KOMPONEN LOGIKA SEKUENSIAL

Kelompok 5
NAMA ANGGOTA : 1. ANDI TENRI FAHRESA 2. ANDI INDAH JULIARTI 3. FATULLAH RAHMAN

PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR TAHUN AJARAN 2013/2014

Terkhusus kepada dosen mata kuliah Organisasi Komputer. Karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya jualah sehingga makalah yang berjudul “Komponen Logika dan Sekuensial” ini dapat terselesaikan pada waktu yang diharapkan. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepeda semua pihak yang telah memberikan bantuannya sehingga makalah ini dapat selesai sebagaimana yang diharapkan.Tak lupa kami ucapkan permohonan maaf atas keterbatasan materi yang kami sampaikan melalui makalah ini. serta atas hal-hal yang tidak pada tempatnya. kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas bimbingannya dalam penyusunan makalah ini.Oleh karena itu. serta para sahabanya yang telah membimbing kita dari kegelapan menuju cahaya kemulian Islam. Kami tahu bahwa makalah ini mungkin masih jauh dari kata sempurna. Keluarga. sebab semua itu di luar pengetahuan kami.KATA PENGANTAR Pertama-tama. Penulis Kelompok 5 . saran dan kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. kami memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt. Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada Nabiullah Muhammad Saw.

rangkaian sekuensial.000 transistor diproduksi sekitar tahun 1974 untuk main memory pada komputer dan mikroprocesor generasi kedua. Sirkuit dapat dibuat untuk mengubah arus dengan sinyal yang dimasukkan pada satu atau lebih input kontrol dan akan memiliki satu atau dua output. tetapi juga pada keadaan input sebelumnya. chip untuk kalkulator. VLSI. MSI. yaitu sirkuit digital yang memuat beberapa puluh transistor atau beberapa logic gate. komunikasi dan tipe lain dari sistem. dan mikroprocesor awal. LSI dengan kurang lebih 10. Sirkuit dapat dibuat untuk mengubah arus dengan sinyal yang dimasukkan pada satu atau lebih input kontrol dan akan memiliki satu atau dua output. MSI memiliki keuntungan ekonomis karena walaupun harganya lebih mahal sedikit dibandingkan SSI. . Pada pertengahan tahun 1970an. "large-scale integration" (LSI). istilah tersebut sudah lumrah terdengar di telinga. yang selanjutnya melahirkan istilah SSI. Sirkuit terpadu awal hanya memuat beberapa transistor dan digolongkan sebagai "small-scale integration" (SSI). Istilah Large Scale Integration pertama kali digunakan oleh ilmuwan IBM. SSI Sirkuit terpadu berkembang menjadi "medium-scale integration" (MSI) pada akhir tahun 1960an. Contoh rangkaian sekuensial yang paling sederhana adalah Flip-flop/FF. Rolf Landauer saat menjelaskan konsep. mempunyai sekitar 4000 transistor. dan ULSI. terutama bagi mereka yang bergerak dibidangnya. Contoh SSI yaitu linear IC seperti Plessey SL201 atau Philips TAA320 yang hanya memiliki dua transistor. Ini merupakan elemen penyimpanan dasar pada Logika Sekuensial. Sebuah flip-flop merupakan multivibratordwistabil. yang diproduksi pada awal tahun 1970an. Flip-flop dan latch merupakan bangunan penting dalam sistem elektronik digital yang digunakan pada komputer. MSI memungkinkan sistem yang lebih kompleks diwujudkan dalam sebuah chip dan menghasilkan lebih sedikit komponen untuk dirakit pada circuit board. Namun dalam ranah perkuliahan. dan berbagai bentuk istilah lain yang bagi sebagian orang terasa sedikit asing. Sirkuit terpadu seperti 1K-bit RAM.BAB I PENDAHULUAN A. Rangkaian jaringan sekuensial adalah rangkaian dimana outputnya tidak hanya tergantung pada input waktu itu saja. Latar Belakang Sering kali kita jumpai istilah-istilah flip flop. ditandai dengan munculnya chip yang memuat beberapa ratus transistor. Flip-flop dan latch merupakan bangunan penting dalam sistem elektronik digital yang digunakan pada komputer. Pada elektronik. chip. Flip-Flop atau latch merupakan sirkuit elektronik yang memiliki dua arus stabil dan dapat digunakan untuk menyimpan informasi. Flip flop merupakan multivibrator-dwistabil. yaitu sirkuit terpadu dengan beberapa puluh ribu transistor per chip berhasil diwujudkan. Ini merupakan elemen penyimpanan dasar pada Logika Sekuensial. komunikasi dan tipe lain dari sistem.

jika input tidak ada.000 transistor diproduksi sekitar tahun 1974 untuk main memory pada komputer dan mikroprocesor generasi kedua . yaitu sirkuit digital yang memuat beberapa puluh transistor atau beberapa logic gate. dan mikroprocesor awal. VLSI. MSI memungkinkan sistem yang lebih kompleks diwujudkan dalam sebuah chip dan menghasilkan lebih sedikit komponen untuk dirakit pada circuit board. Pada pertengahan tahun 1970an. Sirkuit terpadu awal hanya memuat beberapa transistor dan digolongkan sebagai "small-scale integration" (SSI). seperti sirkuit yang dijelaskan pada logika sekuensial. Rolf Landauer saat menjelaskan konsep. yaitu sirkuit terpadu dengan beberapa puluh ribu transistor per chip berhasil diwujudkan. Ketika menggunakan Read-only Memory. Sirkuit terpadu seperti 1K-bit RAM. dan untuk mengsinkronisasikan input signal waktu variable untuk beberapa signal waktu yang direferensi. seperti penyimpan data yang dapat digunakan untuk menyimpan memori. chip untuk kalkulator. output dan keadaan selanjutnya tidak hanya bergantung pada input awalnya saja. Contoh rangkaian sekuensial yang paling sederhana adalah Flip-flop/FF. ditandai dengan munculnya chip yang memuat beberapa ratus transistor. SSI Sirkuit terpadu berkembang menjadi "medium-scale integration" (MSI) pada akhir tahun 1960an. Maka FF dapat berfungsi sebagai memori 1bit. mempunyai sekitar 4000 transistor. "large-scale integration" (LSI).biner Flip-flop dan latch digunakan sebagai elemen penyimpan data. dan ULSI. Flip-Flop disebut juga kancing. yang selanjutnya melahirkan istilah SSI. multivibrator. Istilah Large Scale Integration pertama kali digunakan oleh ilmuwan IBM. Contoh SSI yaitu linear IC seperti Plessey SL201 atau Philips TAA320 yang hanya memiliki dua transistor. Flip-flops juga dapat digunakan untuk menghitung detak. namun pula pada keadaan yang sekarang. tetapi juga pada keadaan input sebelumnya. MSI. FF tetap mempertahankan statusnya. Flip-flop dapat digunakan secara sederhana tau clock. yang diproduksi pada awal tahun 1970an. Tinjauan Pustaka Rangkaian jaringan sekuensial dalah rangkaian dimana outputnya tidak hanya tergantung pada input waktu itu saja. LSI dengan kurang lebih 10.B. Flip-flop adalah perangkat bistabil. yang paling sederhana dinamakan latch. MSI memiliki keuntungan ekonomis karena walaupun harganya lebih mahal sedikit dibandingkan SSI. hanya dapat berada pada salah satu statusnya saja.

Flip-Flop atau latch merupakan sirkuit elektronik yang memiliki dua arus stabil dan dapat digunakan untuk menyimpan informasi. Sirkuit dapat dibuat untuk mengubah arus dengan sinyal yang dimasukkan pada satu atau lebih input kontrol dan akan memiliki satu atau dua output. karena itu. hanya dapat berada pada salah satu statusnya saja. Ini merupakan elemen penyimpanan dasar pada Logika Sekuensial. dan sirkuit ini merupakan logika sekuensial. jika input tidak ada. Maka FF dapat berfungsi sebagai memori 1-bit. Prinsip dasar dari flip-flop adalah suatu komponen elektronika dasar seperti transistor. Flip-flop adalah perangkat bistabil. Sirkuit juga dapat digunakan untuk menghitung bunyi teratur dan sinkronisasi sinyal. Penyimpanan data ini digunakan untuk menyimpan state (keadaan) pada ilmu komputer. seperti penyimpan data yang dapat digunakan untuk menyimpan memori.biner A. masukan sebelumnya). Ketika menggunakan Read-only Memory. dan untuk mengsinkronisasikan input signal waktu variable untuk beberapa signal waktu yang direferensi. Flip-flops juga dapat digunakan untuk menghitung detak. Flip-flop dan latch digunakan sebagai elemen penyimpanan data. Flip-flop adalah rangkaian digital yang digunakan untuk menyimpan satu bit secara semi permanen sampai ada suatu perintah untuk menghapus atau mengganti isi dari bit yang disimpan. Saat digunakan di mesin finite-state. Sebuah flip-flop merupakan multivibrator-dwistabil. seperti sirkuit yang dijelaskan pada logika sekuensial. namun juga kepada state saat ini (dan. hasil keluaran dan state selanjutnya bergantung bukan hanya kepada keadaannya saat ini. komunikasi dan tipe lain dari sistem. FF tetap mempertahankan statusnya. resistor dan dioda yang di rangkai menjadi suatu gerbang logika yang dapat bekerja secara sekuensial Rangkaian Sequensial dan Flip-flop 1. Contoh rangkaian sekuensial yang paling sederhana adalah Flip-flop/FF. Flip-flop dapat digunakan secara sederhana tau clock. Flip-flop dan latch digunakan sebagai elemen penyimpan data. Flip-Flop disebut juga kancing. tetapi juga pada keadaan input sebelumnya. Flip Flop Pada elektronik. multivibrator. Flip-flop dan latch merupakan bangunan penting dalam sistem elektronik digital yang digunakan pada komputer. yang paling sederhana dinamakan latch. Perbedaan dari rangkaian kombinasional dan sekuensial . output dan keadaan selanjutnya tidak hanya bergantung pada input awalnya saja. namun pula pada keadaan yang sekarang.BAB II PEMBAHASAN KOMPONEN LOGIKA DAN SEKUENSIAL Rangkaian jaringan sekuensial dalah rangkaian dimana outputnya tidak hanya tergantung pada input waktu itu saja.

