Penelitian adalah suatu penyelidikan atau suatu usaha pengujian yang di lakukan secara teliti dan kritis dalam

mencari fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan menggunakan langkahlangkah tertentu. Penelitian kefarmasian berarti suatu pengujian yang dilakukan dalam bidang farmasi untuk mencari fakta-fakta tentang masalah kefarmasian. Farmasi merupakan salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, yang mempunyai tanggung-jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat. Ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik farmasi tradisional seperti peracikan dan penyediaan sediaan obat, serta pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan terhadap pasien (patient care) di antaranya layanan klinik, evaluasi efikasi dan keamanan penggunaan obat, dan penyediaan informasi obat. Kegiatan penelitian dalam farmasi mencakup pengembangan dan modifikasi metode analisis maupun penerapannya terhadap berbagai bahan antara lain :       Pengujian mutu bahan baku obat maupun sediaan obat jadi Pemantauan obat dan racun manusia dalam cairan tubuh manusia Pengujian bahan tambahan dan cemaran sediaan kosmeti dan makanan/minuman. Penelitian kimia bahan alam yang berpotensi dapat dimanfaatkan sebagai obat atau food suplement. Ekstraksi dan isolasi senyawa aktif dari bahan alam atau hasil fermentasi bahan limbah industri (udang, kelapa sawit, dll) Elusidasi struktur senyawa aktif yang telah diisolasi. Selain itu, penelitian kefarmasian dapat didasarkan pada berbagai bidang yang membagi farmasi menjadi 4 bidang, yaitu : 1. Farmasi Klinik dan Komunitas Dalam bidang ini akan dipelajari tentang kesehatan dan penyakit serta jenis obat apa yang sesuai, didasarkan pada data-data laboratirium yang dapat dipercaya. Bidang ini memfokuskan diri pada pemberian pelayanan pada pasien, baik di rumah sakit ataupun di apotek seperti pelayanan obat kepada penderita melalui pemilihan, penyiapan
dan penyerahan obat kepada pasien.

dan analisis terhadap senyawa lainnya. maka dapat diketahui bahwa ruang lingkup penelitian kefarmasian sangatlah luas. oprimasi penggunaan obat baru. Farmasi Sains. 3.2. Farmasi Obat Tradisional. juga akan diajari masalah penanganan limbah industri serta masalah pemasaran obat itu sendiri. Dalam bidang ini akan dipelajari bagaimana membuat dan meracik obat yang aman serta sesuai dosisnyan baik pada skala laboratorium maupun skala pabrik. Di bidang ini akan dikaji secara empirik obat-obatan tradisional yang ada. Dari namanya saja kita dapat menangkap bahwa obat tradisonal menjadi pokok bahasan utama dalam bidang ini. Maksudnya. sintesis obat. obat tradisional di sini adalah obat-obatan yang berasal dari alam dan hewan. Dari 4 bidang diatas. Dipelajari juga bagaimana mengembangkan formulasi obat-obat baru. 4. . Farmasi Industri. sintesis obat. Selain itu. Pada bidang ini dibahas proses pengembangan senyawa obat baru. optimasi penggunaan obat.

com . Memahami Metodologi Penelitian.com.slideshare. 2010. www.ac. Arif. Diakses pada tanggal 10 September 2013 Amin.itb. 2012. Diakses pada tanggal 10 September.id/focus/focus_file/orasi. Perkembangan Farmasi. Elin Yulinah.Daftar Pustaka Sukandar. www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful