P. 1
Tutorial Akun Multiply

Tutorial Akun Multiply

|Views: 259|Likes:
Published by timkeajaiban
How to make Multiply account
How to make Multiply account

More info:

Published by: timkeajaiban on Oct 02, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/28/2013

pdf

text

original

http://ikhwanlampung.multiply.

com

tutorial : Cara Termudah Membuat Akun Multiply

Bismillahi…. Tutorial ini didedikasikan kepada siapapun yang membutuhkan penjelasan singkat, sederhana namun sangat lengkap mengenai cara membuat akun blogging di mesin Multiply. Dengan motto “Aman, Media Berbagi Yang Bersahabat” kegiatan blogging di Multiply akan menjadi sebuah pengalaman unik yang sangat berharga bagi siapapun. Sebab Multiply memiliki kurang lebih 14 juta pengguna diseluruh dunia. Sehingga anda (atau siapapun yang telah membuat akun disini) akan dengan mudah membuat – berbagi – serta mendiskusikan dengan orang-orang yang telah mengenal anda maupun yang belum. Maka dengan ini saya ucapkan selamat datang dan bergabung dengan komunitas blogger Multiply dari seluruh belahan dunia.

 (2009) ikhwanlampung creative products.

* dilarang keras mengutip, memperbanyak, serta menyebarluaskan tulisan ini untuk tujuan komersial dan kepentingan pribadi. http://twitter.com/herdianto

http://ikhwanlampung.multiply.com

Langkah paling awal untuk membuat sebuah akun di Multiply adalah membuka situs resminya di alamat ini http://www.multiply.com setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut :

Dari sini ada beberapa bagian yang harus dipahami sebagai dasar pengetahuan, yakni panel login user, tombol daftar (signup), tombol belajar (tour) dan tombol pencarian teman (find a friend). 1). Panel Login User : Bagian ini hanya digunakan bagi yang sudah memiliki akun (bagi yang baru mau daftar silahkan abaikan saja). Bagian ini terdiri dari 5 (lima) bagian penting, antara lain User ID diisi dengan username kita (biasanya menjadi alamat blog). Password diisi dengan kata kunci (password) untuk bisa masuk, umumnya bersifat rahasia. Remember Me, digunakan untuk mempermudah bagi yang suka lupa dengan password, namun bila kita menggunakan komputer publik (contoh: warnet) harap dihilangkan tanda centangnya. Sign In, berfungsi sebagai pengganti tombol ENTER. Forgot Your ID or Password, hanya digunakan bila kita lupa ID dan password blog kita.

http://twitter.com/herdianto

http://ikhwanlampung.multiply.com

2). Tombol Daftar (Sign Up) : Digunakan bila kita hendak membuat akun di Multiply. 3). Tombol Belajar (take the tour) : Bila ingin mengetahui seluk beluk Multiply lebih dalam terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuat akun disini. 4). Tombol Pencarian Teman (Find Your Friend) : Mencari teman yang sudah ada di Multiply atau belum dengan cara menggunakan alamat email mereka, serta mengundangnya bergabung dalam jaringan kita sendiri.

***** Langkah selanjutnya, untuk mendaftar di Multiply adalah dengan melakukan KLIK pada tombol daftar, atau Sign Up. Bila sudah ada lakukan maka secara otomatis akan muncul tampilan seperti ini :

Sekarang tugas anda adalah mengisikan semua isian pada kolom yang diminta tanpa kecuali. Harap diingat anda harus menggunakan alamat email yang masih aktif, dan mengklik tombol biru bertuliskan REGISTER. * bila ingin mempelajari lebih lanjut tentang peraturan dari Multiply, silahkan klik tulisan Terms of Service (berwarna biru). http://twitter.com/herdianto

http://ikhwanlampung.multiply.com Meskipun akun anda sudah selesai dibuat, namun anda mesti melewati beberapa tahapan untuk mulai menulis (blogging) dan mempercantik blog anda. Oke, setelah selesai meng-klik tombol register. Maka anda akan dibawa menuju tampilan selanjutnya (untuk mencari dan mengundang teman-teman anda yang belum/sudah tergabung dalam komunitas blogger Multiply), dan ini sifatnya tidak mengharuskan, yang berarti bisa anda lewati dengan menekan tombol SKIP.

Setelah selesai mengisi atau menekan tombol SKIP, maka akan muncul tampilan seperti ini

Setelah sampai pada tahap ini sebenarnya blog anda di Multiply jadi dan selesai dibuat. Sekarang anda sudah bisa melakukan aktivitas ngeblog dengan leluasa disini, namun ada hal yang harus dipahami dulu yakni dashboard. Keunikan dari ngeblog di Multiply adalah tampilan dashboard yang minimalis sehingga dengan sedikit belajar pun anda akan ingat untuk selamanya. Oke, pada bagian selanjutnya kita akan mempelajari tentang dashboard.

http://twitter.com/herdianto

http://ikhwanlampung.multiply.com

Getting Started on Multiply
* * * Memahami Dashboard * * * Upload your first photo album, dimaksudkan untuk meng-unggah kumpulan foto yang anda miliki. Ini optional (pilihan), ada bisa langsung dengan foto-foto anda, atau bisa transfer dari akun multimedia lainnya yang anda miliki. Set your headshot, untuk memasukkan salah satu foto kita menjadi profil. Untuk melakukannya silahkan klik saja. Customize your site, mengganti tampilan theme standard dengan theme pilihan anda sendiri.

Selanjutnya, kita memahami panel utama dari Multiply (lihat gambar disamping) Getting Started, hanya muncul pada saat pertama kali kita mendaftar. Icon seperti itu akan muncul kembali saat ada undangan dari blogger Multiply lain yang ingin menjadi Friend / Contact kita. Post Content, ada menu link cepat untuk mulai membuat tulisan baru, upload foto – video, dan membuat catatan kecil terbaru. Inbox, adalah menu untuk mengetahui segala sesuatunya, mulai dari postingan terbaru dari teman-teman kita, pesan masuk, undangan, dll. Contact, merupakan list semua teman-teman blogger Multiply kita. Disini juga kita bisa memilih beberapa teman favorit yang ingin kita pantau terus tulisan terbarunya. Groups, list grup internal yang kita ikuti di Multiply. Tools, menu tambahan yang sangat berguna bagi yang aktif sekali di dunia internet. http://twitter.com/herdianto

http://ikhwanlampung.multiply.com

Tentang Penulis

Penulis yang bernama asli Redha Herdianto ini adalah seorang alumnus Universitas Lampung, pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan studi konsentrasi pada Administrasi Negara (Publik). Lulus tahun 2009 dengan predikat memuaskan. Sekarang beraktivitas di Pusat Komputer Universitas Lampung pada divisi Buletin Board System (BBS) sebagai reporter berita. Seorang blogger asal Lampung yang memiliki cita-cita ingin menulis novel dan menerbitkan buku kumpulan tulisannya di blog ini aktif menulis di beberapa blog miliknya, antara lain: http://herdianto.web.id dan http://ikhwanlampung.multiply.com serta blog pendidikan http://blog.unila.ac.id/redha. Penyusun dapat dihubungi via email (timkeajaiban@gmail.com) atau via YM (ikhwanlampung). Atau bila berminat menjadi teman/partner dari penulis follow saja twitternya (http://twitter.com/herdianto)

http://twitter.com/herdianto

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->