www.mtssadam.blogspot.

com

D. DOKUMEN PENDUKUNG
TAHUN PELAJARAN 20 2!20 "
MTs Syahid Darul Mu’minin

[Sebagai pedoman dan landasan kerja dalam melaksanakan Ujian Nasional 2013 madrasah tsanawiyah tahun pelajaran 2012/2013 dari mulai persiapan, pelaksanaan sampai pelaporan, gar setiap personil mengetahui kedudukan serta tanggung jawab masing!masing sesuai dengan tugas dan wewenangnya, gar setiap personil dapat melaksanakan setiap pekerjaan

dangan baik tepat waktu dan konsisten"

.

pengumuman. antologi puisi. surat pembaca. dan drama# INDIKATOR Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks# Menentukan persamaan isi berita# Menentukan perbedaan penyajian berita# Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan# Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan# Menyimpulkan isi paragraf# Mengidentifikasi isi grafik. tabel/diagram. iklan. slogan/ poster.KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 A. novel remaja. bagan. novel angkatan 20 !0"an. peta. rangkuman. denah# Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi# Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak# Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel# Mengidentifikasi unsur intrinsik drama# Menulis catatan pengalaman pada buku harian# Menulis pesan singkat sesuai konteks# Menulis laporan/pengumuman/resensi# Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca# Menulis rangkuman# Menulis teks berita sesuai konteks# Menulis slogan sesuai konteks# Menulis iklan sesuai konteks# Menyusun petunjuk melakukan sesuatu# Menulis teks pidato# Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka# Menyunting kalimat. cerpen. pilihan kata# Melengkapi pantun# Melengkapi puisi# Melengkapi naskah drama# Kompetensi–Standar Isi–20122013 1 . narasi dan pesan singkat. buku kumpulan cerpen. resensi dan karangan. denah). laporan. buku cerita anak. dan drama)# 2# Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian. ejaan/tanda baca. grafik. dan karya ilmiah$ menulis teks sastra dalam bentuk puisi. teks berita. cerita anak. BAHASA INDONESIA SMP/MTs NO KOMPETENSI 1 Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi. artikel. berbagai karya sastra (puisi. bagan. teks pidato. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 1. iklan. berita. surat dinas. surat pribadi. pantun. tabel. petunjuk. cerpen. dongeng.

2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs NO KOMPETENSI 1# READING (Membaca) Memahami makna dalam %acana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive. maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari"hari# Kompetensi–Standar Isi–20122013 2 . sc#edu"e$ Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure$ Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive$ Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount$ Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative$ Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report$ Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana# Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive'procedure sederhana# Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna# Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna# 2# %RI&ING (Menulis) Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive. advertisement. procedure. procedure. announcement. maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari"hari# INDIKATOR Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/ arnin!. s#ort messa!e. "etter/e-mai". !reetin! card. invitation.

bilangan akar. serta penggunaannya dalam pemecahan masalah# INDIKATOR Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah. perbandingan. kali.3. himpunan. bilangan berpangkat. barisan bilangan. persamaan garis. aritmetika sosial. atau grafiknya# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel# Menyelesaikan masalah menggunakan teorema &ythagoras# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis' besar sudut (penyiku atau pelurus)# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis" garis istime%a pada segitiga# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur"unsur/bagian"bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran# Menentukan unsur"unsur pada bangun ruang# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring"jaring bangun ruang# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang# 2# Memahami operasi bentuk aljabar. serta penggunaannya dalam pemecahan masalah# !# Memahami konsep kesebangunan. serta menggunakannya dalam pemecahan masalah# Memahami sifat dan unsur bangun ruang. MATEMATIKA SMP/MTs NO KOMPETENSI 1# Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat"sifat bilangan. atau bagi pada bilangan# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret# Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi# Menentukan gradien. kurang. persamaan garis. sifat dan unsur bangun datar. dan menggunakannya dalam pemecahan masalah# Kompetensi–Standar Isi–20122013 ! . relasi. konsep persamaan dan pertidaksamaan linier. sistem persamaan linier. serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis. fungsi.

serta menerapkannya dalam pemecahan masalah# )# Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah# INDIKATOR Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari"hari# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data# Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian# Kompetensi–Standar Isi–20122013 ( .NO KOMPETENSI (# Memahami konsep dalam statistika.

. basa. getaran. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs NO KOMPETENSI 1# Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari"hari# 2# Menerapkan konsep *at dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari"hari# INDIKATOR Menentukan besaran pokok. ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari"hari# Memahami klasifikasi *at serta Kompetensi–Standar Isi–20122013 ) . bunyi.ukum . ion. dan optik dalam produk teknologi sehari"hari# )# Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari"hari# /# 0 1# Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya# Mendeskripsikan konsep atom.irchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari"hari# Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari"hari# Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub" kutub yang dihasilkan# Menjelaskan peristi%a induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator# Menjelaskan ciri"ciri anggota tata surya atau peredaran bumi"bulan terhadap matahari# Mendeskripsikan atom. gaya.ukum -hm atau . dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari"hari# (# Memahami konsep"konsep dan penerapan. besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari"hari# Menentukan sifat"sifat *at berdasarkan %ujudnya atau penerapan dalam kehidupan sehari"hari# Menentukan konversi suhu pada termometer# Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan %ujud *at dalam kehidupan sehari"hari# Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum +e%ton dalam kehidupan sehari"hari# Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi # Menentukan penerapan pesa%at sederhana dalam kehidupan sehari"hari# Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu *at# Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang# Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari"hari# Menentukan sifat cahaya. usaha. gelombang. atau garam# !# Mendeskripsikan dasar"dasar mekanika (gerak.4. dan molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari"hari# Mendeskripsikan larutan asam. besaran"besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari"hari# Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari"hari# Menentukan besaran"besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel.

kelangsungan hidup dan pe%arisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan. senya%a dan campuran termasuk rumus kimia Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika *at tertentu serta perubahannya# Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia# Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat psikotropika serta cara menghindarinya# Mengidentifikasi ciri"ciri makhluk hidup# Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri" cirinya# Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem# Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan# Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus# Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya# Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan en*im" en*im yang berperan pada proses pencernaan# Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya# Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya# Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya# Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada manusia# Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ) pada tumbuhan# Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar# Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan" percobaan tentang proses tersebut# Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup# Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel# Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia# 11# 12# Menjelaskan sistem organ pada manusia# 1!# Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan 1(# Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan. serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan# Mendeskripsikan komponen ekosistem. serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan# 10# INDIKATOR Mendeskripsikan unsur. interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan. teknologi dan masyarakat# Kompetensi–Standar Isi–20122013 / .NO KOMPETENSI perubahannya# 2# Mendeskripsikan pemakaian bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari"hari# Mendeskripsikan ciri"ciri dan keanekaragaman makhluk hidup.

SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA. SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH.PROSEDUR OPERASI STANDAR PENYELENGGARAAN UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH. SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA. PROGRAM PAKET B/WUSTHA. PROGRAM PAKET C. SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. DAN PROGRAM PAKET C KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN 2013 . SERTA PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PAKET A/ULA.

PERATURAN BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN NOMOR: 0020/P/BSNP/I/2013 TENTANG PROSEDUR OPERASI STANDAR PENYELENGGARAAN UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH. SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA. SERTA PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PAKET A/ULA. DAN PROGRAM PAKET C KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN Menimbang : Bahwa Dalam Rangka Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 ahun !"13 entang Kriteria Kelulusan Peserta Didik Dari #atuan Pendidikan Dan Penyelenggaraan $%ian #ekolah&Madrasah&Pendidikan Kesetaraan Dan $%ian Nasional' Perlu Menetapkan Peraturan Badan #tandar Nasional Pendidikan entang Prosedur (perasi #tandar Penyelenggaraan $%ian Nasional #ekolah Menengah Pertama&Madrasah sanawiyah' #ekolah Menengah Pertama )uar Biasa' #ekolah Menengah *tas&Madrasah *liyah' #ekolah Menengah *tas )uar Biasa' #ekolah Menengah Ke%uruan' serta Pendidikan Kesetaraan Program Paket *&$la' Program Paket B&+ustha' Program Paket . SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH. PROGRAM PAKET C. Ke%uruan ahun Pela%aran !"1!&!"13- 1 .' dan Program Paket . SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA. PROGRAM PAKET B/WUSTHA. SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN.

Mengingat : 1. SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH. $ndang/$ndang Republik Indonesia Nomor !" ahun !""3 tentang #istem Pendidikan Nasional 0)embaran Negara ahun !""3 Nomor 12' ambahan )embaran Negara Nomor 33"14!. DAN PROGRAM PAKET C KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 ! . Peraturan Pemerintah Nomor 15 ahun !""6 tentang #tandar Nasional Pendidikan 0)embaran Negara ahun !""6 Nomor 31' ambahan )embaran Negara Nomor 335743. SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA. PROGRAM PAKET B/WUSTHA.6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor !" ahun !""1 tentang #tandar Penilaian Pendidikan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah7. Peraturan Menteri *gama Republik Indonesia Nomor 3 ahun !"1! tentang Pendidikan Keagamaan Islam2. MEMUTUSKAN Menetapkan : PERATURAN BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TENTANG PROSEDUR OPERASI STANDAR PENYELENGGARAAN UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 3 ahun !""2 tentang #tandar Proses Pendidikan Kesetaraan Program Paket *' Program Paket B' dan Program Paket .1. SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA. PROGRAM PAKET C. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 ahun !""1 tentang #tandar Isi untuk Program Paket *' Program Paket B' dan Program Paket . Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 ahun !"13 tentang tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari #atuan Pendidikan dan Penyelenggaraan $%ian #ekolah&Madrasah&Pendidikan Kesetaraan dan $%ian Nasional. SERTA PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PAKET A/ULA. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor !! ahun !""7 tentang #tandar Isi untuk #atuan Pendidikan Dasar dan Menengah3.

Ke%uruan ahun Pela%aran !"1!&!"13.Pasal ! Peraturan B#NP ini merupakan dasar dan a8uan dalam penyelenggaraan $%ian Nasional #ekolah Menengah Pertama& Madrasah sanawiyah' #ekolah Menengah Pertama )uar Biasa' #ekolah Menengah *tas&Madrasah *liyah' #ekolah Menengah *tas )uar Biasa' #ekolah Menengah Ke%uruan' Program Paket *&$la' Program Paket B&+ustha' Program Paket . Pasal 3 9al/hal yang belum diatur dalam P(# $N ini akan diatur lebih lan%ut dalam keputusan B#NP. Ditetapkan di :akarta Pada tanggal !5 :anuari !"13 Ketua Pro ! Dr! Ir! M! A! W"r#$#r%#$&'&(#). Pasal 3 Peraturan B#NP ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. M!S*! 3 .' dan Program Paket .

Ke%uruan.ormal yang menyelenggarakan pendidikan setara #D&MI' #MP&M s' #M*&M*' dan #MK men8akup Program Paket *&$la' Program Paket B&+ustha' Program Paket . 6. 3 . Ke%uruan. Program $la dan Program +ustha adalah pendidikan kesetaraan yang diselenggarakan pondok pesantren. PROGRAM PAKET B/WUSTHA.ormal yang dapat dilaksanakan se8ara terstruktur dan ber%en%ang. SERTA PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PAKET A/ULA. 7. 3. PROGRAM PAKET C. SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH. #atuan pendidikan adalah satuan pendidikan dasar dan menengah yang meliputi #ekolah Dasar&Madrasah Ibtidaiyah 0#D&MI' #ekolah Dasar )uar Biasa 0#D)B4' #ekolah Menengah Pertama&Madrasah sanawiyah 0#MP&M s' #ekolah Menengah Pertama )uar Biasa 0#MP)B4' #ekolah Menengah *tas&Madrasah *liyah 0#M*&M*4' #ekolah Menengah *tas )uar Biasa 0#M*)B4' dan #ekolah Menengah Ke%uruan 0#MK4' serta lembaga pendidikan yang menyelenggarakan Program Paket *&$la' Program Paket B&+ustha' Program Paket . SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA.' dan Program Paket . 3.LAMPIRAN PERATURAN BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN NOMOR: 0020/P/BSNP/I/2013 TENTANG PENYELENGGARAAN UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH.' dan Program Paket . Pendidikan non. !. DAN PROGRAM PAKET C KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 I! KETENTUAN UMUM Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan: 1. Pendidikan kesetaraan adalah pendidikan non. :en%ang pendidikan adalah tahapan pendidikan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik' tu%uan yang akan di8apai' dan kemampuan yang dikembangkan.ormal adalah %alur pendidikan di luar pendidikan . SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA. Prosedur (perasi #tandar $%ian Nasional' selan%utnya disebut P(# $N' ahun Pela%aran !"1!&!"13 sebagaimana ter8antum dalam )ampiran Peraturan B#NP ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Peraturan B#NP ini.

!!. Kementerian adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kriteria kelulusan adalah persyaratan pen8apaian minimal untuk dinyatakan lulus17. 6 . $%ian Nasional Program Paket *&$la' Program Paket B&+ustha' Program Paket . 1". Menteri adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. $%ian #ekolah&Madrasah&Pendidikan Kesetaraan selan%utnya disebut $%ian #&M&PK adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh sekolah&madrasah&program pendidikan kesetaraan. Nilai #ekolah&Madrasah&Pendidikan Kesetaraan selan%utnya disebut Nilai #&M&PK adalah nilai gabungan antara nilai u%ian #&M&PK dan rata/rata nilai Rapor atau rata/rata Nilai Dera%at Kompetensi 0NDK4. 5. Kisi/kisi soal $N adalah a8uan dalam pengembangan dan perakitan soal $N yang disusun berdasarkan #tandar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam #tandar Isi #atuan Pendidikan Dasar dan Menengah.tar hadir' amplop' dan pakta integritas pengawas12. Nilai *khir yang selan%utnya disebut N* adalah nilai gabungan antara Nilai #&M&PK dari setiap mata pela%aran yang diu%ikan se8ara nasional dan Nilai $N16. B#NP adalah Badan #tandar Nasional Pendidikan yang dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 ahun !""6 tentang #tandar Nasional Pendidikan. Nilai $%ian Nasional yang selan%utnya disebut Nilai $N adalah nilai yang diperoleh peserta didik pada $N. Prosedur (perasi #tandar yang selan%utnya disebut P(# adalah urutan langkah baku yang mengatur teknis pelaksanaan $%ian #&M&PK dan $N yang diterbitkan oleh B#NP. !1. $%ian kompetensi keahlian adalah u%ian nasional yang terdiri atas u%ian teori dan u%ian praktik ke%uruan. #urat Keterangan 9asil $%ian Nasional yang selan%utnya disebut #K9$N adalah surat keterangan yang berisi Nilai dari setiap mata pela%aran yang diu%ikan se8ara nasional 0nilai #&M&PK' Nilai $N' dan N*4. Bahan $N adalah naskah soal' kaset listening comprehension (LC)' ):$N' berita a8ara' da. 15. 13. 2. 1!.' dan Program Paket . )embar %awaban $N yang selan%utnya disebut ):$N adalah lembaran kertas yang digunakan oleh peserta didik untuk men%awab soal $N. 11. 13. !". Ke%uruan yang dilakukan oleh Pemerintah se8ara nasional. Ke%uruan' yang selan%utnya disebut $N' adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik Program Paket *&$la' Program Paket B&+ustha' Program Paket . $N #usulan adalah u%ian nasional yang diselenggarakan oleh #MP&M s' #MP)B' #M*&M*' #M*)B' #MK untuk peserta didik yang berhalangan mengikuti $N karena alasan tertentu yang dapat diterima oleh sekolah&madrasah penyelenggara dan disertai bukti yang sah. 11.1. !3. $%ian Nasional #MP&M s' #MP)B' #M*&M*' #M*)B' #MK yang selan%utnya disebut $N adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pen8apaian kompetensi lulusan #MP&M s' #MP)B' #M*&M*' #M*)B' #MK se8ara nasional pada mata pela%aran tertentu dalam kelompok mata pela%aran ilmu pengetahuan dan teknologi.' dan Program Paket .

Pemerintah adalah Pemerintah Pusat.!3.+. meren8anakan dan mengkoordinasikan penyelenggaraan $Nb. Penyelenggara $N ingkat Pusat ditetapkan dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang terdiri atas unsur/unsur: a. II! PENYELENGGARA UJIAN NASIONAL Penyelenggara $N adalah Badan #tandar Nasional Pendidikan 0B#NP4 dalam rangka membantu tugas Menteri dan beker%asama dengan Kementerian *gama' Kementerian Dalam Negeri' Kementerian )uar Negeri' Kepolisian Republik Indonesia' Perguruan inggi Negeri' dan Pemerintah Daerah' yang dalam pelaksanaannya terdiri atas Penyelenggara $N ingkat Pusat' Penyelenggara $N ingkat Pro<insi' Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota' dan Penyelenggara $N ingkat #ekolah&Madrasah&Pondok Pesantren&Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat&#anggar Kegiatan Bela%ar.dan k. #ekretariat :enderal' Kementerian Pendidikan dan Kebudayaani. Ma%elis Rektor Perguruan inggi Negeri. Direktorat :enderal Pendidikan Islam' Kementerian *gama%./$#% P&'#% 1. melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri' Kementerian *gama' Kementerian )uar Negeri' dan Kepolisian Republik Indonesia8. Badan Penelitian dan Pengembangan' Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan8. Direktorat :enderal Pendidikan Menengah' Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. !6. Badan Pengembangan #umber Daya Manusia Pendidikan dan Pen%aminan Mutu Pendidikan' Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan'h. *tase Pendidikan atau Konsulat :enderal' Kementerian )uar Negeri. menentukan koordinator perguruan tinggi negeri pelaksana $Nd. !. Pemerintah Daerah adalah Pemerintah Pro<insi' Pemerintah Kabupaten' atau Pemerintah Kota. Inspektorat :enderal' Kementerian Pendidikan dan Kebudayaand. Direktorat :enderal Pendidikan inggi' Kementerian Pendidikan dan Kebudayaang. A! P+. Perguruan inggi adalah perguruan tinggi negeri yang ditetapkan oleh B#NP berdasarkan rekomendasi dari Ma%elis Rektor Perguruan inggi Negeri Indonesia. Badan #tandar Nasional Pendidikanb. menyusun Prosedur (perasi #tandar 0P(#4 $N- 7 . memantau kesiapan pelaksanaan $Ne. Penyelenggara $N ingkat Pusat mempunyai tugas dan tanggung%awab: a.//#r# UN T".. !7. Direktorat :enderal Pendidikan Dasar' Kementerian Pendidikan dan Kebudayaane.-+.

melakukan pelelangan penggandaan dan pendistribusian bahan $Nr. men8etak dan mendistribusikan blanko surat keterangan hasil u%ian nasional 0#K9$N4 ke pro<insi dan luar negeri88. menyusun Petun%uk eknis Pengawasan untuk penggandaan dan pendistribusian bahan $N ke Penyelenggara $N ingkat Pro<insig. mengadakan penandatanganan pakta integritas dengan penyelenggara $N di luar negeri melalui *tase Pendidikan atau Konsulat :enderal%.. menyusun dan merakit soal $Nn. mengkoordinasikan kegiatan pemantauan $Nee. mendistribusikan bahan $N yang men8akup naskah soal $N' ):$N' da. menyiapkan master naskah soal $Np. menyiapkan kisi/kisi soal $N berdasarkan #tandar Isil. melakukan serah terima master soal ke perusahaan penggandaan bahan $Ns. men%amin mutu soal $No. memantau pelaksanaan proses penggandaan bahan $N di per8etakant. mengembangkan sistem database peserta $N<. melakukan <eri.. mengadakan penandatangan pakta integritas dengan Kepala Dinas Pendidikan Pro<insi dan Rektor Perguruan inggi Negerii. 1 . melakukan super<isi proses pemindaian lembar %awaban u%ian nasional 0):$N4?. Ke%uruan ke Perguruan inggiw. melakukan pemantauan dalam persiapan' pelaksanaan' dan selama proses pemindaian ):$N. menerbitkan dan mendistribusikan surat keputusan bentuk blanko i%a?ah ke pro<insibb. menetapkan %adwal pelaksanaan $Nk. melakukan penskoran hasil $Naa.tar hadir' berita a8ara' tata tertib' dan pakta integritas ke satuan pendidikan penyelenggara melalui Penyelenggara $N ingkat Pro<insi' *tase Pendidikan atau Konsulat :enderal' dan tempat lain yang ditetapkan sebagai penyelenggara $Nu. mendistribusikan kisi/kisi soal $Nm. menganalisis hasil $N dan mendistribusikan hasilnya kepada dinas pendidikan pro<insi dan kabupaten&kota serta Kantor +ilayah Kementerian *gama Pro<insi dan Kantor Kementerian *gama kabupaten&Kotagg.. mengirim database peserta $N #M*' M*' #MK' Paket . melakukan sosialisasi penyelenggaraan $Nh. mendistribusikan hasil $N ke pro<insi dan luar negeridd.ikasi serta persyaratan teknis perusahaan penggandaan dan distribusi bahan $N=. menetapkan spesi. mengembangkan sistem database penilaian akhir u%ian sekolah' u%ian akhir pendidikan kesetaraan' dan u%ian nasional>.' dan Paket .ikasi dan pengawasan sistem komputerisasiy. menge<aluasi pelaksanaan $N dan membuat laporan pelaksanaan dan hasil $N kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan..

-+. men8etak da. mengkoordinasikan pengumpulan dan mengelola database nilai #&M&PKl. Perguruan inggi Negeri 3.+.//#r# UN T".B! P+. !.ikasi satuan pendidikan berdasarkan %en%ang akreditasi serta aspek/aspek yang dipergunakan sebagai bahan penetapan satuan pendidikan penyelenggara $N!4 memantau pelaksanaan u%i kompetensi keahlian #MK. @ubernur bertanggung %awab dalam penyelenggaraan $N pada tingkat Pro<insi. mengirimkan nilai #&M&PK ke Penyelenggara $N ingkat Pusat paling lambat tanggal 2 *pril !"13' khusus nilai u%ian teori ke%uruan dikirimkan paling lambat tanggal !5 *pril !"13m. Dinas Pendidikan Pro<insi dalam penyelenggaraan $N #M*' M*' #MK' Program Paket . menetapkan Da. menyediakan kendaraan transportasi untuk distribusi bahan $N ke titik simpan terakhire. mengawal pendistribusian bahan $N di bawah koordinasi Perguruan inggi sampai titik simpan terakhir di Kabupaten&Kotah. melakukan pendataan dan menetapkan satuan pendidikan penyelenggara $N dengan prosedur sebagai berikut: 14 melakukan pendataan satuan pendidikan yang memiliki kelas&tingkat tertinggi dan mengidenti. melakukan sosialisasi dan mendistribusikan Permendikbud $N dan P(# $N ke Kabupaten&Kota di wilayahnya8. mengisi #K9$Np. hasil u%ian nasional 0DK9$N4 yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Pro<insio.tar kolekti. Kantor +ilayah Kementerian *gama 3. men%aga keamanan penyelenggaraan $N bersama Dewan Pendidikan Pro<insi dan Kepolisian%. men%aga kerahasiaan bahan $Ni. melakukan penandatanganan pakta integritas dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten&Kotad. mengkoordinasikan pengumpulan dan mengelola database peserta $Nk.' dan Program Paket . Ke%uruan memiliki tugas dan tanggung %awab sebagai berikut: a. mendistribusikan DK9$N dan #K9$N ke satuan pendidikan melalui dinas pendidikan kabupaten&kota- 2 .'" 1. Instansi tingkat pro<insi yang terkait dengan pendidikan keahlian.. 3./$#% Pro0".tar Nominasi etap 0DN 4g. meren8anakan penyelenggaraan $N di wilayahnya bersama perguruan tinggib. Dinas Pendidikan Pro<insi!. menerima hasil penilaian 0skor4 dari Penyelenggara $N ingkat Pusatn. @ubernur menetapkan Penyelenggara $N ingkat Pro<insi yang terdiri atas unsur/unsur: 1.

menerima nilai akhir $N dari Penyelenggara $N ingkat Pusatm. mengkoordinasikan pengumpulan dan entry data nilai sekolah&madrasah&Pondok Pesantren& Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ar dan mengirimkannya ke Penyelenggara $N ingkat Pusat paling lambat tanggal 16 *pril !"13 untuk #MP&M s' #MP)B' Program Paket *&$la' dan Program Paket B&+usthak. menerapkan prinsip ke%u%uran' ob%ekti<itas' dan akuntabilitas pada semua proses di atasr.tware yang ditentukan oleh Penyelenggara $N ingkat Pusat!4 mengirim hasil pemindaian ):$N ke Penyelenggara $N ingkat Pusatl. menetapkan tim pengolah hasil $N dengan tugas sebagai berikut: 14 melakukan pemindaian 0scanning4 ):$N dengan menggunakan so. men%aga keamanan penyelenggaraan $N bersama Dewan Pendidikan Pro<insih. Dinas Pendidikan Pro<insi dalam menyelenggarakan $N #MP&M s' #MP)B' #M*)B' Progam Paket *&$la dan Progam Paket B&+ustha memiliki tugas dan tanggung %awab sebagai berikut: a.. meren8anakan penyelenggaraan $N di wilayahnyab. men8etak da.tar kolekti. mendistribusikan da. membuat laporan pelaksanaan $N ingkat Pro<insi untuk disampaikan kepada Penyelenggara $N ingkat Pusat yang berisi tentang persiapan' pelaksanaan' dan e<aluasi $N yang dilengkapi dengan: 14 surat keputusan Penyelenggara $N ingkat Pro<insi!4 data peserta $N34 data satuan pendidikan penyelenggara $N34 laporan kelulusan satuan pendidikan. menyediakan kendaraan transportasi untuk distribusi bahan $N ke titik simpat terakhir%. mendistribusikan nilai akhir $N ke satuan pendidikan melalui Dinas Pendidikan Kabupaten&Kotan. melakukan sosialisasi dan mendistribusikan Permendikbud $N dan P(# $N ke Kabupaten&Kota di wilayahnyad. hasil u%ian nasional 0DK9$N4 persekolah&madrasah& Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ar melalui Dinas Pendidikan Kabupaten&Kota- 5 . menetapkan satuan pendidikan penyelenggara $N dan satuan pendidikan yang bergabung dalam surat keputusane.tar kolekti. menetapkan Da.=. melakukan penandatanganan pakta integritas dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten&Kota 8.tar Nominasi etap 0DN 4. mengkoordinasikan pendataan peserta dan mengelola database peserta $Ni. 3. men%aga kerahasiaan bahan $Ng. hasil u%ian nasional 0DK9$N4 persekolah&madrasah& Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ar yang ditandatangani oleh kepala dinas pendidikan pro<insio.

p. membuat laporan pelaksanaan $N ingkat Pro<insi untuk disampaikan kepada Penyelenggara $N ingkat Pusat yang berisi tentang persiapan' pelaksanaan' dan e<aluasi $N dan dilengkapi dengan: 14 surat keputusan Penyelenggara $N ingkat Pro<insi!4 data peserta $N34 data sekolah&madrasah penyelenggara $N34 laporan kelulusan satuan pendidikan. menge<aluasi penyelenggaraan $N di wilayahnyat. menerapkan prinsip ke%u%uran' ob%ekti<itas' dan akuntabilitas pada semua proses di atasu. menetapkan koordinator pelaksanaan $N Kabupaten&Kota8.' dan Paket . membentuk tim ker%a $N di tingkat pro<insi yang terdiri atas: 14 tim pengawasan bahan $N di per8etakan' yang mempunyai tugas dan tanggung%awab: a4 mengkoordinasikan pengawasan penggandaan bahan $N di per8etakanb4 mengawasi proses penggandaan bahan $N di per8etakan. ke Dinas Pendidikan Kabupaten&Kota dan ke Kantor Kementerian *gama Kabupaten&Kotas. 34 tim pengamanan bahan $N di titik simpan terakhir selama u%ian berlangsung memiliki tugas dan tanggung%awab: a4 melakukan koordinasi pengamanan dan penyimpanan bahan $N dengan Dinas Pendidikan Kabupaten&Kota dan Polri- 1" . Perguruan inggi dalam penyelenggaraan $N #M*' M*' #MK' Paket . mendistribusikan #K9$N ke Kabupaten&Kotar. meren8anakan penyelenggaraan $N di wilayahnya bersama Dinas Pendidikan Pro<insi dan dapat melibatkan )embaga Pen%aminan Mutu Pendidikanb. men8etak #K9$N untuk setiap peserta $N=. 34 tim distribusi bahan $N ke titik simpan terakhir memiliki tugas dan tanggung%awab: a4 melakukan koordinasi distribusi bahan $N dengan Dinas Pendidikan Pro<insi dan Polrib4 melakukan distribusi bahan $N ke titik simpan terakhir di kabupaten&kota84 melakukan serah terima bahan $N dengan tim pengamanan bahan $N Perguruan inggi di titik simpan terakhir. !4 tim penerima bahan $N dari per8etakan sebagai Panitia Penerima 9asil Peker%aan 0PP9P4 memiliki tugas dan tanggung%awab: a4 menerima bahan $N dari per8etakan dan menandatangani berita a8ara serah terima bahan $N dari per8etakan di Pro<insib4 menyerahkan bahan $N ke tim distribusi bahan $N serta menandatangani berita a8ara serah terima bahan $N. Ke%uruan memiliki tugas dan tanggung %awab sebagai berikut: a. 6. melakukan penandatanganan pakta integritas dengan B#NPd. Mendistribusikan i%a?ah Paket *' Paket B dan Paket .

e.tware yang ditentukan oleh Penyelenggara $N ingkat Pusatb4 menyampaikan hasil pemindaian ):$N ke Penyelenggara $N ingkat Pusat. n. b4 melakukan serah terima bahan $N ke tim pengawas satuan pendidikan. %. l. o. g. 11 . mensosialisasikan tugas dan tangggung%awab pengawas penyelenggaraan $N di satuan pendidikanmen%amin ob%ekti<itas dan kredibilitas pelaksanaan $N di wilayahnyamelaksanakan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan Kantor +ilayah Kementerian *gama dalam penyelenggaraan $Nmenetapkan pengawas satuan pendidikan di setiap sekolah&madrasah&Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat&#anggar Kegiatan Bela%ar penyelenggara $Nmenetapkan pengawas ruang u%ian berdasarkan masukan dari Dinas Pendidikan dan Kankemenag Kabupaten&Kota sebagai penyelenggara $N Kabupaten&Kotamenetapkan tempat titik simpan terakhir bahan $N di Kabupaten&Kota berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten&Kotamen%aga keamanan dan kerahasiaan dalam pendistribusian bahan $N dari tingkat pro<insi sampai ke satuan pendidikanmen%aga keamanan penyimpanan bahan $N di titik simpan terakhir selama u%ian berlangsungmen%aga keamanan dan kerahasiaan ):$N yang sudah diisi oleh peserta $N serta bahan pendukungnyamembawa ):$N dari satuan pendidikan ke Perguruan inggi didampingi oleh Dinas Pendidikanmelakukan pemindaian dengan menggunakan perangkat lunak yang ditetapkan oleh Penyelenggara $N ingkat Pusatmen%amin keamanan proses pemindaian ):$Nmenyerahkan hasil pemindaian ):$N ke Penyelenggara $N ingkat Pusatmenerima hasil penilaian 0skor4 dari Penyelenggara $N ingkat Pusatmenerapkan prinsip ke%u%uran' ob%ekti<itas' dan akuntabilitas pada semua proses di atasmembuat laporan pelaksanaan $N ingkat Pro<insi untuk disampaikan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui B#NP yang berisi tentang persiapan dan pelaksanaan $N-. =. h. r. p. t. 64 tim pengawas satuan pendidikan memiliki tugas dan tanggung%awab: a4 mengkoordinasikan pengawasan penyelenggaraan $N dengan kepala sekolah satuan pendidikanb4 melakukan serah terima bahan $N dari tim pengamanan bahan $N bersama dengan kepala sekolah satuan pendidikan 84 melakukan pengawasan pelaksanaan $%ian. m. 74 tim pengolah hasil $N memiliki tugas dan tanggung%awab: a4 melakukan pemindaian 0scanning4 ):$N dengan menggunakan so. k.. i. s. .

!.+. Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota mempunyai tugas dan tanggung %awab: a.48.//#r# UN T". meren8anakan penyelenggaraan $N di wilayahnyab. C! P+.ikasi satuan pendidikan yang memiliki kelas&tingkat tertinggi dan satuan pendidikan berdasarkan %en%ang akreditasi' serta memenuhi persyaratan kelayakan berdasarkan hasil penilaian dinas kabupaten&kota yang disampaikan ke dinas pendidikan pro<insi- 1! . Perguruan inggi Negeri./Ko%# 1. tim pengawasan bahan $N di per8etakan memiliki tugas dan tanggung%awab: 14 mengkoordinasikan pengawasan penggandaan bahan $N!4 mengawasi proses penggandaan bahan $N di per8etakan. 8. tim pengamanan bahan $N di titik simpan terakhir selama u%ian berlangsung memiliki tugas dan tanggung%awab: 14 melakukan koordinasi pengamanan dan penyimpanan bahan $N dengan Dinas Pendidikan Kabupaten&Kota dan Polri!4 melakukan serah terima bahan $N ke satuan pendidikan penyelenggara.ormal: Program Paket *&$la' Program Paket B&+ustha' dan Program Paket . tim distribusi bahan $N ke titik simpan terakhir memiliki tugas dan tanggung%awab: 14 melakukan koordinasi distribusi bahan $N dengan Dinas Pendidikan Pro<insi dan Polri!4 melakukan distribusi bahan $N ke titik simpan terakhir di kabupaten&kota34 melakukan serah terima bahan $N dengan tim pengamanan bahan $N Perguruan inggi di titik simpan terakhir. b.7. melakukan pendataan satuan pendidikan penyelenggara $N dengan prosedur sebagai berikut: 14 mengidenti. Perguruan inggi dalam menyelenggarakan $N #MP&M s' #MP)B' #M*)B' dan Program Paket B&+ustha terdiri atas empat tim memiliki tugas dan tanggung %awab sebagai berikut: a. Kantor Kementerian *gama Kabupaten&Kota 0#eksi yang menangani pendidikan madrasah dan seksi yang menangani pendidikan nor. melakukan penandatanganan pakta integritas dengan satuan pendidikan8.-+. d./$#% K#1&2#%+. Dinas Pendidikan Kabupaten&Kotab. tim penerima bahan $N dari per8etakan sebagai Panitia Penerima 9asil Peker%aan 0PP9P4 memiliki tugas dan tanggung%awab: 14 melakukan serah terima bahan $N dari per8etakan di Pro<insi!4 melakukan serah terima bahan $N ke tim Distribusi bahan $N. Bupati&+alikota bertanggung%awab menetapkan Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota yang berasal dari unsur/unsur: a.

=. i. n.. p. g. menandatangani #K9$N dan mendistribusikannya ke Penyelenggara $N Pendidikan Kesetaraan dan Kantor Kementerian *gama Kabupaten&Kota 0untuk Pondok Pesantren4 dan&atau satuan pendidikan non. h. e.ormal. 13 .' dan Program Paket . mensosialisasikan penyelenggaraan $N di wilayahnya dan mendistribusikan Permendikbud $N dan P(# $N ke satuan pendidikanmelakukan pendataan 8alon peserta $Nmelakukan pendataan 8alon pengawas $N #M*' M*' #MK' Program Paket . m. r. %. s. o. !4 menerima #K penetapan satuan pendidikan penyelenggara $N dan satuan pendidikan yang bergabung dari penyelenggara tingkat pro<insi34 menyampaikan surat keputusan tersebut ke satuan pendidikan. k.tar tempat penyimpanan terakhir bahan $N ke perguruan tinggimendistribusikan bahan $N dan ):$N untuk $N #MP' M s' #MP)B' #M*)B dan Program Paket *&$la' Paket B&+ustha ke sekolah&madrasah&pondok pesantren& Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ar penyelenggara $Nmen%aga kerahasiaan dan keamanan bahan $Nmen%aga keamanan penyelenggaraan $Nmelaksanakan pemantauan dan e<aluasi pelaksanaan $N di wilayahnyamengumpulkan ):$N dan mengirimkannya ke Penyelenggara $N ingkat Pro<insi dan didampingi oleh Perguruan inggi untuk #MP' M s' #MP)B' #M*)B' Program Paket *&$la dan Program Paket B&+ustha ke Dinas Pendidikan Pro<insimenerima DK9$N dan #K9$N dari Penyelenggara $N ingkat Pro<insi dan mengirimkannya ke sekolah&madrasah&pondok pesantren& Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ar penyelenggara $Nmenerapkan prinsip ke%u%uran' ob%ekti<itas' dan akuntabilitas pada semua proses pelaksanaan $Nmembuat laporan pelaksanaan $N ingkat Kabupaten&Kota untuk disampaikan kepada Penyelenggara $N ingkat Pro<insi yang berisi tentang persiapan' pelaksanaan' dan e<aluasi $N dan dilengkapi dengan: 14 surat keputusan Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota!4 data peserta $N34 data sekolah&madrasah& Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ar penyelenggara $N34 data kelulusan satuan pendidikan. Ke%uruan untuk disampaikan ke perguruan tinggimelakukan pendataan 8alon pengawas $N #MP' M s' #MP)B' dan #M*)B dan Program Paket *&$la' Program Paket B&+usthamen8etak Da. .tar Nominasi #ementara 0DN#4 dan mendistribusikan ke sekolah&madrasah&pondok pesantren& Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%armengkoordinasikan pengumpulan dan entry data nilai sekolah&madrasah& pondok pesantren& Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%armenyampaikan da. l.d.

mengirimkan data 8alonpeserta $N yang dilakukan oleh sekolah&madrasah&pondok pesantren& Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ar ke Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kotae. Penyelenggara $N ingkat #atuan Pendidikan mempunyai tugas dan tanggung %awab sebagai berikut: a. institusi yang ditetapkan oleh *tase Pendidikan dan&atau Konsulat :enderal pada Kantor Perwakilan RI setempat berkoordinasi dengan Direktorat terkait atau langsung ditetapkan oleh Direktorat terkait untuk penyelenggara $N di luar negeri. Penyelenggara $N ingkat #atuan Pendidikan ditetapkan oleh Penyelenggara $N tingkat Kabupaten&Kota yang terdiri atas unsur/unsur: a. 1.+.//#r# UN T".' dan Program Paket . mengirimkan nilai sekolah&madrasah&pondok pesantren& Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ar berdasarkan penggabungan nilai rata/rata rapor dan nilai $#&M untuk #MP&M s' #MP)B' #M*' M*' #M*)B' dan #MK ke Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota. melaksanakan $N sesuai dengan P(# $N8.3"3"$#. memiliki dan memahami Permendikbud $N dan P(# $N serta melakukan sosialisasi kepada guru' peserta u%ian' dan orang tua pesertab. meren8anakan penyelenggaraan $N di sekolah&madrasah&pondok pesantren& Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ard..-+. kepala sekolah&madrasah&pondok pesantren& Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ar dan guru&tutor dari satuan pendidikan penyelenggara $N yang bersangkutan dan satuan pendidikan lain yang bergabung' untuk #MP' M s' #MP)B' #M*)B' Program Paket *&$la dan Program Paket B&+ustha. 3. pondok pesantren' PKBM' dan #KB penyelenggara pendidikan kesetaraan yang telah ditetapkan oleh Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota8. P+. perguruan tinggi bersama kepala sekolah&madrasah&pondok pesantren & Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ar dan guru&tutor dari satuan pendidikan' dan satuan pendidikan lain yang bergabung untuk $N #M*' M*' #MK' Program Paket . Ke%uruanb. sekolah&madrasah yang memiliki peserta $N minimal !" peserta didik 0#MP)B dan #M*)B tidak ada batas minimal %umlah peserta $N4' terakreditasi' serta persyaratan lainnya yang ditetapkan oleh Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kotab.D! P+. #atuan Pendidikan yang dapat menyelenggarakan $N adalah: a. !./$#% S#%&#. mengirimkan nilai Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ar berdasarkan penggabungan nilai rata/rata laporan hasil bela%ar 0NR)9B4 dan nilai $*PK untuk Program Paket *&$la' Program 13 .

Penyelenggara $N #ekolah Indonesia di )uar Negeri adalah sebagai berikut: No N#(# S+$o. "1"/6112216 No<oku?netskaya' $litsa 1!' Moskow Rusia elp. Moskow Rusia 3. h.' dan Paket . s.airo/Agypt elp. #. k. 3. #. p.g.B +assenaar elp.#(#% Ri%kstraatweg 715 !!36 .#) I. m. %. +assenaar A.3o.I. . r. Belanda !. i.+'"# 4SI5 #.I. 331!2!! N+/#r# 1. 1/"56/ !315635 13 Babel #tr. l.I. Paket B&+ustha' Program Paket . dan Program Paket . =. n. o. Dokki P( Bo> 1771 .airo Mesir 16 . Ke%uruan menerapkan prinsip ke%u%uran' ob%ekti<itas' dan akuntabilitas pada semua proses di ataskhusus #MK melakukan ker%asama dengan industri mitra atau institusi pasangan dalam rangka u%i kompetensi keahlian berdasarkan pedoman penyelenggaraan u%i kompetensi keahlian dari Penyelenggara $N ingkat Pusatmenyampaikan laporan penyelenggaraan $N kepada Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota' khusus untuk sekolah Indonesia di luar negeri kepada Perwakilan RI setempat. Ke%uruan ke Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kotamengambil naskah soal $N di tempat yang sudah ditetapkan oleh Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kotamemeriksa dan memastikan amplop naskah soal $N dalam keadaan tertutupmen%aga kerahasiaan dan keamanan naskah soal $Nmen%aga keamanan dan ketertiban penyelenggaraan $Nmemberikan pen%elasan tentang tata tertib pengawasan ruang u%ian dan 8ara pengisian ):$Nmembubuhkan stempel satuan pendidikan pada amplop pengembalian ):$Nmengumpulkan ):$N #MP' M s' #MP)B' #M*)B' Program Paket *&$la dan Program Paket B&+ustha serta mengirimkannya kepada Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota' khusus #ekolah Indonesia )uar negeri' ):$N langsung di kirim ke penyelenggara tingkat pusatmenerima DK9$N dari Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota' khusus #ekolah Indonesia )uar negeri' menerima DK9$N dari penyelenggara tingkat pusatmenerbitkan' menandatangani' dan membagikan #K9$N kepada peserta $N #MP' M s' #MP)B' #M*)B' dan #MKmembagikan #K9$N kepada peserta $N Program Paket *&$la' Paket B&+ustha' Paket .

3. !"522 7""/7"! Pet8hburi Road Bangkok elp. 5. Bangkok #.I.I.+'"# 4SI5 #. #.I. 1!.I. 13. Penyelenggara $N Pendidikan Kesetaraan di )uar Negeri adalah sebagai berikut: No 1. !63136/3" )orong un Ismail 6"32" Kuala )umpur' Malaysia' elp. 11. Bangoon #. 1". 211!51/3 1""/)ower Kyimyindine Road *hlone' Bangoon' Myanmar elp. okyo #. bin *bdul *?i? 9ayy $mmul 9amam @harby P( Bo> 5333 #audi *rabia 8&o Konsulat :enderal RI P( Bo> 1" :eddah !1311 #audi *rabia Diplomati8 An8la<e' #treet 1 Ramna 6&3 Islamabad Pakistan elp.I.I. !.No N#(# S+$o.3o. #audi *rabia 6. Kuala )umpur #. #.I. 7. 7"3/ !5! 172! #iglap Road #ingapura 366265 elp. Damas8us #.I. Islamabad #audi *rabia Pakistan 1. #ingapura #.ity #treet' Da<ao' Cilipina N+/#r# 3. Da<ao Myanmar hailand Malaysia #ingapura :epang #yria Cilipina 6.#(#% Prin8e Nai.I. N+/#r# #ingapura Malaysia 9ongkong #audi *rabia #ingapura Kuala )umpur' Kota Kinabalu' dan Ku8hing 9ongkong dan Makau Riyadh Ko%# 17 . 2. :eddah #.#) I. 1" * P( Bo> 363"' Damas8us' #yria Da<ao . 332"1!! #ingapura 3/7/7' Meguro/Ku' okyo 163 elp. Riyadh A.I. 3. "3/3115/1127' :epang *l/*krami #treet No.

Khusus peserta didik #MK yang telah menyelesaikan proses pembela%aran untuk mata pela%aran yang diu%ikan se8ara nasional dapat mengikuti $Nd. Peserta didik yang dapat menyelesaikan studinya selama ! 0dua4 tahun dalam program akselerasi atau #K# harus menun%ukkan bukti/bukti yang menun%ukkan kemampuan istimewa yang dibuktikan dengan kemampuan akademik dari pendidik dan Intelligen8e Duotient 0ID4 E 13" 0seratus tiga puluh4 yang dinyatakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program studi psikologi terakreditasi atau lembaga psikologi lain yang direkomendasi B#NP. P+'+r%# U6"#. N#'"o. Peserta didik yang bela%ar di sekolah internasional di Indonesia yang memiliki i?in untuk menerima peserta didik +NI' dapat mengikuti $N pada sekolah&madrasah penyelenggara $N terdekat dengan persyaratan sebagaimana ter8antum pada butir 1 sampai 3 di atash.. #3#. Peserta didik yang belum lulus $N pada tahun pela%aran !""5&!"1"' !"1"&!"11' atau !"11&!"1! yang akan mengikuti $N tahun pela%aran !"1!&!"13 harus: 14 (+. Peserta didik yang memiliki i%a?ah atau surat keterangan lain yang setara' atau berpenghargaan sama' dengan i%a?ah dari satuan pendidikan yang setingkat lebih rendah.tarang.#) '+1#/#" 1+r"$&%: a. 1! P+r'-#r#%#. Penerbitan i%a?ah yang dimaksud sekurang/ kurangnya 3 tahun sebelum mengikuti u%ian sekolah&madrasah' atau sekurang/kurangnya ! tahun untuk peserta program akselerasi dan&atau #K#e. Peserta $N yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti $N dapat mengikuti $N susulank. Peserta didik sebagaimana ter8antum pada butir 6 diwa%ibkan mengirimkan bukti/bukti kepada B#NP paling lambat seminggu sebelum akhir penda. Peserta didik yang bela%ar pada tahun terakhir pada sistem paket atau #K# di satuan pendidikan berhak mengikuti $%ian Nasional 0$N4b.3"3"$#.III! PESERTA UJIAN NASIONAL A! P+r'-#r#%#. or(#.3# %#r pada sekolah&madrasah asal atau sekolah&madrasah penyelenggara $N!4 memiliki nilai sekolah&madrasah34 mengikuti semua mata pela%aran yang diu%ikan se8ara nasional- 11 . +arga negara Indonesia yang bela%ar di sekolah asing di luar negeri dapat mengikuti $N' yang ketentuannya diatur lebih lan%ut oleh Direktorat :enderal terkaiti. Peserta didik yang memiliki rapor lengkap penilaian hasil bela%ar pada satuan pendidikan sampai dengan semester I tahun terakhir8. 2+'+r%# 2+. Peserta $N yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti $N di satuan pendidikannya' dapat mengikuti $N di sekolah&madrasah lain pada %en%ang dan %enis yang sama%.#.

or(#. peserta harus terda. $+ 2+. .. Peserta didik yang telah lulus u%ian nasional tetapi belum lulus satuan pendidikan yang akan mengikuti $%ian tahun pela%aran !"1!&!"13 harus: 14 (+.ormal. memiliki i%a?ah dari satuan pendidikan yang setingkat lebih rendah dengan minimum usia i%a?ah ! tahun pela%aran apabila peserta didik: 14 berusia !6 tahun atau lebih yang dibuktikan dengan nilai rata/rata $N %en%ang pendidikan sebelumnya minimal 1.ormal.3#) 6#. Ke%uruan dari pendidikan non. Ke%uruane. memiliki laporan lengkap penilaian hasil bela%ar setiap dera%at kompetensi pada masing/masing %en%ang pendidikan kesetaraan satuan pendidikan non. peserta terda.ormald.atau !4 menun%ukkan kemampuan istimewa yang dibuktikan dengan kemampuan akademik dari pendidik dan Intelligence Quotient (IQ) E 13" 0seratus tiga puluh4 yang dinyatakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program studi psikologi terakreditasi atau lembaga psikologi lain yang direkomendasi B#NP. 2! P+r'-#r#%#.o.3"3"$#. memiliki laporan lengkap penilaian hasil bela%ar setiap dera%at kompetensi pada masing/masing %en%ang pendidikan kesetaraan satuan pendidikan non. Ke%uruan harus sudah lulus u%ian nasional kompetensi ke%uruan12 .ormal dan surat keterangan tidak lulus dari sekolah&madrasah atau bukti telah menyelesaikan seluruh program pembela%aran di pendidikan .ormal8. memiliki kartu tanda peserta u%ian nasional pendidikan .#) '+1#/#" 1+r"$&%: a. or(#. memiliki i%a?ah dari satuan pendidikan yang setingkat lebih rendah dengan minimum usia i%a?ah 3 tahun pela%aran untuk peserta Program Paket B&+ustha' Program Paket . 3! P+'+r%# 3"3"$ -#.tar pada satuan pendidikan non..3# %#r pada sekolah&madrasah asal!4 nilai u%ian nasional tahun sebelumnya dapat digunakan sebagai nilai hasil u%ian nasional tahun pela%aran !"1!&!"13. or(#. memiliki kartu tanda peserta u%ian nasional pendidikan .tar pada PKBM' #KB' dan Pondok Pesantren yang memiliki i?ine.ormald. .ormal ke pendidikan non. Peserta didik Program Paket *&$la' Program Paket B&+ustha' Program Paket .&r 3#r" 2+./ 2"."". . 2+'+r%# 2+.3"3"$#.3"3"$#. Peserta didik yang pindah %alur dari pendidikan . Peserta dari kelompok bela%ar lainnya yang se%enis menda.l. '+1#/#" 1+r"$&%: a.o. khusus untuk peserta yang akan mengikuti u%ian nasional Program Paket .' dan Program Paket .ormal8.' dan Program Paket . #3#.ormal penyelenggara program pendidikan kesetaraan yang telah mendapatkan i?in operasional dari lembaga terkaitb.tar pada PKBM' #KB' dan Pondok Pesantren yang memiliki i?in dan memiliki laporan hasil bela%ar lengkapb.ormal dan surat keterangan tidak lulus dari sekolah&madrasah atau bukti telah menyelesaikan seluruh program pembela%aran di pendidikan .

berkoordinasi dengan *tase Pendidikan pada KBRI dan&atau Konsulat :enderal setempat atau langsung Direktorat terkait pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal tidak ada *tase Pendidikan atau tidak berada dalam pembinaan Konsulat :enderal pada Kantor Perwakilan RI setempat.tar men%adi peserta $N Pendidikan Kesetaraan kepada *tase Pendidikan atau Konsulat :enderal untuk diteruskan ke Penyelenggara Pusat. adanya bukti kegiatan pembela%aran dan laporan lengkap penilaian hasil bela%ar yang sudah di8ap dan ditandatangani oleh pimpinan lembaga pendidikan non.ikasi dari Direktorat terkaite.tar pada satuan pendidikan kesetaraan yang telah mendapatkan i?in dan memiliki laporan kegiatan tutorial dari lembaga pendidikan non. Peserta dapat menempuh seluruh mata pela%aran yang diu%ikan atau hanya mata pela%aran yang nilainya belum memenuhi syarat kelulusan yaitu Nilai *khir 0N*4 mata pela%aran kurang dari 3'" sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 ahun !"13 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari #atuan Pendidikan dan Penyelenggaraan $%ian #ekolah&Madrasah&Pendidikan Kesetaraan dan $%ian Nasional.' dan Program Paket . Peserta yang tidak lulus $N Pendidikan Kesetaraan pada periode sebelumnya yang akan mengikuti $N Pendidikan Kesetaraan tahun !"13 harus terda.ormal penyelenggara pendidikan kesetaraan dan mengikuti proses pembela%aran yang diatur oleh satuan pendidikan yang bersangkutan.g. Dalam hal tidak berada dalam pembinaan *tase Pendidikan atau Konsulat :enderal' diserahkan pada saat menda.ormal penyelenggara' diserahkan pada saat menda. Ke%uruan memiliki i%a?ah dari satuan pendidikan yang setingkat lebih rendah dengan minimum usia i%a?ah 3 tahun atau usia i%a?ah minimum ! tahun bagi peserta $N yang berusia !6 tahun atau lebihd.tar men%adi peserta $N Pendidikan Kesetaraan kepada Penyelenggara $N ingkat Pusat dengan <eri. terda.&#r . 15 .ormalb.tar pada satuan pendidikan non. 7! P+'+r%# . minimum telah mengikuti proses pembela%aran untuk men8apai stGndar kompetensi pada setiap mata pela%aran sesuai dengan #atuan Kredit Kompetensi 0#KK4 yang telah ditetapkan dalam bentuk tatap muka' tutorial dan pembela%aran mandiri8.+/+r" '+1#/#" 1+r"$&%: a. $ntuk Program Kulliyatul& arbiyatul MuFallimin memiliki laporan hasil bela%ar lengkap yang membuktikan bahwa yang bersangkutan telah menyelesaikan program pendidikan selama tiga tahun di satuan pendidikan tersebuth. untuk Program Paket B' Program Paket .

pen8etakan da. #ekolah&madrasah penyelenggara $N mengirimkan data 8alon peserta ke Penyelenggara $N ingkat Pro<insi melalui Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota paling lambat tanggal 3" Desember !"1!.tar nominasi tetap 0DN 48. #elan%utnya Kantor Kementerian *gama Kabupaten&Kota melakukan entry dan <eri. Penda. 2. Penyelenggara Program Paket *&$la' Program Paket B&+ustha' dan Program Paket . #ekolah&madrasah melakukan <eri. berkoordinasi dengan sekolah&madrasah asal bagi siswa yang menda. pengiriman DN peserta $N #M*&M* dan #MK ke Penyelenggara $N ingkat #ekolah&Madrasah melalui Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota paling lambat tanggal 31 :anuari !"13d. pemutakhiran datab.ikasi data 8alon peserta dengan menggunakan !" .taran peserta $N tahun !"1!&!"13b. #ekolah&madrasah penyelenggara $N menerima penda. 3.' dan Program Paket . Ke%uruan menda.tarkan peserta didik yang memenuhi persyaratan ke $nit Penyelenggara $N Pendidikan Kesetaraan. Data peserta #ekolah Indonesia )uar Negeri dikirim ke Penyelenggara $N ingkat Pusat paling lambat tanggal 11 Cebruari !"131". men8antumkan nomor peserta $N pada lembar penda. Mekanisme penda.tar nominasi sementara 0DN#4 ke sekolah&madrasah.ikasi ke Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota.tar di sekolah&madrasah lain. 1.3# %#r#. 3. Penyelenggara $N ingkat Pro<insi mengkoordinasikan pendataan 8alon peserta dengan menggunakan perangkat lunak sesuai dengan P(# pendataan peserta yang diterbitkan oleh Balitbang Kemdikbud. Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota men8etak dan mendistribusikan da. 1. pengiriman DN peserta $N #MP&M s' #MP)B' dan #M*)B ke Penyelenggara $N ingkat #ekolah&Madrasah melalui Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota paling lambat tanggal !5 Cebruari !"13. 7. 6. pada Pondok Pesantren menda. !.B! P+. Penyelenggara $N ingkat Pro<insi melakukan: a.taran peserta $N yang tidak lulus sebagaimana dimaksud pada angka ! dan 3 harus: a. Penyelenggara Program Paket *' Program Paket B' Program Paket . P+'+r%# U6"#.taran peserta $N Pendidikan Kesetaraan adalah: a. #ekolah&madrasah penyelenggara $N melaksanakan pendataan 8alon peserta. b.oto peserta11.ikasi DN# dan mengirimkan hasil <eri. 5.taran peserta yang TIDAK LULUS $N tahun pela%aran !""5&!"1"' !"1"&!"11' atau !"11&!"1!' baik dari sekolah&madrasah asal maupun dari sekolah&madrasah lain.tarkan peserta didik yang memenuhi persyaratan ke Kantor Kementerian *gama Kabupaten&Kota. Kepala sekolah&madrasah penyelenggara $N menerbitkan' menandatangani' dan membubuhkan stempel sekolah&madrasah pada kartu peserta $N yang telah ditempel .

tar Nominasi etap 0DN 4 ke Penyelenggara $N Pendidikan Kesetaraan Kabupaten&Kota. Ke%uruan di luar negeri yang tidak berada dalam pembinaan *tase Pendidikan atau Konsulat :enderal pada Kantor Perwakilan RI setempat' menyusun dan menga%ukan DN# se8ara langsung kepada Penyelenggara Pusat dalam hal ini Puspendik' Kemdikbud RI di :akarta.tar .ikasi DN# dan menetapkannya men%adi Da. Penyelenggara $N Kabupaten&Kota merekapitulasi dan mengirimkan DN# dalam bentuk .ikasi DN# dan mengirimkan hasil <eri.alon Peserta ke Penyelenggara ingkat Kabupaten&Kota. d.ikasi terhadap DN# yang dia%ukan oleh penyelenggara Program Pendidikan Kesetaraan untuk diteruskan ke Penyelenggara Pusat8..' dan Paket . .tarkan peserta didik yang memenuhi persyaratan dalam bentuk DN# dan mengirimkan DN# ke *tase Pendidikan atau Konsulat :enderal pada Kantor Perwakilan RI setempat. b. e. DN yang telah ditetapkan dan dikirim ke Penyelenggara $N Pusat sudah tidak dapat diubah lagi. *tase Pendidikan dan&atau Konsulat :enderal pada Kantor Perwakilan RI setempat melakukan <eri.taran dan menyusun Da.tar Nominasi etap 0DN 4. h. $nit Penyelenggara $N Pendidikan Kesetaraan mengirimkan Da.' dan Paket .tar dan merekapitulasi data 8alon peserta.tware yang dibuat oleh Puspendik. %. k. Ke%uruan menda. m. g.&#r . 1!.tar . Penyelenggara $N Kabupaten&Kota melakukan entry data 8alon peserta dengan menggunakan so. 8. Penyelenggara $N Kabupaten&Kota mendistribusikan DN ke $nit Penyelenggara $N Pendidikan Kesetaraan dan Kantor Kementerian *gama Kabupaten&Kota. $nit Penyelenggara $N Pendidikan Kesetaraan dan Kantor Kementerian *gama Kabupaten&Kota melakukan <eri. d.taran peserta $N Pendidikan Kesetaraan .ikasi berkas penda. Penyelenggara Paket *' Paket B' Paket .ile dan 8etakan ke Penyelenggara $N Pendidikan Kesetaraan ingkat Pro<insi.alon Peserta. Penyelenggara $N Pro<insi mengirimkan so. Penyelenggara $N Pro<insi menetapkan dan mendistribusikan Da. l. Mekanisme penda. $nit Penyelenggara $N Pendidikan Kesetaraan melakukan <eri. !1 .tar Nominasi #ementara 0DN#4 ke $nit Penyelenggara dan Kantor Kementerian *gama Kabupaten&Kota. Penyelenggara $N Pro<insi mengumpulkan' menggabungkan' menyusun da.ikasi ke Penyelenggara $N Pendidikan Kesetaraan Kabupaten&Kota. Penyelenggara Paket *' Paket B' Paket . i.+/+r" adalah: a.software yang dibuat oleh Puspendik dan menyerahkannya ke Penyelenggara $N Pendidikan Kesetaraan Kabupaten&Kota. Penyelenggara $N Kabupaten&Kota men8etak dan mendistribusikan Da. Penyelenggara Pusat melakukan <eri.t 8opy DN ke Penyelenggara $N Pendidikan Kesetaraan Pusat.

III! BAHAN UJIAN NASIONAL A! P+. Penyelenggara $N ingkat Pusat menyusun kisi/kisi soal berdasarkan #tandar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam #tandar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah' dengan langkah/langkah sebagai berikut: 1.. menyiapkan bahan $N Bahasa Inggris listening comprehension untuk #M*' M*' #M*)B dan #MK 0ke8uali tunarungu4g. B! P+. Penyelenggara $N ingkat Pusat membuat master copy naskah soal $N dengan langkah/langkah sebagai berikut: a. menyiapkan se%umlah paket naskah soal $N #MP&M s' #M*&M*' #MK' Program Paket . Ke%uruan dengan mempertimbangkan kesetaraan antarpaket' dan Program Paket B&+ustha dan 1 0satu4 Paket #oal untuk Program Paket *&$la. menyiapkan bahan $N Bahasa Inggris reading sebagai pengganti listening comprehension bagi siswa #M*' M*' #M*)B' dan #MK yang menyandang tunarungu 0peserta didik inklusi4- !! .#. dengan mempertimbangkan kesetaraan antarpakete. menetapkan dosen' guru' dan pakar penilaian pendidikan untuk menyusun kisi/ kisi soal!. K"'"8K"'" So#.. . menyiapkan bahan $N dalam bentuk Braille bagi peserta $N tunanetrad. Penyelenggara Pusat mendistribusikan DN ke Penyelenggara $N Pendidikan Kesetaraan di luar negeri melalui *tase Pendidikan atau Konsulat :enderal pada Kantor Perwakilan RI setempat. U6"#.ikasi dan memilih butir/butir soal dari bank soal nasional sesuai dengan kisi/kisi $N tahun pela%aran !"1!&!"13b. N#'"o. Penyelenggara Pusat menyimpan softcopy DN . melakukan <alidasi kisi/kisi soal dengan melibatkan dosen' guru' dan pakar penilaian pendidikan3. mengidenti. 1. Dalam hal Penyelenggara $N Pendidikan Kesetaraan di luar negeri tidak berada dalam pembinaan *tase Pendidikan atau Konsulat:enderal pada Kantor Perwakilan RI setempat' Penyelenggara Pusat mendistribusikan DN se8ara langsung ke Penyelenggara $N Pendidikan Kesetaraan di luar negeri atau melalui Direktorat terkait. menetapkan kisi/kisi soal $N yang digunakan sebagai a8uan dalam penyusunan soal $N pada #atuan Pendidikan Dasar dan Menengah ahun Pela%aran !"1!&!"13.e.-"#2#. B#)#.#. merakit naskah soal $N dengan memperhatikan sebaran tingkat kesukaran soal8. menyiapkan 6 0lima4 Paket soal $N yang berbeda untuk #MP)B' #M*)B' Program Paket .-&'&.

memberi kode pada master naskah soal $No. !. M#%# U6"#. memeriksa paket/paket naskah soal $N' dari segi kesetaraan tingkat kesukaran' mutu' dan <aliditasm. menggandakan dan mengepak master naskah soal $N untuk dikirim ke per8etakanp. 7. 6."%5 1!" menit 1!" menit 1!" menit 1!" menit 1!" menit 1!" menit !3 . 3. #M*&M* Program IP* No 1. !. menggandakan bahan $N Bahasa Inggris listening comprehension yang terdiri atas naskah soal' kaset' dan petun%uk penggunaannya. 7. 3."%5 1!" menit 1!" menit 1!" menit 1!" menit 1!" menit 1!" menit b. menata perwa%ahan 0layout4 paket naskah soal $Nn.h.i J&(. Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika Akonomi #osiologi @eogra. menentukan paket/paket naskah soal $N dengan mempertimbangkan kesetaraan antar paketk.o$#'" W#$%& 4(+. :umlah butir soal dan alokasi waktu $N adalah sebagai berikut: a. 6" 6"H4 3" 3" 3" 3" A. #M*&M* Program IP# No 1. menentukan paket naskah soal $N untuk daerah terpen8il 0remote4l. naskah soal $N menyatu dengan ):$N%. 6. menyiapkan pedoman penyusunan naskah soal $N Kompetensi Keahlian dengan melibatkan Direktorat Pembinaan #MK dan Dunia $saha& Industri& *sosiasi Pro. Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika Cisika Kimia Biologi J&(. !.#) B&%"r So#. M#%# U6"#. 6" 6"H4 3" 3" 6" 6" A.esi di bawah koordinasi B#NPi.#) B&%"r So#. 3.o$#'" W#$%& 4(+. 3.

o$#'" W#$%& 4(+. 6" 3" 6" 1 paket A. 3. 3. J&(. 6. #M*&M*Program Bahasa H No 1.o$#'" W#$%& 4(+. 3."%5 1!" menit 1!" menit 1!" menit 1!" menit 1!" menit 1!" menit H4 terdiri atas 16 soal listening comprehension atau 16 soal reading untuk penyandang tunarungu dan 36 soal pilihan ganda. M#%# U6"#.#) B&%"r So#.sir 9adis Cikih J&(. M#%# U6"#. Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika #astra Indonesia *ntropologi Bahasa *singHH4: Bahasa *rab Bahasa :epang Bahasa :erman Bahasa Pran8is Bahasa Mandarin 7. e. #MK No 1. 3. 6. 7.8. !. 3.#) B&%"r So#. 6" 6"H4 3" 3" 6" A. 6" 6"H4 3" 6" 6" 6" A. 6" 1!" menit H4 terdiri atas 16 soal listening comprehension atau 16 soal reading untuk penyandang tunarungu dan 36 soal pilihan ganda.#) B&%"r So#. Bahasa Indonesia MatematikaH4 Bahasa InggrisHH4 Kompetensi Keahlian: eori Ke%uruan dan Praktik Ke%uruanHHH4 J&(. !.o$#'" W#$%& 4(+. 3."%5 1!" menit 1!" menit 1!" menit 12 I !3 %am !3 . HH4 #esuai dengan pilihan d. M* Program Keagamaan No 1. !."%5 1!" menit 1!" menit 1!" menit 1!" menit 1!" menit M#%# U6"#. Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika a.

1. 6.#) B&%"r So#. 7. Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Matematika Bahasa Inggris Akonomi @eogra. !.o$#'" W#$%& 4(+. HH4 terdiri atas 16 soal listening comprehension atau 16 soal reading untuk penyandang tunarungu dan 36 soal pilihan ganda HHH4 $%ian praktik ke%uruan dilaksanakan sebelum pelaksanaan $N. 6" 6" 3" 6" 3" 6" 6" A. 1. I IP* No 1. ."%5 1!" 1!" 1!" 1!" 1!" 1!" 1!" h."%5 1!" 1!" 1!" 1!" 1!" 1!" 1!" g.o$#'" W#$%& 4(+. 6" 6" 6" 3" A. Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika J&(.#) B&%"r So#. 3. Paket . !.Keterangan: H4 terdiri atas tiga kelompok ke%uruan: 014 kelompok eknologi' Kesehatan' dan Pertanian0!4 kelompok Pariwisata' #eni dan Kera%inan' eknologi Kerumahtang/ gaan' Peker%aan #osial' dan *dministrasi Perkantoran034 program Keahlian *kuntansi dan Pen%ualan. M#%# U6"#. 3 6. Paket .. 3.#) B&%"r So#. M#%# U6"#.o$#'" W#$%& 4(+. Ke%uruan No 1. !. M#%# U6"#. 3. Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika Cisika Kimia Biologi J&(."%5 1!" 1!" 1!" 1!" !6 . I IP# No 1. Paket . 3. 6" 6" 6" 3" 3" 3" 3" A. 3.i #osiologi J&(. 7.

!. Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Matematika Ilmu Pengetahuan *lam Ilmu Pengetahuan #osial J&(. 3. M#%# U6"#. Paket B&+ustha No 1.#) B&%"r So#. 6" 3" 6" 3" A. 6" 6"H4 3" A."%5 1!" 1!" 1!" 1!" 1!" !7 .#) B&%"r So#. !."%5 1!" menit 1!" menit 1!" menit 1!" menit %. #MP' M s' dan #MP)B No 1."%5 1!" 1!" 1!" 1!" 1!" 1!" k. M#%# U6"#. 6. 7.i. 6" 6" 3" 3" 6" 6" A. Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Matematika Ilmu Pengetahuan *lam Ilmu Pengetahuan #osial Bahasa Inggris J&(.#) B&%"r So#. 3.o$#'" W#$%& 4(+. !. #M*)B Kekhususan unanetra 0*4' unadaksa 0D4' dan unalaras 0A4 No 1. 3. Bahasa Indonesia Matematika Bahasa Inggris Ilmu Pengetahuan *lam 0IP*4 J&(. 3."%5 1!" menit 1!" menit 1!" menit Keterangan: H4 terdiri dari 16 soal listening comprehension dan 36 soal pilihan ganda l. !. Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika J&(. 3.o$#'" W#$%& 4(+.o$#'" W#$%& 4(+. 6. 3.o$#'" W#$%& 4(+.#) B&%"r So#. M#%# U6"#. 3. M#%# U6"#. 6" 6" 3" 3" 6" A. Paket *&$la No 1.

iat di brankas. dan Paket . Ke%uruan men%adi tanggung%awab perguruan tinggi yang ditetapkan oleh B#NP bersama dengan Dinas Pendidikan Pro<insi.#) B&%"r So#. dan Paket . dan Paket .iat oleh petugas sebelum di8etak missal64 menyimpan dan men%aga kerahasiaan 8ontoh soal yang sudah di. !1 . M#%# U6"#. UN 1. Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika J&(. Ke%uruan dengan ketentuan sebagai berikut: 14 menge8ek %umlah halaman setiap mastercopy sesuai dengan rin8ian mata pela%aran yang diu%ikan!4 mengepak kembali semua dokumen yang telah diperiksa dan menyimpan di tempat yang aman dan rahasia34 mengisi dan menandatangani berita a8ara serah terima dengan saksi dari Dinas Pendidikan Pro<insi' Kanwil Kementerian *gama' Perguruan inggi' dan Polri34 men8etak 8ontoh soal untuk di.m. Pengawasan pen8etakan dan pendistribusian naskah soal $N #MP&M s' #MP)B' #M*&M*' #M*)B' #MK' Paket *&$la' Paket B&+ustha' Paket .o$#'" W#$%& 4(+. Ke%uruan ke per8etakan yang telah ditetapkan untuk men8etak naskah soal $N yang serah terimanya disertai berita a8arab. !. Penyelenggara $N ingkat Pusat 0Balitbang Kemendikbud4 mengirimkan naskah soal $N ke #ekolah Indonesia )uar Negeri sesuai dengan %umlah peserta $NC! P+. B#)#. Pen8etakan dan pendistribusian bahan $N dilakukan sesuai dengan petun%uk teknis Pen8etakan dan pendistribusian bahan $N yang ditetapkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 3. Per8etakan menerima dan memeriksa master copy naskah soal $N dari Penyelenggara $N ingkat Pusat untuk #MP&M s' #MP)B' #M*&M*' #M*)B' #MK' Paket *&$la' Paket B&+ustha' Paket . !. 6" 6" 3" A. 8. Penyelenggara $N ingkat Pusat 0Balitbang Kemendikbud4 bertanggung %awab atas pengiriman bahan $N bagi peserta didik #MK yang sedang praktik ker%a industri di luar negeri atau melaksanakan tugas negarad. Penyelenggara $N ingkat Pusat mengirim master copy naskah soal $N #MP&M s' #MP)B' #M*&M*' #M*)B' #MK' Paket *&$la' Paket B&+ustha' Paket .3##.//#. #M*)B Kekhususan unarungu 0B4 No 1. Pengiriman master copy naskah soal $N a."%5 1!" menit 1!" menit 1!" menit 3.

$N #usulan hanya berlaku bagi peserta didik yang sakit atau berhalangan dan dibuktikan dengan surat keterangan yang sah. :adwal pelaksanaan $N sebagai berikut. 3.' dan Paket . u%ian praktik ke%uruan dilaksanakan paling lambat tanggal 16 Maret !"13b. Ke%uruan dilaksanakan pada sekolah&madrasah penyelenggara u%ian nasional. Ke%uruan. empat pelaksanaan $N #usulan diatur oleh masing/masing Penyelenggara ingkat Kabupaten&Kota dengan mempertimbangkan %umlah peserta dan lokasi. T+(2#% P+. pelaksanaan u%ian praktik dan u%ian teori ke%uruan diatur tersendiri oleh Direktorat Pembinaan #MK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 3. $%ian Kompetensi Keahlian #MK: a. 6.I9! PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL A! W#$%& 3#. 5.#.' dan Paket . 7. Periode pertama dilaksanakan bulan *pril dan periode ke dua bulan :uli' khusus untuk Paket *&$la periode pertama dilaksanakan bulan Mei. $N dilakukan dua kali untuk Paket *&$la' Paket B&+ustha' Paket . 2. Khusus bagi #MK program 3 tahun' u%ian teori dilaksanakan pada tahun ke/3 dan praktik ke%uruan dilaksanakan pada tahun ke/3. !2 . empat dan waktu pelaksanaan u%ian pendidikan kesetaraan di luar negeri disesuaikan dengan kondisi setempat.##. N#'"o. $N dilakukan satu kali' yang terdiri atas $N dan $N #usulan untuk #MP&M s' #MP)B' #M*&M*' #M*)B' dan #MK.#$'#. !. U6"#. 1". 1. u%ian teori ke%uruan dilaksanakan se8ara serentak pada tanggal 12 *pril !"138. $N dilaksanakan se8ara serentak. 1. empat pelaksanaan $N Paket *&$la' Paket B&+ustha' Paket .

3" Cisika Akonomi Bahasa *sing a. UN S&'&. "1. 1.JADWAL UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 UN 3#.#6#r#.3" I "5.3" Bahasa Inggris Bahasa Inggris Bahasa Inggris Bahasa Inggris 3.3" "1. T#.3" I 1!. MA No H#r" 3#.#.3" Kimia #osiologi *ntropologi Cikih 3.3" I "5.3" M#%# 2+. #! SMA 3#. "1. T#.3" Biologi @eogra.//#. 3. $N: #enin' 16 *pril !"13 $N #usulan: #enin' !! *pril !"13 $N: #elasa' 17 *pril !"13 $N #usulan: #elasa' !3 *pril !"13 $N: Rabu' 11 *pril !"13 $N #usulan: Rabu' !3 *pril !"13 J#( "1.//#.3" I 1!.3" I "5.3" Bahasa Inggris Matematika !5 . H#r" 3#. J#( Pro/r#( IPA Pro/r#( IPS Pro/r#( B#)#'# MA Pro/r#( K+#/#(##. Bahasa Indonesia !.3" I "5. 1".3" Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia "1.3" I "5. $N #enin' 16*pril !"13 $N #usulan #enin' !!*pril !"13 $N #elasa' 17*pril !"13 $N #usulan #elasa' !3*pril !"13 $N Rabu' 11*pril !"13 $N #usulan Rabu' !3 *pril !"13 $N Kamis' 12 *pril !"1! $N #usulan Kamis' !6 *pril !"13 M#%# 2+.3" I "5.3" I "5. "1. 1".sir !.i #astra Indonesia 9adis 1! SMK No 1.3" Matematika Matematika Matematika Matematika "1.#6#r#.

3" 13.3" 17."" 1! P#$+% C IPS #elasa Rabu Kamis 17 *pril !"13 11 *pril !"13 12 *pril !"13 "! :uli !"13 "3 :uli !"13 "3 :uli !"13 13."" I 12.3" I 16.3" I 16. $N: #enin' 16 *pril !"13 $N #usulan: #enin' !! *pril !"13 $N: #elasa' 17 *pril !"13 $N #usulan: #elasa' !3 *pril !"13 $N: Rabu' 11 *pril !"13 $N #usulan: Rabu' !3 *pril !"13 J#( "1.3" "1.3" 17. Bahasa Indonesia !.3" I "5.3" I 16."" I 12. H#r" 3#.i Akonomi Bahasa Inggris Matematika Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Biologi Kimia Cisika Bahasa Inggris Matematika Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Matematika Bahasa Inggris 3! P#$+% C K+6&r&#.#6#r#.3" I 16."" 13."" I 12.3" #enin M#%# U6"#. "1. 3" .//#.3" 17.3" I "5."" I 12."" I 12."" I 12. P+r"o3+ I 16 *pril !"13 P+r"o3+ II "1 :uli !"13 17."" I 12."" 13. Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia #osiologi @eogra. T#.3" I 16.3" Bahasa Inggris Matematika 3! P#$+% C No! Pro/r#( H#r" T#.3" I 16.*! SMALB No 1.3" I 16."" #elasa 17 *pril !"13 "! :uli !"13 13."" 13.3" 13.3" #enin P#$+% C IPA 16 *pril !"13 "1 :uli !"13 17.3" 17.3" I "5.3" 17.3" I 16."" 13. 3.3" I 16.3" M#%# 2+.//#.3" 17.3" I 16."" 2! #elasa Rabu Kamis #enin 17 *pril !"13 11 *pril !"13 12 *pril !"13 16 *pril !"13 "! :uli !"13 "3 :uli !"13 "3 :uli !"13 "1 :uli !"13 13."" J#( 13."" I 12.

!. $N #usulan: Rabu' 1 Mei !"13 $N: Kamis' !6 *pril !"13 3. #elasa Rabu 1 Mei !"13 2 Mei !"13 ! :uli !"13 3 :uli !"13 31 . $N: #enin' !! *pril !"13 "1. T#.# T#.//#.3" I "5."" 13.3" I "5.3" Matematika "1.3" Bahasa Indonesia J#( M#%# 2+.3" I 16. $N #usulan: #enin' !5 *pril!"13 $N: #elasa' !3 *pril !"13 !. $N #usulan: #elasa' 3" *pril !"13 $N: Rabu' !3 *pril !"13 3.//#.3" I 16. #enin 7 Mei !"13 P+r"o3+ II 1 :uli !"13 13."" I 12.3" 17.3" I 16."" 13. /! P#$+% A/U. !."" I 12.#6#r#."" I 12.3" 17.3" 17.3" I "5.3" 17. ! P#$+% B/W&'%)# T#."" 13.3" Bahasa Inggris H#r" 3#.+! SMP.3" I 16."" 13."" I 12. #enin #elasa Rabu !! *pril !"13 !3 *pril !"13 !3 *pril !"13 P+r"o3+ II 1 :uli !"13 ! :uli !"13 3 :uli !"13 13. No! H#r" P+r"o3+ I 1. 3."" I 12.3" I 16.3" Ilmu Pengetahuan *lam "1.3" 17. No! H#r" P+r"o3+ I 1."" Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Ilmu Pengetahuan #osial Matematika Ilmu Pengetahuan *lam Bahasa Inggris J#( M#%# U6"#. $N #usulan: Kamis' ! Mei !"13 "1.3" I 16.3" I "5.//#. 3#. MT'.3" Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Ilmu Pengetahuan #osial Ilmu Pengetahuan *lam Matematika J#( M#%# U6"#. SMPLB No 1. 3.

#. 3. setiap ruang ditempati paling banyak !" peserta' dan ! 0dua4 me%a untuk dua orang pengawas $N3. 6. 3! ./ UN 1. setiap ruang u%ian ditempel pengumuman yang bertuliskan JDILARANG MASUK SELAIN PESERTA UJIAN DAN PENGAWAS SERTA TIDAK DIPERKENANKAN MEMBAWA ALAT KOMUNIKASIK 6. %arak antara me%a yang satu dengan me%a yang lain disusun dengan mempertimbangkan %arak antara peserta yang satu dengan peserta yang lain minimal 1 0satu4 meter8./ U6"#.oto peserta ditempel di pintu masuk ruang u%ian7. N#'"o. 7. Pengawas ruang harus dalam keadaan sehat dan sanggup mengawas u%ian nasional dengan baik. Pengawas ruang adalah guru yang mata pela%arannya tidak sedang diu%ikan. Perguruan inggi menetapkan pengawas ruang di satuan pendidikan #M*' M*' dan #MK berdasarkan usulan dari Dinas Pendidikan dan Kankemenag kabupaten&kota sebagai penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota. setiap ruang $N disediakan lak&segel untuk amplop ):$N1. tempat duduk peserta $N diatur sebagai berikut: a. ruang u%ian yang digunakan aman dan layak untuk pelaksanaan $N!. setiap me%a dalam ruang u%ian diberi nomor peserta $N3. Pengawas ruang untuk $N #MP&M s dilakukan oleh guru #MP&M s yang diatur se8ara silang. Pengawas ruang untuk $N #M*&M* dan #MK dilakukan oleh guru #M*&M* dan #MK yang diatur se8ara silang. Pengawas ruang adalah guru yang memiliki sikap dan perilaku disiplin' %u%ur' bertanggung %awab' teliti' dan memegang teguh kerahasiaan. ruang u%ian nasional program paket menggunakan ruang kelas sekolah&madrasah penyelenggara. Pengawas Ruang $N Pendidikan Kesetaraan adalah pendidik pada #D' MI' #MP' M s' #M*' M*' #MK' Pondok Pesantren' #KB' BPKB' PKBM' dan BPPNCI yang memenuhi persyaratan sebagai Pengawas $N Pendidikan Kesetaraan. penempatan peserta $N sesuai dengan nomor peserta. #atuan pendidikan penyelenggara $N menetapkan ruang $N dengan persyaratan sebagai berikut: 1. Penyelenggara ingkat Kabupaten&Kota menetapkan pengawas ruang di satuan pendidikan #MP' M s' #MP)B' dan #M*)B. 1./#:#' R&#. gambar atau alat peraga yang berkaitan dengan materi $N dikeluarkan dari ruang $N2. !. satu bangku untuk satu orang peserta $Nb. 3. 1".B! R&#. setiap ruang $N disediakan denah tempat duduk peserta $N dengan disertai . 2. C! P+. ruang u%ian nasional paling lambat sudah siap 1 0satu4 hari sebelum u%ian nasional dimulai. 5.

/ UN 1. Persiapan $N a.5. Pelaksanaan $N a. !. Pengawas ruang memeriksa kondisi bahan $N dalam keadaan baik 0masih tersegel4. #etiap ruangan diawasi oleh dua orang pengawas. D! T#%# T+r%"1 P+. Ampat puluh lima 0364 menit sebelum u%ian dimulai pengawas ruang telah hadir di lokasi sekolah&madrasah penyelenggara $Nb. 1". Pengawas ruang harus menandatangani surat pernyataan bersedia men%adi pengawas ruang sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan harus hadir 36 menit sebelum u%ian dimulai di lokasi sekolah&madrasah penyelenggara $N.tar hadir' dan berita a8ara pelaksanaan $Nd. 1!. Pengawas ruang tidak diperkenankan untuk membawa alat komunikasi elektronik ke dalam ruang u%ian. Pengawas ruang menerima pen%elasan dan pengarahan dari ketua penyelenggara $N8. Penempatan pengawas ruang ditentukan dengan sistem silang dalam satu kabupaten&kota. Pengawas masuk ke dalam ruang $N !" menit sebelum waktu pelaksanaan untuk melakukan se8ara berurutan: 14 memeriksa kesiapan ruang u%ian!4 mempersilakan peserta $N untuk memasuki ruang dengan menun%ukkan kartu peserta $N dan meletakkan tas di bagian depan serta menempati tempat duduk sesuai dengan nomor yang telah ditentukan34 memeriksa dan memastikan setiap peserta $N hanya membawa bulpen' pensil' penghapus' pena%am pensil' dan penggaris yang akan dipergunakan ke tempat duduk masing/masing34 memeriksa dan memastikan amplop soal dalam keadaan tertutup rapat 0tersegel4' membuka amplop soal' disaksikan oleh peserta u%ian64 memba8akan tata tertib $N74 membagikan naskah soal $N dengan 8ara meletakkan di atas me%a peserta dalam posisi tertutup 0terbalik414 memberikan kesempatan kepada peserta $N untuk menge8ek kelengkapan soal24 mewa%ibkan peserta untuk menuliskan nama dan nomor u%ian pada kolom yang tersedia di halaman 1 0satu4 naskah soal dan ):$N sebelum dipisahkan54 mewa%ibkan peserta u%ian untuk memisahkan ):$N dengan naskah1"4mewa%ibkan peserta u%ian untuk melengkapi isian pada ):$N se8ara benar- 33 . 11. Pengawas ruang menerima bahan $N yang berupa naskah soal $N' amplop pengembalian ):$N' da./#:#' R&#.

. . 3. Peserta $N yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti $N setelah mendapat i?in dari ketua Penyelenggara $N ingkat #ekolah& Madrasah& Pendidikan Kesetaraan' tanpa diberi perpan%angan waktu. d. 114memastikan peserta $N telah mengisi identitas dengan benar sesuai dengan kartu peserta. 3. Peserta $N dilarang membawa alat komunikasi elektronik dan kalkulator ke #ekolah&Madrasah&Pendidikan Kesetaraan. Pengawas ruang $N dilarang merokok di ruang u%ian' memberi isyarat' petun%uk' dan bantuan apapun kepada peserta berkaitan dengan %awaban dari soal $N yang diu%ikan)ima menit sebelum waktu $N selesai' pengawas ruang $N memberi peringatan kepada peserta $N bahwa waktu tinggal lima menit#etelah waktu $N selesai' pengawas ruang $N: 14 mempersilakan peserta $N untuk berhenti menger%akan soal!4 mempersilakan peserta $N meletakkan naskah soal dan ):$N di atas me%a dengan rapi34 mengumpulkan ):$N dan naskah soal $N34 menghitung %umlah ):$N sama dengan %umlah peserta $N64 mempersilakan peserta $N meninggalkan ruang u%ian74 menyusun se8ara urut ):$N dari nomor peserta terke8il dan memasukkannya ke dalam amplop ):$N disertai dengan satu lembar da. h.tar hadir peserta' satu lembar berita a8ara pelaksanaan' kemudian ditutup dan dilem serta ditandatangani oleh pengawas ruang $N di dalam ruang u%ianPengawas Ruang $N menyerahkan amplop ):$N yang sudah dilem dan ditandatangani' serta naskah soal $N kepada Penyelenggara $N ingkat #ekolah&Madrasah&Pendidikan Kesetaraan disertai dengan satu lembar da. 8.tar hadir peserta dan satu lembar berita a8ara pelaksanaan $N.tar hadir. Peserta $N memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan' yakni 16 0lima belas4 menit sebelum $N dimulai. E! T#%# T+r%"1 P+'+r%# UN 1. as' buku' dan 8atatan dalam bentuk apapun dikumpulkan di dalam ruang kelas di bagian depan. e. 33 . Kelebihan naskah soal $N selama u%ian berlangsung tetap disimpan di ruang u%ian dan tidak diperbolehkan diba8a oleh pengawas ruangan#elama $N berlangsung' pengawas ruang $N wa%ib: 14 men%aga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang u%ian!4 memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan ke8urangan.dan 1!4memastikan peserta u%ian menandatangani da.serta 34 melarang orang memasuki ruang $N selain peserta u%ian.b. !. g. #etelah tanda waktu menger%akan dimulai' pengawas ruang $N: 14 mempersilakan peserta $N untuk mulai menger%akan soal!4 mengingatkan peserta agar terlebih dahulu memba8a petun%uk 8ara men%awab soal.

P#$+% C.tar hadir dengan menggunakan pulpen yang disediakan oleh pengawas ruangan. Peserta $N mengisi da. Peserta $N mengisi identitas pada ):$N se8ara lengkap dan benar serta menandatangani pernyataan Jmengerjakan UN dengan jujurK. 2. Peserta $N yang meninggalkan ruangan setelah memba8a soal dan tidak kembali lagi sampai tanda selesai dibunyikan' dinyatakan telah selesai menempuh&mengikuti $N pada mata pela%aran yang terkait. beker%asama dengan peserta lain8. 17. 7. Peserta $N membawa alat tulis menulis berupa pensil !B' penghapus' penggaris' dan kartu tanda peserta u%ian. memperlihatkan peker%aan sendiri kepada peserta lain atau melihat peker%aan peserta laine. 13. P#$+% C K+6&r&#. 9! PEMERIKSAAN HASIL UJIAN NASIONAL A! P+. a. Peserta $N yang telah selesai menger%akan soal sebelum waktu $N berakhir tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan sebelum berakhirnya waktu u%ian. 5. 16. #elama $N berlangsung' peserta $N dilarang: a.6. membawa naskah soal $N dan ):$N keluar dari ruang u%ian.. Peserta $N mulai menger%akan soal setelah ada tanda waktu mulai u%ian. Pengawas satuan pendidikan dari perguruan tinggi menyampaikan amplop ):$N ke perguruan tinggi negeri untuk dilakukan pemindaian- 36 . 13. SMK. menanyakan %awaban soal kepada siapa punb. Peserta $N yang tidak memperoleh naskah soal&):$N karena kekurangan naskah' maka peserta yang bersangkutan diberikan satu set naskah soal dan ):$N 8adangan yang terdapat di ruang lain atau sekolah&madrasah yang terdekat. H#'". 1". U6"#. 1!. menggantikan atau digantikan oleh orang lain. Peserta $N yang memperoleh naskah soal&):$N yang 8a8at atau rusak' maka naskah soal dan ):$N tersebut diganti dengan satu set naskah soal 8adangan yang terdapat di ruang tersebut atau di ruang lain. 1.#. Pengawas satuan pendidikan yang berasal dari perguruan tinggi mengumpulkan amplop ):$N yang telah dilem oleh pengawas ruang $Nb. 3#. memberi atau menerima bantuan dalam men%awab soald./&(2&. Peserta $N berhenti menger%akan soal setelah ada tanda berakhirnya waktu u%ian. 1! SMA/MA. #elama $N berlangsung' peserta $N hanya dapat meninggalkan ruangan dengan i?in dan pengawasan dari pengawas ruang $N. Peserta $N yang memerlukan pen%elasan 8ara pengisian identitas pada ):$N dapat bertanya kepada pengawas ruang $N dengan 8ara menga8ungkan tangan terlebih dahulu. 11.

8. U6"#.3"3"$#.' dan Paket .' dan Paket . Pro0".#(1#% '#%& (". Proses pemindaian harus steril dari kepentingan pribadi atau kelompok terhadap hasil $N./ . #%#& '+$o. Menerima ):$N #MP&M s' #MP)B' #M*)B' Paket *&$la' Paket B&+ustha dari Dinas Pendidikan Kabupaten&Kotab.' dan Paket . Ketua penyelenggara $N ingkat #atuan Pendidikan mengirimkan ):$N ke penyelenggara tingkat Kabupaten&Kota untuk diteruskan ke Penyelenggara ingkat Pro<insi8. SMP. Ke%uruan serta mengirimkan hasilnya ke Penyelenggara $N ingkat Pusat8. LJUN $+ P&'2+.3"3"$#. Menyampaikan hasil pemindaian ):$N Paket . Penyelenggara $N ingkat Pro<insi memeriksa kesesuaian %umlah amplop yang berisi ):$N dengan %umlah ruangan dari setiap satuan pendidikan penyelenggara $N dari setiap kabupaten&kota. Menyampaikan hasil pemindaian ):$N #M*&M*' #MK' Paket . Ke%uruan dari Pengawas satuan pendidikanb. Ke%uruan Periode II ke Penyelenggara $N ingkat Pusat paling lambat tanggal 16 :uli !"13e. 2! SMP/MT'. Memindai dan mem<alidasi ):$N #M*&M*' #MK' Paket .' dan Paket . 2! D". Pro/r#( P#$+% B/W&'%)# a.//& '+%+. 1! P+r/&r&#.+. H#'".'" a.&#r .". T". Ke%uruan ke Penyelenggara $N ingkat Pusat paling lambat tanggal 3 Mei !"13d. Memindai dan mem<alidasi ):$N #MP&M s' #MP)B' #M*)B' Paket *&$la' Paket B&+ustha serta menyampaikan hasilnya ke Penyelenggara $N ingkat Pusat- 37 .3"$ 2#.//" N+/+r" a.+/+r" (+.#) UN 1+r#$)"r! B! P+. Menerima ):$N #M*&M*' #MK' Paket ./"r"($#. 3#. Pengiriman ):$N dari Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota ke Penyelenggara $N ingkat Pro<insi langsung setelah u%ian berakhir setiap harinyad./o. 3! A%#'+ 2+. Pengawas satuan pendidikan mengisi dan menandatangan berita a8ara kelengkapan bahan $N di ruang panitia sekolah&madrasah penyelenggara. SMALB. Pro/r#( P#$+% A/U. Ketua penyelenggara $N ingkat #atuan Pendidikan mengumpulkan ):$N yang telah dilem oleh pengawas ruang $Nb.-+.#) 2+.#' P+. SMPLB.#.#)#.//#r# UN 3" .

8. tanggal !! Mei !"13 untuk #M*&M* dan #MK dan Paket . Menskor hasil pemindaian8.-+. tanggal !3 Mei !"13 untuk #M*&M*' #MK' Paket . tanggal !1 Mei !"13 untuk #MP&M s' #MP)B' #M*)B' dan Paket B&+ustha34. lulus u%ian sekolah&madrasah untuk kelompok mata pela%aran ilmu pengetahuan dan teknologi. menyelesaikan seluruh program pembela%aranb. 31 . Kelulusan peserta $N Pendidikan Kesetaraan dari satuan pendidikan Program Paket *&$la' Program Paket B&+ustha' Program Paket . Ke%uruan!4. !. Menyampaikan hasil pemindaian ):$N #MP&M s' #MP)B' #M*)B' Paket B&+ustha ke Penyelenggara $N ingkat Pusat paling lambat tanggal 11 Mei !"13d.//#r# P&'#% a.!4. #ekolah&madrasah& Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ar mengumumkan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan paling lambat: 14. . Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan rapat Dewan @uru dengan menggunakan kriteria sebagai berikut: a. memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pela%aran kelompok mata pela%aran agama dan akhlak mulia' kelompok mata pela%aran kewarganegaraan dan kepribadian' kelompok mata pela%aran estetika' dan kelompok mata pela%aran %asmani' olah raga' dan kesehatan8.' dan Paket . DK9$N dikirim ke sekolah&madrasah& Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ar melalui Penyelenggara ingkat Kabupaten&Kota disertai dengan berita a8arah.' dan Program Paket . anggal 2 :uni !"13 untuk Program Paket *&$la. tanggal 1 :uni !"13 untuk #MP&M s' #MP)B' #M*)B' dan Paket B&+ustha34. 3! P+. lulus $%ian Nasional.+. Menyampaikan hasil pemindaian ):$N Paket *&$la ke Penyelenggara $N ingkat Pusat paling lambat tanggal !1 Mei !"13e. Ke%uruan ditetapkan oleh rapat dewan tutor dan pamong pada #anggar Kegiatan Bela%ar 0#KB4 Pembina dengan mempertimbangkan nilai akhir 0N*4 dan akhlak mulia..dan d. Menerima dan memindai ):$N dari sekolah Indonesia di luar negerib. Penyelenggara $N ingkat Pro<insi men8etak DK9$Ng. Men8etak DK9$N dan mengirimkannya ke #ekolah Indonesia di luar negeri 9I! KELULUSAN DARI SATUAN PENDIDIKAN 1. 9asil penskoran didistribusikan ke Penyelenggara $N ingkat Pro<insi paling lambat: 14. tanggal 3 :uni !"13 untuk Program Paket *&$la.

7. b. Peserta didik dinyatakan lulus $#&M #MP&M s' #MP)B' #M*&M*' #M*)B' dan #MK apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai #&M. gabungan antara nilai $%ian Praktik Keahlian Ke%uruan dan nilai $%ian eori Ke%uruan dengan pembobotan 1"L untuk nilai $%ian Praktik Keahlian Ke%uruan dan 3"L untuk nilai $%ian eori Keahlian Ke%uruanb. d. gabungan antara nilai $#&M dan nilai rata/rata rapor semester 1' !' 3' 3' dan 6 untuk #MP&M s dan #MP)B dengan pembobotan 7"L untuk nilai $#&M dan 3"L untuk nilai rata/rata rapor. Ke%uruan dari mata pela%aran yang diu%ikan se8ara nasional dan Nilai $N Pendidikan Kesetaraan' dengan pembobotan 3"L 0empat puluh 32 . Nilai #&M sebagaimana dimaksud pada nomor 1 diperoleh dari: a. 5. 3. Nilai sekolah yang dikirimkan ke Penyelenggara $N Pusat harus di<eri. Peserta $N Pendidikan Kesetaraan dinyatakan lulus apabila memiliki rata/rata Nilai *khir 0N*4 dari seluruh mata pela%aran yang diu%ikan men8apai paling rendah 6'6 0lima koma lima4' dan N* setiap mata pela%aran paling rendah 3'" 0empat koma nol4. !.ikasi oleh Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota dan ingkat Pro<insi' dan tidak dapat diubah setelah diterima oleh Penyelenggara $N Pusat. e. gabungan antara nilai $#&M dan nilai rata/rata rapor semester 1 sampai 6 untuk #MK dengan pembobotan 7"L untuk nilai $#&M dan 3"L untuk nilai rata/rata rapor. Pembulatan nilai gabungan nilai #&M dan nilai rapor dinyatakan dalam bentuk dua desimal' apabila desimal ketiga E 6 maka dibulatkan ke atas. 2. N* sebagaimana dimaksud pada butir nomor 3 diperoleh dari gabungan Nilai #&M dari mata pela%aran yang diu%ikan se8ara nasional dengan Nilai $N' dengan pembobotan 3"L untuk Nilai #&M dari mata pela%aran yang diu%ikan se8ara nasional dan 7"L untuk Nilai $N. Kelulusan peserta didik dari $N ditentukan berdasarkan N*. Nilai Kompetensi Keahlian Ke%uruan adalah: a. 8. N* diperoleh dari nilai gabungan antara Nilai Rata/rata dera%at kompetensi 0NDK4 pada satuan pendidikan Program Paket B&+ustha' Program Paket . Pembulatan nilai akhir dinyatakan dalam bentuk satu desimal' apabila desimal kedua E 6 maka dibulatkan ke atas. 1. gabungan antara nilai $#&M dan nilai rata/rata rapor semester 3' 3' dan 6 untuk #M*&M*' dan #M*)B dengan pembobotan 7"L untuk nilai $#&M dan 3"L untuk nilai rata/rata rapor. gabungan antara nilai $#&M dan nilai rata/ratarapor semester 1' ! dan 3 untuk peserta yang menggunakan sistem kredit semester 0#K#4 dan dapat menyelesaikan program kurang dari tiga tahun.' dan Program Paket . Peserta didik dinyatakan lulus $N apabila nilai rata/rata dari semua N* sebagaimana dimaksud pada butir nomor 6 men8apai paling rendah 6'6 0lima koma lima4 dan nilai setiap mata pela%aran paling rendah 3'" 0empat koma nol4. 3. kriteria Kelulusan Kompetensi Keahlian Ke%uruan adalah minimum 7'" 6. 1".9II! KELULUSAN UJIAN NASIONAL 1.

Penyelenggara $N ingkat Pusat melakukan u%i petik pelaksanaan $N #M*&M* dan #MK di se%umlah satuan pendidikan. DAN PELAPORAN 1. pengumpulan nilai u%ian sekolah1".. sosialisasi $N ke daerah3.ormal ke pendidikan Program Paket B&+ustha' Program Paket . Biaya penyelenggaraan $N ingkat Pusat men8akup komponen/komponen sebagai berikut: 1. penyiapan Permendikbud dan P(# $N!. 11. Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan sebagaimana dimaksud pada MI. penskoran hasil $N1!. penerbitan #K bentuk blanko i%a?ah. penggandaan master copy bahan $N dan kaset listening comprehension7. Biaya penyelenggaraan $N men%adi tanggung %awab pemerintah pusat dan pemerintah daerah.! BIAYA PENYELENGGARAAN UJIAN NASIONAL *. penyusunan soal dan pembuatan master copy6.' dan Program Paket . B. <isitasi per8etakan5. penggandaan' penyampulan' pengepakan dan pendistribusian bahan $N ke penyelenggara $N ingkat Pro<insi1. I. !. pemantauan pelaksanaan $N11.persen4 untuk NDK dari mata pela%aran yang diu%ikan se8ara nasional dan 7"L 0enam puluh persen4 untuk nilai $N Pendidikan Kesetaraan. rapat koordinasi dan sosialisasi kebi%akan $N3. 9III! PEMANTAUAN. analisis hasil $N' pelaporan' dan penyusunan rekomendasi13. Peserta yang pindah %alur dari pendidikan . pemantauan kesiapan pelaksanaan $N2. Ke%uruan' NDK diambil dari Nilai #ekolah 0N#4. . 1!. Komponen biaya untuk penyelenggaraan $N meliputi biaya penyelenggaraan di tingkat Pusat' Pro<insi' Kabupaten&Kota' dan satuan pendidikan. pen8etakan blanko #K9$N16. E9ALUASI. Pemantauan' e<aluasi dan pelaporan dilakukan oleh Penyelenggara $N ingkat Pusat' setiap Penyelenggara $N ingkat Pro<insi' Kabupaten&Kota serta satuan pendidikan sesuai dengan tugas dan kewenangannya. publikasi hasil $N13. 35 .

pemantauan dan e<aluasi pelaksanaan $N. Penyelenggaraan $N ingkat Kabupaten&Kota dibiayai oleh Pusat dan *PBD Kabupaten&Kota' men8akup komponen/komponen sebagai berikut: 1.D. pengawasan pelaksanaan $N di satuan pendidikan penyelenggara $N. pengisian kartu peserta $N3. pengelolaan data peserta $N dan penerbitan kartu peserta $N3. pelaksanaan sosialisasi dan koordinasi penyelenggaraan $N7. pengambilan bahan $N dari tempat penyimpanan yang ditetapkan oleh Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota3.dan 2. pen8etakan dan pendistribusian blanko pendataan 8alon pengawas $N ke satuan pendidikan!. pengiriman ):$N ke kabupaten&kota6. pelaksanaan sosialisasi' koordinasi dan ker%a sama dengan instansi terkait di pro<insi yang bersangkutan dalam rangka persiapan pelaksanaan $N6. penerbitan kartu pengawas $N3. pemantauan dan e<aluasi penyelenggaraan $N1.dan 1". pengisian dan pendistribusian #K9$N ke satuan pendidikan penyelenggara melalui Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota2. pen8etakan dan pendistribusian DK9$N ke satuan pendidikan penyelenggara melalui penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota1. pen8etakan dan pendistribusian blanko pendataan 8alon peserta $N ke kabupaten&kota!. Biaya penyelenggaraan $N ingkat #atuan Pendidikan men8akup komponen/ komponen sebagai berikut: 1. pengisian dan pengiriman data 8alon peserta $N ke Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota!. penggandaan dan pendistribusian Permendikbud $N dan P(# $N ke satuan pendidikan penyelenggara $N6. penyusunan dan pengiriman laporan. akti<itas pelaksanaan $N yang dilakukan oleh perguruan tinggi negeri2. C. A. penyusunan dan pengiriman laporan $N. 3" . Penyelenggaraan $N ingkat Pro<insi dibiayai oleh Pusat melalui Dana Dekonsentrasi dan *PBD Pro<insi' men8akup komponen/komponen sebagai berikut: 1. pengelolaan data pengawas ruang $N dan pengawas satuan pendidikan3. pen8etakan dan pendistribusian blanko i%a?ah ke satuan pendidikan5. pemindaian ):$N oleh penyelenggara tingkat pro<insi7. penyusunan dan pengiriman laporan. pelaksanaan sosialisasi' koordinasi dan ker%asama dengan instansi terkait di Kabupaten&Kota setempat dalam rangka persiapan pelaksanaan $N7. pengadaan bahan pendukung $N1. penggandaan dan pendistribusian Permendikbud $N dan P(# $N ke penyelenggara $N tingkat kabupaten&kota3.

Pelanggaran 1+r#% meliputi: 14 !4 34 34 memberi 8ontekan membantu peserta u%ian dalam men%awab soal menyebarkan&memba8akan kun8i %awaban kepada peserta u%ian mengganti dan mengisi ):$N 3. Pelanggaran '+3#. )aporan tertulis Pelapor harus menyampaikan laporan se8ara tertulis dan&atau lisan yang memuat: a. meliputi: 14 Memin%am alat tulis dari peserta u%ian !4 idak membawa kartu u%ian b.! PROSEDUR TINDAK LANJUT )angkah/langkah dan prosedur tindak lan%ut pengaduan dugaan pelanggaran dalam pelaksanaan $%ian Nasional tahun pela%aran !"1!&!"13 sebagai berikut. Pelanggaran 1+r#% meliputi: 14 Membawa 8ontekan ke ruang u%ian !4 Ker%asama dengan peserta u%ian 34 Menyontek atau menggunakan kun8i %awaban 3. Pelaku pelanggaran ./ meliputi: 14 tidak mengelem amplop ):$N di ruang u%ian !4 memeriksa dan menyusun ):$N tidak di ruang u%ian 8. +aktu pelanggaran e./ meliputi: 14 membuat kegaduhan di dalam ruang u%ian !4 membawa 9P di me%a ker%a peserta u%ian 8. Identitas diri pelapor b. In<estigasi 31 . Bentuk pelanggaran 8.. empat pelanggaran d. meliputi: 14 lalai' tertidur' merokok' dan berbi8ara yang dapat mengganggu konsentrasi peserta u%ian !4 lalai membantu peserta u%ian mengisi identitas diri sesuai dengan kartu identitas b. Bukti pelanggaran g. Pelanggaran r".. Pelanggaran r". :enis pelanggaran oleh pengawas ruang $%ian a./#. #aksi pelanggaran !. 1. :enis pelanggaran oleh peserta u%ian: a. Pelanggaran '+3#./#.

pelanggaran '+3#. . Pelanggaran r". Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud d. *pabila pengawas ruang $N tidak mengindahkan peringatan tersebut' maka yang bersangkutan akan dikenakan sanksi sebagai berikut: a. 3! . Pengawas ruang $N yang melanggar tata tertib akan diberikan peringatan oleh pengawas satuan pendidikan. Pelanggaran '+3#. Rekomendasi Rekomendasi tindaklan%ut pelanggaran berat disampaikan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Perguruan inggi Negeri Koordinator Pengawas $N 6. Pelaksanaan Keputusan Penyelenggara $N ingkat Pusat melaksanakan keputusan Menteri.In<estigasi dilakukan se8ara sendiri/sendiri atau bersama oleh: a. Penin%auan ke tempat ke%adian perkara b. Inspektorat :enderal Kemendikbud b./#. #ekolah&Madrasah&Pendidikan Kesetaraan penyelenggara $N yang melanggar ketentuan P(# diberi sanksi sesuai dengan peraturan perundang/undangan. 5. 9asil in<estigasi 9asil in<estigasi dibahas dalam rapat Penyelenggara $N ingkat Pusat untuk ditindaklan%uti 1. *nalisis pola %awaban per daerah 0Kabupaten&Kota4./ yang dilakukan oleh peserta u%ian dengan sanksi pembatalan u%ian pada mata pela%aran bersangkutan 8. 7. pelanggaran r". Badan #tandar Nasional Pendidikan 8. Peserta $N yang melanggar tata tertib seperti dalam Bab N ayat ! akan diberi sanksi oleh pengawas ruang $N maupun pengawas satuan pendidikan sebagai berikut: a. Bentuk in<estigasi a. 9asil Rekomendasi Menteri menetapkan keputusan hasil rekomendasi. Pelanggaran 1+r#% yang dilakukan oleh peserta u%ian dengan sanksi dikeluarkan dari ruang u%ian dan dinyatakan tidak lulus !. 2. yang dilakukan oleh peserta u%ian dengan sanksi diberi peringatan tertulis b./ dan 1+r#% yang dilakukan oleh pengawas ruang dengan sanksi sesuai dengan ketentuan perundangan/undangan 3.I! SANKSI 1. yang dilakukan oleh pengawas ruang dengan sanksi dibebastugaskan sebagai pengawas ruang u%ian b./#.

3. Pengawas satuan pendidikan yang melanggar ketentuan P(# diberi sanksi sesuai dengan peraturan perundang/undangan. Ditetapkan di :akarta Pada tanggal !5 :anuari !"13 Ketua Pro ! Dr! Ir! M! A! W"r#$#r%#$&'&(#). M!S*! 33 . #emua %enis pelanggaran harus dituangkan dalam berita a8ara. 6.

1!. 13. 2. !. Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ar melalui Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota Pengiriman DN peserta $N #MP&M s' #MP)B' #M*)B' Program Paket *&$la dan Program Paket B&+ustha ke Penyelenggara $N ingkat #ekolah&Madrasah& pondok pesantren & Penyelenggara Pro<insi 31 :anuari !"13 7. KBRI&Kon%en&*tase Pendidikan dan Kebudayaan Penyelenggara Pusat Penyelenggara Pusat Penyelenggara Pusat Per8etakan pemenang lelang Penyelenggara Pusat dan Penyelenggara Pro<insi Penyelenggara Pusat Per8etakan 31 :an !"13 0#M*&M*4 !2 Ceb !"13 0#MP&M s4 1!/!3 Ceb !"13 !7 Ceb/! Maret 33 .#. 3. Pendistribusian kisi/kisi soal $N #osialisasi Permen dan P(# $N Penandatanganan pakta integritas antara B#NP' Perguruan inggi Negeri Koordinator $N' dan Dinas Pendidikan Pro<insi Pendataan Peserta dan Pengumpulan nilai rapor #M* sedera%at semester 3/6 dan #MP sedera%at semester 1/6 Pengiriman DN peserta $N #M*&M*' #MK' Paket . K+/"#%#./6#:#1 Penyelenggara Pusat Penyelenggara Pusat Penyelenggara Pusat Penyelenggara Pro<insi dan Kab&Kota T#. 5.%"./ 3#. 2012/2013 No 1.' dan Paket .//&. 1". 6.#$'#. 1 : T#. Ke%uruan ke Penyelenggara $N ingkat #ekolah&Madrasah& pondok pesantren & P+.//#. P+.L#(2"r#.#( P+. Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat dan #anggar Kegiatan Bela%ar melalui Penyelenggara $N ingkat Kabupaten&Kota Pengiriman data peserta #ekolah Indonesia )uar Negeri ke Penyelenggara $N ingkat Pusat Proses lelang pen8etakan naskah Penggandaan dan pengepakan naskah master Penyerahan master soal ke per8etakan pemenang Pen8etakan naskah Pengawasan proses pen8etakan naskah $N Melakukan <eri.ikasi dan pengawasan sistem komputerisasi Pengiriman bahan $N ke Pro<insi&Kab&Kota Penyelenggara Pro<insi !2 Cebruari !"13 1.##. UN T#)&. 13.//#. 11. 3.

ikasi dan penskoran nilai #M*&M*' #MK' dan #M*)B di Pusat Pengiriman nilai #M*&M* dan #MK dari Pusat ke Perguruan inggi Pen8etakan dan distribusi DK9$N #M*&M* #MK' Program Paket . Ke%uruan ke Pusat Pengiriman nilai $#&M #MP&M s' nilai $*PK dan Program Paket B&+ustha ke Pusat $%ian praktik Keahlian Ke%uruan $%ian teori Keahlian Ke%uruan Pengiriman nilai u%ian teori ke%uruan ke Pusat $N $tama #M*&M*' #MK' #M*)B' Program Paket .//&. Pengiriman nilai $#&M #M*&M*' #MK 0ke8uali nilai u%ian teori ke%uruan4' nilai $*PK Program Paket . 3".' dan Program Paket . 16. !!. Penyelenggara Pro<insi Penyelenggara Pro<insi Penyelenggara $N #atuan Pendidikan Penyelenggara $N #atuan Pendidikan Penyelenggara $N #atuan Pendidikan Penyelenggara $N #atuan Pendidikan Penyelenggara $N #atuan Pendidikan Penyelenggara $N #atuan Pendidikan Penyelenggara $N #atuan Pendidikan Perguruan inggi Negeri Koordinator $N Dinas Pendidikan Pro<insi Perguruan inggi Negeri Koordinator $N Penyelenggara Pusat Penyelenggara Pusat Dinas Pendidikan Pro<insi 1/2 *pril 17./6#:#1 pemenang lelang T#. !5. Ke%uruan Pemindaian #MP&M s' #MP)B' Program Paket *&$la' dan Program Paket B&+ustha Pengiriman hasil pemindaian #M*&M* dan #MK ke Pusat Meri. 31. 11. !7. !6. dan Program Paket . !1. Ke%uruan $N #usulan #M*&M*' #MK' dan #M*)B $N $tama #MP&M s' #MP)B' dan Program Paket B&+ustha $N #usulan #MP&M s dan #MP)B Pemindaian #M*&M*' #MK' Program Paket . !". 2/16 *pril !"13 paling lambat 16 Maret !"13 12 *pril !"13 15/!5 *pril !"13 16 *pril !"13 I 12 *pril !"13 !! *pril !"13 I !6 *pril !"13 !! *pril !"13 I !7 *pril !"13 3" *pril !"13 I ! Mei !"13 16 *pril/! Mei !! *pril/1" Mei 3 Mei !"13 3/!" Mei !"13 !1 Mei !"13 !!/!3 Mei !"13 !3 Mei !"13 11 Mei !"13 Pengumuman Kelulusan #M*&M*' #MK dan Penyelenggara $N #M*)B di satuan pendidikan #atuan Pendidikan Pengiriman hasil pemindaian #MP&M s dan Dinas Pendidikan 36 . !3. 15.No K+/"#%#. dan Program Paket . !3.#. Ke%uruan oleh Dinas Pendidikan Pro<insi P+.' dan Paket . !1. !2.//#. 12.

!6 Mei/1 :uni !7 Mei !"13 !1/3" Mei !"13 1 :uni !"13 1/13 :uni !"13 37 . 37. 1!/16 Mei !"13 1/1" :uni !"13 Men8etak dan mendistribusikan blanko surat keterangan hasil u%ian nasional 0#K9$N4 ke Penyelenggara Pusat pro<insi dan luar negeriPengisian dan distribusi #K9$N #M*&M*' #MK dan #M*)B oleh Dinas Pendidikan Pro<insi Pengiriman nilai #MP&M s dan #MP)B dari Pusat ke Dinas Pendidikan Pro<insi Pen8etakan dan distribusi DK9$N #MP&M s' #MP)B' dan Program Paket B oleh Dinas Pendidikan Pro<insi Pengumuman kelulusan #MP&M s dan #MP)B di satuan pendidikan Pengisian dan distribusi #K9$N #MP&M s dan #MP)B oleh Dinas Pendidikan Pro<insi Dinas Pendidikan Pro<insi Penyelenggara Pusat Dinas Pendidikan Pro<insi Penyelenggara $N #atuan Pendidikan Dinas Pendidikan Pro<insi 33.ikasi dan penskoran nilai #MP&M s dan #MP)B di Pusat P+. K+/"#%#.//#. 33.No #MP)B ke Pusat 3!. 32./6#:#1 Pro<insi Penyelenggara Pusat T#. 31. 36. Meri.#.//&.

Mengawal pengiriman bahan $N dari penyelenggara $N Kab&Kota ke sub/ rayon bagi sekolah/sekolah yang berada di daerah terpen8il atau daerah yang sulit ter%angkau. Pelaksanaan $N Menindak pihak yang mengedarkan kun8i %awaban palsu. 2: RINCIAN TUGAS POLRI DALAM PENGAMANAN DAN PENGAWASAN PENYELENGGARAAN UJIAN NASIONAL TAHUN 2013 W#$%& #elama proses pen8etakan No! 1. Men%aga tempat penyimpanan soal $N di penyelenggara $N Kab&Kota. Berpakaian sipil bila bertugas di lingkungan sekolah. yang merugikan peserta $N. Menertibkan spanduk yang berisi penawaran atau pernyataan pro<okati. Distribusi naskah $N #ebelum dan saat pelaksanaan $N 3. !.L#(2"r#. Men%aga tempat penyimpanan bahan $N di tempat titik simpan terakhir di Kabupaten&Kota. #aat pelaksaan $N 31 . I%+( Pen8etakan naskah D+'$r"2'" Men%aga keamanan lokasi per8etakan Mengawal pendistribusian naskah $N dari per8etakan ke tempat titik simpan terakhir di Kabupaten&Kota.

##. d. UN a. Pengawas ruang penyelenggara $N. 2! P+.tar hadir' dan berita a8ara pelaksanaan $N. Pengawas masuk ke dalam ruang $N !" menit sebelum waktu pelaksanaan untuk melakukan se8ara berurutan: 14 memeriksa kesiapan ruang u%ian!4 mempersilakan peserta $N untuk memasuki ruang dengan menun%ukkan kartu peserta $N dan meletakkan tas di bagian depan serta menempati tempat duduk sesuai dengan nomor yang telah ditentukan34 memeriksa dan memastikan setiap peserta $N hanya membawa bulpen' pensil' penghapus' pena%am pensil' dan penggaris yang akan dipergunakan ke tempat duduk masing/masing34 memeriksa dan memastikan amplop soal dalam keadaan tertutup rapat 0tersegel4' membuka amplop soal' disaksikan oleh peserta u%ian64 memba8akan tata tertib $N74 membagikan naskah soal $N dengan 8ara meletakkan di atas me%a peserta dalam posisi tertutup 0terbalik414 memberikan kesempatan kepada peserta $N untuk menge8ek kelengkapan soal24 mewa%ibkan peserta untuk menuliskan nama dan nomor u%ian pada kolom yang tersedia di halaman 1 0satu4 naskah soal dan ):$N sebelum dipisahkan54 mewa%ibkan peserta u%ian untuk memisahkan ):$N dengan naskah1"4mewa%ibkan peserta u%ian untuk melengkapi isian pada ):$N se8ara benar- . Pengawas ruang menerima bahan $N yang berupa naskah soal $N' amplop pengembalian ):$N' da. UN a. Pengawas ruang memeriksa kondisi bahan $N dalam keadaan baik 0masih tersegel4.TATA TERTIB PENGAWAS UJIAN NASIONAL 4UN5 TAHUN PELAJARAN 2012/2013 1! P+r'"#2#. Ampat puluh lima 0364 menit sebelum u%ian dimulai pengawas ruang telah hadir di lokasi sekolah&madrasah penyelenggara $N. menerima pen%elasan dan pengarahan dari ketua 8.#$'#. b.

e. d. . b. Pengawas ruang $N dilarang merokok di ruang u%ian' memberi isyarat' petun%uk' dan bantuan apapun kepada peserta berkaitan dengan %awaban dari soal $N yang diu%ikan.. *pabila ter%adi pelanggaran baik oleh peserta $N maupun oleh pengawas ruang $N maka Pengawas #atuan Pendidikan membuat berita a8ara dan melaporkannya sesuai dengan tata tertib $N. Kelebihan naskah soal $N selama u%ian berlangsung tetap disimpan di ruang u%ian dan tidak diperbolehkan diba8a oleh pengawas ruangan. i.tar hadir peserta dan satu lembar berita a8ara pelaksanaan $N.tar hadir peserta' satu lembar berita a8ara pelaksanaan' kemudian ditutup dan dilem serta ditandatangani oleh pengawas ruang $N di dalam ruang u%ianh.114memastikan peserta $N telah mengisi identitas dengan benar sesuai dengan kartu peserta. #elama $N berlangsung' pengawas ruang $N wa%ib: 14 men%aga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang u%ian!4 memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan ke8urangan. )ima menit sebelum waktu $N selesai' pengawas ruang $N memberi peringatan kepada peserta $N bahwa waktu tinggal lima menit. #etelah waktu $N selesai' pengawas ruang $N: 14 mempersilakan peserta $N untuk berhenti menger%akan soal!4 mempersilakan peserta $N meletakkan naskah soal dan ):$N di atas me%a dengan rapi34 mengumpulkan ):$N dan naskah soal $N34 menghitung %umlah ):$N sama dengan %umlah peserta $N64 mempersilakan peserta $N meninggalkan ruang u%ian74 menyusun se8ara urut ):$N dari nomor peserta terke8il dan memasukkannya ke dalam amplop ):$N disertai dengan satu lembar da.tar hadir. . 8. Pengawas #atuan Pendidikan wa%ib memonitor dan mengawasi terlaksananya $N di ruang u%ian agar ber%alan tertib sesuai dengan P(#. Pengawas Ruang $N menyerahkan amplop ):$N yang sudah dilem dan ditandatangani' serta naskah soal $N kepada Penyelenggara $N ingkat #ekolah&Madrasah&Pendidikan Kesetaraan disertai dengan satu lembar da. g. #etelah tanda waktu menger%akan dimulai' pengawas ruang $N: 14 mempersilakan peserta $N untuk mulai menger%akan soal!4 mengingatkan peserta agar terlebih dahulu memba8a petun%uk 8ara men%awab soal.dan 1!4memastikan peserta u%ian menandatangani da.serta 34 melarang orang memasuki ruang $N selain peserta u%ian.

.

#*)IN*N PAR* $R* N MAN ARI PANDIDIK*N D*N KAB$D*B**N RAP$B)IK IND(NA#I* N(M(R 3 *9$N !"13 AN *N @ KRI ARI* KA)$)$#*N PA#AR * DIDIK D*RI #* $*N PANDIDIK*N D*N PANBA)AN@@*R**N $:I*N #AK()*9&M*DR*#*9&PANDIDIK*N KA#A *R**N D*N $:I*N N*#I(N*) DAN@*N R*9M* $9*N B*N@ M*9* A#* : MAN ARI PANDIDIK*N D*N KAB$D*B**N RAP$B)IK IND(NA#I*' Menimbang bahwa dalam rangka pelaksanaan Pasal 76 ayat 074' Pasal 71 ayat 034' dan Pasal 1! ayat 0!4 Peraturan Pemerintah Nomor 15 ahun !""6 tentang #tandar Nasional Pendidikan' perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari #atuan Pendidikan dan Penyelenggaraan $%ian #ekolah&Madrasah& Pendidikan Kesetaraan dan $%ian NasionalMengingat : 1. $ndang/$ndang Nomor !" ahun !""3 entang #istem Pendidikan Nasional 0)embaran Negara Republik Indonesia ahun !""3 Nomor 12' ambahan )embaran Negara Republik Indonesia 2# Peraturan Pemerintah Nomor 15 ahun !""6 entang #tandar Nasional Pendidikan 0)embaran Negara Republik Indonesia !""6 Nomor 31' ambahan )embaran Negara Republik Indonesia Nomor 33574!# Peraturan Pemerintah Nomor 11 ahun !"1" entang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan 0)embaran Negara !3' ahun !"1" Nomor ambahan )embaran Negara Nomor 61"64 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 77 ahun !"1" tentang Perubahan *tas Peraturan Pemerintah Nomor 11 ahun !"1" entang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan 0)embaran Negara ahun !"1" Nomor 11!' ambahanNegara Nomor 61614)embaran 1 .

(# Peraturan Presiden Nomor 31 ahun !""5 tentang Pembentukan dan (rganisasi Kementerian Negara RepubliktelahIndonesia sebagaimana beberapa kali diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 51 ahun !"11 tentang ! .

1!# Peraturan Menteri *gama Republik Indonesia Nomor 3 !"1! tentang Pendidikan Keagamaan Islam. 12# Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 3 ahun !""2 tentang #tandar Proses Pendidikan Kesetaraan Program Paket *' Program Paket B' dan Program Paket .11# Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor !" ahun !""1 entang #tandar Penilaian Pendidikan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.Perubahan Ketiga *tas Peraturan Presiden Nomor 31 ahun !""5 tentang Pembentukan dan (rganisasi Kementerian Negara)# Peraturan Presiden Nomor !3 ahun !"1" tentang Kedudukan' ugas' dan Cungsi Kementerian Negara serta #usunan (rganisasi' ugas' dan Cungsi Aselon I Kementerian Negara sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 5! ahun !"11 tentang Perubahan Kedua *tas Peraturan Presiden Nomor !3 ahun !"1" tentang Kedudukan' ugas' dan Cungsi Kementerian Negara #erta #usunan (rganisasi' ugas' dan Cungsi Aselon I Kementerian Negara/# Keputusan Presiden Nomor 23&P ahun !""5 mengenai Pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu II sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Keputusan Presiden Nomor 71&P ahun !"1!0# Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor !! ahun !""7 tentang #tandar Isi untuk #atuan Pendidikan Dasar dan Menengah1# Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor !3 ahun !""7 entang #tandar Kompetensi )ulusan untuk #atuan Pendidikan Dasar dan Menengah2# Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 7 ahun !""1 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor !! ahun !""7 entang#tandar Isi untuk #atuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor !3 ahun !""7 tentang #tandar Kompetensi )ulusan untuk #atuan Pendidikan Dasar dan Menengah10# Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 ahun !""1 tentang #tandar Isi untuk Program Paket *' Program Paket B' dan Program Paket . 3 ahun .

MAM$ $#K* N: Menetapkan : PAR* $R*N MAN ARI PANDIDIK*N D*N KAB$D*B**N AN *N@ KRI ARI* KA)$)$#*N PA#AR * DIDIK D*RI #* $*N PANDIDIK*N D*N PANBA)AN@@*R**N $:I*N #AK()*9&M*DR*#*9&PANDIDIK*N KA#A *R**N D*N $:I*N N*#I(N*).

3

B*B I KA AN $*N $M$M Pasal 1 Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan: 1. #atuan pendidikan adalah satuan pendidikan dasar dan menengah yang meliputi #ekolah Dasar&Madrasah Ibtidaiyah 0#D&MI4' #ekolah Dasar )uar Biasa 0#D)B4' #ekolah Menengah Pertama&Madrasah sanawiyah 0#MP&M s' #ekolah Menengah Pertama )uar Biasa 0#MP)B4' #ekolah Menengah *tas&Madrasah *liyah 0#M*&M*4' #ekolah Menengah *tas )uar Biasa 0#M*)B4' #ekolah Menengah Ke%uruan 0#MK4' Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat 0PKBM4' #anggar Kegiatan Bela%ar 0#KB4' dan Pondok Pesantren. Pendidikan Kesetaraan adalah program pendidikan non;ormal yang men8akup program Paket *' Program Paket B' Program Paket ,' dan Program Paket , Ke%uruan. :en%ang pendidikan adalah tahapan pendidikan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik' tu%uan yang akan di8apai' dan kemampuan yang dikembangkan. $%ian #ekolah&Madrasah&Pendidikan Kesetaraan selan%utnya disebut $%ian #&M&PK adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh sekolah&madrasah&penyelenggara program pendidikan kesetaraan untuk semua mata pela%aran pada kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi. $%ian Nasional yang selan%utnya disebut $N adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pen8apaian kompetensi lulusan se8ara nasional pada mata pela%aran tertentu dalam kelompok mata pela%aran ilmu pengetahuan dan teknologi. $N #usulan adalah u%ian nasional yang diselenggarakan bagi peserta didik yang berhalangan mengikuti $N karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah. $%ian kompetensi keahlian adalah u%ian nasional yang terdiri atas u%ian teori dan u%ian praktik ke%uruan. Nilai #ekolah&Madrasah&Pendidikan Kesetaraan selan%utnya disebut Nilai #&M&PK adalah nilai gabungan antara Nilai $%ian #&M&PK dan rata/rata nilai rapor atau rata/ rata nilai dera%at kompetensi 0NDK4. Nilai $%ian Nasional yang selan%utnya disebut Nilai $N adalah nilai yang diperoleh peserta didik pada $N. 1". Nilai *khir yang selan%utnya disebut N* adalah nilai gabungan antara Nilai #&M&PK dari setiap mata pela%aran yang diu%ikan se8ara nasional dan Nilai $N. 11. Kriteria kelulusan adalah persyaratan pen8apaian minimal untuk dinyatakan lulus. 1!. Badan #tandar Nasional Pendidikan yang selan%utnya disebut B#NP adalah badan mandiri dan independen yang bertugas mengembangkan' memantau pelaksanaan' dan menge<aluasi standar nasional pendidikan. 6

!.

3.

3.

6.

7.

1. 2.

5.

13. $la adalah pendidikan dasar enam tahun pada Pondok Pesantren #ala;iyah setingkat Program Paket * dengan kekhasan pendalaman pendidikan agama Islam. 13. +ustha adalah pendidikan dasar tiga tahun pada Pondok Pesantren #ala;iyah setingkat Program Paket B dengan kekhasan pendalaman pendidikan agama Islam. 16. Kisi/kisi soal $N adalah a8uan dalam pengembangan dan perakitan soal $N yang disusun berdasarkan #tandar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam #tandar Isi #atuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 17. )embar %awaban $N yang selan%utnya disebut ):$N adalah lembaran kertas yang digunakan oleh peserta didik untuk men%awab soal $N. 11. #urat keterangan hasil u%ian nasional yang selan%utnya disebut #K9$N adalah surat keterangan yang berisi Nilai #&M&PK dari setiap mata pela%aran yang diu%ikan se8ara nasional' Nilai $N' dan N*. 12. Prosedur (perasi #tandar yang selan%utnya disebut P(# adalah urutan langkah baku yang mengatur teknis pelaksanaan $N dan $%ian #&M&PK yang diterbitkan oleh B#NP. 15. Kementerian adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. !". Menteri adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. !1. Perguruan inggi adalah perguruan tinggi negeri yang ditetapkan oleh B#NP berdasarkan rekomendasi dari Ma%elis Rektor Perguruan inggi Negeri Indonesia. !!. Pemerintah adalah Pemerintah Pusat. !3. Pemerintah Daerah adalah Pemerintah Pro<insi' Pemerintah Kabupaten' atau Pemerintah Kota. B*B II KRI ARI* KA)$)$#*N PA#AR * DIDIK D*RI #* $*N PANDIDIK*N Pasal ! Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah: a# menyelesaikan seluruh program pembela%aranb# memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pela%aran yang terdiri atas: 14 !4 34 34 kelompok mata pela%aran agama dan akhlak muliakelompok mata pela%aran kewarganegaraan dan kepribadiankelompok mata pela%aran estetika- dan kelompok mata pela%aran %asmani' olah raga' dan kesehatan-

c# lulus $%ian #&M&PK untuk kelompok mata pela%aran ilmu pengetahuan dan teknologidan d# lulus $N. 7

' dan Program Paket . d diatur dalam P(# $N. e. d. #MP&M s dan #M*&M* yang menerapkan sistem akselerasi atau sistem kredit semester 0#K#4 apabila telah menyelesaikan seluruh mata pela%aran yang dipersyaratkan. (2) Ketentuan keikutsertaan peserta didik dari sekolah penyelenggara sistem akselerasi atau #K# sebagaimana dimaksud pada ayat 014 huru. a' untuk peserta didik: a. Ke%uruanterdiri atas 7"L bobot dari nilai $%ian #&M&PK dan 3"L bobot dari rata/rata nilai rapor&rata/rata nilai dera%at kompetensi. Program Paket *' Program Paket B' Program Paket . Pasal 3 Kriteria perolehan nilai baik untuk 3 0empat4 kelompok mata pela%aran sebagaimana dimaksud dalam Pasal ! huru.Pasal 3 (1) Penyelesaian seluruh program pembela%aran sebagaimana dimaksud dalam Pasal ! huru. #M*&M*' #M*)B' dan #MK apabila telah menyelesaikan pembela%aran dari kelas N sampai dengan kelas NII. 1 .' dan Program Paket . Pasal 6 014 Kriteria kelulusan peserta didik dari $%ian #&M&PK untuk semua mata pela%aran sebagaimana dimaksud dalam Pasal ! huru. #MP&M s dan #MP)Bapabila telah menyelesaikan pembela%aran dari kelas MII sampai dengan kelas IN8. b ditetapkan oleh satuan pendidikan. #D&MI dan #D)B apabila telah menyelesaikan pembela%aran dari kelas I sampai dengan kelas MIb. Ke%uruan apabila telah menyelesaikan keseluruhan dera%at kompetensi masing/ masing %en%ang program. 8 ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai #&M&PK. 0!4 Nilai #&M&PK sebagaimana dimaksud pada ayat 014 diperoleh dari: a. gabungan antara nilai $%ian #&M dan rata/rata nilai rapor: 14 semester 1 0tu%uh4 sampai dengan 11 0sebelas4 pada #D&MI dan #D)B!4 semester 1 0satu4 sampai dengan 6 0lima4 pada #MP&M s' dan #MP)B34 semester 3 0tiga4 sampai dengan 6 0lima4 pada #M*&M* dan #M*)B34 semua mata pela%aran yang ditempuh dan yang diu%ikan se8ara nasional pada #MP&M s dan #M*&M* yang menerapkan sistem #K#64 semester 1 0satu4 sampai dengan 6 0lima4 pada #MKb. gabungan antara nilai $%ian PK dan rata/rata nilai dera%at kompetensi 0NDK4 untuk Program Paket *' Program Paket B' Program Paket .

Pasal 7 014 Kriteria kelulusan peserta didik dari $N untuk #D&MI&#D)B ditetapkan oleh satuan pendidikan dalam rapat dewan guru dan untuk Program Paket * ditetapkan oleh rapat dewan tutor bersama pamong bela%ar dari #KB Pembina. 034 N* sebagaimana dimaksud pada ayat 0!4 diperoleh dari gabungan Nilai #&M&PK dari mata pela%aran yang diu%ikan se8ara nasional dan Nilai $N' yaitu dengan pembobotan 3"L Nilai #&M&PK dari mata pela%aran yang diu%ikan se8ara nasional dan 7"L dari Nilai $N.' dan Program Paket . memiliki laporan lengkap penilaian hasil bela%ar pada Pendidikan Kesetaraan. memiliki laporan lengkap penilaian hasil bela%ar pada suatu %en%ang pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester I tahun pertama sampai dengan semester I tahun terakhir. B*B III PAR#B*R* *N PA#AR * DIDIK MAN@IK$ I $:I*N #AK()*9&M*DR*#*9&PANDIDIK*N KA#A *R**N D*N $:I*N N*#I(N*) Pasal 2 014 Persyaratan peserta didik mengikuti $%ian #&M&PK dan $N: a.dan 8. telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu %en%ang pendidikan di satuan pendidikan tertentub. Pasal 1 Kelulusan peserta didik: a. 2 . Program Paket *' Program Paket B' Program Paket . Ke%uruan ditetapkan oleh setiap satuan pendidikan yang bersangkutan dalam rapat dewan tutor bersama Pamong Bela%ar pada #KB Pembinaberdasarkan kriteria kelulusan sebagaimana dimaksud dalam Pasal !. apabila nilai rata/rata dari semua N* men8apai paling rendah 6'6 0lima koma lima4 dan nilai setiap mata pela%aran paling rendah 3'" 0empat koma nol4. #D&MI&#D)B' #MP&M s&#MP)B' #M*&M*' #M*)B' #MK ditetapkan setiap satuan pendidikan yang bersangkutan dalam rapat dewan guruoleh b. 0!4 Kriteria kelulusan peserta didik dari $N untuk #MP&M s&#MP)B' #M*&M*&#M*)B&#MK' Program Paket B' dan Program Paket . 034 Ketentuan tentang persyaratan peserta didik sebagaimana dimaksud pada ayat 014 dan 0!4 diatur lebih lan%ut dalam P(# $%ian #&M&PK atau P(# $N. 0!4 Persyaratan untuk Peserta didik $%ian Nasional Pendidikan Kesetaraan berasal dari Pusat Kegiatan Bela%ar Masyarakat 0PKBM4' #anggar Kegiatan Bela%ar 0#KB4' Pondok Pesantren penyelenggara program $la dan&atau +ustha' dan kelompok bela%ar se%enis.

Pasal 13 014 Nilai #&M&PK diserahkan oleh setiap satuan pendidikan kepada B#NP. 034 peserta didik yang tidak lulus $%ian #&M&PK dan $N dapat mengikuti $%ian #&M&PK dan $N tahun berikutnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang/undangan. 034 peserta didik yang karena alasan tertentu dengan disertai bukti yang sah berhalangan mengikuti $N dapat mengikuti $N #usulan sesuai %adwal yang ditentukan dalam P(# $N yang ditetapkan oleh B#NP. 064 Ketentuan lebih lan%ut mengenai hak peserta didik dalam $%ian #&M&PK dan $N diatur dalam P(# $#&M&PK atau P(# $N yang ditetapkan oleh B#NP. 5 . 0!4 Nilai #&M&PK sebagaimana dimaksud pada ayat 014 untuk #MP&M s' #MP)B' Program Paket B' #M*&M*' #M*)B' #MK' Program Paket . 2 0!4 peserta didik tunanetra' tunarungu' tunadaksa ringan' dan tunalaras yang memenuhi syarat sebagaimana dimaksud pada Pasal 2 berhak mengikuti $%ian #&M&PK dan $N.B*B IM 9*K D*N KA+*:IB*N PA#AR * DIDIK D*)*M $:I*N #AK()*9&M*DR*#*9&PANDIDIK*N KA#A *R**N D*N $:I*N N*#I(N*) Pasal 5 014 peserta didik yang memenuhi syarat sebagaimana dimaksud padaPasal berhak mengikuti $%ian #&M&PK dan $N.' dan Program Paket . Pasal 1! $%ian #&M&PK diselenggarakan sebelum penyelenggaraan $N sesuai dengan %adwal yang ditetapkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan. B*B M PANBA)AN@@*R**N $:I*N #AK()*9&M*DR*#*9&PANDIDIK*N KA#A *R**N Pasal 1" #etiap satuan pendidikan menyelenggarakan $%ian #&M&PK untuk semua mata pela%aran. Pasal 11 $%ian #&M&PK dilaksanakan oleh satuan pendidikan sesuai dengan P(# $%ian #&M&PK yang ditetapkan oleh satuan pendidikan di bawah koordinasi Dinas Pendidikan Kabupaten&Kota' Kantor +ilayah Kementerian *gama' dan Kantor Kementerian *gama. Ke%uruan diterima oleh B#NP paling lambat tu%uh hari sebelum penyelenggaraan $N.

034 Nilai #&M&PK sebagaimana dimaksud pada ayat 014 untuk #D&MI' #D)B' dan Program Paket * diterima oleh penyelenggara $N #D&MI' #D)B dan Program Paket * tingkat pro<insi paling lambat tu%uh hari sebelum penyelenggaraan $N. 1" .

' dan Program Paket . 0!4 $N untuk Pendidikan Kesetaraan dilaksanakan ! 0dua4 kali dalam satu tahun. 034 Ketentuan lebih lan%ut mengenai wewenang penyelenggaraan $N sebagaimana dimaksud pada ayat 014 dan ayat 0!4 diatur dalam P(# $N yang ditetapkan oleh B#NP. B*B MI PANBA)AN@@*R**N $:I*N N*#I(N*) Pasal 16 B#NP menyelenggarakan $N beker%a sama dengan instansi terkait di lingkungan Pemerintah' pemerintah pro<insi' pemerintah kabupaten&kota' dan satuan pendidikan. Program Paket . Pasal 11 014 $N dilaksanakan 1 0satu4 kali dalam satu tahun. 064 $N #usulan untuk #M*&M*' #M*)B' dan #MK dilaksanakan setelah $N #M*&M*' #M*)B' dan #MK. 074 $%ian kompetensi keahlian ke%uruan untuk #MK dan Program Paket . 034 $N untuk Pendidikan Kesetaraan periode pertama dilaksanakan pada bulan *pril dan periode kedua dilaksanakan pada bulan :uli. Ke%uruan dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.' dan Program Paket . Pasal 13 Ketentuan lebih lan%ut tentang penyelenggaraan $%ian #&M&PK diatur dalam P(# $%ian #&M&PK yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.' dan Program Paket .034 Ketentuan mengenai penyerahan dan penerimaan Nilai #&M&PK sebagaimana dimaksud pada ayat 0!4 dan ayat 034 diatur lebih lan%ut dalam P(# $N yang ditetapkan oleh B#NP. 014 Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan #M*&M*' #M*)B' #MK. 0!4 B#NP memberikan wewenang kepada Perguruan inggi dalam pelaksanaan dan pengawasan $N #M*&M*' #MK' Program Paket . 034 $N untuk #M*&M*' #M*)B' dan #MK dilaksanakan pada bulan *pril. Pasal 17 014 B#NP memberikan wewenang kepada pemerintah daerah dalam pelaksanaan dan pengawasan $N #D&MI' #D)B' Program Paket *&$la' #MP&M s' #MP)B' #M*)B' dan Program Paket B&+ustha. Ke%uruan dilaksanakan paling lambat satu bulan sebelum penyelenggaraan $N #M*&M*' #M*)B' #MK' Program Paket . Ke%uruan. Ke%uruan diumumkan oleh satuan pendidikan paling lambat satu bulan setelah penyelenggaraan $N #M*&M*' 11 .

#M*)B' #MK' Program Paket . 1! . Ke%uruan.' dan Program Paket .

Pasal !" (rang perseorangan' kelompok' dan&atau lembaga yang penyelenggaraan $N wa%ib men%aga ke%u%uran' kerahasiaan' kelan8aran penyelenggaraan $N. 0!4 $%ian teori ke%uruan #MK dan Program Paket . 054 $N susulan untuk #MP&M s' #MP)B' Program Paket B dilaksanakan setelah $N #MP&M s' #MP)B' Program Paket B. Ke%uruan. Pasal !! Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memetakan hasil $N 13 terlibat dalam keamanan' dan . 01!4 $N susulan untuk #D&MI' #D)B dilaksanakan setelah $N #D&MI' #D)B0134 Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan #D&MI dan #D)B' Program Paket * diumumkan oleh satuan pendidikan paling lambat lima minggu setelah penyelenggaraan $N #D&MI' #D)B' dan Program Paket *. Pasal 12 Mata pela%aran yang diu%ikan pada $N diatur lebih lan%ut dalam P(# yang ditetapkan oleh B#NP. Ke%uruan dilaksanakan oleh satuan pendidikan bersama dunia industri dan&atau asosiasi pro. 01"4 Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan #MP&M s' #MP)B' Program Paket B diumumkan oleh satuan pendidikan paling lambat satu bulan setelah penyelenggaraan $N #MP&M s' #MP)B' Program Paket B. Ke%uruan diselenggarakan oleh dinas pendidikan pro<insi.024 $N untuk #MP&M s' #MP)B' Program Paket B dilaksanakan pada bulan *pril setelah $N #M*&M*' #M*)B' #MK' Program Paket .' dan Program Paket . 0114 $N untuk #D&MI' #D)B' Program Paket * dilaksanakan pada bulan Mei. 034 Ketentuan mengenai u%ian kompetensi keahlian ke%uruan sebagaimana dimaksud pada ayat 014 diatur lebih lan%ut dalam P(# $N yang ditetapkan oleh B#NP.esi. 034 $%ian praktik ke%uruan #MK dan Program Paket . Pasal 15 014 $%ian kompetensi keahlian ke%uruan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat 074 terdiri atas teori ke%uruan dan praktik ke%uruan. Pasal !1 Pemerintah dan Pemerintah Daerah melakukan sosialisasi $N.

pada tingkat sekolah&madrasah' kabupaten&kota' pro<insi' dan nasional 13 .

Pasal !3 014 Kisi/kisi soal $%ian #&M&PK disusun berdasarkan #tandar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum ingkat #atuan Pendidikan. 034 Naskah soal $N sebelum digunakan diklasi.B*B MII B*9*N $:I*N #AK()*9&M*DR*#*9&PANDIDIK*N KA#A *R**N D*N $:I*N N*#I(N*) Pasal !3 014 #atuan pendidikan menyusun naskah soal $%ian #&M&PK berdasarkan #tandar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum ingkat #atuan Pendidikan. 034 Kisi/kisi soal $N sebagaimana dimaksud pada ayat 0!4 disusun dan ditetapkan oleh B#NP. 0!4 Pen8etakan dan pendistribusian bahan $N #D&MI dan #D)B dilakukan oleh Penyelenggara $N Pro<insi. 034 Penggandaan dan pendistribusian bahan $N #MP&M s' #MP)B' #M*&M*' #M*)B' #MK' dan PK dilakukan oleh penyelenggara ingkat Pusat. 034 Ketentuan mengenai penggandaan dan pendistribusian bahan $N sebagaimana dimaksud pada ayat 034 diatur lebih lan%ut oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pasal !6 014 Penyiapan' penggandaan' dan distribusi bahan $#&M&PK ditetapkan oleh satuan pendidikan. 0!4 Penyelenggara ingkat Pusat menyusun naskah soal $N berdasarkan #tandar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam #tandar Isi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor !! ahun !""7.034 Kisi/kisi soal $%ian #&M&PK sebagaimana dimaksud pada ayat 014 disusun dan ditetapkan oleh satuan pendidikan.ikasikan sebagai dokumen negara. 16 . 0!4 Kisi/kisi soal $N disusun berdasarkan #tandar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sebagaimana ter8antum dalam lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor !! tahun !""7 tentang #tandar Isi untuk #atuan Pendidikan Dasar dan Menengah serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 ahun !""1 tentang #tandar Isi untuk Program Paket *' Program Paket B' dan Program Paket .

0!4 Ketentuan mengenai pelanggaran dan sanksi sebagaimana dimaksud pada ayat 014 diatur lebih lan%ut dalam P(# $N yang ditetapkan oleh B#NP. B*B N PAN$ $ P Pasal !5 Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. B*B IN #*NK# I Pasal !2 014 (rang perseorangan' kelompok' dan&atau lembaga yang terbukti se8ara sah melakukan pelanggaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal !"' akan diproses dan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang/undangan. *gar setiap orang mengetahuinya' memerintahkan pengundangan Peraturan Menteri ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia. Ditetapkan di :akarta pada tanggal 17 :anuari !"13 MAN ARI PANDIDIK*N D*N KAB$D*B**N RAP$B)IK IND(NA#I*' 17 D. Pasal !1 Pemerintah' Pemerintah Daerah' dan satuan pendidikan dilarang memungut biaya penyelenggaraan $N dari peserta didik' orang tua&walinya' dan&atau pihak yang membiayainya. .B*B MIII BI*B* $:I*N #AK()*9&M*DR*#*9&PANDIDIK*N KA#A *R**N D*N $:I*N N*#I(N*) Pasal !7 014 Biaya penyelenggaraan $%ian #&M&PK men%adi tanggung%awab Pemerintah Daerah dan satuan pendidikan yang bersangkutan. 0!4 Biaya penyelenggaraan $N men%adi tanggung%awab Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

M(9*MM*D N$9 11 .

*MIR #B*M#$DIN BARI * NA@*R* RAP$B)IK IND(NA#I* *9$N !"13 N(M(R 1"1 #alinan sesuai dengan aslinya. Kepala Biro 9ukum dan (rganisasi' Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan' 12 .Diundangkan di :akarta Pada tanggal 12 :anuari !"13 MAN ARI 9$K$M D*N 9*K *#*#I M*N$#I* RAP$B)IK IND(NA#I*' D.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful