P. 1
makalah IMK

makalah IMK

|Views: 160|Likes:
Published by Dany Kurniawan

More info:

Published by: Dany Kurniawan on Jan 28, 2014
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/07/2014

pdf

text

original

SISTEM INFORMASI DATA PARKIR

Makalah Ini Dibuat Untuk Melengkapi Tugas Mata Kuliah Interaksi Manusia dan komputer

Disusun Oleh: Dany Kurniawan Dimas Triangga Rizki Heryska Nur hakim Maulana Yusuf Titi Haryawati 201043501165 201043501112 201043501122 201043501139 201043501425

Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI Jakarta 2013

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa sehingga makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini merupakan salah satu dasar pemikiran mengenai apakah sebenarnya Sistem Informasi Data Parkir itu dan bagaimana aplikasinya di dalam kehidupan kita sehari-hari. Dari waktu ke waktu, teknologi semakin berkembang dengan pesatnya dan hal ini merupakan suatu tuntutan bagi kita semua untuk terjun langsung di dalamnya. Jika kita membandingkan teknologi dari zaman dahulu dan sekarang tentu perbedaanya begitu jauh. Ini disebabkan semakin ke atas tingkat zaman dan keperluan setiap orang, maka tingkat efisiensi dan keefektifan suatu teknologi harus diperhitungkan. Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk melengkapi tugas mata kuliah “Interaksi Manusia dan Komputer “ dan untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi pembaca sekalian. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan sembangsihnya dalam penulisan makalah ini. Penulis menyadari makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran penulis harapkan dari pembaca sekalian demi terciptanya kesempurnaan dalam penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi yang memerlukan. Terima kasih.

Jakarta, Mei 2013

Penulis

ii

…………………………..1 Teknologi…………………………………………………………………….……..…………....2 Physical Data Model (PDM)…………….1 Conceptual Data Model (CDM)…………………………….………….DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR……………..…………………………….1 Kesimpulan………………………………………………………………….………...3 BAB II ANALISA SISTEM…………………………………….…………………………………………....………………………………..…….…………………………ii DAFTAR ISI…………………….……………….……………………………….22 6.8 3...…..…………………………………………..1 Latar Belakang.2 Uji Coba dan Analisa Program………………………………………………..2 Saran…………………………………………………………………………...2 Struktur Data……….…..4 2.3 Batasan Masalah .………………………….….…..………….…………5 BAB III DESAIN SISTEM…….….…………………………………………………8 3.……………..2 Permasalahan….1 Teknologi…………………………………………………………………….2 Perangkat Keras (Hardware)…………………………………………………17 4.….……………………………………… 2 1.4 2....2.……….1 1..……………………………10 3..….18 BAB VI PENUTUP…………………………………………………………………………22 6.1 1.…………………………………………………………....3 1.5 2.1 Deskripsi Sistem.………………………9 3...18 5.……….…………………………………………………….3 Kebutuhan Proses ………..5 Manfaat Pembuatan Program …….1 Database……………….……………………………….…………………………………………………………………..iii BAB I PENDAHULUAN…….17 4..4 Tujuan ……...2 1.…………9 3.18 5.……….11 BAB IV IMPLEMENTASI DESAIN………………………………………………………17 4....……………………………………..22 iii ..3 Model Antarmuka dengan LKT dan Jaringan Semantik……….………………….….……...2 Kebutuhan Data…………..………………………………………...2..3 Perangkat Lunak (Software)…………………………………………………..17 BAB V TEST DAN EVALUASI………………………………………………………….

Kemudian. Sebelumnya. program komputer akan menganalisis dan memberikan berbagai laporan yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan. ataupun terbakar. gedung dan hotel.akhir ini. maka akan memakan waktu yang cukup lama untuk melakukan proses analisis terhadap data kendaraan tersebut sehingga tidak efisien. Data kendaraan yang masuk dan keluar akan di. Berdasarkan uraian yang disebutkan di atas. jika menggunakan proses manual untuk melakukan proses pencatatan kendaraan yang masuk dan keluar. gedung dan hotel yang ada menggunakan penerapan program komputer untuk mengatur proses perparkiran. banyak perusahaan pengelolaan perparkiran telah beralih ke program komputer. perusahaan-perusahaan baik besar maupun kecil telah berbondongbondong untuk menggunakan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mendukung proses operasional perusahaan. Keberadaan komputer dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan telah meningkatkan efisiensi tenaga dan waktu. maka laporan-laporan yang didapatkan akan jauh lebih efektif. hampir seluruh mal. efisien dan akurat dibandingkan dengan menggunakan sistem manual. Salah satu contoh penerapan yang paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah penerapan program komputer dalam mengatur perparkiran di mal. Program komputer tersebut sering disebut sebagai Sistem Informasi Perparkiran. Kemungkinan lainnya yang dapat terjadi yaitu data yang dicatat pada lembaran kertas tersebut dapat hilang. Dengan adanya program komputer ini.BAB I PENDAHULUAN 1. plaza. kotor. Akhir. Maka untuk mengatasi kekurangan-kekurangan tersebut.1 Latar Belakang Dewasa ini. penulis merasa tertarik untuk menganalisis sistem perparkiran tersebut. plaza.input oleh operator ke dalam komputer. berdasarkan data kendaraan yang di-input tersebut. 1 .

5. Output yang dapat dihasilkan berupa : • • • Laporan penerimaan uang Laporan data kendaraan masuk dan kendaraan keluar. dan data kendaraan yang ada di areal perparkiran sekaligus penerimaan uang.2. dimana bisa terjadinya pungutan biaya parkir yang berlebihan. agar operator parkir parkir tersebut Dengan demikian maka. dan cenderung operator parkir ingin mencari keuntungan sebesar – besarnya. perumusan masalah dapat difokuskan utama yaitu : 1. Bagaimana membuat sistem aplikasi parkir agar dapat membantu pimpinan mengetahui jumlah mobil yang masuk. jam masuk dan keluar. Daftar kendaraan dalam lokasi perparkiran. dan biaya parkir. Bagaimana membuat Operator parkir Lebih cepet dalam penginputan. Pembuatan dan perancangan database menggunakan MySQl. mobil yang keluar. 2. 2. Sistem Informasi Data Parkir diharapkan dapat membantu pimpinan tempat parkir dalam pengelolaan hasil parkir.2 Permasalahan Pada sistem parkir secara manual cenderung mangakibatkan banyaknya masalah. pada dua poin lebih cepat untuk mengelolah kendaraan yang sedang parkir di area 1. 2 . 4. 3.1. maka batasan permasalahan dalam proyek akhir ini adalah : 1. Input dari perangkat lunak yang dirancang mencakup data kendaraan masuk dan keluar. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java Netbeans IDE 7. sehingga pimpinan dapat memantau hasil parkir tiap harinya. Sistem informasi yang dibahas hanya mencakup sistem informasi pencatatan data kendaraan mobil dan proses analisis terhadap data tersebut.3 Batasan Masalah Dari permasalahan yang telah disebutkan di atas.

Mengetahui banyaknya mobil yang masuk dam jumlah pendapatan parkir. waktu parkir dan grafik yang menampilkan berapa banyaknya mobil yang parkir dalam hitungan hari yang kita tentukan.1. Memberi gambaran mengenai kerakteristik parkir. 3 .4 Tujuan Membuat perangkat lunak interfacing sistem parkir yang dapat menampilkan secara kontrol otomatis harga. 2.5 Manfaat Pembuatan Program 1. 1.

hal ini digunakan jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan dalam proses mobil keluar. b. 4 . dan menghapus user login. Data tarif harus di inputkan setiap bulan dan data tarif bisa dirubah sewaktu-sewaktu. Pada pintu keluar operator menginputkan data mobil yang keluar dan sistem akan mencetak nota parkir keluar. 3. kemudian sistem akan mencetak kartu parkir masuk. Menginputkan data mobil dan masuk dan data mobil yang keluar. Menambah. b. 2. Melihat data mobil yang keluar. Pertama administrator menginputkan data karyawan agar proses sistem berjalan sesuai dengan mestinya. Menambah dan mengedit data tarif. Penambahan data tarif parkir wajib di lakukan tiap bulan.1 Deskripsi Sistem Pada dasarnya sistem yang akan dibangun adalah sebagai berikut : 1. mengedit. Pada pintu masuk operator menginputkan data mobil yang masuk. Selanjutnya data tarif yang digunakan untuk menentukan tarif tiap parkir. 2.BAB II ANALISA SISTEM 2. yang dapat dilakukan oleh seorang administrator pada aplikasi ini adalah : a. Administrator Administrator adalah super user yang mempunyai hak penuh dalam mengakses aplikasi ini. Operator Pintu Masuk dan Pintu Keluar Operator pintu masuk dan pintu keluar parkir bertugas : a. Pengguna dari aplikasi ini terbagi atas 2 macam yakni : 1.

2 Kebutuhan Data Dalam pembuatan sistem ini membutuhkn beberapa data yang menunjang kelancaran sistem ini. Data tersebut antara lain adalah : • • • Tabel User merupakan tabel yang berisi Username. No_Polisi.Keterangan Tabel I n p u t D a t a K e n d a r a a n merupakan tabel yang berisi No_Tiket. Tanggal_Masuk. Tarif. • Tabel Biaya merupakan tabel yang berisi Jam1.jenis kendaraan. Jam_Keluar. Jenis_Kendaraan. Usertype. 5 .1.jam masuk kendaraan yang masuk ke lahan parkir. Jam_Masuk.tanggal masuk. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar 2. Jenis_Kendaraan. Proses pada sistem ini meliputi : 1.nomor polisi. 2. Data yang diperlukan kemudian disimpan dalam sebuah database yang bisa di akses kapan saja. Tabel Kendaraan Keluar merupakan tabel yang berisi No_Tiket. Password. Tanggal_Masuk. Jam2. Pintu Masuk Pada pintu masuk seorang operator menginputkan data no tiket. Tanggal_Keluar. Tarif. Jam_Masuk.2. Biaya. Proses selanjutnya sistem akan menyimpan data parkir masuk pada database input data kendaraan dan dilanjutkan dengan mencetak tiket parkir. No_Polisi.3 Kebutuhan Proses Proses merupakan rangkaian alur sebuah kegiatan yang pada sistem ini digambarkan pada sebuah flowchart.

selesai Input no tiket + nomor polisi+j. proses data kendaraan 4.1 Flowchart pintu masuk parkir 6 . sistem menyimpan ke database input data kendaraan 5.mulai Keterangan : 1. input no tiket+nomor polisi+j.cetak tiket masuk 6.kendaraan+tang gal masuk+ jam masuk Proses data kendaraan Database input data kendaraan Cetak tiket parkir selesai Gambar 2.kendaraan+tanggal masuk+jam masuk 3. mulai 2.

maka kesalahan pada inputan no tiket . Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar 2. Jika status tidak “Masuk” dan tidak “Keluar”. Pada bagian ini sistem mengecek nomor parkir masuk dan status mobil apakah sudah keluar atau belum. Jika Ya sistem akan mencetak nota parkir keluar dan proses selesai (ke proses nomor 7). Cek status parkir apakah belum keluar (“Masuk”).equals(“keluar”) Kendaraan telah keluar Nota parkir keluar selesai Gambar 2. Jika status parkir “Keluar”. 3. 5.2 Flowchart pintu keluar parkir Keterangan : 1. Jika ini terjad maka proses akan kembali ke nomor 2. Deklarasi tiket parkir (String No_Tiket) yang di peroleh dari inputan. Pintu Keluar Pintu keluar merupakan sebuah proses dimana mobil keluar parkir. mulai String No_Tiket No_Tiket salah / Tidak ditemukan Select status from Tiket_parkir where No_Tiket=No_Tiket Database input data kendaraan If status.equals(“masuk”) ya status. 7. Selesai 7 .2 .2. dan proses berlanjut ke proses nomor 7. maka sistem akan mencetak pesan bahwa kendaraan telah keluar. Mulai 2. Pencarian tiketr parkir ke database input data kendaraan dengan kata kunci No_Tiket 4. 6.

