GANGGUAN PSIKOTIK AKUT

A.

Definisi Psikotik adalah gangguan jiwa yang ditandai dengan ketidak mampuan individu menilai kenyataan yang terjadi, misalnya terdapat halusinasi, waham atau perilaku kacau atau aneh.2 Gangguan psikotik adalah semua kondisi yg menunjukkan adanya hendaya berat dalam kemampuan daya nilai realitas, baik dalam perilaku individu dlm suatu saat maupun perilaku individu dalam perjalanannya mengalami hendaya berat kemampuan daya nilai realitas ( perlu dipertimbangkan faktor budaya ). !ukti langsung hendaya daya nilai realitas terganggu misal adanya " • • • waham, halusinasi tanpa tilikan akan sifat patologinya" adanya perilaku yg demikian kacau ( grossly disorgani#ed ) misalnya bicara yg inkoheren, perilaku agitasi tanpa tujuan, disorientasi pd delirium dst" adanya kegagalan fungsi sosial dan personal dgn penarikan diri dari pergaulan sosial dan tidak mampu dlm tugas pekerjaan sehari$hari. Gangguan psikotik adalah gangguan mental yang ditandai dengan kerusakan menyeluruh dalam uji realitas seperti yang ditandai dengan delusi, halusinasi, bicara inkohern yang jelas, atau perilaku yang tidak teratur atau mengacau, biasanya tanpa ada kewaspadaan pasien terhadap inkomprehensibilitas dalam tingkah lakunya.%

B.

Etiologi Gangguan Psikotik &aktor psikodinamik yang harus diperhatikan di dalam kelompok gangguan psikotik ini adalah stresor pencetus dan lingkungan interpersonal. 'i dalam mengambil riwayat penyakit dan memeriksa pasien, klinisi harus memperhatikan tiap perubahan atau stres pada lingkungan interpersonal pasien. Pasien rentan terhadap kebutuhan psikosis untuk mempertahankan jarak interpersonal tertentu" seringkali, pelanggaran batas pasien oleh orang lain dapat menciptakan stres yang melanda yang menyebabkan dekompensasi. 'emikian juga, tiap keberhasilan atau kehilangan mungkin merupakan stresor yang penting dalam kasus tertentu.

1

atau bekerja sesuai fungsinya. khususnya di hemisfer kanan dan lobus parietalis. *at psikoaktif adalah penyebab yang umum dari sindroma psikotik. juga dapat menyebabkan pengalaman halusinasi dan waham. amfetamin. -isalnya setelah sakit stres berat menarik diri dari organisasi sosial kemasyarakatan. seperti yang terjadi pada orang buta dan tuli. Pemutusan sensorik. (ewajiban dalam rumah tangga. termasuk steroid dan thyro/ine. +ering terjadi tak mau. *at yang paling sering terlibat adalah alkohol. atau sering terjadi kemunduran kemampuan dalam melaksanakan fungsi sosial dan pekerjaannya. khususnya di daerah oksipitalis dan temporalis dapat menyebabkan halusinasi. 1amun pada penderita gangguan jiwa berat keadaan tersebut 2 . kehidupan sosial dalam masyarakat yaitu bersosialisasi dan penggunaan waktu senggang. lysergic acid diethylamid ()+') . -escalin. walaupun bukan untuk mendapatkan uang atau materi. !anyak #at lain.0 C. Manifestasi Klinis Perilaku kacau (ewajiban umum dan dasar manusia dalam masyarakat lingkungan kehidupan serta rumah tangga adalah bekerja untuk mendapatkan nafkah. phencyclidine (P. tak mampu bekerja dan malas. halusinogen indol sebagai contohnya. adalah disertai dengan waham.% Pada penggunaan waktu senggang orang normal bisa bercengkrama dengan anggota keluarga atau masyarakat. tak mau bekerja sesuai kewajiban dan tanggungjawab dalam keluarga. kokain. Pada penderita psikotik fungsi pekerjaan sering tak bisa dijalankan dengan seksama. suatu tumor otak) atau ingesti #at (sebagai contohnya. phencyclidine). atau membuat program kerja rekreasi dan dapat menikmatinya. )esi yang mengenai lobus temporalis dan daerah otak lainnya.P).2 !eberapa obat$obatan seperti fenilpropanolamin bromocriptine dan juga dapat menyebabkan atau memperburuk gejala$gejala psikotik. (ondisi fisik seperti neoplasma serebral. dan ketamin. atau tak mampu bekerja sesuai dengan tingkat pendidikan. 'alam kehidupan sosial sering ada penarikan diri dari pergaulan sosial atau penurunan kemampuan pergaulan sosial. dapat disertai dengan halusinasi akibat #at.Pemeriksaan pasien psikotik harus mempertimbangkan kemungkinan bahwa gejala psikotik adalah disebabkan oleh kondisi medis umum (sebagai contohnya.

bahkan kadang$kadang perawatan diri sehari$hari dilalaikan seperti makan. 4llusi juga sering terjadi pada kasus$kasus epilepsi (khususnya epilepsi lobus temporalis). isi pikir bertentangan dengan kenyataan. ia akan dibunuh. 3tau ia akan diracuni dan dibuat celaka oleh orang yang dibunuhnya. !ila halusinasi berisi perintah untuk membunuh ia pun akan melaksanakan pembunuhan. maka halusinasi tersebut dianggap real dan tak jarang ia bereaksi terhadap halusinasi dengar. dan keadaan$keadaan kerusakan otak permanen. 4llusi ini sering terjadi pada panas yang tinggi dan disertai kegelisahan.dilewatkan dengan banyak melamun. dan kadang$kadang perubahan kesadaran (delirium). Pasien melihat tali bisa ditafsirkan sebagai seekor ular. +eorang pasien dengan waham curiga. 5alusinasi 5alusinasi adalah sensasi panca indera tanpa ada rangsangan. karena 3 . Pasien psikotik yang nalar (ego)$nya sudah runtuh. dan isi pikir terkait dengan pola perilaku individu. 4a bisa membunuh orang karena wahamnya kalau tidak dibunuh. !isa terjadi kecurigaan kepada orang sekitarnya akan meracuni atau membunuh dia. -eskipun salah tetapi individu itu percaya betul. 4ni memang banyak terjadi pada pasien psikotik yang membunuh keluarganya sendiri. 2aham 2aham adalah isi pikir (keyakinan atau pendapat) yang salah dari seseorang. 3kibat waham curiga ini pada orang yang sebelumnya bersifat emosional agresif. 5alusinasi dengar adalah gejala terbanyak pada pasien psikotik (66 7). Pasien merasa melihat. lebih$lebih orang yang belum dikenalnya. maka pola perilaku akan menunjukkan kecurigaan terhadap perilaku orang lain. -isalnya seorang petinju di -alang terungkap di pengadilan ia menderita epilepsi. ada rasa raba dan rasa kecap meskipun tak ada sesuatu rangsang pada kelima indera tersebut. mandi. malas. minum. +ebaliknya halusinasi yang memerintah untuk bunuh diri tak jarang pasien pun akan bunuh diri. 4a membunuh anaknya sendiri yang masih tidur di kasur dengan parang. mendengar. membau. 4llusi 4llusi adalah sensasi panca indera yang ditafsirkan salah. dan ibadah. sulit dikoreksi oleh orang lain.

kesembuhan yang sempurna biasanya terjadi dala 2$ bulan. segera berkonsultasi kepada tenaga kesehatan jiwa. kecurigaan berlebihan. 'i sini peran keluarga penting.< Gambaran =tama Perilaku • • • • • Perilaku yang diperlihatkan oleh pasien yaitu > -endengar suara$suara yang tidak ada sumbernya (eyakinan atau ketakutan yang aneh. Gangguan. bicara dan tertawa serta marah$marah atau memukul tanpa alasan Pedoman 'iagnostik =ntuk menegakkan diagnosis gejala pasti gangguan psikotik akut adalah sebagai berikut > 4 . mengancam diri sendiri. 8uga kasus seorang ibu yang menyiram anak balitanya dengan air panas di +emarang beberapa waktu yang lalu. orang lain atau lingkungan. 4a melihat dan merasa menyiram hewan.menganggap anaknya adalah seekor kucing yang sedang tidur. atau bila ada waham dianggap mau diracuni. sering dalam beberapa minggu atau bahkan beberapa hari. 9ilikan :ang !uruk Pasien psikotik merasa dirinya tidak sakit.tidak masuk akal (ebingungan atau disorientasi Perubahan perilaku" menjadi aneh atau menakutkan seperti menyendiri. '. meskipun sudah ada bukti adanya perubahan perilaku yang jelas tidak wajar. (eadaan merasa tidak sakit ini yang mempersulit pengobatan. Pasien tak mau minum obat atau tak mau diajak berobat. apalagi keluarga juga mengiyakan karena merasa tak sakit ia tak mau mencari pengobatan. dan akhirnya si anak meninggal dunia. halusinasi dan illusi. 9ilikan yang buruk ini merupakan ciri khas pasien psikotik. kalau memang menemukan gejala tersebut seperti waham. gejala Psikotik 3kut -emiliki onset yang akut (dalam masa 2 minggu). dan hanya sebagian kecil dari pasien dengan gangguan ini berkembang menjadi keadaan yang menetap dan berhendaya.

• 5alusinasi (persepsi indera yang salah atau yang dibayangkan > misalnya. misalnya pasien percaya bahwa mereka diracuni oleh tetangga. menerima pesan dari televisi. mendengar suara yang tak ada sumbernya atau melihat sesuatu yang tidak ada bendanya) • 2aham (ide yang dipegang teguh yang nyata salah dan tidak dapat diterima oleh kelompok sosial pasien.diawasi oleh orang lain) • • • 3gitasi atau perilaku aneh (bi#ar) Pembicaraan aneh atau kacau (disorganisasi) (eadaan emosional yang labil dan ekstrim (iritabel) 5 . atau merasa diamati.

.id. !isikan Gaib. 5al @<6$@FA 6 .id. 'iunduh dari> http>. . 3pa Penyebab Psikosis. +adock C3. 9irtakusuma 3. (usumawardhani 3.scribd. dkk. 5al @%A$@< 4..etakan 2?@?. 2?@?. Psikotik dan +ki#ofrenia.scribd. 5usain 3!. . dkk. 5al @ 2. (aplan D +adock !uku 3jar Psikiatri (linis.%.auses$Psychosis$(4ndonesian).. @ 1ovember 2?@2.etakan 2?@?.news$medical.doc.2hat$. 8akarta> !alai Penerbit &akultas (edokteran =niversitas 4ndonesia.. +adock !8. @2 3pril 2?@@..doc. Edisi ke$2. 26 &ebruari 2?@2.asp/ 6.A%<<<2?A.net. 1urmah. +adock C3. +adock !8.P+4(B94($lengkap 3. (aplan D +adock !uku 3jar Psikiatri (linis.www.com. 2?@?. 4slamiyah 1. 2?@?. 8akarta> Penerbit !uku (edokteran EG.health. !uku 3jar Psikiatrik. Edisi ke$2. 8akarta> Penerbit !uku (edokteran EG.-enjelaskan$definisi$gangguan$psikotik 5. dkk. 1ugraha 3.com. 'iunduh dari> http>.DAFTAR PUSTAKA 1. 1ews -edical. 'iunduh dari> http>.F @%2<?2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful