P. 1
Input Data GPS

Input Data GPS

|Views: 68|Likes:
Published by Bagus Suseno

More info:

Published by: Bagus Suseno on Jan 09, 2014
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/23/2014

pdf

text

original

INPUT DATA SIG DAN GPS Program DNR Garmin diproduksi oleh Minnesota Department of Natural Resources (DNR

), MIS Bureau – Bagian GIS. Program ini didesain untuk transfer langsung data dari receiver GPS Garmin tipe navigasi (umumnya receiver GPS pegangan tangan) dengan ArcView 3.x GIS. Dengan menggunakan piranti lunak pemetaan seperti ArcView atau ArcGis kita bisa menggunakan piranti lunak DNR Garmin untuk melakukan transfer data dari (dan ke) alat penerima GPS dengan format yang sesuai. DNR Garmin difungsikan sebagai tampilan yang diimplementasikan sebagai extension. DNR Garmin dapat diaktifkan secara mandiri tanpa harus mengaktifkan aplikasi ArcView/ArcGis. DNR Garmin bekerja hampir pada seluruh unit GPS Garmin. Fasilitas yang terdapat pada program DNR Garmin diantaranya: 1. Transfer data titik, rute dan trek dari GPS 2. Transfer data titik, rute dan trek ke dalam GPS 3. Penyimpanan data hasil transfer dari GPS dapat berupa shapefile, text files, DBF files atau grafik pada tampilan ArcView 3.X GIS. Penggunaan program DNR Garmin perlu dilengkapi dengan pengetahuan pembagian zona pada sistem koordinat UTM yang meliputi pembagian permukaan bumi antara lintang 84N s/d 80S, terbagi atas 60 zone yang tiap zone memiliki lebar 6 bujur. Pengetahuan zona penting agar tidak terjadi kesalahan pengkonversian koordinat yang secara otomatis dilakukan oleh DNR Garmin saat proses transfer data. Pada gambar 3. berikut pembagian zone UTM di Indonesia.

Gambar 1. Pembagian Zona UTM di Indonesia.

|1

A. Instalasi Program 1. DNR Garmin Program DNR Garmin program yang bebas diunduh untuk bisa memfasilitasi pertukaran data antara ESRI’s ArcMap (atau ArcView) dan receiver GPS. Program DNR Garmin bisa didapat dengan mengunduh di http://www.dnr.state.mn.us/mis/gis/tools/arcview/extensions/DNRGarmin/D NRGarmin.html. Berikut tahapan instalasi program DNR Garmin: a) Instal DNR Garmin Versi dengan menjalankan ikon instalasi (klik ganda).

Gambar 1. Ikon untuk instalasi program

b) Klik next untuk melanjutkan

Gambar 2. Tampilan awal memulai instal

c) Selanjutnya persetujuan menginstal check list setuju kemudian klik next

Gambar 3. Tampilan persetujuan menginstal

|2

d) Proses Instalasi sedang berjalan. Proses instalasi akan otomatis menghadirkan ikon pada dekstop untuk penggunaan DNR Garmin tanpa perangkat lunak pemetaan.

Gambar 4. Proses Instalasi sedang berjalan

e) Setelah selesai proses instalasi, program dapat langsung digunakan.

Gambar 5. Proses instalasi selesai

B. Download data menggunakan program DNR Garmin Tahapan transfer data menggunakan program DNR Garmin a) Nyalakan receiver GPS b) Lakukan pengaturan koneksi pada receiver GPS (biasanya terdapat pada MENU > SETUP MENU > INTERFACE), atur agar GPS dalam posisi siap melakukan koneksi c) Hubungkan antara GPS dan komputer menggunakan kabel serial/USB d) Jalankan program DNR Garmin

Gambar 6. Ikon program DNR Garmin

|3

e) Tampilan jendela DNR Garmin

Gambar 7. Jendela Kerja DNR-Garmin.

f) Program DNR Garmin akan mencoba untuk tersambung dengan receiver GPS dengan sendirinya. Di bawah bagian kiri pada tampilan jendela DNR Garmin akan terlihat keterangan tersambung atau tidak. Jika belum tersambung lakukan pengaturan untuk jenis sambungan (serial port atau USB) serta kecepatan transfer data (baud rate). Pilih GPS > Set Port > USB/Port sesuaikan dengan port yang digunakan untuk menghubungkan antara GPS dengan komputer (misalnya port 1, port 2 untuk serial atau USB) kemudian GPS > Set Baud Rate > sesuaikan kecepatan yang bisa dipergunakan.

Gambar 8. Pengaturan Port / USB

g) Setelah

pengaturan

sambungan

dan

kecepatan,

cobalah

untuk

menyambungkan kembali dengan memiilih GPS > Open Port untuk memulai koneksi antara GPS dengan computer

Gambar 9. Memulai sambungan

|4

Tanda hubungan alat terkoneksi pada bagian kiri pada tampilan jendela DNR Garmin (contoh terkoneksi dengan receiver GPSMap76CSX)

Gambar 10. Komputer Terkoneksi ke Alat

h) Pengaturan sistem proyeksi koordinat yang digunakan, File > Set Projection

Zone daerah

Gambar 11. Jendela memilih sitem koordinat dan proyeksi

i) Pilih Waypoint > Download untuk transfer titik dari receiver GPS, Route > Download untuk transfer rute dan Track > Download untuk mengunduh trek titik dari receiver GPS.

Gambar 12. Tampilan Data yang Terdownload

|5

Setelah tampilan bawah DNR Garmin mengeluarkan titik-titik hasil transfer, beberapa kegiatan dapat dilakukan seperti merubah titik, memodifikasi atau menghapus titik – titik yang tidak dibutuhkan. j) Setelah selesai, simpan data hasil transfer File > Save To > File… pilih Shapefile Layer untuk penyimpanan perangkat lunak pemetaan,

Gambar 13. Penyimpanan ke dalam bentuk Shapefile.

C. Upload data menggunakan program DNR Garmin Untuk melakukan transfer data dari PC ke receiver GPS, dapat dilakukan baik dalam format shapefile, *.dbf, *.txt, *.kml atau *.gpx. Setelah program terkoneksi dengan receiver GPS, dan sistem proyeksi telah diatur, lakukan panggilan data melalui File > Load From > File

Gambar 14. Pemanggilan data yang akan di upload ke receiver GPS

|6

Arahkan pada direktori penyimpanan file yang akan ditransfer pada receiver GPS.

Gambar 15. Pemilihan tipe data yang akan di upload ke receiver GPS

Akan tampil jendela identify field untuk mengatur informasi dan koordinat pada yang akan di transfer. Pilih nama titik untuk ident, pilih salah satu judul kolom pada data anda yang akan ditampilkan di comment. Masukan judul kolom koordinat pada pilihan Lat dan Long di spasial information jika data yang dimiliki adalah koordinat geografis, dan y_proj dan x_proj jika data yang dimiliki adalah koordinat UTM atau keduanya.

Gambar 16. Identify Fields yang muncul

|7

Tampilan yang muncul setelah pengaturan data,

jika data koordinat yang

dimiliki hanya salah satu, maka data koordinat pada sistem koordinat lainnya akan muncul secara otomatis.

Gambar 17. Tampilan data yang akan di upload ke receiver GPS

Pilih Waypoint > Upload untuk transfer titik ke receiver GPS, Route > Upload untuk transfer rute dan Track > Upload untuk transfer trek ke receiver GPS.

Gambar 18. Proses upload ke receiver GPS

|8

Tampilan setelah data sukses ditransfer ke receiver GPS

Gambar 19. Data selesai di upload ke receiver GPS

Setelai selesai muncul laporan “Transfer Complete” layar receiver GPS, jika mode pada receiver GPS menggunakan modus suara, saat transfer selesai dilakukan receiver GPS akan berbunyi. Periksa data anda menggunakan tombol Find > Waypoint untuk waypoint, halaman Track untuk trek dan halaman Route untuk rute pada receiver GPS. Proses transfer data telah selesai dilakukan.

|9

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. Using DNR Garmin A Quick Start Guide www.fs.fed.us/database /gps/documents/DNRGarmin.pd. diunduh pada tanggal 12 Februari 2011. Pukul 09.23 WIB. Nurharyanti. 2011. Program Pengolahan Data GPS. Bahan Ajar ( Tidak diterbitkan). Pusat Diklat Kehutanan Bogor. Setiawan, Iwan Dkk. 2006. Teknik Operasional GPS. Modul. Tidak diterbitkan. Departemen Kehutanan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan. Bogor. Setiawan, Iwan.2011. Input Data SIG dan GPS. Bahan Ajar (Tidak diterbitkan). BDK Makassar

| 10

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->