam bentuk CD. 7. Lomba bersifat perorangan. b. pelaksanaan. 5. Selanjutnya karya yang sudah diterima panitia akan diseleksi kelayakannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk menentukan 24 (duapuluh empat) finalis. Peserta Lomba mengirim/menyerahkan karya kreatif dan inovatif tersebut di atas dalam bentuk hardcopy ke panitia Dies Natalis P4TK BOE Malang. Hasil deskripsi empiris atau penciptaan karya inovatif dan kreatif yang dilakukan oleh guru dan terbukti berhasil meningkatkan mutu proses dan / atau hasil pembelajaran.D. Duapuluh empat (24) Finalis lomba tersebut akan diundang ke PPPPTK BOE / VEDC Malang untuk mengikuti diklat Bahan Ajar Interaktif sekaligus mempresentasikan karyanya untuk menentukan pemenang lomba tingkat Nasional pada tanggal 30 April s.

5) Dilampiri : a. Dokumen mengajar (persiapan. 2) Rencana Program Pembelajaran (RPP) dari 1 Kompetensi Dasar yang disahkan oleh Kepala Sekolah. Kompetensi: Profesional. dan sesuai dengan tugas guru. 4. 5. Keaslian atau orisinalitas hasil karya lomba yang dibuat. ASPEK YANG DINILAI 1. alat bantu mengajar. Surat Pengantar ditandatangani oleh Kepala Sekolah. Pedagogik. 3. Fotokopi Lembar NUPTK b. . DOKUMEN YANG DIKIRIM/DISERAHKAN Bahan atau dokumen yang dikirim ke panitia lomba adalah berupa : 1) Silabus (1 Standar Kompetensi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah. F. serta situasi/kondisi tempat guru bertugas.E. 3) Bahan Ajar / Modul 4) Sebagai pendukung poin 2. Kepribadian. latar belakang siswa. spesifik. dan Sosial. foto) Alat Bantu Mengajar (Teaching Aid) yang akan digunakan pada saat presentasi. evaluasi) 2. kreatif. proses pelaksanaan KBM. dapat menyertakan dokumentasi (gambar. Bersifat inovatif. Hasil pembelajaran atau kebermanfaatan.

2. Masih aktif mengajar pada sekolah negeri atau swasta di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan baik guru PNS maupun guru non-PNS (guru tetap) dengan menunjukkan NUPTK.. . Juara Harapan 1: Piagam dan Uang Pembinaan sebesar Rp 3. Juara I : Trophy.000.000.(Tujuh Juta Lima 2. Piagam.(Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah). Bagi peserta yang tidak mendapatkan Juara. akan memperoleh Surat Keterangan telah mengikuti lomba. Piagam. Juara III : Trophy.. H. Juara Harapan 2: Sertifikat dan Uang Pembinaan sebesar Rp 2.000. PERSYARATAN PESERTA 1.000. dan Uang Pembinaan Sebesar Rp 5. Piagam.. Peserta lomba adalah guru produktif Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi.(Tiga Juta Rupiah) 5. Juara II : Trophy. Juara Harapan 3: Piagam dan Uang Pembinaan sebesar Rp 1.000.500.G. dan Uang Pembinaan sebesar Rp 10. PENGHARGAAN Bagi pemenang lomba akan disediakan hadiah berupa : 1.500.(Sepuluh Juta Rupiah) 7. 6.(Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).000.500..(Lima Juta Rupiah) 4..000. dan Uang Pembinaan sebesar Rp Ratus Ribu Rupiah) 3.000..000.

491239. 9 April 2012 (cap pos) 2. STRATEGI PELAKSANAAN PENGUMUMAN 12 Maret 2012 PESERTA MENGIRIM DOKUMEN 12 Maret .9 April 2012 SELEKSI I DOKUMEN 9-14 April 2012 SELEKSI II PENGUMUMAN PEMENANG 4 Mei 2012 DIKLAT DAN PRESENTASI 30 April-3 Mei 2012 PEMANGGILAN PESERTA 16-28 April 2012 J.d. Finalis lomba diundang pada tanggal 30 April s. WAKTU PELAKSANAAN 1. sekaligus mengikuti Diklat Penyusunan Bahan Ajar Interaktif.d. Teluk Mandar Arjosari. Lomba dibuka sejak tanggal 12 Maret 2012 dan karya diterima mulai tanggal 12 Maret s. Tromol pos : 5 Malang Telp: 0341. . Fax : 0341. 04 Mei 2012 ke PPPPTK BOE / VEDC Malang untuk mengikuti seleksi (presentasi hasil karya) untuk penentuan pemenang lomba tingkat Nasional.I. Karya lomba asli berupa hardcopy sebanyak 1 (satu) eksemplar dikirim kepada : PANITIA LOMBA “ INOVASI DAN KREATIFITAS GURU SMK TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN TINGKAT NASIONAL TAHUN 2012 “ DI PPPPTK BOE/VEDC MALANG” Jln.491342 3.

M. 5 Arjosari Malang Telp. KETENTUAN LAIN Naskah yang masuk menjadi milik Panitia dan penerbitan naskah berada pada PPPPTK BOE / VEDC Malang Informasi tentang : “LOMBA KEBERHASILAN GURU SMK DALAM INOVASI PEMBELAJARAN TINGKAT NASIONAL DI PPPPTK BOE/VEDC MALANG” dapat dilihat di : www.com L. 081 796 11318) Email : gunawan_vedc@yahoo.com PPPPTK / VEDC Malang Jl. KONTAK Keterangan lebih lanjut hubungi : Sdr.vedcmalang. Drs. 081233709536) Email : haryono_02@yahoo.K. 0341-491239 ext. Teluk Mandar No. MM (hp. 160.com Haryono.Si (hp. Gunawan. 230 Fax. 0341-491342 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful