B. Analisis Pendidikan saat ini No 1. Kondisi saat ini Standart isi a.

Kurikulum 80% memenuhi SNP (pendidikan kecakapan hidup dan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global,dan pendidikan karakter belum belum terprogramkan) b KKM belum memenuhi SNP, penentuaan KKM masih di bawah 7,00, belum melalui analisis SK, KD, dan IPK pada setiap mata pelajaran c. Kajian SK-KD sebagai pengantar pengembangan silabus belum dilaksanakan, sehingga silabus sekolah masih mengadopsi dari silabus d. Dinas Disdik Kota. e. Pemanfaatan KKG, baik KKG Gugus maupun KKG sekolah belum maksimal Pengembangan KTSP dari tahun ke tahun tetap sama Pengembangan proses pembelajaran a. Proses pembelajaran belum memenuhi SNP, baru 40 % guru melaksanakan metode/ pendekatan PAIKEM, CTL, maupun PMRI b. Proses pembelajaran dengan pendekatan Tematik belum dilaksanakan secara benar, 60 % guru masih kesulitan dalam mengembangkan tema untuk memadukan beberapa mata pelajaran c. Pemanfaatan media pembelajaran belum maksimal bahkan dapat dikatakan, guru sama sekali tidak menggunakannya dalam proses pembelajaran d. Kemampuan guru dalam penggunaan alat peraga kurang efektif dan efisien e. Skenario pembelajaran terkadang tidak sesuai dengan RPP Pengembangan Kompetensi Lulusan a. Prestasi akademik lulusan belum memenuhi SNP ( SKBM rata-rata 75 % dan rata-rata Nilai UN 7,34) b. Prestasi non akademik sekolah masih rendah (belum bisa meraih kejuaraan tingkat Nasional) c. Pemanfaatan jam-jam efektif masih kurang d. Khusus kelas enam untuk memenuhi target UN pada mata pelajaran yang di UN kan malah mengabaikan mata pelajaran lain yang juga sangat penting e. Belum adanya pembinaan khusus, yang dibina oleh tenaga khusus yang profesional dalam menghadapi berbagai lomba Pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan a. Tenaga Pendidik baru 90 % memenuhi kualifikasi pendidikan S1/D-IV b. Tenaga Pendidik 70 % memiliki kompetensi pedagodik, kepribadian, sosial, dan profesional c. Jumlah Tenaga Pendidik belum memenuhi rasio yang ideal d. Belum memiliki tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, dan tenaga e. laborat. Tugas tambahan bagi Tenaga Pendidik di luar akademik ( contoh: Pengelola BOS, Kegiatan Organisasi dll) masih besar Pengembangan sarana dan prasarana a. Sarana prasarana, media pembelajaran, bahan ajar, sumber belajar terdapat rata – rata 90 % memenuhi SNP. b. Ruang kelas sudah tercukupi, namun luas ruang belum memenuhi ketentuan SNP

2.

3.

4.

5.

