P. 1
ALAT

ALAT

|Views: 2|Likes:
Published by Riki Rahmadhan KS
ALAT TSS
ALAT TSS

More info:

Categories:Types, Presentations
Published by: Riki Rahmadhan KS on Feb 12, 2014
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2014

pdf

text

original

ALAT a. Bagian Penguapan 1. Cawan porselin 2. Platina 3. Gelas silica b. Furnace c. Steam bath d. Desikator e. Oven pengering f.

Timbangan analitik PROSEDUR a. Persiapan untuk bagian penguapan: jika volatile solid telah di ukur di bagian penguapan pada suhu 550 ±50OC dalam 1 jam pada muffle furnace. Jika hanya total solid yang akan diukur, panas wadah furnace 103 ±105OC dalam 1 jam. Masukkan ke dalam desikator. Kemudian timbang sebelum digunakan untuk selanjutnya. b. Analisa sampel: Pilih volume sampel dari hasil residu antara 250mg dan 200 mg.

TSS at 180oC ALAT a. Saringan fiber glass b. Peralatan filtrasi 1. Corong membran filter 2. Gooch crucible, kapasitas 25 mL sampai 40 mL 3. Alat filtrasi dengan bak dan partekil (40-60 mikron meter) c. Labu hisap d. Oven pengering PROSEDUR a. Persiapan kepingan saringan glass fiber Masukkan kepingan dengan bagian yang berkerut menghadap ke atas pada peralatan filtrasi. Gunakan vakum dan cuci piringan 3 kali dengan 20mL air destilasi. Selanjutnya bersihkan dengan vakum piringan yang telah dicuci. b. Persiapan bagian penguapan Jika VS yang akan dukur, nyalakan bagian penguapan dengan suhu 550±50 oC dalam 1 jam dalam furnace Jika TDS yang akan diukur, suhu pada proses pembersihan pada 180±2oC dalam 1 jam

Jika lebih dari 10 menit yang dibutuhkan untuk proses filtrasi. dinginkan dalam desikator. tapi jangan hasil residu kurang dari 2. biarkan akuades mengalir pada waktu mencuci. Pemilihan saringan dan ukuran sampel Pilih volume sampel yang mau diperoleh antara 2.Setelah itu masukkan kedalam desikator. panas wadah furnace 103 ±105OC dalam 1 jam. timbang sebelum di gunakan untuk proses selanjutnya c. Persiapan padan wadah penguapan . d. Ulangi tahapan proses yang telah dilakukan sampai didapatkan hasil berat konstan dari hasil penimbangan. .5 mg. Jika volume filtrate melebihi kapasitas dish tambahkan bagian yang sama dari dish setelah proses penguapan.Fix dan Volatile Alat 209A ( ) Prosedure a. Keringkan selama 1 jam dalam oven dengan suhu 180±2oC. Kemudian timbang sebelum digunakan untuk selanjutnya.Jika VS jika volatile solid telah di ukur di bagian penguapan pada suhu 550 ±50OC dalam 1 jam pada muffle furnace. tingkatkan ukuran penyaring atau kurngi ukuran penyaring volume sampel. kemudian cuci saringan dengan 10 mL air destilasi. hingga di peroleh atau berat kurang lebih dibawah 4% dari berat sebelumnya atau 0.5 dan 200 mg berat kering.5 mg residu. Analisa sampel ukur volume penyaringan pada pengadukan sempurna sampel yang melewati saringan glassfiber. Pindahkan filtrate ke dalam preoses penguapan pada steam bath dan uakan sampai kering. Jika hanya total solid yang akan diukur. dan lanjutkan dengan pengeringn dengan menggunakan vakum selama 3 menit setelah penyaringa selesai. setelah itu dinginkan dalam desikator dan kemudian timbang. Total Solid 1. PERHITUNGAN Mg TDS/L= Dimana: A= berat sisa residu + wadah B= berat wadah 209 F.

pertama-tama bakar residu tersebut dengan pembakar gas dan dibawah pembuangan uap/gas dengan udara yang cukup untuk mengurangi kehilangan bagian pada keadaan menurunkan dan untuk menghindari bau dalam laboratorium. c. antara 25-50 g dalam wadah penguapan tadi. Sampel padat: jika smpel terdiri dari partikel diskrit pada material padat (dewatered sludge. dan timbang. Masukkan ke dalam oven dengan suhu 103-105 OC dalam waktu 1 malam. keringkan dengan suhu 103 ±105OC dalam 1 jam. mg B= berat wadah. Tempatkan 25-50 g dalm wadah penguapan dan timbang. panaskan dengan furnace pada suhu 550±50OC dalam 1 jam. Sampel cair: jika sampel mengandung kelembabn yang cukup untuk persiapan penguapan. mg D= berat residu + wadah setelah pembakaran. Kemudian dinginkan dalam desikator. (jika residu dari 2) tersebut diatas mengandung sejumlah besar bahan organic. kemudian dinginkan dalam desikator dan timbang b. mg . Penguapan dilakukakn diatas water bath.2. aduk sampai homogeny. Kemudian dinginkan dalam desikator dan timbang. PERHITUNGAN ( ( ( ) ) ) Dimana: A= berat kering residu + wadah. ambil inti dari setiap bagian dengan No. Fixed dan Volatile Solid : pindahkan sampel yang sudah diukur sebelumnya ke sebuah muffle furnace dingin. for example). Analisa Sampel a. dengna menggunakan sarung tangan karet. lalu ditimbang.7 pengeruk atau penghancur dalam sampel yang kasar dengan menggunakan tangan yang bersih. mg C= berat kering sampel + wadah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->