Jenis_Kendaraan. Desain database isi atau struktur tabel. Jam_Masuk.BAB III DESAIN SISTEM Desain sistem adalah tahapan awal dalam pembuatan perangkat lunak dengan menggambarkan sistem sebenarnya ke dalam sistem komputer.Keterangan adapun strukturnya adalah sebagai berikut: Field Username Password Usertype Keterangan TABEL USER Type Size Description varchar 30 Nama User varchar 50 Password User varchar 50 Tipe User varchar 100 Keterangan Mengenai User • Tabel I n p u t D a t a K e n d a r a a n merupakan tabel yang berisi No_Tiket. 3.1 Database Perancangan database dilakukan dengan menggunakan dimaksudkan untuk mendefinisikan MySQL. Tanggal_Masuk. No_Polisi. Adapun entitas yang digunakan dalam perancangan database adalah sebagai berikut : • Tabel User merupakan tabel yang berisi Username. Pembuatan sistem ini berdasarkan analisa kebutuhan dan hasil survey yang telah dilakukan. Password. Tarif adapun strukturnya adalah sebagai berikut : TABEL INPUT DATA KENDARAAN Field Type Size Description No_Tiket varchar 30 No tiket kendaraan No_Polisi varchar 30 No polisi kendaraan Jenis_Kendaraan Text 20 Jenis kendaraan Tanggal_Masuk Date/Time shortdate Tanggal masuk kendaraan Jam_Masuk Date/Time longtime Jam masuk kendaraan Tarif Number double Tarif yang dikenakan 8 . Usertype.

2 Struktur Data Berikut ini adalah data-data yang diperlukan untuk desain sistem yang mencakup Concept Data Model (CDM). Biaya adapun strukturnya TABEL BIAYA Field Jam1 Jam2 Biaya Type Number Number Number Size double double double Description Jam awal Jam akhir Range antara jam awal dan jam akhir 3. No_Polisi. Phisical Data model (PDM). CDM dari sistem ini memberikan gambaran tentang data-data yang dibutuhkan agar sistem dapat berjalan sesuai dengan keinginan seperti pada gambar 3. 9 . Jam_Keluar. Tarif adapun strukturnya adalah sebagai berikut : TABEL KENDARAAN KELUAR Field Type Size Description No_Tiket varchar 30 No tiket kendaraan Tanggal_Keluar Date/Time shortdate Tanggal keluar kendaraan No_Polisi varchar 30 No polisi kendaraan Jenis_Kendaraan Text 20 Jenis kendaraan Tanggal_Masuk Date/Time shortdate Tanggal masuk kendaraan Jam_Masuk Date/Time longtime Jam masuk kendaraan Jam_Keluar Date/Time longtime Jam keluar kendaraan Tarif Number double Tarif yang dikenakan • Tabel Biaya merupakan adalah sebagai berikut: tabel yang berisi Jam1. Tanggal_Masuk.1 Conceptual Data Model (CDM) Conceptual Data Model memiliki struktur logika database secara keseluruhan dan tidak tergantung dengan software maupun penyimpanan data. Tanggal_Keluar. Jam2. 3.2. Jenis_Kendaraan.1. Jam_Masuk.• Tabel K e n d a r a a n K e l u a r merupakan tabel yang berisi No_Tiket.

10 .2. PDM merupakan generate dari CDM.Gambar 3. Pada PDM akan diperlihatkan secara detail dari database sistem ini dengan mempertimbangkan masalah software dan struktur penyimpanan database.2 Physical Data Model (PDM) Physical Data Model merupakan gambaran dari implementasi fisik dari database. seperti pada gambar 4.1 Conceptual Data Model(CDM) pada parkir 3.2.

3 Model Antarmuka dengan LKT dan Jaringan Semantik Model Antarmuka dalam hal ini peranti bantu menggunakan sebuah peranti bantu berbentuk lembaran kertas yang tidak perlu disiapkan secara khusus.Gambar 3. untuk mempermudah penamaan maka diberi nama dengan lembar kerja tampilan (LKT). 11 .2 Physical Data Model (PDM) pada parkir 3.

tebal.3 LKT tampilan pertama(P1) 12 . : P1 Tampilan : Navigasi : * klik LOGIN ganti tampilan dengan No.biru * Teks Field pakai Tahoma.tebal.biru * Teks pakai Tahoma. aktifkan password secara otomatis sesuai login username Keterangan : * Judul Jendela pakai Century Gothic.18 point.Lembar kerja tampilan No. 14 point. P1 * checklist Remember Password.biru Gambar 3. 24 point.biru * Teks “BUTTON” pakai Tahoma. 14 point.

biru Gambar 3.ganti tampilan No.P1 Keterangan : * Judul Jendela pakai Century Gothic. P3 * klik KENDARAAN KELUAR.No. ganti tampilan dengan No. 24 point.4 LKT tampilan kedua(P2) 13 .P4 * klik LOGOUT.tebal. : P2 Tampilan : Navigasi : * klik KENDARAAN MASUK. 18 point.biru * Teks “BUTTON” pakai Tahoma.tebal. ganti tampilan dengan No.

aktifkan pencarian data * klik UBAH . 24 point. 12 point.aktifkan penghapusan data dan kosongkan borang * klik MENU UTAMA .biru * Teks Field pakai Tahoma.biru Gambar 3. : P3 Tampilan : Navigasi : * klik SIMPAN .No.tebal.P2 Keterangan : * Judul Jendela pakai Century Gothic. . aktifkan perubahan data * klik HAPUS .18 point. aktifkan penyimpanan berkas dan kosongkan borang * klik CARI . hitam * Teks “BUTTON” pakai Tahoma. ganti tampilan dengan No.5 LKT tampilan ketiga(P3) 14 . 12 point.biru * Teks Tabel pakai Tahoma.tebal.biru * Teks pakai Tahoma. 11 point .

ganti tampilan dengan No. 12 point. : P4 Tampilan : Navigasi : * klik CARI. aktifkan penghapusan data dan kosongkan borang * klik MENU UTAMA .biru * Teks Tabel pakai Tahoma.biru * Teks Field pakai Tahoma. 12 point.tebal.6 LKT tampilan keempat(P4) 15 .biru Gambar 3.biru * Teks pakai Tahoma.tebal.No. 24 point. aktifkan pencarian data * klik HAPUS. hitam * Teks “ BUTTON” pakai Tahoma. 18 point.P2 Keterangan : * Judul Jendela pakai Century Gothic. 11 point .

CARI.P2. sedangkan ketika user menekan Back(MENU UTAMA) maka akan kembali ke P2. jika user menekan tombol SIMPAN/CARI/UBAH/HAPUS pada P3 maka akan terjadi looping pada P3.P4.HAPUS) Gambar 3.UBAH.sedangkan ketika user menekan Back(LOGOUT) maka akan kembali ke P1. sedangkan ketika user menekan Back(MENU UTAMA) maka akan kembali ke P2. 16 .P3. jika pada P2 user menekan Next(KENDARAAN KELUAR) maka P2 akan berganti ke P4.Jaringan Semantic P2 Next (LOGIN) Back (LOGOUT) Back (MENU UTAMA) Next (KENDARAAN MASUK) Back (MENU UTAMA) Next (KENDARAAN KELUAR) P1 P3 Looping (SIMPAN. Jika user menekan tombol CARI/HAPUS pada P4 maka akan terjadi looping pada P4.7 Jaringan semantik Keterangan gambar diatas : Sebuah aplikasi dengan tampilan P1.HAPUS) P4 Looping (CARI. Jika menekan Next (LOGIN) maka P1 akan berganti ke P2. Jika pada P2 user menekan Next(KENDARAAN MASUK) maka P2 akan berganti ke P3.

Display 5. MySQL : Untuk Compiler File Java : Untuk Run Class Java : Untuk Editor Form dan Java Programming : Untuk Penyimpanan Data (Database) 17 .3 Perangkat Lunak (Software) Untuk perangkat lunak yang digunakan dalam membangun sistem ini adalah sebagai berikut : 1. teknologi adalah suatu hal yang mutlak dibutuhkan untuk menjalankan sistem tersebut. Mainboard 2. Kebutuhan dari teknologi yang diperlukan adalah tergantung pada seberapa besar dan kompleks proses yang akan dijalankan menggunakan teknologi tersebut. Memory 4. : 250 Gb.2 4.2 Perangkat Keras (Hardware) Spesifikasi perangkat keras yang kami gunakan untuk membuat sistem sebagai implementasi program adalah sebagai berikut : 1. 4. Processor 3. JDK 6 Update 7 2. 4.1 Teknologi Dalam pembangunan sistem informasi berbasis komputer.20GHz : 3003 MB (3 GB) : Mobile Intel(R) 4 Series Express Chipset Family.BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM 4. Harddisk : Compaq Presario CQ61 Notebook PC : Intel(R) Celeron(R) CPU 900 @ 2. NetBeans IDE 7. JVM 6 update 7 3.

maka spesifikasi minimum untuk hardware dan softwarenya adalah sebagai berikut : 1.1 Teknologi Untuk menjalankan software yang telah kami buat.2 Uji Coba dan Analisa Program Uji coba dan analisa terhadap hasil program sangat diperlukan sebagai tahapan dalam pengoreksian dan sekaligus pembenahan langsung pada program itu sendiri. Client − Main Board : Intel G41LM − Processor − Memory − Harddisk 2. Berikut beberapa gambar hasil uji coba beserta analisa pada tiap proses dari Sistem Informasi Data Parkir. Server − Main Board : ASUS P5S-MX SE − Processor − Memory − Harddisk b.2.8 Ghz : V-Gen 512 MB DDR2 : Seagate 80 GB : Intel Dual Core E2160 1.4-1 b. 18 . Server − JVM 6 Update 4 − MySQL 8. Hardware a.BAB V TEST DAN EVALUASI 5.80 GHz : Kingstone 1024 MB DDR2 : Seagate 160 GB 5. Client : JVM 6 Update 2 : Intel Pentium 4 2 . Software a.

19 .Uji Coba User Login ini merupakan tampilan awal jika aplikasi Parkir ini dijalankan. Ini merupakan tampilan awal jika aplikasi parkir ini dijalankan dan memasukan username dan password dengan benar. untuk memverifikasi operator yang sedang bekerja dan setelah masukan username dan password.

No Polisi.Pada menu ini operator sedang menjalankan Aplikasi Input Data Kendaraan. operator cukup memasukan data yang masuk. aplikasi ini cukup mudah untuk menjalakannya. printer akan mengelurakan bon parkir. memasukan No Tiket.Jenis Kendaraan. 20 . maka.Tanggal Masuk. dan klik simpan. Jam Masuk dan Tarif kendaraan dan ada beberapa button yang mempunyai fungsi untuk mempermudah operator parkir.

operator cukup meminta bukti parkir maka biaya akan muncul. dapat bekerja sesuai yang direncanakan untuk keperluan Sistem Informasi Data Parkir.2. Jam Masuk Jam Keluar Tarif kendaraan dan biaya serta ada beberapa button yang mempunyaii fungsi untuk mempermudah operator parkir. aplikasi ini cukup mudah untuk menjalakannya. 21 . Perangkat lunak yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman J a v a Netbeans IDE 7. memasukan T a n g g a l K e l u a r . Analisa Program Dari hasil pengujian yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa secara keseluruhan perangkat lunak ini dapat berjalan dengan baik.Jenis Kendaraan.Pada menu ini operator sedang menjalankan Aplikasi Kendaraan keluar. No Tiket. database MySQL. No Polisi.Tanggal Masuk.

Sekarang tinggal kita yang menentukan apakah akan tetap menjadi pemain dalam pusaran globalisasi atau lebih memilih untuk menjadi penonton saja. dan spesifikasi hardware atau software yang digunakan. Pengorganisasian dalam parkirisasi sangat diperlukan untuk kemudahan pengolahan lahan parkir .1 Kesimpulan Beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan diatas dan sekaligus pembuatan software ini adalah : 1. Sistem Informasi Data Parkir yang dikembangkan ini sangat membantu pihak pengelola parkir dalam menangani masalah data kendaraan sekaligus laporan pendapatan yang bisa dilihat kapan saja. akan memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya. Yang terakhir adalah bahwa tidak ada program yang sempurna selama itu di buat oleh manusia. Harapan kami selanjutnya adalah bagaimana seseorang akan dapat mencari titik kelemahan dan kekurangan software ini dan kemudian diperbaiki atau setidaknya ada yang mengembangkan software ini sehingga terlihat tidak kalah dengan zaman dan terkesan berbeda dari software lain. 22 . 4. Dengan adanya teknologi informasi saat ini. MySQL sebagai media penyimpanan data (database).2 Saran Seiring perkembangan teknologi tentunya juga akan mempengaruhi terhadap sistem yang digunakan dalam sebuah perusahaan. 2. sangat mungkin dijadikan solusi alternatif dalam membantu memanajemen dan mengolah lahan parkir. 6. Program yang dibuat dengan menggunakan Java Netbeans.BAB VI PENUTUP 6. 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->