KUNYIT A.

Taksonomi Tanaman Kunyit Berdasarkan penggolongan dan tata nama tumbuhan, tanaman kunyit termasuk ke dalam klasifikasi sebagai berikut. : Kingdom Divisi Sub Divisi Kelas Ordo Famili Genus Spesies : Plantae ( Tumbuh-tumbuhan) : Spermatophyta ( Tumbuhan berbiji ) : Angiospermae ( Berbiji Tertutup ) : Monocotyledonae ( Biji Berkeping Satu) : Zingiberales : Zingiberaceae : Curcuma : Curcuma dosmetica VALET

Famili Zingiberaceae yang tumbuh di dunia diperkirakan terdapat 47 genus dan 1.400 spesies, baik tumbuh di daerah tropis maupun subtropics. 1 B. Asal-usul dan Wilayah penyebaran Kunyit merupakan tanaman asli Asia Tenggara. Pusat penyebarannya di Daerah Semenanjung Melayu, Pulau Sumatera, dan Pulau Jawa hingga Ke Australia. Kunyit juga menyebar cepar dari Asia Tenggara ke wilyah-wilayah lain, seperti cina, Kepulauan Salomon, Haiti, India, Pakistan, Taiwan dan Jamaika.1,2 Beberapa nama kunyit yang dikenal diindonesia : Sumatera : kakunye, Aceh : Kuning, Jawa : Kunyir, koneng, konengteman, Sunda : Kunir, kunir bentis, temukuning, Sumba Timur kapaur).2 : dingira, hingiro, kunita, kunit

wingira, Makssar : kunyi (salayar), unyi, Nusa Tenggar : kunyit, dan Papua : Rame (

Bunga Bunga kunyit terbentuk kerucut runcing berwarna putih. lebar daun antara 10-18cm. . Tersusun secara berselang seling mengikuti kelopaknya. Batyang kunyit bersifat basah karena mampu menyimpan air dengan baik. berbentuk bulat. gagang daun. Pertulangan daun rata dan ujung meruncing atau melengkung menyerupai ekor. dan 4 helai benang sari. daun kunyit beebentuk bulat telur memanjang dengan permukaan agak kasar. Daun Daun kunyit tersusun dari pelepah daun. Morfologi Kunyit Tanaman kunyit merupakan terna menahun yang mempunyai cirri khas tumbuh berkelompok membentuk rumpun. Sastu tanaman mempunyai 6-10 daun. dan helai daun. Permukaan daun berwarna hijau muda.2 2. Panjang helai daun antara 3184cm. 3 lembar tajuk bunga. Tinggi batang kunyit mencapai 0. Setiap bunga mempunyai 3 lembar kelopak bunga.75-1m. Tinggi tanaman antara 40-100cm.2 3. Batang Kunyit memiliki batang semu yang tersusun dari kelopak atau pelepah daun yang berpalutan atau saling menutupi.C. Morfologi kunyit dibagi menjadi berikut : 2 1. dan berwarna hijau keunguan.

Selain warna minyak menjadi lebih menarik. Tinggi anakan mencapai 10. Rimpang utama ini biasanya ditumbuhi tunas yang tumbuh kearah samping mendatar. atau melengkung. Warna kulit rimpang jingga kecokletan atau berwarna terang agak kuning sampai kuning kehitaman. pendek. Jumlah tunas umumnya banyak.2. kunyit dikenal sebagai zat pewarna untuk berbagai bahan makanan dan industry tekstil. Rimpang Rimpang kunyit bercabang-cabang membentuk rumpun. lurus. atau melengkung. tebal. daun kunyit pun banyak dimanfaatkan untuk berbagai jenis masakan2. Rimpang atau disebut juga akar rimpang berbentuk bulat panjang dan membentuk cabang rimpang berupa batang yang berada di dalam tanah. Pewarna dalam kunyit yang lebih dkenal dengan kurkumin dijadikan salah satu alternative karena merupakan zat pewarna alami yang tidak berbahaya.3.3 Kunyit juga sering dipakai dalam proses pembuatan minyak kelapa secara basah.2 D.4. Pemanfaatan Daun dan Rimpang Bagian terpenting dalam pemanfaatan kunyit adalah rimpangnya. kunyit juga dapat mengawetkan minyak kelapa .2.2 Rimpang kunyit tumbuh dari umbi utama yang berbentuk bulat panjang. Tunas bverbuku-buku pendek. lurus dan melengkung.3 . Warna daging jingga kekukuningan dilengkapi dengan bau khas yang rasanya agak pahit dan pedas. Meskipun demikian. Secara turun temurun.85 cm.

jika dicampurkan pada ransum ayam. dan tekanan darah tinggi. gatal-gatal pada kulit. disentri. rematik.3 - Rimpang kunyit dapat dijadikan obat. Ahmad.2. Ir W. Rahmat. rematik. kunyit digunakan untuk menghaluskan kulit dan membuat kulit menjadi kuning langsat. Rukmana. 2004. 3. sudah banyak jenis penyakit yang dapat diosembuhkan dengan rimpang kunyit . Khasiat dan Manfaat Kunyit.2. dapat menurunkan kadar lemak tinggi. AgroMedia Pustaka : Jakarta. 1994. bau badan. Winarto.P . Ganeca Exact : Jakarta . Dalam pengobatan herbal. malaria panas dalam. Kanisius : Jakarta 2. diare. Kunyit.- Dalam industry kosmetik. Daftar Pustaka : 1.3 - Di bidang peternakan kunyit dimanfaatkan untuk menambah cerah atau warna kuning kemerahan pada kuning telur. dapat menghilangkan bau kotoran ayam dan menambah berat badan ayam. bengkak. 2000. Said. keputihan. Manfaat Kunyit. diantaranya : Demam.