P. 1
tugas 2

tugas 2

|Views: 84|Likes:
Published by usadha
rancangan jaringan
rancangan jaringan

More info:

Published by: usadha on Oct 02, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/02/2009

pdf

text

original

Nama : I Made Ariana Usadha NIM : 0705021005

Kelas : V A

Tugas II : Topologi yang Sesuai untuk Lab. Manajemen Informatika dan Ruang Dosen Tanpa Menggunakan Server

Dalam menentukan topologi suatu jaringan, yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah jaringan yaitu lokasi komputer dalam suatu ruangan serta jarak ruangan yang satu dengan yang lainnya. Di samping itu pula yang paling penting adalah jumlah komputer yang akan digunakan untuk membangun sebuah jaringan. Hal ini berpengaruh pada hardware yang digunakan, khususnya pada hub/switch. Berikut ini merupakan sketsa kasar pembentukan sebuah jaringan untuk laboratorium Manajemen Informatika dan ruang dosen. 1. Topologi yang digunakan : topologi star dan bus Topologi yang sesuai untuk masing-masing ruangan seperti laboratorium 1, laboratorium 2 dan ruang dosen adalah topologi star untuk laboratorium 1 dan laboratorium 2. Sedangkan untuk ruang dosen digunakan topologi bus. Pemilihan topologi bus untuk ruang dosen disebabkan karena jumlah PC yang digunakan lebih sedikit dibandingkan laboratorium 1 dan laboratorium 2. Pemilihan topologi star untuk laboratorium 1 dan laboratorium 2 disebabkan karena topologi ini memiliki beberapa keuntungan yaitu : a. Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut. Kerusakan yang terjadi pada salah satu lokasi (misal lab.1), tidak mempengaruhi lokasi yang lain (misal lab.2). b. Tingkat keamanan termasuk tinggi c. Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk d. Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah karena untuk

menambahkan jaringan yang lain hanya dengan menambah sub node di central node, atau menambah workstasion lain di sub node. e. Tidak mengganggu bagian jaringan lain f. Dapat digunakan kabel yang “lower grade” karena hanya menangani satu

traffic node, biasanya digunakan kabel UTP. Hal ini juga didukung oleh lokasi yang tidak begitu berjauhan letaknya, karena batas maksimal rentang jangkauan kabel UTP adalah 100 meter. g. Kemudahan pengelolaan jaringan

2. Media yang diperlukan a. Kartu Jaringan (Network Interface Card/ LAN Card) Sebuah kartu jaringan (LAN Card) yang terpasang pada slot ekspansi pada sebuah motherboard komputer sehingga komputer dapat dihubungkan ke dalam sistem jaringan. Di lihat dari jenis interface-nya untuk jaringan menggunakan topologi star dan bus menggunakan kartu jaringan jenis PCI. b. Kabel dan Konektor Kabel yang digunakan untuk laboratorium Manajemen Informatika dengan topologi star dan bus adalah UTP (Unshielded Twisted Pair). Karena kabel UTP mempunyai transfer rate 10 mbps sampai dengan 100 mbps tetapi mempunyai rentang jangkauan yang pendek yaitu maksimum 100 meter. Konektor yang digunakan yakni menggunakan konektor RJ 45. c. Switch Peran switch sangat vital pada rancangan topologi ini karena switch nanti akan berfungsi sebagai cross connect yang menghubungkan antara kabel-kabel LAN yang masuk ke dalam slot RJ-45. Sehingga apabila switch memiliki 24 slot, maka sebenarnya di dalam switch itu semua kabel itu terhubung secara fisik satu sama lain, yang nantinya akan diteruskan ke jaringan yang lain.

3. Rancangan Dasar Topologi Untuk ruang dosen topologi yang digunakan adalah bus. Hal ini disebabkan karena komputer yang digunakan sedikit. Diasumsikan jumlah komputer yang ada 6 buah. Alat-alat yang diperlukan yaitu : a. Kabel Fiber Optic yang digunakan sebagai kabel utama beserta konektornya b. Kabel UTP dan konektor RJ 45. c. Switch 8 port 1 buah.

Gambar 1. Rancangan topologi bus di ruang dosen Sedangkan untuk laboratorium 1 dan laboratorium 2 digunakan topologi star. Diasumsikan jumlah masing-masing komputer yang terdapat di laboratorium adalah 40 buah. Alat-alat yang diperlukan yaitu :

a. Switch 24 port masing-masing 2 buah untuk laboratorium 1 dan laboratorium 2. b. Kabel UTP sesuai dengan jarak komputer. c. Konektor RJ 45 ± 80 buah.

Berikut rancangan sistem jaringan di laboratium 1 dan laboratorium 2. Diasumsikan jumlah komputer keseluruhan 40 buah.

Gambar 2. Rancangan topologi star di laboratorium 1 dan laboratorium 2

Keterangan :   Antara komputer dengan hub/switch dihubungkan dengan kabel straight. Antar swicth/hub dihubungkan dengan kabel cross melalui port UPLINK yang ada pada masing-masing switch.

Untuk menghubungkan topologi yang telah terbentuk menjadi satu buah jaringan yang utuh maka diperlukan 1 buah hub yang dapat menghubungkan topologi star yang terdapat di laboratorium 1 dan laboratorium 2 serta topologi bus di ruang dosen. Berikut rancangan dari sistem jaringan yang terdapat di laboratorium manajemen informatika dan ruang dosen.

Laboratorium 1

Laboratorium 2

switch

switch

switch

switch

hub

Ruang Dosen

switch

Gambar 3. Rancangan Sistem Jaringan Manajemen Informatika

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->