P. 1
1. PENGERTIAN KEDAULATAN

1. PENGERTIAN KEDAULATAN

|Views: 51|Likes:
Published by Alfian

More info:

Published by: Alfian on Jan 21, 2014
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/25/2014

pdf

text

original

PENGERTIAN KEDAULATAN - Berdaulat => kekuasaan => mempunyai kekuasaan. - Kedaulatan => supremus => yang tertinggi.

- Kedaulatan rakyat => kekuasaan tertinggi ditangan rakyat. Rakyat memiliki kekuasaan yang tertinggi untuk melakukan berbagai kebijakan yang akan diterapkan oleh Negara untuk kesejahteraan rakyatnya.

PENGERTIAN KEDAULATAN KEDALAM DAN KELUAR a. Kedaulatan kedalam Negara Indonesia berhak mengatur negaranya untuk mencapai kesejahteraan tanpa campur tangan negara lain. 1. Pembukaan UUD 1945 alinia IV - Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia - Memajukan kesejahteraan umum - Mencerdaskan kehidupan bangsa

b. Kedaulatan keluar Artinya kekuasaan untuk mengadakan atau kejasama dengan negara lain. 1. Pembukaan UUD 1945 alinia IV 2. Pasal 2 ayat 1 UUD 1945 3. Pasal 13 ayat 1 UUD 1945

Sifat - sifat dasar kedaulatan menurut Jean Bodin : a) Permanen b) Asli c) Bulat (Kedaulatan itu tetap ada selama negara itu berdiri) (Kedaulatan tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi) (Kedaulatan tidak dapat dibagi dan merupakan satu kesatuan yang tertinggi dalam suatu negara) d) Tidak terbatas (Kedaulatan tidak ada yang membatasi, sebab jika ada yang membatasi, hal itu akan melenyapkan sifat dari kedaulatan tersebut)

JENIS - JENIS TEORI KEDAULATAN 1. Kedaulatan Tuhan Negara diberi amanat dan kekuasaan oleh Tuhan dan pemerintah wajib meneruskan kekuasaan itu pada rakyat sesuai dengan perintah Tuhan.

George Jellinek Contoh : Rusia 3. Tokoh : Huge de Groot. Kedaulatan Rakyat Rakyat yang berdaulat dan mewakili kekuasaannya kepada suatu badan atau lembaga yaitu pemerintah. Krabe. Jepang sebelum abad ke – 16 2. Lean Deguit. Ariestoteles 4. Montesquien. Jean Bodin. John Locke. H. Agustinus. “Hukum merupakan pernyataan yang timbul dari kesadaran manusia dan juga sumber kedaulatan. F. Marsilius. Kedaulatan Raja Kedaulatan Negara terletak di tangan Raja sebagai penjelmaan kehendak Tuhan Kekuasaan tertinggi dalam suatu Negara berada di tangan raja dan raja dianggap sebagai keturunan dewa. Teori ini beranggapan bahwa kedaulatan yang dipegang oleh raja berasal dari rakyat. Immanuel Kant. 5. Kedaulatan Hukum Kedaulatan yang berasal dari hukum yang berlaku disuatu Negara. Kedaulatan Negara Kedaulatan yang berasal dari negara itu sendiri. Tokoh : Jean Jacques Rousseau. maka raja atau penguasa harus bertanggung jawab kepada rakyat. Paul Laband. Tokoh : Nicolo Machiavelli .Tokoh : Thomas Aquino. Julius Stahl Contoh : Mesir Kuno. Kedaulatan tertinggi berada di tangan Negara Kekuasaan Negara adalah kedaulatan yang timbul bersamaan dengan berdirinya Negara Tokoh : Hargel.” Jadi yang berdaulat adalah lembaga atau orang yang berwenang mengeluarkan hukum yang mengikat seluruh waraga Negara.

Pancasila sila ke 4 b. Pasal 1 ayat 3 UUD 1945 “Negara Indonesia adalah Negara Hukum” b. buktinya : a. Pasal 27 ayat 1 UUD 1945 “Segala warga negara bersama kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan wajib menjunjung tinggi hukum dengan tidak ada kecualinya” . Pasal 1 ayat 2 UUD 1945 “Kedaulatan adalah di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang . a.Undang Dasar” Selain itu negara Indonesia juga menganut kedaulatan hukum. Pembukaan UUD 1945 alinea IV c.KEDAULATAN YANG DIANUT OLEH BANGSA INDONESIA DAN PERATURANNYA Bangsa Indonesia menganut kedaulatan rakyat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->