3. • Flip-flop Input Equation merupakan bagian dari rangkaian yang menghasilkan input untuk ragkaian flip-flop secara aljabar. • Characteristic Equation berfungsi untuk menjelaskan sifat-sifat logika dari sebuah rangkaian flip-flop (seperti pada Characteristic Table) dalam bentuk aljabar. maka setiap input yang diumpankan ke D akan memberikan keadaan yang berbeda pada input S-R. • State Equation berfungsi untuk menetapkan suatu fungsi dari state lanjutan sebagai sebuah fungsi dari state awalan sebagai fungsi dari state awal dan input. state table. exitation table serta perbedaan dari Boolean equation. state equation.• Rangkaian kombinasional terdiri dari gerbang logika yang memiliki output yang selalu tergantung pada kombinasi input yang ada. characteristic equation.Bagian B • Boolean Equation berfungsi untuk mendefenisikan suatu fungsi dalam rangkaian menggunakan bilangan biner yang terdiri angka 0 dan 1 serta symbol operasi logika. characteristic table. Perbedaan dari : Truth table. Rangkaian kombinasional melakukan operasi yang dapat ditentukan secara logika dengan memakai sebuah fungsi boolean. dengan demikian hanya akan terdapat dua keadaan S dan R yairu S=0 dan R=1 atau S=1 dan R=0. dalam penyajianya biasa terdapat potongan-potongan fungsi jika fungsi yang ingin disajian tersebut panjang. Rangkaian ini juga didefenisikan sebagai rangkaian logika yang outputnya tergantung waktu. • Rangkaian sekuensial merupakan rangkaian logika yang keadaan outputnya tergantung pada keadaan input-inputnya juga tergantung pada keadaan output sebelumnya. • Characteristic Table merupakan defenisi dari sifat-sifat logika dari sebuah rangkaian flip-flop dengan menjelaskan operasinya yang disajikan dalam bentuk tabel. Penjelasan dari bebereapa flip flop : • D Flip-flop merupakan salah satu jenis flip-flop yang dibangun dengan menggunakan flip-flop S-R. Bagian A • Turth Table merupakan suatu tabel yang menyajikan beragam kombinasi inputan dari suatu fungsi beserta output yang dihasilkan. • Exitation Tabel merupakan tabel yang digunakan untuk menunjukkan input yang digunakan untuk perubahan state awalan. output. dan susunan flip-flop yang ada. • State Table merupakan tabel yang menyajikan satu-persatu input. jadi dapat disi . Perbedaannya dengan flip-flop S-R terletak pada inputan R. flipflop input equation. 2. menggunakan kumpulan fungsi boolean. pada D Flip-flop inputan R terlebi dahulu diberi gerbang NOT.

FF-RS (dirangkai dari NAND gate) flip-flop yang dibangun dengan inputnya dihubungkan menjadi satu memiliki watak membalik output outputnya akan tetap jika inputnya Rangkaian Logika FF-RS Tabel Kebenaran FF RS .• Master Save D Flip-flop merupakan rangkaian flip-flop yang memiliki 2 latch D dan sebuah inverter. Latch yang satu bernama Master dan yang kedua bernama Slave. Master D hanya akan mendeskripsikan diktat yang outputnya hanya dapt diganti selama ujung negatif jam. • T Flip-flop merupakan rangkaian menggunakan flip-flop J-K yang kedua maka akan diperoleh flip-flop yang sebelumnya jika inputannya tinggi dan rendah. • JK Flip-flop merupakan rangkaian flip-flop yang dibangun untuk megantisipasi keadaan terlarang pada flip-flop S-R.

FF – RS Berdetak Dengan adanya detak akan membuat FF-RS bekerja sinkron atau aktif HIGH Rangkaian Logika FF-RS Berdetak Tabel Kebenaran FF-RS Berdetak .

Satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengizinkan hanya sebuah input saja dimana FF-D mampu mengatasi masalah tersebut Simbol Logika Rangkaian Logika FLIP-FLOP JK Rangkaian Logika .FLIP-FLOP D    Sebuah masalah yang terjadi pada Flip-flop RS adalah dimana keadaan R = 1. S = 1 harus dihindarkan.

Radio. Sirkuit terpadu dimungkinkan oleh teknologi pertengahan abad ke-20 dalam fabrikasi alat semikonduktor dan penemuan eksperimen yang menunjukkan bahwa alat semikonduktor dapat melakukan fungsi yang dilakukan oleh tabung vakum. kecepatan "switch". komputer.8 trilyun getaran per detik terdapat 16 juta transistor. IC adalah komponen yang dipakai sebagai otak peralatan elektronika. Hanya setengah abad setelah penemuannya. televisi. dan kemudahan dalam menambahkan jumlahnya dengan cepat menyingkirkan tabung vakum. dan peralatan digital lainnya yang .Tabel Kebenaran FF-JK B. belum termasuk komponen lain. IC yang dipakai adalah mikroprosesor. Pengintegrasian transistor kecil yang banyak jumlahnya ke dalam sebuah chip yang kecil merupakan peningkatan yang sangat besar bagi perakitan tube-vakum sebesar-jari. Fabrikasi yang dipakai oleh mikroprosesor adalah 60nm. telepon selular. Pada komputer. tepercaya. transistor dan lain-lain. Ukuran IC yang kecil. konsumsi listrik rendah. IC telah digunakan dimana-mana. produksi massal. Dalam sebuah mikroprosesor Intel Pentium 4 dengan ferkuensi 1. Piranti Sekuensial MSI dan LSI Sirkuit terpadu (bahasa Inggris: integrated circuit atau IC) adalah komponen dasar yang terdiri dari resistor.

Karena jumlah transistor yang sedikit ini.merupakan bagian penting dari masyarakat modern.S. yang selanjutnya melahirkan istilah SSI. bahkan baru-baru ini miliaran of transistor dapat dimuat dalam sebuah chip. akibat ukuran transistor yang besar dan produksinya yang belum efisien. dan pada tahun 1968. dan dibutuhkan perencanaan yang baik untuk membuat desain yang baik. dll tergantung dari keberadaan alat ini. MSI memiliki keuntungan ekonomis karena walaupun harganya lebih mahal sedikit dibandingkan SSI. VLSI. ini mendorong teknologi baru ini hingga biaya produksi turun hingga dapat diaplikasikan dalam industri dan kemudian konsumen. Rolf Landauer saat menjelaskan konsep. dan aplikasi tipikalnya yaitu FM inter-carrier sound processing pada penerima signal di televisi.33 pada 1968. desain sirkuit terpadu dilaksanakan dengan bantuan software yang disebut CAD tools. SSI Sirkuit terpadu berkembang menjadi "medium-scale integration" (MSI) pada akhir tahun 1960an. Contoh SSI yaitu linear IC seperti Plessey SL201 atau Philips TAA320 yang hanya memiliki dua transistor. Saat ini. internet. MSI memungkinkan sistem yang . dan ULSI. sistem transportasi. Banyak skolar percaya bahwa revolusi digital yang dibawa oleh sirkuit terpadu merupakan salah satu kejadian penting dalam sejarah umat manusia. proses mendesain sirkuit terpadu tergolong mudah.[12] Sirukuit terpadu mulai muncul pada produk konsumen di akhir dekade. IC mempunyai ukuran seukuran tutup pena sampai ukuran ibu jari dan dapat diisi sampai 250 kali dan digunakan pada alat elektronika seperti:     Telepon Kalkulator Ponsel Radio Pada mulanya sirkuit terpadu hanya dapat memuat beberapa transistor dalam sebuah chip. dan mendorong perkembangan teknologi sirkuit terpadu sebagaimana teknologi-teknologi lainnya. Program misail Minuteman dan banyak program Navy lainnya adalah pasar bagi sirkuit terpadu yang bernilai sebesar $4 miliar pada tahun 1962. Budget dari pemerintah A. merupakan 37% dari total produksi sebesar $312 million. jutaan. SSI. Seiring berkembangnya teknologi ini. Minuteman missile dan Apollo program menggunakan konputer digital yang ringan untuk system inertial guidance-nya. Contohnya. MSI and LSI Sirkuit terpadu awal hanya memuat beberapa transistor dan digolongkan sebagai "small-scale integration" (SSI). Istilah Large Scale Integration pertama kali digunakan oleh ilmuwan IBM.00 pada 1962 menjadi $2. Apollo guidance computer mendorong kemajuan teknologi sirkuit terpadu hingga dapat diproduksi secara masal[11]. yaitu sirkuit digital yang memuat beberapa puluh transistor atau beberapa logic gate. MSI. ditandai dengan munculnya chip yang memuat beberapa ratus transistor. budget pemerintah A. SSI digunakan pada proyek-proyek awal kedirgantaraan.S. Harga rata-rata sebuah chip turun dari $50.

LSI dengan kurang lebih 10.000 transistor diproduksi sekitar tahun 1974 untuk main memory pada komputer dan mikroprocesor generasi kedua. Pada pertengahan tahun 1970an. yang diproduksi pada awal tahun 1970an. . yaitu sirkuit terpadu dengan beberapa puluh ribu transistor per chip berhasil diwujudkan. "large-scale integration" (LSI). chip untuk kalkulator. Sirkuit terpadu seperti 1K-bit RAM.lebih kompleks diwujudkan dalam sebuah chip dan menghasilkan lebih sedikit komponen untuk dirakit pada circuit board. dan mikroprocesor awal. mempunyai sekitar 4000 transistor.

biner Flip-Flop atau latch merupakan sirkuit elektronik yang memiliki dua arus stabil dan dapat digunakan untuk menyimpan informasi. MSI memiliki keuntungan ekonomis karena walaupun harganya lebih mahal sedikit dibandingkan SSI. tetapi juga pada keadaan input sebelumnya. . multivibrator. Contoh rangkaian sekuensial yang paling sederhana adalah Flip-flop/FF. Sirkuit terpadu seperti 1K-bit RAM. komunikasi dan tipe lain dari sistem. yang paling sederhana dinamakan latch. yaitu sirkuit terpadu dengan beberapa puluh ribu transistor per chip berhasil diwujudkan. LSI dengan kurang lebih 10. mempunyai sekitar 4000 transistor. Flip-flop adalah perangkat bistabil. Flipflops juga dapat digunakan untuk menghitung detak. dan untuk mengsinkronisasikan input signal waktu variable untuk beberapa signal waktu yang direferensi. Ini merupakan elemen penyimpanan dasar pada Logika Sekuensial. Ketika menggunakan Read-only Memory. "large-scale integration" (LSI). chip untuk kalkulator. jika input tidak ada.BAB III PENUTUP KESIMPULAN Rangkaian jaringan sekuensial dalah rangkaian dimana outputnya tidak hanya tergantung pada input waktu itu saja. ditandai dengan munculnya chip yang memuat beberapa ratus transistor. Pada pertengahan tahun 1970an. hanya dapat berada pada salah satu statusnya saja. seperti sirkuit yang dijelaskan pada logika sekuensial. seperti penyimpan data yang dapat digunakan untuk menyimpan memori.000 transistor diproduksi sekitar tahun 1974 untuk main memory pada komputer dan mikroprocesor generasi kedua. FF tetap mempertahankan statusnya. namun pula pada keadaan yang sekarang. Flip-Flop disebut juga kancing. Flip-flop dan latch merupakan bangunan penting dalam sistem elektronik digital yang digunakan pada komputer. yang diproduksi pada awal tahun 1970an. SSI Sirkuit terpadu berkembang menjadi "medium-scale integration" (MSI) pada akhir tahun 1960an. Sirkuit dapat dibuat untuk mengubah arus dengan sinyal yang dimasukkan pada satu atau lebih input kontrol dan akan memiliki satu atau dua output. MSI memungkinkan sistem yang lebih kompleks diwujudkan dalam sebuah chip dan menghasilkan lebih sedikit komponen untuk dirakit pada circuit board. Flip-flop dan latch digunakan sebagai elemen penyimpan data. dan mikroprocesor awal. Maka FF dapat berfungsi sebagai memori 1-bit. Flip-flop dapat digunakan secara sederhana tau clock. output dan keadaan selanjutnya tidak hanya bergantung pada input awalnya saja. Sebuah flip-flop merupakan multivibratordwistabil.

com weblog .com. Andi. “ Organisasi Komputer Edisi ke Tiga “ . http://kuliah. Jakarta: Erlangga.andifajar. 2009. diakses 26 September 2013 Hamacher. “Rangkaian Logika Sekuensial”. . diakses 26 September 2013 Fajar. 2010. 1993.DAFTAR PUSTAKA Anonim. “Catatan Kuliah di Teknik Elektro” Just another WordPress.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful