P. 1
Definisi SENI

Definisi SENI

|Views: 6|Likes:
Published by Stephanie Yaw

More info:

Published by: Stephanie Yaw on Jan 18, 2014
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/28/2014

pdf

text

original

DEFINISI “SENI” MENURUT BEBERAPA AHLI DI INDONESIA

:
1. Drs Popo Iskandar Seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.

2. Achdiat Karta Miharja Seni adalah kegiatan rohani yang merefleksikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.

3. Koentjaraningrat Kesenian adalah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

4. Ira Adriati, M.Sn Seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.

5. Irma Damayanti, M.Sn Seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai, bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya

6. Dra. Nuning Y. Damayanti, Dipl.Art Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia.

7. Drs.Rizki Akhmad Zaelani

Namun kita tidak usah mempersoalkan makna ini. Sudarmadji Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang. karena kenyataannya kalau kita memperdebatkan makna yang seperti ini akan semakin memperkeruh suasana kesenian. 12. 11. Prof. Sukaryono Seni adalah ungkapan isi hati dan perasaan yang disebut sebagai bahasa seniman yang dikomunikasikan. Mungkin saya memaknainya dengan keberangkatan orang/ seniman saat akan membuat karya seni. biarlah orang memilih yang mana terserah mereka. pengalaman batin tersebut disajikan secara indah sehingga merangsang timbulnya pengalaman batin pula pada manusia lain yang menghayatinya.garis. Suwaji Bastomi Seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.Kata "seni" adalah sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya. walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. 9. Drs.volume dan gelap terang. Drs. Eric Ariyanto Seni adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya. 8. . Konon kabarnya kata seni berasal dari kata "SANI" yang kurang lebih artinya "Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa".warna. 10.tekstur. namun menurut kajian ilmu di eropa mengatakan "ART" (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang/ atau karya dari sebuah kegiatan. Soedarso SP Seni adalah karya manusia yang mengkomunikasikan pengalaman-pengalaman batinnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->