Gedung pertemuan. dan kependidikan yang berasal dari PNS d. Baru 50 % guru melaksanakan sistem penilaian sesuai dengan tuntutan kurikulum atau SNP (rata – rata masih di bawah SNP baik tingkat kesulitan maupun model – model yang digunakan ). Program analisis. untuk semua mata pelajaran di masing-masing kelas Tersusunnya Silabus untuk 9 mata pelajaran d Pengembangan KTSP dari tahun ke tahun selalu meningkat sesuai dengan perkembangan jaman Pengembangan proses pembelajaran a. Administrasi sekolah 80 % memenuhi SNP e. Visi. Kepala Sekolah tidak mempunyai tenaga khusus (TU) yang membantu dalam administrasi Pengembangan pembiayaan a. dan sekolah sudah ada belum disosialisasikan dengan baik d. tetapi belum bekerja sesuai tupoksinya dan belum memiliki AD/ART dan program kegiatan c. dan b. namun belum memenuhi ketentuan SNP. . musholla.6 7. b. CTL. LKS belum dapat dioptimalkan dalam proses pembelajaran Pemberian nilai yang belum sesuai dengan langkah-langkah penilaian c d. dan gudang belum ada Pengembangan pengelolaan a. misi. Ruang Kepala Sekolah belum ada masih jadi satu dengan ruangn guru Ruang guru sudah ada. dengan benar e. Pendidik baru 40 % melaksanakan teknik-teknik penilaian (tes dan non tes) c. KD. Analisis Kondisi Pendidikan 4 tahun ke depan N0 Kondisi yang diharapkan 4 tahun ke depan 1. pendekatan lainnya c. Pembiayaan untuk pengembangan masih rendah mencapai 50 % b. 10 % dana BOS digunakan untuk perawatan sarana dan prasarana e. Perpustakaan. Kelas I – III sudah 100 % melaksanakan pendekatan Tematik d. 20 % Dana BOS untuk operasional masih terserap untuk honor pendidik dan tenaga kependidikan hal ini disebabkan karena kurangnya tenaga pendidik c. Standart isi Kurikulum 100% memenuhi SNP (pendidikan kecakapan hidup dan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan globaL. 2. c. Kepemilikan silabus oleh guru: 100% memiliki a. PMRI. Sekolah mempunyai komite sekolah. perbaikan dan pengayaan belum dilaksnakan secara d. Indikator pencapaian Kompetensi ketuntasan. C. Minimnya pengetahuan tentang pengelolaan dana BOS yang sesuai dengan Petunjuk pelaksanaan penggunaan dana Pengembangan penilaian a. Pendidikan Karakter sudah terprogramkan) b KKM benar-benar ditetapkan melalui analisis SK. 100 % guru sudah melaksanakan metode/pendekatan PAKEM. Proses pembelajaran sudah memenuhi SNP. maksimal e. 8. Sekolah belum menyusun RKS dan RKAS b.

b. Sekolah sudah menyusun RKS dan RKAS 100% 100% fungsi – fungsi pengelolaan sekolah memenuhi SNP. mushola. 100 % pendidik sudah memiliki kompetensi guru d. f. d. Ruang kelas sudah tercukupi dan luas ruang memenuhi c.00 ) b. nasional) . 3 kali h.3. pelatihan manajerial sekolah (MBS) min. media pembelajaran. Prestasi akademik lulusan sudah memenuhi SNP ( SKBM ratarata 85 % dan rata-rata UN 8. 3 kali f.00 e. 5 kali e. Lingkungan sekolah sudah memenuhi SNP. propinsi dan c. Administrasi sekolah 100 % memenuhi SNP Dokumen PSB: 100% Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 100% Dokumen tata tertib sekolah: 100% Dokumen kode etik sekolah: 100% Dokumen penugasan guru: 80% f. Minimal juara ke-1 tk Kabupaten di bidang IPA Memperoleh juara ke-1 tk Kabupaten dalam lomba Siswa Berprestasi Pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan a. sumber belajar terdapat rata – rata 80 % memenuhi SNP. tinggi (rata-rata mencapai juara I dari berbagai kejuaran tingkat kabupaten. 4. Rata-rata pencapaian Nilai UN 8. Pelatihan KTSP min 2 kali Jumlah guru S1/D4: 100% Jumlah guru bersertifikasi profesi: 100% Jumlah guru yang memiliki komputer/laptop: 100% Pengembangan prasarana dan sarana a. . pelatihan kepemimpinan min. Sarana prasarana. Prestasi non akademik sekolah. c.5 d. Pengadaan ruang pimpinan dan ruang guru yang memenuhi ketentuan SNP. dan evaluasi sekolah min. Rata2 pencapaian KKM semua mapel 7. Minimal memperoleh juara ke-1 tk kab/kota di bidang f. monitoring. yaitu 100% memenuhi sebagai lingkungan wiyata mandala Ruang perpus. 3 kali j. bahan ajar. Tenaga Pendidik sudah 100% memenuhi SNP (kualifikasi b. dan gudang terpenuhi Pengembangan pengelolaan a. pendidikan semua S1) c. pelatihan TIK min. 3 kali g. h. 3 kali i pelatihan administrasi persekolahan min. e. 6 Kepemilikan RPP oleh guru: 100% memiliki Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 100% Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 100% Pengembangan Kompetensi Lulusan a. pelatihan kewirausahaan min. ketentuan SNP d. Matematika g. pelatihan supervisi. g. 5. e. b.

c. Pengembangan penilaian a. KD. b. b. e. c. l. Tersusun silabus 9 mapel Tersusun RPP : 100% dari semua mapel Besarnya tantangan nyata Kondisi saat ini Standart isi a Kurikulum 80% memenuhi . 20% 25 % 4 c . Pengembangan pembiayaan a.7. melalui analisis SK. j. k. d. i. Kondisi yang diharapkan 4 tahun ke depan Standart isi a Kurikulum 100% memenuhi SNP. . SNP. Indikator pencapaian Kompetensi untuk semua mata b pelajaran . Identifikasi Tantangan Nyata N 0 1. Biaya pengembangan 80 % terpenuhi Pembiayaan operasional dari dana BOS 80 % memenuhi SNP Pengalokasian dana: minimal 8 SNP Penggunaan dana: 100% benar Pelaporan penggunaan dana: 100% Dokumen pendukung pelaporan: 100% Guru sudah 100 % melaksanakan sistem penilaian sesuai dengan tuntutan kurikulum Penilaian proses sudah 100 % dilaksanakan Frekuensi ulangan harian oleh guru: 100% Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 100% Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100% Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 100% Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 100% Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 100% Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 100% Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenikan kelas: 100% Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 100% terpenuhi Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah: 100% terpenuhi 8. d. f. belum . 50% . e. f. D. KD. h. pendidikan kecakapan hidup dan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global dan pendidikan karakter sudah terprogramkan dengan baik KKM 100 % dirumuskan melalui analisis SK. namun pendidikan kecakapan hidup dan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global dan pendidikan karakter belum terprogramkan KKM belum memenuhi SNP. Indikator Pencapaian Kompetensi pada setiap mata pelajaran) Tersusun silabus 5 mapel Tersusun RPP : 50% dari c semua mapel . (penetapan KKM masih kirab kira 75 %. g.

baru 50 % guru melaksana kan metode/pendekatan PAKEM. CTL. Pengembangan proses pembelajaran Pengembangan proses pembelajaran a Proses pembelajaran belum memenuhi SNP. atau pendekatan lainnya Proses pembelajaran dengan pendekatan Tematik belum dilaksanakan secara benar. e. d.d d 2. 60 % guru masih kesulitan dalam mengembangkan tema untuk memadukan beberapa mata pelajaran Kepemilikan silabus oleh guru: 50% memiliki Kepemilikan RPP oleh guru: 50% memiliki Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 50% Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 50% a b b Proses pembelajaran sudah memenuhi SNP. PMRI. atau pendekatan lainnya 100 % kelas I – III melaksanakan pendekatan Tematik dengan benar 50% 40 % c. 100 % guru melaksanakan metode/pendekatan PAKEM. PMRI. CTL. c d e Kepemilikan RPP oleh guru: 100% memiliki Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 100% Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman Pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 100% 50% 50% 50% .

00 g Memperoleh juara ke-2 tk kab.5 3. Prestasi Akademik SKBM: 20% lulusan memenuhi SNP (SKBM rata-rata 85 % UASBN : dan rata-rata UASBN 8.34 ) Prestasi non akademik sekolah masih rendah c belum bisa mencapai kejuaran d tingkat kabupaten e Rata2 pencapaian KKM semua mapel 6.00 2 tingkat 1 tingkat c d e f g Prestasi non akademik sekolah.00 Memperoleh juara ke-1 tk kab/kota bidang Matematika Memperoleh juara ke-1 tk kab/kota bidang IPA . Mapel Matematika Standart kelulusan a. tinggi (rata-rata mencapai juara tingkat kabupaten).3. Standart kelulusan a Prestasi akademik lulusan belum memenuhi SNP (SKBM b rata-rata 65 % dan ratarata UASBN 7.00 ) b 0.00 f Rata2 pencapaian UN 4.5 Rata2 pencapaianNUN 7. Rata2 pencapaian KKM semua mapel 7.66 3 tingkat kejuaraan tk kabupaten 1.

dan c. media 30% pemebelajaran. Pengembangan pendidik a Tenaga Pendidik baru90% memenuhi kualifikasi pendidikan b S1/D-IV Pendidik 70 % memiliki kompetensi pedagodik. media a Sarana prasarana. ajar. Pengembangan prasarana Pengembangan prasarana dan dan sarana sarana a Sarana prasarana. kepribadian. sumber belajar sumber belajar terdapat rata – terdapat rata – rata 50 rata 80 % memenuhi SNP % memenuhi SNP. Ruang pimpinan dan c Pengembang SNP.Memperoleh juara ke-2 tk kab/kota bidang IPA Memperoleh juara ke-5 tk kabupaten bidang IPA Memperoleh juara ke-3 kabupaten bidang IPA tk 2 tingkat 4. profesional Jumlah guru yang d. memiliki komputer/laptop: 10% e Pelatihan penelitian pendidikan: 20% f Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran: 40% Pelatihan KTSP: 75% a b c d e f Pengembangan pendidik Tenaga Pendidik 100% meme nuhi SNP (kualifikasi pendidikan semua S1) 100 % pendidik memiliki kompetensi guru Jumlah guru yang memiliki komputer/laptop: 100% Pelatihan penelitian pendidikan: 100% Pelatihan penilaian dan evaluasi pembel. . :100% Pelatihan KTSP: 100% 10% 30 % 90 % 80 % 60 % 25 % 5. bahan ajar. bahan pemebelajaran. an ruang ruang guru sudah ada. sosial. Ruang kelas tercukupi dan luas ruang memenuhi b Ruang kelas sudah b Menyesuaika ketentuan SNP n luas tercukupi. namun luas Mengembangkan ruang ruangan ruang belum memenuhi pimpinan dan ruang guru ketentuan SNP yang memenuhi ketentuan c.

namun belum memenuhi ketentuan SNP.bangan masih rendah mencapai 50 % Pengembangan pembiayaan a Biaya pengembangan 80 % terpenuhi 30 % 20 % dan 60 . Ruang kepala sekolah tidak ada f Ruang kelas : 2 tidak standar g Ruang perpustakaan: tidak standar h Ruang Lab. yaitu 100% memenuhi sebagai lingkungan wiyata mandala Ruang kepala sekolah: ada min. yaitu 50% memenuhi sebagai lingkungan wiyata mandala e. 12 m2 Ruang kls : standar 7X8m2 Ruang perpustakaan yang standar Ruang Lab. Administrasi sekolah 100 % memenuhi SNP Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2): 100% Dokumen PSB: 100% Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 100% Dokumen tata tertib sekolah: 100% Dokumen kode etik sekolah: 100% Dokumen penugasan guru: 100% Dokumen administrasi sekolah lainnya: 100% 100 % 25% c d e f g h i j 25 % 50 % 50 % 50 % 50 % 20 % 50 % 7. d. Lingkungan sekolah belum memenuhi SNP. Pengembangan pembiayaan a Pembiayaan untuk peng em. IPA: tidak ada i Ruang guru: tidak standar (< 4m2 / guru) j Gudang: tidak ada k Ruang UKS : tidak ada Pengembangan pengelolaan a Sekolah belum menyusun RKS dan RKAS b 75% fungsi – fungsipengelola an seko lah memenuhi SNP c Administrasi sekolah 75 % memenuhi SNP d Dokumen RPS (RKAS1 dan RKAS-2): 50% Dokumen PSB: 60% e Dokumen Pedoman f pembinaan kesiswaan: 50% Dokumen tata tertib g sekolah: 50% Dokumen kode etik h sekolah: 50% Dokumen penugasan i guru: 80% Dokumen administrasi j sekolah lainnya: 50% d e f g h i j k Lingkungan sekolah memenuhi SNP. IPA: 2 buah Ruang guru: standar (< 4m2 / guru) Gudang: ada Ruang UKS : ada pimpinan dan ruang guru 50% 100 % 100 % 100 % 100 % 100 % 100 % 100 % 6 Pengembangan pengelolaan a RKS dan RKAS sudah disusun b 100% fungsi – fungsipengelola an sekolah memenuhi SNP.

Pengembangan penilaian a Guru dan sekolah 50 % melaksanakan sistem penilaian sesuai dengan tuntutan kurikulum atau SNP(rata – rata masih dibawah SNP baik tingkat kesulitan maupun model – model yang digunakan ).20 % Dana BOS untuk operasional masih terserap untuk honor pendidik dan tenaga kependidikan c Penggunaan dana: 75% benar Pelaporan penggunaan d dana: 75% 8. b b b Pembiayaan operasional dari dana BOS dan memenuhi SNP % 25 % 25 % Penggunaan dana: 100% benar Pelaporan penggunaan dana: d 100% c Pengembangan penilaian Guru dan sekolah 100 % melaksanakan sistem penilaian sesuai dengan tuntutan kurikulum a 50% Pendidik baru 40 b % melaksanakan penilaian sesuai SNP Penilaian sudah dilaksanakan 100 % 60 % .