P. 1
soal olimpiade matematika internasional 2009

soal olimpiade matematika internasional 2009

|Views: 631|Likes:
Published by alfredymora
soal olimpiade matematika internasional 2009
soal olimpiade matematika internasional 2009

More info:

Published by: alfredymora on Sep 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2012

pdf

text

original

Language

:

Indonesian
Day:

1

Rabu, 15 Juli 2009 Soal 1. Misalkan n suatu bilangan bulat positif dan misalkan a1 , . . . , ak (k ≥ 2) bilangan-bilangan bulat berbeda di himpunan {1, . . . , n} sehingga n membagi ai (ai+1 − 1) untuk i = 1, . . . , k − 1. Buktikan bahwa n tidak membagi ak (a1 − 1). Soal 2. Misalkan ABC suatu segitiga dengan titik pusat lingkaran luar O. Titik-titik P dan Q berturut-turut adalah titik-titik dalam pada sisi-sisi CA dan AB. Misalkan K, L dan M berturutturut adalah titik-titik tengah segmen BP , CQ dan P Q, dan misalkan Γ adalah lingkaran yang melalui K, L dan M . Dimisalkan bahwa garis P Q menyinggung lingkaran Γ. Buktikan bahwa OP = OQ. Soal 3. Dimisalkan bahwa s1 , s2 , s3 , . . . adalah suatu barisan bilangan bulat positif yang naik murni sehingga subbarisan ss1 , ss2 , ss3 , . . . dan ss1 +1 , ss2 +1 , ss3 +1 , . . . keduanya merupakan barisan aritmatika. Buktikan bahwa barisan s1 , s2 , s3 , . . . sendiri merupakan barisan aritmatika.

Language: Indonesian

Waktu: 4 jam dan 30 menit Masing-masing soal bernilai 7 poin

Language:

Indonesian
Day:

2

Kamis, 16 Juli 2009 Soal 4. Misalkan ABC suatu segitiga dengan AB = AC. Garis-garis bagi sudut CAB dan ABC memotong sisi-sisi BC dan CA berturut-turut di D dan E. Misalkan K adalah titik pusat lingkaran dalam segitiga ADC. Dimisalkan bahwa BEK = 45◦ . Cari semua kemungkinan ukuran CAB. Soal 5. Tentukan semua fungsi f dari himpunan bilangan bulat positif ke himpunan bilangan bulat positif sehingga, untuk semua bilangan bulat positif a dan b, terdapat segitiga non-degenerate dengan panjang sisi-sisinya a, f (b) dan f (b + f (a) − 1). (Suatu segitiga adalah non-degenerate jika titik-titik sudutnya tidak segaris.) Soal 6. Misalkan a1 , a2 , . . . , an adalah bilangan-bilangan bulat positif berbeda dan misalkan M adalah himpunan dari n − 1 bilangan bulat positif tidak memuat s = a1 + a2 + · · · + an . Belalang berlompatan sepanjang garis real, mulai pada titik 0 dan membuat n lompatan ke kanan dengan panjang a1 , a2 , . . . , an dalam suatu urutan. Buktikan bahwa urutan dapat dipilih sehingga belalang tidak pernah mendarat pada sebarang titik di M .

Language: Indonesian

Waktu: 4 jam dan 30 menit Masing-masing soal bernilai 7 poin

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->