Macam-macam Istilah Las

Pengertian
Pada proses pengelasan, khususnya las busur manual banyak digunakan kata-kata, kalimat pendek atau istilah yang berasal dari bahasa asing, namun pada proses perencanaan/ persiapan, pelaksanaan dan pemeriksaan atau pengujian hasil las istilah tersebut dipakai secara luas untuk kesamaan pemahaman atau acuan dalam suatu standar pengelasan. Secara umum, dalam modul ini akan disajikan istilah-istilah yang umum dipergunakan dalam standar-standar pengelasan yang dipakai sebagai acuan di Indonesia, seperti Standar Depnaker, Migas, BKI dan API/ IWS.

Backing strip = logam yang diletakkan di bagian belakang benda yang disambung dan menjadi satu dengan logam yang dilas. Istilah-Istilah pada Persiapan Pengelasan : Keterangan : 1. tembaga) yang diletakkan di bagian belakang benda yang akan dilas dan tidak menjadi satu dengan benda yang disambung. Root gap = jarak antara dua benda yang akan dilas 5.1. . 7. Included angle = sudut kampuh 2. Base metal/parent metal = logam yang disambung 6. Angle of bevel = setengah sudut kampuh 3. Backing bar = logam (umumnya tidak sejenis) atau bahan lain ( seperti keramik. Root face = bidang permukaan akar las 4.

Sealing weld = jalur las pengisi 4. Heat affected zone (HAZ) = daerah pengaruh panas 7. Sealing run = jalur pengisi di bagian belakang 3. Root run = jalur pertama 2. Reinforcement = penguatan 6. Toe = kaki jalur las . Leg length = kaki las 5. Weld width = lebar las 8. Istilah-Istilah pada Proses Pengelasan : Keterangan : 1.2.

Protective gases = gas-gas pelindung 6. Weld metal = logam las ( hasil las ) 8.Keterangan : 1. Slag = terak 4. Base metal = logam dasar ( yang dilas ) . Electrode core wire = kawat inti elektroda 2. Path of moTLen metal = cairan elektroda yang jatuh pada benda kerja 5. Arc flame = nyala busur 3. Arc length = jarak antara benda kerja dengan elektroda 7.

yakni lubang pada akar las yang terjadi pada saat pengelasan jalur pertama / penetrasi sambungan tumpul. 2. Tack weld = las catat . Key hole = lubang kunci.Keterangan : 1.

Overlap = logam las yang menumpang pada benda kerja (tidak berpadu) 3. Lack of fusion = sebagian kecil lasan yang tidak berpadu .Keterangan : 1. Undercut = takik las (termakan) 2.