P. 1
Kreasi Logo Lingkaran Dan Persegi Panjang

Kreasi Logo Lingkaran Dan Persegi Panjang

|Views: 1,713|Likes:
Published by Rahmad Mukti Wijaya
Berikut ini merupakan tutorial Corel Draw tentang membuat logo kreasi lingkaran dan persegi panjang.Untuk lebih jelasnya silahkan baca tutorial ini.
Berikut ini merupakan tutorial Corel Draw tentang membuat logo kreasi lingkaran dan persegi panjang.Untuk lebih jelasnya silahkan baca tutorial ini.

More info:

Published by: Rahmad Mukti Wijaya on Sep 30, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/01/2012

pdf

text

original

Kreasi log dengan lingkar ogo ran dan persegi panjang p

Corel Draw Tutorial

E-books from Rahmad Site http://www.rahmad.netne.net

rial by : Rahmad M. Tutor d

Agar praktek yang kita lakukan sesuai dengan contoh,anda membutuhkan dua buah tipe font yang harus anda miliki.Silahkan download font tersebut
http://www.mediafire.com/file/11e2nnermr9/Font.rar

Persegi panjang dan lingkaran adalah sebuah bentuk sederhana.Bentuk sederhana ini sangat mudah dikreasikan,sehingga banyak digunakan kedalam sebuah bentuk desain.Lingkaran dan persegi panjang ini dapat kita kreasikan kedalam bentuk desain yang cukup menarik.Hanya menggunakan dua tipe bentuk lingkaran dan persegi panjang kita sudah bisa menciptakan sebuah logo yang menarik.Dalam praktek kali ini saya mencoba menjelaskan langkah-langkah membuat logo seperti pada preview diatas.Memang logo yang saya buat cukup minimalis.Namun,jangan salah justru bentuk-bentuk logo dengan tipe minimalis ini setahu saya banyak diminati banyak orang.Dengan tipe minimalis namun tetap penuh makna,itulah yang harus ditekankan.Baiklah,tanpa panjang lebar lagi marilah kita mulai saja praktek kali ini. 1. Pertama,buka aplikasi Corel Draw di komputer anda hingga tampilan awal seperti ini.

2. Selanjutnya,silahkan anda membuat 3 buah bentuk lingkaran dengan ukuran yang berbeda.Saya tidak mematok ukuran lingkaran yang anda buat,itu terserah pada anda.Pada lingkaran 1,buat ukurannya paling besar dari ketiga lingkaran yang kita buat.Lalu lingkaran 2 buat ukurannya lebih kecil dari lingkaran 1.Kemudian buat

lingkaran 3 dengan ukuran lebih kecil dari lingkaran 2.Setelah itu,silahkan anda buat 2 buah bentuk persegi panjang.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

3. Kemudian susun 2 buah persegi panjang yang telah kita buat menumpuk pada lingkaran yang terbesar yaitu lingkaran 1.Susun 2 persegi panjang itu seperti bentuk palang.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

4. Kemudian seleksi bagian lingkaran dan dua buah persegi panjang tersebut.Caranya click kiri+tahan kemudian fokuskan pada objek yang ingin diseleksi kemudian lepaskan click kiri tadi.Jika objek sudah terseleksi maka objek tersebut akan dikelilingi titik-titik dibagian pojoknya.Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

5. Setelah melakukan proses seleksi pada step 4,selanjutnya kita mengclick tombol Weld ( ).Weld merupakan salah satu yang dimiliki oleh Corel Draw untuk menyatukan objek.Sehingga objek-objek yang kita seleksi secara bersamaan kemudian kita menekan tombol Weld,maka semua objek tersebut akan tergabung kedalam satu objek dengan bentuk gabungan dari objek-objek yang kita seleksi.Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.

Dan berikut ini adalah hasilnya setelah menekan tombol Weld.Perhatikan baik-baik dan bedakan dengan sebelum melalui proses Weld.

6. Selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menggeser lingkaran 2 untuk ditumpuk keatas objek yang telah melalui proses Weld tadi.Ingat geser lingkaran yang berukuran sedang dan biarkan lingkaran yang berukuran paling kecil. Lakukan hingga seperti ini.

7. Setelah itu yang harus kita lakukan berikutnya adalah menggeser lingkaran nomer 3,atau lingkaran yang paling kecil agar menumpuk tepat diatas lingkaran nomer 2.Lakukan seperti gambar dibawah ini.

8. Langkah selanjutnya,seleksi lingkaran nomer 3 atau lingkaran yang paling kecil kemudian akses menu Outline>Outline Pen atau menekan tombol F12 pada keyboard anda.Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Maka anda akan menemukan jendela baru seperti berikut.

Lalu lakukan setting sebagai berikut : • Color : ubah ke warna merah

• •

Width : 0,5 mm Style : biarkan default,jangan dirubah.

Sementara setting yang lain abaikan saja.Pada praktek kali ini tidak melakukan setting yang lain,kecuali seperti yang dijelaskan diatas.Berikut ini tampilan jendela Outline Pen setelah dilakukan Setting.

Akan terjadi perubahan pada lingkaran nomer 3 atau lingkaran yang paling kecil tadi.Lihat bagian garis pinggirnya akan berubah menjadi warna merah.Berikut ini previewnya.

9. Langkah selanjutnya berikan warna hijau pada objek yang telah kita lakukan proses Weld pada step 5.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

10. Langkah selanjutnya,silahkan buat sebuah huruf.Caranya tekan tombol simbol “A” sekali saja[lihat gambar dibawah,objek yg saya tandai dengan persegi merah] kemudian ketikkan satu huruf terserah anda.Pada praktek ini saya menggunakan huruf R yang sesuai dengan huruf pertama nama saya.Lalu ubah ukuran hurufnya sesuai dengan lingkaran nomer 3.Setelah itu ubah fontnya,gunakan font ABDUCTION yang telah anda download sebelumnya.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

11. Setelah itu,seleksi semua objek kecuali huruf yang kita buat tadi kemudian tekan tombol CTRL+G untuk melakukan proses group,sehingga antara lingkaran 1 – 3 akan tetap tergabung walaupun kita memindah-mindahkannya.Setelah itu,double click pada objek yang sudah di-Group maka pointer anda akan berubah menjadi anak panah melingkar.Dengan anak panah melingkar itu anda dapat melakukan Rotate(memutarmutar objek) putar kekanan sedikit.Lakukan seperti ini.

Jika sudah,ubah warna huruf menjadi warna merah.Cara merubah warna sama seperti pada step 9. 12. Kemudian geser huruf menumpuk diatas lingkaran nomer 3,lalu putar sedikit ke kanan sperti pada step 11.Lakukan hingga seperti ini.

13. Kemudian tuliskan sebuah kata terserah anda.Pada praktek kali ii saya mengetikkan nama saya sendiri,namun anda bisa menggantinya dengan nama anda sendiri.Cararnya sama saja dengan step 10,lalu pilih font ALEXIS BOLD yang telah anda download sebelumnya.Jangan lupa ubah warnanya menjadi warna merah,caranya sama saja dengan step 9.Lakukan seperti gambar berikut ini.

14. Langkah selanjutnya geser kata yang telah anda ketikkan sepeti pada step 13 yang sudah anda lakukan ke sebelah kanan logo.Lakukan seperti gambar dibawah ini.

15. Kemudian yang harus kita lakukan berikutnya adalah membuat garis sebagai pelengkap.Gunakan Freehand Tool(F5),yang saya tandai dengan persegi merah.Kemudian gambar sebuah garis dibawah kata yang kita ketikkan.Lakukan seperti gambar dibawah ini.

Kemudian akses menu Outline>Outline Pen.Jika anda lupa,anda dapat membaca sekali lagi pada step 8.Lakukan setting seperti jendela Outline Pen berikut.

Kemudian click OK.Lalu tekan tombol CTRL+E untuk menjadikannya menjadi type JPG. Nah berikut ini adalah hasil akhirnya!

Cukup mudah bukan?Dan hasilnya tidak buruk.Sebenarnya ini adalah teknik dasar,anda dapat meng-kreasikannya dengan desain-desain lainnya.Sekian dulu tutorial saya kali ini,mohon maaf bila terjadi kesalahan ataupun kata-kata yang kurang berkenan.Terima kasih!Semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda.Wassalammualaikum Wr.Wb.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->